Wednesday, February 3, 2016

BERKAH NGEBLOG... Yuk, Ngeblog


ngeblog
Dua novel saya

Selain ngeblog saya adalah penulis novel fiksi umum. Banyak inbox yang bertanya cara menulis, bagaimana memunculkan ide, bagaimana membuat sebuat cerita jadi panjang sampai jadi setebal buku , bagaimana bisa diterbitkan penerbit mayor, dll..dll.

Saya menjawab sesuai kapasitas saya, tapi beragam juga yang mengeluh: Saya gak ada waktu, sulit merangkai kata sampai ratusan hal folio, bingung konflik dan ending, di kepala banyak ide tapi bingung nulisnya jadi novel, kok nulis berpuluh-puluh ditolak penerbit, aduh saya gak PEDE, dsb, dsb.

Padahal banyak ibu rumah tangga atau wanita pekerja mapun wanita single yang ingin menulis, butuh menulis. Jika merasa belum bisa menulis novel atau cerita panjang lebar, kenapa gak ngeblog aja?
Haduwww, saya gaptek, saya gak tahu bikin blog dan segala aplikasinya, bla bla bla...Jiyaaah terus-terang saya juga gaptek. Tapiiiiii...

Banyak group-group blogger yang menghambur-hamburkan ilmu mereka loh, kita tinggal rajin nyimak-baca-bertanya dan...untuk ngeblog gak harus menguasai segalanya dengan cepat. Cukup tulis apa yang ada dipikiran, tulis apa yang terjadi di sekitar, tulis sesuatu yang mengisi hari-hari. Hal-hal sederhana menjadi tidak sederhana, seperti saya menulis tentang resep Mpasi Pendar, atau pun seperti saya menulis isi dari sebuah buku yang saya baca.

Tulis saja terus, lama-lama seiring sejalan kita akan  mengenali rumah kita (baca: blog), memahami apa yang perlu diisi agar cantik, agar asri, agar nyaman.

Tapi kan, buat nambahi foto-foto ditulisan kita harus menguasai fotoshop, corel, bla bla bla...
Yang penting MAU NULIS, itu dulu. Tulisan di blog kalau belum sanggup nulis dengan kosa kata banyak (kalau dalam dunia kepenulisan, saya meminta calon penulis untuk rajin membaca segala buku agar kaya kosa kata), di blog coba dulu 300-500 karakter. Biasain bercerita dengan 300-500 karakter. Untu foto-foto saya juga masih buta tehnik, biasa saya memanfaatkan aplikasi di hape yang banyak menyediakan aneka frame tuh. Trus diedit-edit sedikit sebisanya, sekarang saya mulai memakai yang mudah juga, power point. Gak ada yang protes kok kita pakai aplikasi apa, yang penting tulisan enak dibaca-menarik-menulis sesuatu yang bisa diambil manfaatnya buat pebaca. Misalnya, walau sekedar menghibur.

Trus kita harus rajin nulis setiap hari ya? Haduwwww, kalau lagi gak sempat, kalau lagi buntu aksara? Bla..bla..bla...

Ehmmm, kalau blog kita tidak tertarget untuk mencari materi, menjaring iklan atau klien datang, tulislah sesuai keinginanmu. Misalnya, minimal seminggu satu artikel. Masa gak bisa, artikel 300-500 karakter plus foto. Hari gini, siapa yang hari-harinya tidak memiliki kisah untuk ditulis atau yang tidak suka foto-foto, abadikan lah di blog, siapa tahu memberi manfaat buat orang lain, kan.

Saya pribadi menulis blog disesuaikan waktu saya sebagai IRT yang mengasuh batita dan memiliki 2 anak sekolah, plus mengelola OS buku, lalu sesekali menulis novel (pelan-pelan). Setidaknya saya bisa menulis 3-4 artikel dalam 1 mingggu jika sedang memiliki berkah waktu dan ide.

Dan apa yang saya dapatkan dari ngeblog???

Alhamdullilah, dari sesekali ikut lomba blog, tentu lomba-lomba yang sekiranya saya kuasai, dan sesekali hadir di acara yang mengundang blogger...selain dapat ilmu baru, teman baru, dapat berbagai hadiah. Huraaaaa! #BERKAHNGEBLOG YAAAH

Ngeblog
Gratis Nonton Bulan Terbelah di XXI Epicentrum Kuningan

#BerkahNgeblog
Alhamdullilah dapat hadiah uang tunai Rp.500.000.-,  sebagai pemenang Blog Terpopuler. Gak pakai lama loh, kira-kira seminggu sesudah pengumuman Flipit info hadiahnya sudah ditransfer.

