Katakan Iya Boleh Untuk Eksplorasi Si Kecil ~ Duniaeni

Monday

Katakan Iya Boleh Untuk Eksplorasi Si Kecil


Setiap anak akan memiliki masa golden age, yakni dari di dalam kandungan hingga tiga tahun kelahiran. Masa-masa tersebut masa perkembangan anak yang sangat pesat sekali. Bahkan sering tanpa sadar kita melewati, tahu-tahu si kecil yang baru dikandung sudah bertumbuh pesat masuk pra sekolah.  Sayang, kalau kita melewati  begitu saja masa golden age ini.

Masa yang konon sebagai penentu perkembangan anak di kemudian hari, karena itu meski Pendar anak ke empat yang berarti bukan hal baru buat saya menghadapi masa-masa perkembangan anak. Tetapi, tetap saja rasanya selalu kurang pengetahuan untuk dampingi si kecil. Selain juga kurang sabar dalam menghadapi proses belajar si kecil yang penuh keingintahuan, eksplorasi.

Maka ketika mendapat undangan dari DANCOW untuk datang ke acaranya yang bertajuk Nestle DANCOW Explore Your World di Kota Kasablanca Mall, Sabtu 29 April 2017. Rasanya senang betul, karena saya sudah melihat di televisi kemeriahan DANCOW Explore Your World di Makassar dan Surabaya. 
Acara ini merupakan inovasi baru DANCOW Advanced Excelnutri+ dari Nestle Research Center yang mempersembahkan DANCOW Explore Your World di Kota Kasablanca selama dua hari, yakni tanggal 29-30 april 2017. Di awal saya sudah diberitahu acara ini tidak hanya menyediakan wahana eksplorasi bagi si kecil dengan rentang usia 2 hingga 6 tahun. Tetapi juga terdapat sesi para orangtua berbincang atau konsultasi dengan para pakar dari DANCOW Parenting Center

Ngebayanginnya seru banget ya, sampai si kakak yang sudah berusia delapan tahun merengek mau ikutan, akhirnya diajak juga menemani Pendar. Tidak ketinggalan si Ayah  buat membantu mengawasi Pendar saat saya sibuk menyimak talk show parenting nanti. Sekalian me time Ayah dan anak yang jarang-jarang terjadi.

Tepat pukul satu siang sampai di lokasi acara, sudah penuh pengunjung antri pada setiap wahana. Karena penuhnya saya sampai menunda sesaat untuk masuk karena membawa batita, pasti akan rewel kalau antri lama selain juga pegel gendongnya, hehehe. Duh, kelihatan banget deh apresiasi para Bunda untuk acara DANCOW ini. Memang wahana permainannya bermanfaat untuk stimulasi kemampuan konigtif anak

Setelah antrian agak terkendali, saya langsung registrasi, dan Pijar sudah menghilang antri di Wahana bertuliskan Play Park. Ampun deh, gesit benar si kakak, sementara saya mencoba antri di fotobooth. Selesai berfoto ria bersama Pendar, saya mengamati 4 wahana yang tersedia:



  • Play Park
Wahana ini yang pertama dituju Pendar karena melihat Pijar sudah asyik bermain perosotan di sana bersama anak-anak lain. Tetapi sayang, begitu Pendar mendapat kesempatan masuk Play Park eh Pijar sudah habis waktu  bermainnya. Iyalah, dikasih waktu, kalau gak yang antri bisa semakin mengular deh.

Pendar langsung meminta ke arena mandi bola, arena mandi bola bagus untuk melatih si kecil mengenal warna, mengenal tekstur, juga mengasah kemampuan motoriknya. Selain mandi bola, main perosotan, Pendar mencoba panjat-panjatan. Awalnya begitu melihat banyak anak, dia agak ragu-ragu, tetapi tidak lama berbaur untuk main bersama. 

Wahana permainan memang bermanfaat juga melatih kemampuan berbahasa dan sosialisasi si kecil. Ada beberapa anak yang mudah bergaul, ada yang butuh waktu lama untuk bisa beradaptasi dengan teman-teman baru. Pendar termasuk anak yang butuh waktu tidak terlalu lama untuk beradaptasi dengan teman baru, tetapi tidak boleh dipaksa langsung berbaur. Dibiarkan saja dengan natural, kalau dipaksa dia malah tegang dan merajuk.

