Bogor Sebagai Destinasi Liburan Serba Murah ~ Duniaeni

Sunday

Bogor Sebagai Destinasi Liburan Serba Murah



Mengapa Bogor saya jadikan sebagai salah satu kota favorit untuk destinasi liburan? 

Pertama karena jaraknya tidak terlalu jauh, sebab saya memiliki tiga anak kecil yang masih riuh jika harus melakukan perjalanan jauh. Ke dua karena di Bogor banyak tempat wisata , kuliner, dan penginapan yang mudah didapat, yang cocok juga untuk anak-anak, maklum namanya liburan keluarga.

Buat saya dan suami liburan keluarga adalah liburan yang juga cocok untuk dinikmati anak-anak, dan ke tiga Kota Bogor adalah destinasi liburan serba murah. Tanpa harus memiliki budget besar kami bisa menikmati liburan bersama keluarga di Bogor. Karena itu lah beberapa kali pun sudah ke sana, kami akan kembali lagi untuk menikmati apa yang dimiliki Kota Bogor.

Jika ikutan penasaran tentang Kota Bogor, berikut beberapa lokasi liburan dan kuliner di Bogor yang layak dikunjungi bersama keluarga:

Kebun Raya Bogor

Ini adalah wisata edukasi yang terkenal di Bogor, selain masuknya cukup murah, di area yang luas ini kita bisa menikmati sewa sepeda untuk keliling kebun raya, selama dua jam hanya sebesar Rp10.000, bisa menikmati pemandangan alami dari hutan yang berisi aneka tumbuhan langka, dan bisa melihat beberapa peninggalan kolonial, seperti makam bangsa Belanda.



Museum Zoologi

Museum ini ada di dalam area Kebun Raya Bogor dengan tiket yang juga sangat murah. Di dalam museum Zoologi terdapat aneka hewan dari yang terkecil hingga terbesar. Hewan-hewan tersebut diawetkan, dan dibuat diorama yang mirip kehidupan aslinya. Anak-anak akan mendapat pengetahuan tentang binatang dari cara hidup hingga nama-nama latinnya.

Baca perjalanan kami Museum Zoologi : seperti masuk dalam buku ensiklopedia hewan





Vihara Dhanagun

Vihara Dhanagun letaknya di seberang Kebun Raya Bogor, kita tinggal berjalan kaki untuk menuju lokasi vihara. Bangunan berusia 300 tahun ini dibangun saat etnis China pertama kali datang ke Bogor. Pada dinding vihara dihiasi dengan lukisan tiga dimensi yang cantik sekali, fullcolour. Paling menyenangkan mengunjungi Vihara Dhanagun saat etnis China mengadakan perayaan, seperti Gong Xi Fa Cai karena vihara akan dihias seindah mungkin, dipenuhi aneka lampion dan lilin berwarna merah. Untuk berkunjung ke Vihara Dhanagun gratis dan terbuka untuk umum, tanpa harus beribadah di sana. Sebagai pengunjung tentu saja kita wajib menjaga tata terbit tempat wisata yang juga merupakan tempat beribadah etnis China tersebut. 




Monumen Kujang

Salah satu icon Kota Bogor ini sekarang sudah dipercantik dengan dibangun pilar-pilar yang mirip sekali dengan Kota Yunani menurut anak-anak saya. Pilar-pilar kokoh berwarna putih yang kini menghias Kota Bogor di seputaran Monumen Kujang sangat mengundang wisatawan untuk menikmati. Merupakan spot foto yang indah di sore maupun malam hari, dan lokasi ini gratis. Bebas didatangi siapa saja yang ingin sekedar duduk-duduk atau mengambil foto. Lokasinya juga tidak jauh dari Kebun Raya Bogor.


Dibangun belum lama sehingga terlihat bersih sekali, saya sangat berharap kebersihannya terus terjaga hingga tetap layak dijadikan lokasi wisata dan spot foto yang cantik.





Suryakencana

Nah, ini dia surganya kuliner bagi masyarakat Bogor maupun wisatawan. Namun karena ini merupakan Kampung Pecinan, bagi muslim harus pintar-pintar mencari kuliner yang tepat. Jangan kawatir terdapat banyak kuliner halalnya kok, beberapa kuliner halal yang wajib dicoba adalah:

Soto Mie CiseengSoto mie dengan potongan daging sapi ini dijamin bikin nagih, daging sapinya lunak banget dan kuahnya juicy. Untuk ukuran harga seporsi besar Rp25.000, bisa dimakan berdua jika menggunakan nasi. Soto Mie Ciseeng merupakan kesukaan anak ke dua saya, Pijar.

Toge Goreng Mak Evon: Bogor cukup identik dengan toge goreng sehingga banyak penjual toge goreng yang berlomba menawarkan, tetapi jangan sampai salah pilih. Toge Goreng Mak Evon bisa jadi pilihan menikmati kuliner Indonesia khas Bogor, karena merupakan toge goreng legendaris. Kenapa?

Toge Goreng Mak Evon sudah ada sejak 40 tahun lalu dan dimasak menggunakan kayu hingga kini. Sehingga aromanya sangat khas sekali, tauco yang digunakan gurih. Ini salah satu kuliner favorit saya, citra rasanya yang unik sangat melekat di lidah.

