Kongkow Murah Di Kongkow Cafe&Delivery Depok ~ Duniaeni

Wednesday

Kongkow Murah Di Kongkow Cafe&Delivery Depok


Berburu Kuliner


Pertama kali kalau mau makan di luar apa yang biasa dicari? Lokasi strategis, lokasi dekat rumah, suasana resto, servisnya ramah dan cepat, harganya murah, atau kulinernya yang penting enak? Sederet pertanyaan ini mungkin nempel di kepala ketika kita akan ke luar mencari kuliner untuk acara istimewa atau sekeder nongkrong bareng teman-teman. Namun saya dan suami kalau kebetulan memutuskan makan di luar yang utama adalah suasana resto, servis ramah dan kuliner enak.

Soal harga memang menjadi penting banget, tapi setidaknya jika kita sedang memiliki dana lebih dan memutuskan untuk makan di luar. Rasanya puas banget kalau dapat suasana resto yang sesuai, servisnya menyenangkan, plus kulinernya enak sekali. Acara makan di luar jadi benar-benar istimewa.

Dulu saat masih tinggal di Jakarta Selatan, saya dan suami sering mengajakan anak-anak makan di sebuah resto yang mensajikan kuliner khas Indonesia. Tidak hanya kulinernya, suasana restonya juga Indonesia sekali, restoran di tengah-tengah danau. Bangunan resto menyerupai rumah panggung dengan material tradisional, servisnya juga cukup baik, hanya harus pandai memilih kuliner. Sebab, beberapa kulinernya ada yang sangat standart meski harganya terbilang tidak murah.Dan, disayangkan seiring waktu kebersihan di tempat tersebut tidak terjaga dengan baik.

Ketika kami pindah ke wilayah Depok, ternyata Depok ini gudangnya kuliner. Memang selama tinggal di Jakarta kami sering ke Depok, tapi tidak sampai berburu kuliner dengan detil. Beberapa lokasi resto kami temukan dan saya ulas di blog ini, salah satunya adalah resto yang saya temukan ketika pulang dari Gramedia Depok, dengan nama unik; Kongkow.

Kongkow Cafe&Delivery


Dari Gramedia Depok rute yang kami lewati melalui belakang UI, lewat pintu kecil yang menjadi akses warga sekitar Kukusan - Depok. Berlokasi di sebelah Kelurahan Kukusan atau lebih dikenal KUKEL, resto ini terlihat dari luar seperti rumah dengan pagar batu yang cukup tinggi. Hanya disain pintu yang berornamen seperti batik, dan tampak bangku-bangku kayu panjang di dalamnya, yang membuat orang umum tahu itu sebuah resto yang homie.

Suasana cozy

Area samping Kongkow
Area lantai atas Kongkow
Awalnya saya dan suami mengira menu di resto ini cukup mahal karena melihat suasana dalamnya, furniture dari serba kayu. Kayu-kayu gelondongnya yang dibuat meja dan kursi, namun ternyata menu yang ditawarkan murah. Bukan cukup murah, tapi murah untuk ukuran sebuah resto. Waktu itu mungkin karena baru buka, Kongkow menyediakan menu paket murah. Sepaket ayam goreng, nasi dan teh es sekitar 20k.

Pertama ke Kongkow bareng suami, dari sini bisa lihat sunset
Kongkow memiliki area yang luas, tidak hanya tempat makan dengan meja kursi dari kayu-kayu gelondongan, tetapi di sisi sayap samping yang agak terbuka, terdapat barisan meja dan kursi. Di sisi ini para pengunjung resto bisa merasakan hembusan langsung udara bebas, dan melihat...sunset! Serius! Kami kaget, karena kebetulan saat itu menjelang magrib. Langit kebiruan,perlahan merona bersama menghilangnya matahari, cukup indah. Apalagi ditemukan di lokasi padat macam Depok, benar-benar seperti bonus tidak terduga.

Ayam goreng yang kami pesan garing, bumbunya meresap hingga ke dalam. Saya paling sensitif soal ayam, kadang beberapa resto ada yang menjual ayam goreng sedikit keras, dalamnya masih putih dan bumbu hanya mencapai bagian luar saja. Tetapi, ayam Kongkow ini beda dan kami memesannya 4 porsi dibawa pulang buat anak-anak. Untuk selanjutnya kami datang lagi ke Kongkow, hehehe. Lokasinya dari rumah juga tidak jauh, jika ditempuh dengan ojek online hanya 5k, dan mobil ojek online 15k. Deket kan?

