Senyum Terindah Ibu Untuk Anak-Anakku ~ Duniaeni

Saturday

Senyum Terindah Ibu Untuk Anak-Anakku


Senyum Anak-Anak Untuk Ibu



Kemarin pulang dari sebuah even di Jakarta, saya dapat sopir ojek online berwajah keras dengan brewok dan rambut  yang sedikit tidak beraturan. Tetapi, alangkah terkejutnya saya ketika sampai rumah, begitu turun dari motornya dan seperti biasa anak-anak menyambut kedatangan ibunya dengan atusias. Dari yang usia 11 tahun, 8 tahun, hingga si dua tahun, semua pasti akan berlarian ke luar rumah. Berteriak heboh memanggil: "Ibuuuu!"

Selalu begitu, meski pun saya setiap hari ke luar rumah, mereka akan tetap menyambut dengan sama persis. Bahkan mungkin tetangga sekitar hapal dengan ritual anak-anak menyambut ibunya, hehehe. Si sopir ojek online yang menyaksikan semua itu spontan mengeluarkan kata-kata, "Senang ya, Bu. Hilang semua capek, letih,  melihat anak-anak menyambut ibunya dengan senyum lebar..."

Keterkejutan saya menghapus stigma di kepala dan teringat sebuah kalimat: 'Don't look the book just from the cover' . Haduw, meleleh rasanya perasaan saya sehingga hanya bisa menjawab, "Iya, Pak. Lenyap semua rasa letih saya melihat senyum anak-anak..."

Si sopir ojek online berlalu meninggalkan sisa derum motornya. Si sulung dan nomor dua berebut membawakan tas ibunya. Biasanya mereka akan sangat tertarik untuk merebut kantong goodiebag yang selalu dibawa ibu setiap pulang dari sebuah even. Membongkar isinya, mencari tahu apa yang ada di dalamnya, kadang disertai ribut kecil antara si sulung dan nomor dua.

Si sulung sangat suka koleksi notesbook, pulpen, entah sudah berapa banyak koleksinya. Si nomor dua hanya tertarik jika ada makanan yang berjenis manis-manis, seperti cokelat dan permen. Sementara si bungsu berambut ikal selalu berceloteh apa yang dialami seharian tanpa ibu meski lafalnya masih terbata.

"Ibu, adi Ndek angis. Endek obok, bangun ndak ada Ibu..." ( Ibu, tadi adek nangis. adek bobo, bangun tidak ada ibu).



Nyesss, rasanya hati setiap mendengar celotehnya, dan meskipun letih, tanpa bersalin baju, tanpa minum dulu, hanya sekedar cuci muka, cuci tangan. Saya langsung menyusuinya sambil mendengar kakak-kakaknya berebut cerita segala hal. Setelah si  bungsu puas berdua-duaan dengan saya, baru saya bebersih, menikmati teh hangat, makan dan ngobrol bersama suami.

Can't Smile Without You



"Senang ya, Bu. Hilang semua capek, letih,  melihat anak-anak menyambut ibunya dengan senyum lebar..."

Ya, ya, sekali lagi saya mengingat ucapan sopir ojek online itu, membenarkan kembali di dalam hati. Anak-anak memang sumber kekuatan seorang ibu, tujuan langkah ibu ketika pergi dan harus kembali ke rumah, ke mana pun kaki melangkah. Anak-anak yang kadang juga membuat emosi meluap, kesabaran putus. Tapi pada mereka lah kebahagiaan seorang ibu bersumber.

Mungkin, jika bisa digambarkan perasaan saya pada anak-anak, seperti lirik lagu Barry Manilow, Can't Smile Without You. Lirik lagu yang selalu ingin saya bisikkan ke telinga anak-anak:

If you only knew what I'am going through
I just cant't smile without you

Jadi, teringat peristiwa kehilangan anak saya nomor tiga, lima tahun lalu. Saat itu mungkin setahun lebih saya tidak bisa tersenyum dengan sempurna. Ada rasa yang membatasi senyum saya untuk mengembang lebar dengan bebas. Sampai kemudian lahir putra bungsu saya, melengkapi kebahagiaan yang sebelumnya tercuri garis takdir.

Dan, saat anak-anak semakin bertumbuh, keadaan apa pun saya harus tersenyum untuk mereka, begitu yang diucapkan suami. "Kamu adalah seorang ibu, anak-anak membutuhkan ibu yang bisa mengkondisikan suasana bahagia."



Memang jika saya sedang tidak tersenyum, terutama saat mereka datang meminta perhatian atau ketika saya pulang dari berpergian, pasti akan terlontar pertanyaan: "Ibu kenapa?"
"Kok, ibu sedih? Ibu lagi banyak kerjaan ya?"

