Monday, February 15, 2016

Jangan Ucapkan Kalimat Ini pada Anak Saat Sedang Marah


Para ibu pasti tak jarang memanjakan buah hatinya dengan benda-benda yang mereka inginkan. Apalagi sekarang tempat belanja onlinepaling lengkap seperti MatahariMall memiliki akses yang mudah. Tinggal mengakses melalui gadget, maka barang-barang yang ibu pesan akan segera diantarkan ke rumah.

MatahariMall belanja via gadget

Sayangnya, hubungan ibu dan anak yang hangat sering mengalami gangguan ketika anak mulai berulah. Ibu pun jadi tak segan membentak atau memarahi anak. Marah tentu merupakan hal yang manusiawi , tetapi sebaiknya ibu tidak mengucapkan kalimat-kalimat ini ketika sedang marah, ya:

Gambar dari google

  • Membandingkan Si Kecil dengan Anak Lain
Tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan dengan orang lain bahkan sejak masih kecil. Membandingkan buah hati dengan adiknya, kakaknya, atau anak-anak lain hanya akan membuat si kecil merasa tertekan. Bisa saja si kecil berpikir bahwa dirinya memang tidak bisa lebih baik daripada orang lain. Perangai seperti ini bisa terbawa hingga si kecil dewasa lho, Bu.


  • Kamu Bodoh Sekali
Ucapan spontan ini sering keluar dari mulut ibu ketika marah. Mungkin ibu tidak sengaja mengucapkannya, tetapi ucapan tersebut bisa saja tertanam pada diri anak. Alangkah lebih baik jika ibu mengucapkan hal lain untuk memotivasi atau memberitahu anak yang sedang melakukan kekeliruan.


  • Ini Bukan Urusan Anak Kecil
Anak-anak memang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap banyak hal. Ibu yang tidak sabaran kerap mengatakan “ini bukan urusan anak kecil” kepada si buah hati yang sedang ingin tahu. Hal ini bukan penyelesaian yang baik, Bu. Sebab buah hati ibu bisa jadi malah tambah penasaran atau malah memang akan menganggap dirinya adalah anak kecil. Jangan sampai hal ini terbawa hingga mereka beranjak dewasa.


  • Kamu Jangan Seperti Ayah, Ya
Sosok ayah biasanya tidak memiliki perhatian sebesar ibu dalam hal mendidik dan menjadi contoh bagi anak. Namun hal ini bukan alasan bagi ibu untuk menjadikan ayah sebagai contoh yang kurang baik. Justru sebaiknya ibu mengajak ayah untuk memberikan contoh yang lebih baik bagi si buah hati.

Peran pola asuh orangtua sangat penting untuk membentuk karakter anak. Oleh sebab itu, usahakan untuk menjadi orangtua yang berkepala dingin dan terbuka menghadapi perkembangan zaman. Karena menjadi orangtua adalah proses pembelajaran seumur hidup.


0 comments:

Post a Comment

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.