9 Tips Tetap Sehat KonsumsI Daging Saat Idul Adha

by - August 26, 2016


Sumber gambar: Bukalapak

Sebentar lagi kita akan menyambut Idul Adha. Idul Adha adalah perayaan hari besar setiap umat islam yang ada di dunia yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Saat menyambut Idul Adha, selain disunahkan sholat Idul Adha secara berjamaah, umat islam yang mampu berkurban akan menyembelih hewan kurban diantaranya kambing, sapi, kerbau ataupun unta yang akan dibagi kepada orang-orang yang kurang mampu.

Karena di hari raya Idul Adha banyak orang yang berkurban-daging kurban berlimpah ruah, maka daging sapi, kerbau maupun kambing akan menjadi hidangan utama di setiap keluarga umat muslim. Hampirr dapat dipastikan semua umat Islam merasakan nikmatnya hewan qurban.

Dan, banyak sekali varian olahan dari daging kambing, sapi, kerbau, seperti rendang, gulai, sate, sop, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat kebanyakan orang sulit menahan diri untuk menyantap semua hidangan tersebut, karena tentu saja kita tahu betapa lezatnya hidangan hasil olahan daging, bahkan rendang termasuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia. Sehingga kebanyakan orang lupa akan dampak makan terlalu banyak daging, apalagi daging yang diolah dengan santan.

Salah satu dampak dari mengkonsumsi daging merah tersebut adalah kolesterol dan kadar gula menjadi tinggi, akan sangat berbahaya jika yang konsumsi memiliki riwayat darah tinggi, kolesterol tinggi maupun diabetes, dll. Oleh karena itu, Anda harus mengatur pola makan Anda saat Idul Adha agar tetap bisa mengkonsumsi daging tanpa kawatir sakit.

9 Tips Sehat Konsumsi Daging Saat Idul Adha

  • Makan dalam porsi yang kecil atau secukupnya
Jangan mengkonsumsi daging dalam porsi yang besar karena hal ini akan mengakibatkan rasa nyeri dan terasa penuh sehingga makanan Anda kembali ke perut bagian atas dan perut akan terasa begah.

  • Diet dengan Serat
Imbangi makan daging Anda dengan makan makanan berserat. Serat akan melancarkan saluran pencernaan Anda dan mencegah terjadinya sembelit. Seseorang yang terlalu mengkonsumsi daging akan susah BAB dan pencernaannya tidak lancer. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, buah, sayur dan kedelai.

  • Jangan makan daging sebelum tidur
Jika Anda mengkonsumsi daging sebelum tidur, maka waspadalah karena hal ini berdampak buruk bagi kesehatan Anda karena makanan akan terdorong ke esophageal sphincter yang menyebabkan kualitas tidur Anda menurun. Baiknya Anda mengkonsumsi 2-3 jam sebelum tidur.

  • Banyak minum air putih
Saat berpesta daging, Anda disarankan untuk banyak minum air putih. Air putih dapat mendorong sisa makanan sehingga tidak menyebabkan sembelit.

  • Jangan banyak mengkonsumsi makanan pedas
Jika Anda memilih masakan daging yang pedas saat idul fitri, hal ini akan membuat perut Anda mules dan akan mengganggu sistem oencernaan di dalam tubuh.

  • Pisahkan lemak daging saat makan hidangan Idul Adha
Ketika akan mengkonsumsi daging, pisahkanlah terlebih dahulu bagian lemak sebelum dihidangkan, karena lemak daging berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

  • Kombinasikan dengan serat sayur
Usahakan membuat hidangan yang terbuat dari sayur saat Idul Adha. Anda juga bisa membuat menu olahan daging dan sayur yang seimbang, seperti memasukkan sayuran seperti tomat, bawang merah, bawang Bombay yang akan mengurangi lemak pada makanan tersebut.

  • Hidangkan Hidangan Daging Bakar
Taukah Anda? Daging yang dibakar lebih baik daripada yang digoren, karena lemak akan berkurang saat dibakar dan lebih baik Anda menambahkan bumbu rempah sebelum daging dibakar.

  • Minum air hangat saat mengkonsumsi daging
Minum air putih atau jeruk hangat dapat membersihkan tenggorokan Anda. Jangan banyak mengkonsumsi minuman manis seperti sirup, the dan kopi.

Itulah 9 tips agar Anda tetap sehat saat makan daging di Hari Raya Idul Adha. Bagi Anda umat muslim yang mampu untuk melaksanakan Qurban 2016 , kini Bukalapak menjual berbagai macam hewan Qurban. Bukalapak bekerja sama dengan ACT dan Global Qurban menyediakan hewan qurban yang beragam dan akan mendistribusikannya ke wilayah yang membutuhkan. Anda yang membeli hewan qurban di Bukalapak, Anda akan mendapatkan sertifikat pengQurban dan laporan-laporan mengenai hewan qurban sebelum dan sesudah di sembelih. Selain itu kita tidak perlu repot turun kelapangan, atau bingung memilih hewan qurban yang bagus.  Jadi tunggu apalagi, yuk membantu sesama dengan membeli hewan qurban di Bukalapak!

You May Also Like

1 komentar