Friday, May 6, 2016

Pentingnya Mengoptimalkan Otak&Daya Tahan Tubuh Bagi Si Kecil


Siapa yang kemarin datang ke acara Parenting Seminar Morinaga Mencerdaskan Bangsa:

Sabtu, 2 April 2016, pukul 08.00-15.00 WIB
The Kasablanka lt.03 (Mall Kota Kasablanka/KOKAS)

Mengapa kita penting mengoptimalkan otak&daya tahan tubuh si kecil?

Morinaga

Seminar yang diisi oleh:

DR.Dr.Ahmad Suryawan, SPK (K)-Dokter ahli tumbuh kembang anak
DR.Dr.Anang Endaryanto, SpA(K)-Dokter ahli alergi-imunologi anak
Dr.Rose Mini, AP.  M.P.Si Spikolog yang sering membahas tentang tumbuh kembang anak.

Membuka mata kita tentang perkembangan otak dan daya tahan tubuh sebagai penentu kecerdasan mulitalenta si kecil.
Mengenal Proses Pembentukan Dan Bagian-Bagian Otak Anak:

Morinaga

Ketahuilah Bunda, otak anak terbentuk dari sebuah perjalanan waktu yang dimulai dari usia di dalam kandungan. Pembentukan otak merupakan hasil interaksi antara faktor genetika alamiah (nature) atau keturunan, dengan faktor lingkungan dimana anak mendapat pengalaman selama pengasuhan sehari-hari (nurture).

OTAK ANAK CERDAS

Perkembangan Otak di Dalam Kandungan:


  • Cikal bakal otak mulai nampak pada minggu-minggu pertama kehamilan, berupa lempengan
  • Kehamilan minggu ke 3-4 lempengan tersebut berkembang menjadi bentukan semacam tabung atau neura tube.
  • Kehamilan minggu ke 5-6 bentukan tabung tersebut sudah terlihat terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu: Bagian otak depan, tengah dan belakang.
  • Kehamlan minggu ke- 7 sel-sel otak mulai terbentuk dengan sangat cepat, dengan kecepatan pembentukan sekitar 1000 sel otak per menit.
  • Kehamilan akhir minggu ke-14 atau sekitar usia kehamilan 3-4 bulan, bongkahan otak  dan setiap bagiannya sudah mulai terlihat jelas.
  • Pada usia kehamilan 5 bulan , pembentukan sel otak mencapai puncaknya dan lapisan luar otak atau korteks sudah mulai nampak garis-garis kerutan yang akan membentuk lipatan-lipatan korteks.
  • Pada kehamilan usia 9 bulan bongkahan otak sudah berbentuk sempurna seperti hurup C dan otak bayi siap untuk dilahirkan

Oleh sebab itu betapa pentingnya buat wanita hamil memperhatikan nutrisi atau asupan untuk kepetingan janin dengan mengasup makanan dan minuman yang baik, seperti sayuran yang segar dan bersih, daging yang dimasak dengan matang, buah-buahan segar, susu, dan vitamin atau pun suplemen yang diberikan ahli medis.

Begitu pun untuk stimulasinya, bunda bisa mengajak janin dalam perut bercakap-cakap, meraba dengan lembut permukaan perut ataupun mendengar hal-hal yang indah seperti: lantunan ayat suci Al Quran atau pun lagu-lagu yang menenangkan.

Perkembangan Otak Anak Setelah Lahir:



Otak tersusun dari triliunan sel-sel otak  yang dinamakan neuron. Pada saat bayi baru lahir sel-sel otak belum terkoneksi satu sama lain menjadi sebuah rangkaian sirkuit. Koneksi antar sel otak ini disebut sinaps. Pembentukan sinap sini berjalan sangat pesat setelah anak lahir.

Nah, stimulasi membuat sinaps yang terbentuk akan semakin kaya, makin kuat dan menjadi koneksi permanen di masa depan. Dan sinaps yang sudah terbentuk tidak pernah dipergunakan oleh anak, maka sinaps akan mengalami kematian atau pruning. Semua bunda, pasti tidak mengingin sampai buah hari kita mengalami pruning.

