Tuesday, June 28, 2016

Anak Tidak Suka Makan Sayuran? Siasati dengan Cara Ini!



Jika anak yang tidak suka makan sayuran kerap membuat orang tua jadi resah, terutama para ibu. Karena sayur memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu, nutrisi yang digantikan dari sayuran tentu tidak bisa digantikan secara sempurna oleh suplemen apa pun, ya Moms.

Sebetulnya tidak sulit loh, mengajak anak untuk tertarik makan sayuran. Kita bisa menyiasati anak yang sulit makan sayur dengan cara cerdas yang mudah berikut ini:

  • Tawarkan Anak pada Saat Benar-Benar Lapar
Biasanya sepulang sekolah anak-anak akan merasa sangat lapar karena berbagai aktifitas di sekolah, sehingga saat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk menyiapkan makanan berbahan dasar sayur. Siapkan di meja makan sebelum anak pulang supaya anak bisa segera menyantap makanan tersebut.
  • Cobalah dengan Berbagai Jenis Sayuran
Bila anak tidak menyukai sayur bayam atau sawi, belum tentu itu berarti anak tidak menyukai sayur apa pun. Cobalah menawarkan segala jenis sayur pada anak, mula dari sayuran hijau, keluarga polong-polongan, hinga ragam jenis sayuran lainnya. Siapa tahu nanti anak-anak akan tertarik dengan jenis sayuran lain yang kita tawarkan. Jadi sayuran yang ditawarkan tidak seputar itu dan itu saja ya, Moms.
  • Mengkreasikan dengan Makanan Favorit Si Kecil
Si kecil suka makan ayam atau daging?
Nah, mari kita siasati hal tersebut untuk menyisipkan sayuran dalam makanan kesukaannya. Ibu bisa membuat nugget dengan campuran sayur, spaghetti, omlet, dan aneka jenis makanan lain. Usahakan agar potongan sayurnya tidak terlalu besar. Agar si kecil tidak menyadari bahwa ia sedang menyantap sayuran dalam makanan kesukaannya.
Contoh resep yang paling mudah dan sering saya buat untuk anak saya - Pijar (7 tahun) yang kurang suka sayur:

Omlet Sayur+
Bahan:
  • Telur 1 butir
  • Daging ayam cincang 1 sendok makan (sudah ditumis)
  • Bayam secukupnya (dirajang halus)
Bumbu:
  • Bombay dirajang halus, bawang putih geprek, lada halus, garam meja
Cara buat:
  • Campur telur-daging ayam cingcang-bayam dan bumbu, aduk rata
  • Panaskan margarin di teplon
  • Masukkan adonan Omlet Sayur+ hingga matang
Mengajak Anak Mengenal Manfaat Sayuran

HP Xiaomi-Sumber gambar: MatahariMall
Manfaat sayur dan makanan bergizi lainnya dapat dipelajari melalui cara yang menyenangkan bagi anak. Ajaklah anak-anak memainkan game mengenai sayur-sayuran dan jenis makanan lainnya. Siapkan HP Xiaomi yang performanya unggul untuk mendukung aktivitas bermain bersama anak. Apalagi Promo HP Xiaomi murah sekarang juga tersedia di MatahariMall. Tanpa perlu boros saat membeli HP baru, kita dapat memiliki HP canggih dengan performa hebat.Ketika anak mulai mengenal manfaat dari menyantap sayur-sayuran, niscaya lambat laun anak akan lebih mudah diajak mengonsumsi aneka olahan sayur.

Tampaknya mengenalkan manfaat sayuran pada anak memang bukan perkara mudah. Namun tidak ada yang mustahil jika kita bertekad untuk melakukannya sedini mungkin. Mari suguhkan ragam kreasi sayuran yang menarik agar anak semakin berselera. Kuncinya selain kreatif , tetap semangat ya, Moms, untuk yang terbaik bagi si kecil.

0 comments:

Post a Comment

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.