Itu pertanyaan si sulung dan si nomor dua, sementara kalau si bungsu paling hanya memeluk saya bingung. Duh, ini lah perjuangan seorang ibu, harus tetap ceria, menebar senyum meski hatinya sedang tidak ceria dan tidak ingin tersenyum. Tetapi jika sedang sariawan gimana?

Ketika Sariawan Datang


Sebenarnya saya termasuk yang jarang sekali sariawan, tetapi kadang sariawan menyerang ketika kondisi tubuh saya drop. Begitu saja mendadak sariawan muncul, bisa juga karena kegigit tidak sengaja saat makan, kena sikat gigi saat gosok gigi. Luka atau lecet kecil akan menjadi sariawan ketika kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit.
Sebenarnya apa penyebab sariawan?
  • Sistem kekebalan tubuh melemah
  • Kekurangan vitamin C, B12 dan asam folat
  • Kondisi mulut tidak sehat atau kebersihannya kurang terjaga
  • Kondisi tubuh sedang sakit panas dalam atau infeksi
Sariawan memiliki jenis-jenis berikut ini:
  1. Oral Thrush atau Moniliasis : Sariawan yang banyak dijumpai di lidah ini disebabkan oleh jamur candida albicans
  2. Stomatitis atau Afthosa : Ini sariawan yang mungkin paling sering terjadi pada setiap orang, karena disebabkan luka tergigit dan terbentur sikat gigi
  3. Stomatitis Herpetic : Sariawan yang ini agak-agak ekstrim deh, karena disebabkan oleh virus herpes simpleks yang berada di belakang tenggorokan.
Ehmmm, kira-kira jenis sariawan mana yang paling sering atau pernah menyerangmu? 

Kalau saya sih, paling sering terkena jenis sariawan Stomatitis atau Afthosa, terutama ketika kondisi tubuh saya sedang tidak stabil atau drop. Lalu bagaimana mencegah sariawan? Penyakit satu ini terkesan biasa, sudah merakyat deh.  Tetapi sesungguhnya sangat mengganggu sekali, bahkan bisa membuat kondisi imun kita semakin lemah karena sulit  mengasup makanan, akibat rasa nyeri setiap bagian yang terkena sariawan tersentuh.

Juga susah tersenyum, terutama jika sariawan yang terletak di seputar bibir. Duh, senyum sedikit rasanya nyeri. Ekspresi wajah otomatis akan menunjukan pose manyun karena menahan sakit dan perasaan tidak nyaman. Lalu bagaimana cara pengobati sariawan? Obat  apa yang tepat, sebab banyak sekali beredar obat sariawan, dari yang berlabel herbal hingga obat dengan resep dokter. Dan, sariawan itu tidak boleh dibiarkan loh atau dianggap sepele, karena ada beberapa kasus sariawan parah yang menyebabkan kanker mulut.

Apa Itu ALOCLAIR PLUS?



Salah satu obat sariawan yang bisa dibeli bebas adalah Aloclair Plus. Sebenarnya Aloclair Plus terdiri dari tiga jenis, dan saya memakai yang Aloclair Plus Gel. Sesuai dengan namanya Aloclair Plus Gel berubah gel yang dipakai dengan cara diteteskan ke luka sariawan. Jangan kawatir akan merasa perih, Aloclair Plus Gel tidak mengandung alkohol. Begitu diteteskan rasa sakit justru akan berkurang, bagian yang terdapat sariawan akan terasa lebih nyaman dari sebelumnya. Selain itu Aloclair Plus Gel akan membentuk lapisan pelindung di atas luka sariawan, yang juga melindungi ujung saraf yang terkena.

Mau tahu gak rasanya begitu luka sariawan ditetesin Aloclair Plus Gel? 

Dingin, gak ada sengatan seperti kalau kita memakai prodak yang mengandung alkohol. Itu karena Aloclair Plus Gel mengandung bahan-bahan alami, diantaranya: Aloe vera atau lidah buaya. Memang tanaman tropis satu ini konon mengnadung 72 jenis zat yang sangat bermanfaat dan 200 senyawan bermanfaat lainnya. Salah satu manfaat Aloe vera dapat mencegah perandangan, seperti luka pada sariawan.

Kandungan Aloclair Plus Gel:



Aqua, polyvinylpyrrolidone (PVP), maltodextrin, propylene gycol, PEG-40 hydrogenated castor oil, xanthan gum, potassium sorbate, sodium benzoate, aroma, disodium edetate, benzalkonium chloride, sodium hyaluronate, saccrin sodium, glycyrrhetinic acid, ekstrak aloe vera atau lidah buaya.

