Medi-Call Siaga Membantu Pelayanan Kesehatan Keluarga Anda ~ Duniaeni

Sunday

Medi-Call Siaga Membantu Pelayanan Kesehatan Keluarga Anda




Jika bicara tentang kebutuhan mendadak akan ahli kesehatan, ada kejadian yang mengingatkan saya. Pertama tahun 2005 saat merasakan mules akan melahirkan putri pertama saya, karena belum paham tahap melahirkan, hanya tahunya mules berarti siap melahirkan. Sebenarnya sih, sudah khatam baca teori tanda-tanda melahirkan yang tepat.  Tetapi, karena merupakan pengalaman pertama, jadi deh panik duluan. Langsung cusss mencari taksi menuju rumah bersalin.

Sampai sana ternyata baru pembukaan dua, menunggu lama deh.  Coba kalau ada ahli medis yang ceck dulu di rumah, kan bisa menunggu pembukaan lengkap di rumah dengan nyaman. kejadian ke dua saat alm putra saya sakit, sesak napas malam-malam. Pontang-panting bawa bayi ke dokter, coba ada ahli medis yang dengan mudah dipanggil ke rumah. Bayi yang sedang sakit tentu tidak akan melakukan perjalanan malam menuju lokasi dokter, pakai antri lagi. Sesek kalau ingat itu.

Setuju kan, alangkah bermanfaatnya jika ada pelayanan dokter atau ahli medis lain yang bisa dipanggil dengan segera? Tanpa harus bingung memilih dokter siapa, yang mana, dalam kondisi mendadak, atau tanpa kawatir dokter atau ahli medis yang ditelepon sedang  berhalangan. Sebab, ada seorang temen yang memiliki nomor telepon dokter kandungannya, namun saat ditelepon karena kondisi darurat. Ternyata sang dokter sedang ke keluar kota. Nah, tidak ada yang bisa disalahkan, karena merupakan kondisi tidak terduga.

Tetapi sekarang ada kabar gembira buat warga Jakarta, telah diluncurkan aplikasi Medi-Call yang sebelumny hanya ada di Bali. Di Bali aplikasi ini digunakan selain oleh warga lokal, juga oleh warga asing loh. Oya, pasti bertanya-tanya, apaan sih aplikasi Medi-Call? Apa hubungannya dengan curhat di atas? Ya, ada dong, setidaknya ada hubungannya dengan memanggil ahli medis kapan pun kita butuh.


Aplikasi Medi-Call

Tombol peluncuran aplikasi Medi-Call ditekan secara bersamaan
Jadi kemarin, tanggal 18 Februari 2017, saya berkesempatan mendapat undangan dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) untuk menghadiri Grand Launching Aplikasi Medi-Call di Hotel Puri Denpasar Kuningan. Makanya kemarin saya nulis tentang ini: Menikmati Suasana Bali Di Jakarta.

Medi-Call merupakan aplikasi pemesanan layanan kesehatan yang berbasis smartphone. Digarap dengan sangat serius oleh para pakar yang kompeten di bidangnya, sehingga Anda tidak perlu cemas untuk menggunakan aplikasi ini.  Sebab, di Bali aplikasi ini sudah sukses digunakan oleh masyarakat lokal dan asing,  meski aplikasi ini masih tergolong baru.

Aplikasi Medi-Call diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika KOMINFO, Ketua Komisi IX DPR RI, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM, Ketua Terpilih Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat, Ketua Umum Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN), Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI), Ketua Umum Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia (PKFI), Ketua Umum Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), serta Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PB. PAPDI). 

Seperti cuhart di atas, apakah aplikasi Medi-Call ini memang untuk memanggil ahli medis ke rumah kapan pun kita butuh?

