Wednesday, April 27, 2016

Mpasi Camilan Serba Agar-Agar (untuk usia 1tahun ke atas)

MPasi Camilan

Agar-agar  mengandung banyak kebaikan bagi tubuh salah satunya memenuhi kebutuhan tubuh akan serat lunak juga karbohidrat. Serat lunak yang berasa dari rumput laut atau alga membuat mudah pembuangan sisa-sisa makanan di usus. Harganya murah, rasanya sedap banyak anak-anak yang suka ketika kita membuat agar-agar dengan dicetak aneka bentuk.

Namun agar-agar buat Mpasi camilan ini agak special, terutama karena tidak boleh banyak mengadung gula. Sebab buat anak-anak seusia Pendar (17m) gula belum terlalu dibutuhkan, selain bisa menyebabkan efek kenyang yang tidak sehat bisa membuat anak-anak kecanduan yang manis-manis.  Kecanduan gula ini membuat anak menjadi susah mengasup jenis makanan atau minuman yang tidak manis atau pun kurang manis. Tapi mengolah agar-agar begitu saja tanpa gula atau dengan sedikit gula kurang menarik, kurang sedap.

Maka saya mengakali agar-agar bisa jadi camilan yang sehat, bervariasi namun tidak membosankan. Saya membuat dua jenis agar-agar Mpasi camilan ini, yaitu:
  1. Agar-agar sayur
  2.  Agar-agar buah

Rasanya enak, saya sudah mencobanya lebih dahulu sebelum memberikan ke Pendar loh. Ini resepnya, semoga bermanfaat ya,  Moms.

Agar-Agar Labu Siam-Wortel
  • Parut labu siam dan wortel, ukurannya sesuai selera saja (sebaiknya diparut masih berbentu serat yang kasar, jangan terlalu halus karena anak seusia Pendar atau di atas 2 tahun sudah dapat  mengunyah makanan padat)
  • Larutkan susu (bisa UHT atau Sufor) dengan air sesuai ukuran yang dibutuhkan
  • Masukkan bubuk agar-agar sesuai takaran yang diinginkan ke dalam larutan susu, aduk hingga rata
  • Jerang panci berisi larutan susu dan agar-agar dengan api kecil
  • Masukkan parutan labu siam dan wortel, aduk rata
  • Beri  gula sedikit saja jika  mau (sebaiknya rasa agar-agar jangan sampai manis tapi suam-suam saja manisnya. Jika dirasakan orang dewasa hambar)
  • Aduk terus hingga masak, lalu angkat
  • Dinginkan dalam lemari pendingin

Oya, sayurannya tidak hanya labu siam, tapi juga brokoli, timun, bayam dll. Bisa dengan dirajang halus.

Cara buat Mpasi camilan agar-agar buah sama dengan cara membuat Mpasi camila agar-agar sayur. Hanya bedanya buah dimasukkan setelah agar-agar matang, dimasukkan ke cetakan. Biasanya saya menggunaka buah mangga, buah naga, dll yang diblender atau pun diporong-potong kecil.

Siap disantap buat camilan Pendar, dia suka sekali. Bahkan kami sering membawa sebagai bekal piknik, karena makanan Pendar masih sangat terbatas dijual bebas. Jadi kalau berpergian saya memerlukan bekal sehat, yang padat agar tidak blepotan tapi juga tetap awet sepanjag hari. Plus juga mengenyangkan dong.

Nah, buat yang mengenyangkan ini saya buat Mpasi agar-agar yang agak berbeda, berikut  ini resepnya:

AGAR-AGAR OAT KEJU
  • Bahan:
  • Oat
  • Keju
  • Susu
  • Agar-agar

Cara mengolah:

  1. Bubuk agar-agar larutkan dalam air
  2. Masukkan Oat, keju  ke dalam susu (UHT atau Sufor), masak dalam api kecil sebentar, angkat
  3. Masak bubuk agar-agar yang sudah dicampur oat, setelah mendidih masukkan oat dkk yang sudah matang  tadi, aduk ...angkat
  4. Dinginkan, siap disantap.
Silakan Mpasi camilan agar-agar ini dicetak aneka rupa, kalau saya biasa mencetaknya dalam wadah makanan biasa lalu saat akan disantap saya biarkan Pendar menyendok dan membelah-belahnya sendiri. Kadang, tidak dibelah tapi diacak-acak hehehehe.

Tapi kalau dibuat bekal, saya suka membawanya dalam wadah tempat makanan biasa (bahasa kerennya omprengan). Dijamin anak kenyang, sehat, dan tidak blepotan karena bentuknya yang padat bisa langsung disantap sepotong demi sepotong. Sisanya disimpan aman, pergi dari pagi hingga sore pun masih tetap fresh untuk disantap.


Mpasi Camila
Pendar Lahap Bener
Untuk resep MPasi lauknya bisa ya dibaca-baca di SINI.

4 comments:

  1. wah,,kebetulan Hamid anakku senang banget sama labu siam dan wortel..
    makasih resepnya mba,...

    ReplyDelete
  2. wih, bookmark aaahh
    kapan2 coba hahaha

    ReplyDelete
  3. Arif Chasan:wkwkwkkw..jangan lupa kalau labu siamnya diparut kasar

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.