Piknik Ke Mall Nusantara ~ Duniaeni

Friday

Piknik Ke Mall Nusantara


Stand Provinsi Jambi



Libur telah tiba, pasti setiap keluarga sudah memiliki jadwal liburan jauh hari, ya? Atau karena budget sedang tidak mendukung, Anda tidak memiliki rencana jalan-jalan yang spesial bersama anak-anak. Sebenarnya sih, menurut saya pribadi, membawa anak-anak jalan-jalan tidak harus jauh-jauh seperti ke luar kota, atau menyiapkan budget yang besar. Jika sedang tidak ada budget, saya tidak biasa memaksakan diri. Alhamdullilah, anak-anak mengerti sekali. Mungkin karena sudah terbiasa sejak kecil.

Tetapi bukan berarti, liburan membiarkan anak-anak jenuh di rumah, sama sekali tidak jalan-jalan yang membuat mereka terkesan dan gembira. Apalagi mereka habis mengambil rapot, yang sebelumnya berkutat dalam buku untuk memuaskan hati orangtuanya, yakni dapat nilai rapot bagus hehehe. Saya dan suami kebetulan tidak berpatokan nilai rapot harus bagus, harus memiliki rangking di kelas, dan sejenisnya. Yang terpenting mereka belajar dengan sungguh-sungguh dan gembira. Gak dapat rangking sih keduanya, nilai di rapotnya paling rendah masing-masing sama, 7.8 di satu mata pelajaran.

Oya, balik lagi ke soal liburan. Di Jakarta ini banyak banget lokasi liburan dari yang gratis sampai low budget, dan tetap bernilai edukatif. Saya pernah mengulasnya di blog tempat-tempat piknik tersebut, mungkin bisa jadi ide Anda saat ini sehingga anak-anak tetap bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan gembira:
Nah, di artikel ini saya akan menambahkan lokasi yang bisa dijadikan tempat piknik bersama si kecil. Anak saya  menyebutnya Mall Nusantara, tapi sebenarnya ini merupakan tempat para pengusaha UKM memasarkan prodaknya. Tepatnya di Gedung SMESCO Indonesia yang berlokasi di jalan Jenderal, Gatot Subroto Kav. 94, RT.11/RW.3, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780. Mudah banget kok kalau mau menuju lokasi ini, untuk lebih detilnya nanti saya ulas di akhir artikel. Sekarang mari kita jalan-jalan, ada apa saja di Mall Nusantara? Mengapa anak saya menyebutnya mall nusantara?


Begitu memasuki area Smesco, Anda bisa langsung ke gedung Indonesia WOW yang berada di sisi kiri, bersebelahan dengan mini market Seven7. Nah, gedung ini yang layak disebut Mall Nusantara. Karena stand-stand di sini berbentuk sesuai dengan asal daerahnya, misalnya provinsi Irian Jaya. Di stand tersebut lengkap berisi aneka ragam khas Irian Jaya dari pakaian adat, camilan, peralatan kebudayaan sampai rumah honai. Seru banget kan?



Honai: Rumah adat khas Papua
Anak saya sampai minta foto-foto di rumah honai, buat dia itu pengetahuan yang baru. Rumah adat khas Irian Jaya ini bisa dimasuki, pegang untuk mengetahui materialnya. Buat seorang anak ini bisa jadi pengetahuan tersendiri. Jadi di sini Anda dan anak-anak tidak sekedar berbelanja, tapi juga serasa berkeliling nusantara loh. Anak-anak yang hobby atau terbiasa ngemall, bagus diajak ke sini karena mereka akan lebih mengenal provinsi yang ada di negaranya.


Anda tidak perlu sekedar membacakan, melihat gambar tentang provinsi di Indonesia, tapi langsung mengajak anak-anak mengetahui kekayaan Indonesia. Mencicipin kuliner khas daerah juga, harganya cukup ramah di kantong kok. Anak saya beli satu cup oleh-oleh khas Jawa Tengah, manisan rica-rica Rp4.500. Keripik Apel khas Malang Rp18.000, dan banyak lagi.

Kopi khas Aceh yang bercitra rasa eksotik
Tidak hanya memanjakan anak-anak, buat Anda yang hobby kopi atau coffe addict bisa beli kopi khas Aceh atau pun Toraja yang terkenal rasanya. Buat Anda yang pecinta fashion, tersedia dari pakaian, sepatu sampai aksesoris. Kalau habis jalan-jalan capek, ada tempat makan gak?


Tentu saja ada, Anda bisa langsung ke lantai empat untuk sekedar ngobrol dan minum, makan camilan atau ke lantai dasar untuk makan berat. Untuk mencapai lokasi Smesco Anda bisa naik busway atau kereta. Kalau naik kereta turun di stasiun Cawang dan lanjut dengan ojek online, hanya Rp5000. Ayuk, tunggu apalagi ajaklah anak Anda jalan-jalan ke Mall Nusantara, tidak harus dengan budget besar, bisa belanja atau sekedar menikmati kekayaan provinsi di Indonesia. 

Tapi saya ada masukan nih, mungkin juga sedikit khayalan, sepertinya keren ya kalau ditambah area playground dengan permainan khas Nusantara. Anak-anak pasti akan lebih happy datang ke sini.


9 komentar:

  1. Aku blum pernah ke Smesco yg jual produk2 ukm itu mbaa.. Pingin bgt liat2 padahal.. Hihi kreatif bgt anaknya mba Eni ngasih nama Mal Nusantara.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..iya, Mba. Ayuk, ke sana seru banget berasa melihat Indonesia dari dekat

      Delete
  2. Seru banget Mbk ada miniatur rumah Papua ya. Kece badai deh ya. Itu juga ada copi Aceh, mantap Mbk. suamiku malah beli pesan ama temannya xixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengen oleh-oleh khas daerah Indonesia sekarang gak susah lagi, tinggal cuzz ke sana. akses transportasinya juga gampang banget

      Delete
  3. Oh ini di Gedung SMESCO Indonesia. Oke saya tau, berarti tinggal datang aja ke mall nusantara bareng keluarga kecil saya. Hehe. Makasih infonya ya, kak. :)

    ReplyDelete
  4. Waah...tempat yang bagus ya... bisa menambah pengetahuan anak-anak tentang budaya, adat istiadat,makanan khas dan pengetahuan lainnnya. Wisata yang mengedukasi, keren...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneer, mba. Mana gratis lagi, mau belanja oleh-oleh, dll...mudah juga

      Delete
  5. Keren sekali tempat foto2nya. Jadi sekalian mengajarkan anak tentang budaya2 di Indonesia. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalauy liburan ke Jakarta, jangan lupa mampir ya, ba Anisa ^_^

      Delete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.