Oleh karena itu, bayi yang mendapat pengasuhan baik, stimulasi yang baik, asupan nutrisi yang baik, akan membentuk jaringan sinaps dalam jumlah yang cukup untuk tumbuh kembang normal.

Bagian-Bagian Utama Otak Anak

Secara umum terdapat 5 bagian utama dari otak anak yang diperlukan sebagai dasar proses tumbuh kembang yag optimal:
  • Batang Otak
Sudah harus terbentuk sempurna dan berfungsi penuh sejak lahir, karena batang otak berkerja untuk berbagai fungsi vital kehidupan, seperti: Denyut jantung, temperatur tubuh, dan tekanan darah.
  • Serebelum
Berfungsi dalam mekanisme kontrol koordinasi gerak otomatis dan keseimbangan bila seorang anak mengalami  kerusakan serebelum, anak-anak tersebut tidak memiliki kemampuan mengkoodirnasi berbagai gerakan tubuhnya.
  • Otak Tengah
Berfungsi dalam mekanisme kontrol tidur, respon perasaan, nafsu makan dan fugsi motoris seperti berlari dan melompat.
  • Sistem Limbik
Berfungsi dalam sistem kontrol emosi dan memori jangka panjang.
  • Korteks
Berfungsi sebagai pusat eksekutif dari otak, yaitu dalam mekaisme kontrol proses pengambilan keputusan dan pertimbangan dari segala informasi yang masuk ke dalam otak. Korteks mempunyai bagian-bagian khusus untuk memproses berbagai fungsi yang membentuk kecerdasan dan perilaku anak.

Kunci Utama Fungsi Kerja Otak Anak: NUTRISI&STIMULASI
Morinaga

Bunda, pada intinya semakin banyak sinaps otak anak terbentuk semakin besar kapabilitas yang dimiliki seorang anak untuk belajar. Sinaps-sinaps tersebut terbentuk tidak hanya ditentukan oleh gen, tapi juga banyaknya input yang diterima anak dari lingkungan . Input tersebut akan memasuki otak anak melalui berbagai indera: penglihatan, pendengaran, pembauan, dan perabaan.

Input yang diterima anak dari lingkungan berasal dari dua sumber:
  • Input yang tidak tergantung pemberian orang lain: cahaya, suara alam, dsb
  • Input yang tergantung diberikan oranglain: cara bicara, cara berjalan, dll
Masa kritis perkembangan otak anak berada pada rentang usia sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2-3 tahun. Rentang masa ini lah penentuan apakah otak anak akan berfungsi dan berkembang dengan baik.

Bunda dapat lihat gambar di atas, sinaps-sinaps anak yang mendapatkan stimulasi, nutrisi dan kasih sayang cukup menyambung dengan baik. Sementara yang sebaliknya, sinaps-sinaps anak tampak renggang atau banyak yang mengalami pruning.

Membentuk dan Mengembangkan Struktur dan Fungsi Otak Anak Dalam Pengasuhan Sehari-Hari.

Beberapa yang harus dipahami dalam perkembangan otak anak:
  • Perkembangan otak anak dibentuk melalui interaksi faktor biologis dan genetik (nature) dan faktor lingkungan pengasuhan (nurture)
  • Pengasuhan anak pada usia dini mempunyai dampak panjang terhadap kualitas kemampuan anak, terutama dalam kemampuan kababilitas belajar dan regulasi emosi-perilaku.
  • Otak anak mempunyai kapasitas untuk berubah, tetapi potensi terbesar untuk dapat dirubah hanya terjadi pada usia tertentu yang disebut periode kritis.
  • Adanya pengasuhan yang negatif atau kurangnya stimulasi akan berdampak negatif yang serius dan permanen terhadap perkembangan otak anak.
  • Penanganan keterlambatan perkembangan otak bila dilakukan pada usia dini dapat menumbulkan berbagai hal positif.