Laksa Bogor Ibu Lily: Satu lagi kuliner khas Bogor yang wajib dicoba, yakni laksa. Sama seperti toge goreng, laksa banyak sekali dijajakan di Kota Bogor. Tapi yang paling terkenal lezatnya di Jalan Suryakencana adalah Laksa Bogor Ibu Lily. Kuahnya kental, khas dengan aroma kemangi yang eksotik. Harganya boleh bikin geleng-geleng karena murahnya, seporsi hanya Rp10.000

Pintu masuk SURYAKENCANA
Dan, masih banyak kuliner lezat lainnya yang bisa ditemukan di Kota Bogor, seperti bolu talas Bogor yang terkenal hingga luar kota Bogor, roti unyil, harga-harganya ramah semua di kantong. Itu lah mengapa saya dan suami selalu menjadikan Kota Bogor sebagai destinasi wisata keluarga, saat libur pendek, maupun libur panjang.

Ke Kota Bogor memang tidak selalu harus menginap, kami bisa keliling seharian lalu pulang, karena lokasi rumah kami hanya di Depok. Namun jika menginap, Kota Bogor juga menjadi pilihan yang asyik. Wisata malam di sana, menikmati aneka kuliner, pokoknya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh. Ada salah satu restoran favorit kami yang layak dikunjungin malam hari, suasananya romantis, kulinernya cukup ramah di kantong juga, Resto Gumanti.

Baca juga Kuliner Bogor : Nasi Bakar 13 Ribu Di Resto Gumanti

Nah, untuk penginapan saya ingin sekali mengajak suami dan anak-anak mencoba menginap di RedDoorzNear Gor Padjajaran Bogor 
Kamar di RedDoorz Near Padjajaran


RedDoorz  Near  GOR Padjajaran ini terletak di  Jalan Pemuda nomor 22, Tanah Sereal , Bogor dengan fasilitas penunjang kenyamanan, seperti kamar non-smoking. Tapi buat bapak-bapak yang smoking juga diberi area khusus, yaknin Area Merokok, terdapat Room Service dan Front desk 24 jam. Satu lagi hal penting dalam staycation, kamar mandi yang bersih. Saya suka dengan kamar mandi bersih dan nyaman untuk mandi.


Juga agar mudah menuju  lokasi wisata maupun kuliner, karena Lokasi Guest House dikelilingi beragam pusat wisata, perbelanjaan, dan hiburan utama, seperti Kebun Raya Bogor. Selain itu RedDoorz memiliki banyak jaringan hotel murah. Jadi liburan tidak perlu lagi pusing harus memiliki budget besar. Liburan bukan untuk pusing, tetapi menghilangkan pusing alias refleshing.

Artikel ini juara 3 blog competition RedDoorz





15 komentar:

  1. Waow keren banget wisatanya. Kalau ke Bogor saya pengen beli asinan Bogor yang katanya maknyus tenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi jangan yang sembarangan dan kuahnya berwarna merah banget. Ngeri itu pewarna berbahaya

      Delete
  2. Bogor juga jaid tempat pilihan aku dan keluarga, mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah meriah dan asyik ya, mb.banyak wisata edukatif

      Delete
  3. Berapa kali ke Bogor malah belum pernah masuk Kebun Raya sama anak2 nih Mba Eni.. Haruuusss ke sana ah sama ke Museum Zoologi jg.. Bogor enak2 kulinernya yaa, toooss mba favoritku jg toge goreng.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk, buuu...bagus buat anak-anak

      Delete
  4. Belum pernah sih ke Bogor. Pengen lah sekali-kali ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba stay di mana? bogor banyak kuliner murah yang lezat, mba

      Delete
  5. Replies
    1. Makasih, Mak. Wah, tadi lihat ulasan apartemen RedDoorz di Jakarta jadi mupeng

      Delete
  6. aku pingin ke monumen kujangnya
    asyik kayaknya

    ReplyDelete
  7. Tujuan ke Bogor cuman satu : kuliner!!

    hahahahahhaa

    ReplyDelete
  8. Keren yaa Bogor. Banyak tempat wisatanya juga yang bisa didatangi 😍

    ReplyDelete
  9. Saya baru dua kali ke Bogor. Belum sempat wiskul di sana. Baru mengunjungi Kebun Raya saja. Kapan-kapan ke Bogor lagi untuk wiskul dan singggah ke objek-objek wisata yang Mbak Eni rekomendasikan ah ��

    ReplyDelete
  10. Saya dan si mas juga sering jalan-jalan ke Bogor, tapi kalo saya tujuannya nyobain kulinernya karena harga makanan berat dan jajanan di Bogor banyak yang terjangkau..toge goreng & laksa nya memang selalu cocok di lidah rasanya

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

#MinumMilo: Sehat Bonus Bisa Ke Barcelona

Siapa yang suka Milo? Saya ingat betul saat masih kanak-kanak Milo sudah disukai karena rasanya yang enak sekali, seperti cokelat kalau...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.