  • Central Park:

Ini area yang bikin saya pengen selfi eh, habis cantik banget. Taman bunga asli aneka warna dengan hujan virtual. Si kecil mengenakan jas hujan saat melintasi taman, ceritanya main hujan-hujanan, merasakan tetes air hujan. Kebetulan anak-anak saya tidak anti hujan karena jika musim hujan dan hujannya aman. Aman dalam arti tidak ada petir, tidak terlalu deras yang menyeramkan, mereka boleh main hujan tanpa jas hujan. Setelah berbasah-basah main hujan, anak-anak harus mandi bersih dengan air hangat, dan menghangatkan diri dengan minyak gosok.

Sayangnya, di wahana ini Pendar gagal dapat kesempatan main hujan virtual karena jas hujannya besar semua. Jadi deh yang main hanya Pijar.

  • Art Center:
Sebenarnya ini area yang seru banget, di mana si keci bebas berekspresi yang rada ekstrim, bebas blepotan! Salah satu permainan kesukaan anak-anak saya di rumah, efeknya tidak hanya tangan, baju, kadang rambut juga tertempel cat air. Tapi apalah artinya sedikit kerja keras membersihkan mereka, dibanding pengalaman eksplorasi yang didapat si kecil.

Namun di wahana Art Center Pijar dan Pendar tidak bisa masuk, antrinya sangat panjang sekali. Tampaknya wahana ini memang disukai anak-anak, sekilas saya lihat anak-anak asyik bermain warna, jeplakin tangan pakai cat air ke kertas. Para orangtua menatap anak-anak mereka, terutama para bunda bangga melihat hasil  kreatifitas si kecil.

  • Smart City:

Sebagai orang dewasa saja saya suka melihat wahana Smart City yang memperlihatkan kota lego. Untuk wahana ini tidak membuat anak-anak beraktivitas fisik seperti wahana lainnya, tapi lebih ke stimulasi perkembangan ketrampilan spasial, matematis, meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah, serta kemampuan bersosialisasi jika dimainkan secara berkelompok.

Tadinya saya ikutan antri di wahana Smart City, tapi kemudian langsung menuju base stage karena acara talk show akan dimulai. Jadi deh Pendar dan Pijar ditemani Ayah keliling wahana, tapi hanya melihat-lihat karena semakin siang pengunjung semakin cetar membahana. Maklum diadakan acaranya di mall yang besar dan saat weekend pula. Sekarang banyak orangtua melek edukasi si kecil, berusaha untuk meluangkan waktu dampingi si kecil untuk stimulasi kecerdasannya.


Acara talk show dibuka oleh moderator artis cantik Shanaz Haque dengan menghadirkan para pembicara:
  • Ratih Ibrahim - Psikologi
  • Riza Nopalas - Senior Manager DANCOW Advanced Excelnutri+
  • dr. Bernie Mendise, SpA (K)
  • Donita - artis

Dalam talk show yang singkat dan padat ini seru banget, sampai saya lupa tengah  berada di keramaian anak-anak yang riuh karena fokusnya menyimak. Donita berbagi tentang tahap pertumbuhan putra pertamanya, dukung eksplorasi si kecil yang memang lagi masa tidak bisa diam. Terlihat bagaimana si kecil yang semula dipangku lalu turun ke lantai panggung, bergerak ke sana ke mari. Dalam proses belajar setiap anak selalu menguji kesabaran orangtua.

Namun tetap orangtua tidak diperkenankan mengatakan 'Jangan!', sebab si kecil sedang dalam proses belajar, proses percaya diri, dengan melakukan berbagai macam eksplorasi. Kata-kata larangan akan menumbuhkan rasa tidak percaya dirinya, begitu kata Ratih Ibrahim.


Waw! Rasanya tidak terhitung lagi mulut ini pernah bilang 'Jangan!' ke anak. Bahkan, saya masih ingat waktu Pendar meluk-meluk semak pandan di rumah dengan panik saya larang karena kawatir ada ulatnya. Akibatnya? Pendar pernah main masak-masakan bersama ke dua kakaknya, dan saat dia diminta memetik daun dengan pintar bilang begini:

"Ndak au, Mba. Ndek atut uwat (Gak mau, Mba. Adek takut ulat)." Meski daunnya di depan mata dan aman dari ulat. Ini yang disebut oleh Ratih Ibrahim larangan yang tidak tepat dapat menumbuhkan rasa tidak percaya diri pada anak (Pengen jitakin jidat sendiri rasanya).