Ngeblog
#BerkahNgeblog


Ngeblog
Pemenang Pertama GA Tinta Perak-Hadiah 1 Set Gamis Mozaik


ngeblog
#BerkahNgeblog


Saya aktif ngeblog belum ada dua bulan loh ^_^

Jadi jika merasa bete, sumpek, pengen nulis, butuh nulis, terutama nih kaum ibu rumah tangga yang rawan kondisi bete-sumpek. Apalagi Moms yang dulunya sebelum nikah adalah wanita yang aktif, memiliki beragam ide, butuh penyaluran yang smart....AYUK, NGEBLOG!

Kalau ikut-ikut lomba belum juga hoki (Ya, iya laaah..saya menang 2 kali itu juga sudah berkali-kali ikutan lomba yang gak menang. Pokoknya buat semboyan: Pantang Pulang Sebelum Padam, ikutan terus lomba yang kita kuasai, masa kaga ada yang nyantol menang...wkwkwkkw). Kalau lah, masih belum hoki, tenang... kita akan memiliki rasa bangga dan senang, ketika artikel yang kita tulis dibaca dan dikomen oranglain. Apalagi terus ada yang follow blog kita tanpa diminta, inilah yang disebut... JATUH CINTA ALAMI. Untuk mempertahankan cinta itu tumbuh, terus menulis dengan indah dan bermanfaat.

Oya, hampir lupa..kalau memang ternyata blog kita itu bernilai bisnis, dalam arti memiliki syarat-syarat jika melakukan promo akan mendatangkan banyak keuntungan bagi pihak klien, maka...KITA AKAN MENDAPAT JOB! Entah, job review prodak, review sebuah instansi, kerjasama placement artikel, dll. Cuma kalau yang ini memang harus ada konsekuensi rajin nulis yaaaa, rajin komen juga ke blog temen, dsb. Kuncinya sih jadi blogger yang rajin, tahu-tahu penawaran-penawaran menghasilkan materi itu datang sendiri, Gak usah, kawatir.. saya belum dua bulan sudah dapat penawaran kerja sama placement artikel.

Semoga sharing saya memberi manfaat juga ^_^

15 comments:

  1. salam kenal dari malang Mak....
    semoga bisa ketularan trampil menulis

    ReplyDelete
  2. @Nanik: salam kenal juga, Mak Nanik..aamiin
    tetap semangat yaaa

    ReplyDelete
  3. Nahh...akhirnya aku bisa komen di blogmu..asyik

    ReplyDelete
  4. @Ade Anita: Iya, mba, sudah lama diset url cuma harus ngerull kebawah buat komennya hihihi
    asyiiiik disowanin mba Ade terusssss

    ReplyDelete
  5. wah baru dua bulan ngeblog udah menghasilkan banyak ya mbak. keren...

    ReplyDelete
  6. @Mba Rita: heheheehe...berkah emak soleha #Tsaaah

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillaah berkah ya, mbaa. Jadi semangat menulis. Apalagi buat pemula seperti aku. Salam kenal, mba Eni :)

    ReplyDelete
  8. berkah blognya bikin pengen hehehe.. jadi pengen rajin rajin ngeblog

    ReplyDelete
  9. @Rach Alida: salam kenal juga ya ^_^

    ReplyDelete
  10. @Yuni: sama-sama semangat nulis yuk, Mba. Hadiah-materi efek dari kerja keras pastinya hehehe

    ReplyDelete
  11. waaahhh... keren banget. baru 2 bulan udah dapet banyak hadiah. jadi makin nambah semangat ngeblog. :)

    ReplyDelete
  12. @Wardah: Ayuk, Mba..semangat yaaa..pasti efeknya dasyat

    ReplyDelete
  13. @Rochma: Kerja keras ya hehehe..setidaknya banyak juga yang gagal menang

    ReplyDelete
  14. Ceritanya menginspirasi blogger pemula nih. Jadi makin semangat menulis konten terbaik. Terimakasih banyak telah berbagi. Salam hangat by Anwarizcom

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.