Beberapa bahan di atas memiliki fungsi:
  1. Polyvinylpyrrolidone (PVP): Untuk membentuk lapisan pelindung pada luka sariawan
  2. Sodium Hyaluronate : Untuk melembabkan serta membantu menyembuhkan luka lebih cepat
  3. Ekstrak aloe vera atau lidah buaya: Untuk mencegah peradangan, mengurangi nyeri dan infeksi.
  4. Glycyrrhetinic acid : Untuk mengurangi bengkak dan nyeri
Kandungan dalam Aloclair Plus Gel aman sehingga bisa digunakan segala usia, yakni bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Kalau pun saat memakaikan Aloclair Plus Gel pada sariawan di dalam mulut, lalu tertelan. Tenang saja, karena aman jika tertelan dan rasanya sedikit manis.

Cara Pakai:
  1. Keluarkan 1 atau 2 tetes  gel sehingga menutupi seluru ulkus ataulesi rongga mulut atau luka sariawan.
  2. Hindari kontak langsung aplikator dengan lesi
  3. Jangan menyentuh lesi dengan lidah minimal 2 menit agar berbentuk selaput pelindung
  4. Tutup tube setelah digunakan
  5. Gunakan 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan
  6. Hindari makan dan minum minimal selama 1 jam setelah pemberian

Kemasan:

Untuk kemasan Aloclair Plus Gel didisain finger off sehingga cara pakainya simpel banget, dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Sebab, dapat langsung dioleskan ke sariawan tanpa harus kita bersentuhan langsung ke kulit yang luka. Biasa kan, kulit yang luka rawan terinfeksi bakteri, dan lain-lain. Selain itu, kemasan mungil mudah dibawa bepergian.



Kelebihan Aloclair Plus:
  1. Kandungannya alami sehingga aman untuk bayi sekali pun
  2. Aloclair Plus sudah terpecaya di 57 negara
  3. Tidak mengandung alkohol sehingga dipakai tidak mnimbulkan  nyeri
  4. Cara kerjanya membentuk lapisan pelindung yang membuat luka aman dari bakteri
  5. Rasanya familiar untuk anak-anak (tidak pahit atau berasa aneh khas obat)

Tersedia 3 varian yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Jenis-Jenis Aloclair Plus:
  1. Aloclair Plus Gel
  2. Aloclair Plus Oral Rinse
  3. Aloclair Plus Spray

Untuk manfaat dan cara pakai masing-masing jenis Aloclair Plus bisa langsung ke website Aloclair Plus atau facebook'nya. Oya, meski sudah ada obat sariawan yang tokcer tetap jangan lupa menjaga hal-hal berikut ini agar sariawan tidak sering datang:
  • Menjaga kebersihan mulut dengan rajin gosok gigi sehari dua kali dan berkumur sehabis makan
  • Jaga kesehatan tubuh dengan banyak mengasup air putih dan buah
  • Jangan mengkonsumsi makanan terlalu panas dan bercitra rasa pedas
  • Hindari stres karena stres dapat menurunkan imun tubuh
  • Periksa kesehatan mulut dan gigi ke dokter gigi secara telatur
Dan, senyum saya pun akan senantiasa terlihat anak-anak saat mereka menyambut ibunya pulang dari mana pun.





58 komentar:

  1. Persis dng apa yg saya rasa. Kini saya rindu situasi itu. Anakku sdh remaja, mereka mulai afa fi "dunianya" sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti aku haru benar-benar menikmati masa ini ya, mi

      Delete
    2. Jadi ingat dua malaikat kecilmu ya, Pril?

      Delete
  2. Senyum ibu memang yg terindah dna paling didamba anak2 ya mba

    ReplyDelete
  3. Senyumnya Ibu memang dapat meluluhkan anak2.

    ReplyDelete
  4. Iya bener ya mba Eni, letih langsung hilang lihat senyum anak-anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ingat tiap.pulang even, kejebak macet, pulang kita ketemu krucils hilang capek ya

      Delete
  5. sama mak eni, anak anakku juga suka begitu tuh hehehe....

    oiya, aloclair plus emang manjur banget ya, udah ngerasain juga ☺

    ReplyDelete
  6. Saya tertolong banget sama Aloclair ini . Dulu kalau sariawan dibiarin aja krn obatnya perih, sekarang bisa pakai Aloclair

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ga perih,ada tapi bikin cemong ya hihihi

      Delete
  7. Kalau sariawan memang paling sebel ya mba. UNtuk ada Aloclair :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enak makan, ga enak senyum ya kalau sariawan