Masa dalam kandungan hingga 3 tahuan: Masa Penentu Perkembangan Otak Anak
  • Tahun Pertama:
Betapa hebatnya perkembangan otak masa di dalam kandungan ini tercermin ketika bayi baru lahir sudah bisa mengenali wajah orang disekitarnya, membedakan ekspresi wajah senang dan sedih, mengenali suara bundanya. Itulah mengapa begitu penting memberi nutrisi anak dan stimulasi anak sejak dalam kandungan. Sepanjang  tahun pertama dilahirkan, otak anak terus berkembang dengan kecepatan yang menakjubkan. Pada usia 1 tahun sirkuit otak bagian samping dan depan akan semakin terbentuk dan terhubung satu sama lain, sehingga apa yang serig didengar dari lingkungan akan digunakan sebagai dasar kemampuan untuk bicara. Karena itu Bunda, jangan mengenalkan anak dengan bahasa-bahasa cadel tapi gunakan bahasa yang benar.
  • Tahun Kedua:
Tahun kedua perkembangan yang sangat dramatis adalah sirkuit otak untuk bicara-bahasa. Kosa kata anak akan melonjak 4 kali lipat dibanding saat usia 1 tahun. Kemampuan konognitif atau kecerdasan yang lebih tinggi akan terbentuk. Seperti emosi dan kemandirian. Mulai terjadi trasisi pengenalan diri sendiri, yang berawal dari konsep “AKU” atau “SAYA, menjadi konsep “NAMA”.
  • Tahun Ke Tiga:
Pada tahun ke tiga kepadatan sirkuit otak atau sinaps bagian depan mencapai puncaknya. Bahkan, kepadatan sinaps di area ini mencapai 200% lebih tinggi dibandingkan otak orang dewasa. Area otak bagian depan semakin terhubung dan berkonsolidasi dengan area otak lain.

Cara Membentuk&Mengembangkan otak anak sesuai dengan usia 0-3 tahun:




Nah, Bunda... seperti artikel sebelumnya yang saya tulis Yuk, Cerdaskan si Kecil Sejak Dini maka stimulasi ini sangat diperlukan untuk menunjang kecerdasan anak. Selain stimulasi yang dilakukan di atas sesuai dengan  perkembangan usia si kecil, dalam artikel yang saya tulis tersebut, Bunda pun dapat mengetahui bagaimana  stimulasi Multiple intelligence anak atau kecerdasan majemuk anak.

Untuk menunjang kecerdasan anak dan mengoptimalkan perkembangan otak bagi masa depannya selain stimulasi, juga perhatikan daya tahan tubuh anak. 

Karena ada  4 macam gangguan utama daya tahan tubuh anak yang harus diwaspadai, yaitu:
  • Defisiensi kekebalan.
Terjadi bila bagian dari sistem pertahanan tubuh anak yang hilang atau tidak berfungsi dengan benar. Ini bisa terjadi sejak anak lahir akibat mengalami infeksi tertentu atau setelah anak menerima obat-obatan tertentu yag bersifat menekan daya tahan tubuh. Selain diobati, diberikan nutrisi anak berupa gizi dan kalori, menjaga keseimbangan cairan, elektrolit, dan asam-basa, kebutuhan oksigen serta melakukan pencegahan infeksi.
  • Otoimun.
Terjadi bila ada bagian dari sistem pertahanan tubuh anak yang secara keliru menyerag organ tubuh anak seolah-olah jaringan itu musuh. Contoh penyakit lupus.
  •  Alergi.
Terjadi bila sistem kekebalan tubuh anak bereaksi berlebihan terhadap paparan protein yang bagi individu normal tidak menyebabkan gangguan. Pengobatanya biasanyanya dengan menghindari pemicu alergi,vaksinasi dengan alergen, pengaturan sistem kekebalan dan pereda gejala alergi.
  •  Kanker.
Terjadi bila ada bagian dari sel-sel tubuh anak di luar kendali.

Dampak Jangka Panjang Gangguan Daya Tahan Tubuh Pada Kualitas Hidup Anak

Dari semua ulasan di atas Betapa pentingnya Bunda, memperhatikan nutrisi anak dan stimulasi sejak dalam kandungan untuk pertumbuhannya di masa depan. 