Menu-Menu Favorit Di Kongkow

Daftar menu Kongkow
Rujak aceh Kongkow
Seperti biasa nemu tempat kongkow atau nongkrong asyik, saya segera info ke teman-teman. Entah, sudah berapa kali saya membawa teman-teman nongkrong di Kongkow. Di resto ini ternyata kulinernya cukup kaya alias banyak, selain ayam goreng dengan aneka sambal, mie pangsit dengan mie yang kenyal, ada laksa singapore. Buat yang belum tahu laksa singapore, jangan bayangin rasanya seperti laksa bogor ya, hehehe.

Laksa singapore
Laksa ini citra rasa seafoodnya kuat banget karena memang terdapat udang di dalamnya.  Cenderung gurih dan sedikit manis. Kuahnya kental menggoda untuk segera dinikmati panas-panas, harganya 24k dengan porsi yang cukup besar. Saya pernah memesan seporsi laksa singapore, dan langsung kenyang.

Namun saya punya kuliner favorit di Kongkow yang juga jadi favorit suami, nasi ayam betutu bakar. Sebenarnya selain dibakar, ada nasi ayam betutu kuah, tetapi saya dan suami lebih favorit yang dibakar. Dua-duanya sih enak banget, hanya soal selera kali ya. Seporsi ayam betutu bakar yang dibandrol harga 29k ini porsinya nampol banget. Dengan 29k kita dapat nasi, ayam betutu bakar, kacang goreng, plecing kangkung, dan sambal yang pendes endessss biar cabe lagi mahal, hehehe.

Ayam betutunya diolah dengan rempah yang kaya, jadi ayamnya yang empuk itu dibalut bumbu rempah yang sedap banget, nyaris tidak menemukan rasa penggurih atau MSG. Di situ saya suka, karena memang di rumah masak hanya mengandalkan bumbu, no penggurih dan sejenisnya.

Nasi bakar 29k
Kalau teman-teman yang pernah saya ajak makan di Kongkow sih, suka sama nasi bakar dan sate ayam maranggi. Kebetulan saya juga pernah coba, nasi bakarnya kalau di mana-mana hanya dijual seporsi nasi saja dibandrol sekitar 13k-15k. Maka di Kongkow kalau pesen nasi bakar itu kita dapat komplit. Iya, komplit ada nasi bakar, ayam goreng yang garing, tahu-tempe, kerupuk, dan sambal yang bisa dipilih sesuai selera. Di Kongkow untuk sambal teman makan ayam goreng, ada sambal; api, matah, bali, rica-rica dan kecap. Kalau saya paling sering pesan sambal bali. Seporsi nasi bakar lengkap hanya 29k saja, bisa dibayangkan murahnya?

Sate Maranggi
Citra rasa nasi bakar yang gurih dengan porsi besar, nasinya padat, cukup buat makan berdua  buat saya yang memiliki takaran perut tidak berar-besar amat, hahaha. Asli kenyang banget kalau sampai bisa menghabiskan satu porsi nasi bakar di Kongkow. Sementara Sate Marangginya itu dagingnya non lemak, benar-benar daging ayam dan empuk banget.

Mba Sumi (tengah) owner Kongkow yang friendly
Saya pernah ngobrol-ngobrol sama Mba Sumi, owner Kongkow yang frendly ini, konon daging ayam Kongkow memang dipesan khusus, tidak beli di pasar-pasar tradisional. Sehingga dagingnya fresh, dan tidak terlalu berlemak. Mengenai harga-harganya yang super murah, namun tidak menghilangkan citra rasanya yang enak, kwalitasnya yang sehat, karena Mba Sumi terinspirasi dengan banyaknya mahasiswa yang kost dan pasti mengkonsumsi makanan luar yang belum tentu sehat.


Dapur Kongkow bersiiiiih ya!
Kok terinspirasi mahasiswa? Iyalah, karena lokasi Kongkow ini pas banget di belakang Universitas UI, otomatis akan banyak pengunjung resto yang juga dari kalangan mahasiswa. Asyik banget ya, hari gini keluar kocek gak sampai 100k bisa ajak temen makan di tempat yang nyaman dengan menu yang enak dan sehat. Jadi cocok banget sama slogannya: Rasa Bintang 5, Cozy'nya Jempol 5, dan Harganya Kaki 5!