      Delete
  8. Aku harus stok ini deh dirumah. Soalnya sering banget sariawan. Kesel deh, huhuhu. Beli diapotik udah ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa banyak makan buah dan minum air putih juga ya, win

      Delete
  9. Saya kudu beli Aloclair nih Mba Eni, saya gampang bangat sariawan. Thanks ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, tuh..jangan biarkan sariawan merajalela

      Delete
  10. Infonya lengkaaaap banget mak.. Jadi nambah info seputar sariawan dan solusinya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah kalau lengkap, moga bermanfaat

      Delete
  11. Wuihhh Aloclair ga perihh ya disariawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya adem saat diteteskan di luka sariawan

      Delete
  12. Tidak nyeri ya mba? Untuk anak anak obat sariawan kadang perih jadi ogah lagi diobatin ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak, mba, karena gak mengandung alkohol

      Delete
  13. Kalau sariawan bawaan pengen marah2 terus. :( Apalagi kalau dibarengi sakit gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, lengkap deh derita menyerang rongga mulut ya mba

      Delete
  14. secapek apapu, sekesal apapun aku di kantor, kalo udh liat foto anak2, langsung nyeeesss banget ya mba... mereka itu oabt aku pulang ke rumah.. truatama pas traveling .. makanya maksimal aku jalan tanpa bawa anak2 cuma 2 minggu.,. kalo mau lebih dr itu, anak2 pasti aku bawa... kelamaan ga liat senyum mereka bikin kangen pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, aku malah belum kuat sama sekali buat ninggalin mereka nginep, duh

      Delete
  15. minggu kemaren sempat sariawan parah.. banyak banget sampe2 k anak lidah n di tenggorokan. mungkinkah tipe ke 3 mba? Alhamdulillah sekarang udah mulai pada sembuh.. sereeem harus k dokter y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak kena virus itu ya?Alhamdullilah bisa sembuh mba, Aloclair juga ada yang untuk virus

      Delete
  16. Bnr mba eni smangat klu mlihat anak bahagia n sll brsyukur meliht mrk tiap hr

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak memang tenaga buat seorang ibu

      Delete
  17. pas lagi sariawan, makasih infonya mommy

    ReplyDelete
  18. Hahaha.. tau nggak sih, mba baca gambaran tukang ojek di tulisan ini, jadi kebayang pria di iklan google yang nyanyi lagu "Dia". Don't judge a book from its cover, wajah preman hati rinto.. hahahah *salah fokus. Maafkan boim, ya Allah. hahaha

    Soal sariawan.. duuuh saya paling sebel tuh. Karena saya sering dapat sariawan diujung bibir, jadi kan kesiksa banget. Kalau diobatin sama produk sebelah, yang ada airmata bercucuran. Begitu baca aloclair ga perih langsung.. cateeet! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw..keker, mak, celeem gitu tapi baik hati abang gojeknya. Wah, sampai bercucuran air mata karena perih ya? Aloclair tuh anakku aja bilang dipakainya dingin

      Delete
  19. emang senyum anak2 bikin kita bahagia ay daripaad sakit rasanya sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. senyum anak-anak bikin hilang capek

      Delete
  20. Aku sering juga sariawan krn gesekan sama kawat gigi, untungnya lekas sembuh pakai Aloclair

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya tuh, kawat gigi sering bikin sariawan ya makanya sikat giginya juga spesial

      Delete
  21. Aku lagi sariawan dan lagi hits banget Aloclair jadi pgn nyoba :)

    ReplyDelete
  22. senengnya disambut 3 jagoan cilik. Mereka udah nungguin goodie bag ternyata, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau goodiebagnya ga sesuai hati mereka, pada cemberut wkwkwkkw

      Delete
  23. Senyum anak kecil memang menenangkan. Sangat ^^

    ReplyDelete
  24. Ibu dan anak mmg saling membutuhkan bahkan dlm hal melihat senyuman ya mba. Kita sedih kalo anak gk senyum, pun anak2 pasti menginginkan ibunya selalu senym

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu dan anak memang ikatan yang saling menguatkan

      Delete
  25. Kalo ibu-ibu kena sariawan akan ngaruh ke mood anak dan seluruh penghuni rumah ya. Untung sekarang ada Aloclair Plus.

    ReplyDelete
  26. Sariawan emang gak ngenakin ya mbak, kalo gak diobatin butuh waktu agak lama juga buat pulih lagi. Untung sekarang ada Aloclair ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener,sampai berasa semua makanan jadi ga enak

      Delete
  27. Di daerah yogyakarta itu sudah ada belum yah mba? Saya termasuk orang yang sering sariawan. Jadi pengen coba.

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.