Hal yang harus dihindari bagi ibu hamil untuk kesehatan janih adalah:
  • Gizi buruk karena dapat menyebabkan lahir prematur, terganggungnya pertumbuhan janin, dll
  • Obesitas bisa menyebabkan berakibat buruk pada perkembangan sistem pertahanan tubuh janin.
  • Stres ibu hamil menyebabkan gangguan perkembangan sistem pertahanan tubuh janin, seperti muncul peyakit asma, menurunnya kemampua janin/bayi terhadap invasi kuman atau sel tumor.
  • Merokok karena dapat mempengaruhi perkembangan paru-paru janin, membawa penyakit jantung bawaan.

Dan bayi-bayi yang dilahirkan secara sesar jumlah dan fungsi sel-sel pertahanan tubuhnya lebih rendah dari bayi yang lahir normal. Bayi yang dilahirkan secara normal memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam melindungi diri terhadap infeksi langsung oleh bakteri.
Bayi yang mengasup ASI tidak hanya terlindungi dari infeksi tetapi juga mempengaruhi pematangan sistem pertahanan tubuh. Karena itu ASI sangat penting bagi pertama kehidupan bayi setelah dilahirkan.

Manfaat ASI antara lain:
  • Sumber zat yang kaya antimikroba
  • Mendukung sistem kekebalan tubuh bayi yang kurang mampu memerangi infeksi di awal kehidupan.
  • Sarana yang mentransfer langsung sel-sel kekebalan dari ibu ke bayi.
  • Sumber langsung dari bakteri baik untuk usus bayi.
Sungguh luar biasa manfaat ASI ya, bunda. Mari perjuangankan untuk pentingnya memberikan bayi kita ASI ekslusif selama 0-6 bulan dan memberikan Mpasi  dengan cara yang benar. Karena pengenalan makanan padat atau Mpasi  dengan cara yang benar dapat melindungi anak dari alergi, oleh sebab itu jangan mematang makanan dengan alasan yag belum jelas. Pengenalan makanan padat atau Mpasi bisa mengubah komposisi mikrobiota usus yang pada gilirannya akan mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh.





Gerakan #SiapCerdaskanBangsa Persembahan Morinaga



Untuk mendukung semua itu MoriCare+ Prodiges sebagai sinergi antara nutrisi dan stimulasi untuk optimalkan perkembangan otak anak meluncurkan Gerakan #SiapCerdaskanBangsa melalui www.siapcerdaskan.com dimana bunda dapat mengetahui berbagai info mengenai pentingnya nutrisi dan stimulasi sejak bayi dalam kandungan hingga berusia 3 tahun atau 1000 hari pertama kelahirannya (HPK).

Setiap klik atau kunjungan ke website tersebut akan dikonversi ke dalam nilai rupiah selama periode kampanye ini, yaitu bulan April s/d Juni 2016. Dimana pada akhir periode, jumlah klik atau rupiah yang terkumpul akan didonasikan untuk rehabilitasi sekolah di daerah lewat Yayasan ASA (Act, Serve, Aspire).

Tanggal 22 April kemarin Morinaga mengadakan Press Conference #SiapCerdaskan Bangsa di  Lotte Shopping Avenue.

Morinaga

Program 1000 Hadiah Pertama



Selain Gerakan #SiapCerdaskanBangsa Persembahan Morinaga juga akan didukung oleh Gerakan 1000 Hadiah Pertama, yaitu program pengumpulan donasi berupa buku dan mainan anak sebagai alat stimulasi perkembangan otak, dan tumbuh kembang kepada anak-anak yang membutuhkan.
 Morinaga memberi kesempatan bunda bisa mendonasikan buku layak pakai dan mainan edukatif pada Morinaga Parenting Seminar Roadshow “Siap Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini” dan mall to mall event: Dunia Generasi Paltinum, bulan April s/d Novermber 2016 di 15 kota.

Untuk info lebih lanjut silakan bunda gabung di:
Facebook: Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Intagram: @MorinagaPlatinum


4 comments:

  1. Terima kasih ulasannya Mbak. Jadi tau apa saja yg mesti saya lakukan utk stimulasi anak :D

    ReplyDelete
  2. Barokallah ya Mbk, menang lomba mantaaap #berkahramadhan

    ReplyDelete
  3. Naqiyyah Syam: Alhamdullilah, Mba Naqi...berkah di bulan Ramadhan buat anak-anak

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.