Yups, betul sekali. Namun yang perlu diketahui, bukanya hanya memanggil ahli medis ke rumah. Kita juga bisa memanggil ambulans, memesan obat-obatan. Dalam kondisi yang darurat seperti curhatan saya di atas, tidak membuat kita harus buru-buru ke rumah sakit. Apalagi kondisi perjalanan ke rumah sakit jauh, rasa sakit yang sudah tidak tertahan, penderita misalnya anak kecil, belum lagi harus antri. Aplikasi Medi-Call benat-benar bisa membantu pelayanan kesehatan keluarga.


dr. M Candra Wijanadi, CEO Medi-Call
Aplikasi Medi-Call adalah aplikasi pertama di Indonesia yang melayani kunjungan dokter ke rumah. Aplikasi ini pertama dibuat oleh PT Medika Nusantara Gumilang, yang didirikan oleh para dokter di Bali yang merupakan alumnus Universitas Udaya Denpasar Bali, yaitu dr. Stephanie Patricia, dr. M Candra Wijanadi, dr. Budhi Riyanta, dan seorang alumnus Universtas Gadjah Mada, dr Gideon Hartono. Diluncurkan di Bali desember 2016.

Soal tarif di Medi-Call, tidak perlu panik karena tarifnya cukup kompetetif dan transparan. Seperti yang sudah diulas di atas, selain bebas antri, bebas macet, tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke rumah sakit, kata dr. M Candra Wijanadi, CEO Medi-Call: "Dengan Medi-Call, layanan dokter jadi lebih praktis dan dapat diakses di mana saja selama 24 jam. Pasien yang sulit ke mana-mana, tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan."

Tuh, kan? Perlu banget deh aplikasi ini terutama jika kita sedang mengandung, atau memiliki anak kecil dan merawat orang yang sedang sakit. Kondisi-kondisi tidak terduga seperti yang pernah saya alami, bisa saja terjadi pada banyak orang. Satu hal yang tidak perlu dikawatirkan,para profesional yang tergabung dengan Medi-Call sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dan SIP (Surat Izin Praktik). Jadi Insallah terhindar dari hal-hal buruk, seperti salah penanganan.

Yuk, Download Aplikasi Medi-Call


Setelah mengetahui manfaat aplikasi Medi-Call, menyadari pernah juga diposisi darurat membutuhkan tenaga medis atau mugkin juga obat-obatan, Anda bisa gabung dengan Medi-Call. Tinggal dowmload aplikasi Medi-Call di playstore, mengisi form sebagai pendaftar baru. Begitu data Anda sudah terdaftar, jika membutuhkan pelayan Medi-Call, misalnya memanggil dokter ke rumah. Tuliskan keluhan, beberapa data penting, biaya yang dibutuhkan akan tertera, dan wusss...dokter terdekat di sekitar Anda yang sedang mengaktifkan panggilannya akan siap sedia untuk datang ke lokasi Anda.

Mudahkan? Saya juga kemarin langsung download kok, meski baru diluncurkan di Jakarta tanggal 18 Februari 2017, aplikasinya sudah bisa diaktifkan. Coba deh, jika Anda membutuhkannya. Semoga Medi-Call bisa segera diluncurkan juga di kota-kota lain, selain Bali dan Jakarta.




9 komentar:

  1. Makin canggih deh, berarti kalo butuh ambulan bs melalui aplikasi ini ya mak.

    ReplyDelete
  2. Aplikasi yang bener-bener ngebantu disaat darurat ya mak

    ReplyDelete
  3. makin canggih ya mak, aku yang baru aja stay di jakarta jadi gak was-was kalau ada apa-apa langsung klik dech

    ReplyDelete
  4. Pernah tetangga anak nya step (bener ga ejaan nya?) Hehehe panik deh mana ibunya trauma karena anak sebelumnya pernah meninggal karena sakit yang sama. Semoga dengan app ini bisa menjadi solusi saat ada keluarga yang tiba-tiba sakit.

    ReplyDelete
  5. Mantap deh layanan kesehatan sekarang. Semoga bisa lanjut terus ya, memudahkan warga Jakarta.

    ReplyDelete
  6. Mantap deh layanan kesehatan sekarang. Semoga bisa lanjut terus ya, memudahkan warga Jakarta.

    ReplyDelete
  7. Ini kalau ibu2 yg punya balita must dunlud nih, enak bisa vaksin jg di rumah :D

    ReplyDelete
  8. Wah aplikasi baru.. Bagus kayaknya ya berguna banget itu apalagi kalau keadaan darurat ga perlu ribet telfon rumah sakit panggil dokter cukup buka aplikasi. Aih makin canggih aja ya...

    ReplyDelete
  9. Asiknya kalau ada aplikasi ini mba Eni. Jadi mudah pas gawat darurat. SMoga aja kita slalu sehat ya

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.