Asyiknya Kongkow

Kongkow bareng Blogger Depok 
Diskusi bareng temen penulis dan editor
Habis hingga tandas hehehe
Tidak hanya sekedar untuk makan sekeluarga, nongkrong bareng temen-temen, Kongkow juga menyediakan tempat untuk acara meeting, workshop, dan sejenisnya karena area di lantai atas komplit sekali. Kalau mau bedah buku atau launching buku, tinggal datang badan deh. Peralatan dari sound system sampai LCD Projector ada.

Buat acara ulang tahun, pesta pernikahan, gathering, dan sejenisnya di Kongkow juga bisa. Tempatnya tuh luas, yang ourdoor juga ada. Di halaman belakang Kongkow ada area tanah luas , cocok banget buat pesta kebun ala-ala seleb. Dan, Kongkow juga melayani pemesanan delivery untuk berbagai acara ataupun catering kantor. Menunya bebas milih, mau yang di bawah 20k juga ada, kayak nasi ayam goreng, aneka nasi goreng (cobain deh, nasi goreng hijaunya..rasanya sambal hijaunya nyata).

Fasilitas lain seperti toilet, wastafel, tempat parkir motor dan mobil, tidak perlu kawatir. Termasuk tersedia mushola yang lokasinya berdampingan dengan kebun belakang resto, jadi buat yang muslim bisa ibadah dengan khusuk. Tempatnya gak sempit banget dan pengap, tapi agak terbuka hingga udara bebas bisa ke luar masuk.

Jalan menuju musholah
Ih,bahas Kongkow mah gada habisnya ya. Langsung aja deh cus ke sana, tetapi jangan hari minggu karena Kongkow tutup. Buka dari pukul 11 siang hingga 10 malam, lokasinya meski di belakang Margonda tapi aksesnya mudah dijangkau. Dari seputaran Depok naik ojek online 5-6k lah. Kalau naik kereta lebih enak sih turun di stasiun UI atau Pondok China, tapi lebih enak lagi turun stasiun Depok Baru naik ojek online cuma 5k. Buat pastinya ini nih alamat jelasnya:

Jalan Palakali Raya No.65
Kelurahan Kukusan
Kecamatan Beji
Depok


Mau delivery menu dll, bisa langsung telepon 021.29318535, WA 081280802000, atau mau kepoin IG'nya bisa  follow @KangenKongkow

15 komentar:

  1. waah tempatnya bener-bener asyik...murah lagi...kalo deket aku mau kesana, sayang jauh hihihi

    ReplyDelete
  2. Yuk ah kapan2 kita nongrong ke Kongkow Kafe ya mba ENi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok ya kumpul pukul dua siang, kita kongkow-kongkow di sana

      Delete
  3. Tempatnya asik bgt ya Mba Eni.. Aku penasaran sama laksanyaaaa.. Tampak enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya rasa penasarannya terobati ya, mb

      Delete
  4. Setuju kalo di depok makanan itu enak2!! :D. Aku slalu puas tiap kulineran kesana. Sayangnya cm jauuh aja mba dr rawamangun. Jd g bs sering2. Kalo suami ntr lg mau diajak jalan jauh cari makan, aku usulin kongkow deh;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, dulu suamiku di Rawamangun. Banyak tenda kali lima yang endess di sana tuh

      Delete
  5. Deket ya Mbak sama rumahnya. Harganya juga terjangkau. Asik bisa sambil hangout

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb, cocok buat kumpul bareng keluarga dan teman

      Delete
  6. Nasi bakar nya menggoda selera itu, jadi mendadak lapar ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke sana bawa keluarga mb, deket kan dari Pasar Rebo

      Delete
  7. ahayyy emang asik banget kongkow bareng temen2 di kongkow cafe ini ya en.. aku aja udah dua kali ke sana masih pengen balik lagi, terngiang2 ayam betutu sama laksanya yang endezzz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar klo ada acara kumpul-kumpul cuss lagi ke sana yuk

      Delete
  8. harganya pun cukup terjangkau ya mbak

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Powered by Blogger.