Banyak-banyak katakan pada si kecil #IYABOLEH untuk mendukung eksplorasinya, karena kata-kata itu akan membuat si kecil menjadi pemberani, percaya diri dan tidak melalui pola asuh yang salah dengan serba dilarang. Sebagai orangtua harus mendukung eksplorasi si kecil, bunda harus percaya dengan mendampingi si kecil dalam bereksplorasi. Sebab, si kecil bukan bayi lagi dan perlu eksplorasi.

Tentu saja sebagai orangtua, bunda harus melindungi si petualang kecil dengan memberikan nutrisi yang mendukung, susu pertumbuhan yang bisa memenuhi nutrisi anak, seperti DANCOWAdan  vanced Excelnutri+ .bisa jadi pilihan tepat buat bunda untuk si kecil.

" #IYABOLEH asal anak diberi perlindungan yang cukup, " Ratih Ibrahim mengingatkan yang juga didukung oleh penjelasan dr. Bernie Mendise, SpA (K), bahwa kesehatan si kecil berawal dari pencernaan yang sehat.

"Perlindungan sebagai fondasi utama untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik, 80% daya tahan tubuh berada di saluran pencernaan, dan dominasi bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin membantumelindungi saluran cerna, " kata dr. Bernie Mendise, SpA (K).

Maka dengan kita memperhatikan asupan si kecil otomatis akan memberi perlindungan bagi si kecil. Jangan lupa, tumbuh kembang si kecil dibantu tiga elemen, selain stimulasi, cinta bunda dan ayah, juga nutrisi, kata Riza Nopalas - Senior Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ . Untuk itu lah DANCOW mempersembahkan inovasi baru yang diharapkan melindungi si kecil. Sebab, eksplorasi si kecil sangat luas dan banyak.

Jangan lupa juga bunda dampingi si kecil saat eksplorasi agar tidak membahayakan, untuk usia-usia Pendar biasa ada keinginan untuk 'mencicipi'. Berapa kali saya memergoki Pendar menjilat pastel warna, air dari kran, sampai daun yang ada di taman. Kalau tidak diawasi, kan berbahaya sampai mencicipin daun beracun.


Mengapa DANCOW Advanced Excelnutri+ dipercaya untuk lindungi si kecil? 


DANCOW Advanced Excelnutri+ adalah susu pertumbuhan si kecil dengan ADVANCED PROTECTION untuk melindungi 3 hal: Perlindungan saluran pernafasan, daya tahan tubuh, saluran cerna. Seperti yang diulas diatas, dr. Bernie mengatakan 80% daya tahan tubuh berada di saluran pencernaan. Di dalam DANCOW Advanced Excelnutri+ terdapat dominasi bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin membantu melindungi saluran cerna. 

Dan,  lebih dari 3x Lactobacillus rhamnosus dibandingkan formula sebelumnya, serat pangan inulin, DHA, omega 3, omega 6, protein dan kalsium untuk mendukung tumbuh kembang optimalsi Kecil. 

DANCOW Advanced Excelnutri+ tersedia untuk usia 1+, 3+, dan 5+

Pendar yang berusia 2.6 tahun tanggal 17 November besok adalah anak ASI sejak lahir, ketika dia sudah bukan bayi lagi saya memperkenalkannya dengan susu pertumbuhan untuk masa depan yang sehat. Sebab, di Indonesia masih banyak anak-anak yang belum mengasup susu dengan baik, maka dengan hadirnya DANCOW Advanced Excelnutri+ bisa menjadi pilihan yang tepat buat ibu melindungi si kecil.




16 komentar:

  1. haha iyaa paling bikin kaget kalau anak suka makan atau masukin apa aja ke dalam mulut yaaa 😅😅 yang terpenting dalam eksplorasi itu harus tetap dalam pengawasan ortu yah mbak :)

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
  2. Emang seru sekali acara Dancow ini, kebetulan kami ikutan di Malang dan Surabaya. Yang di Surabaya lebih seru karena wahananya lengkap sehingga saat istri menimba ilmu parenting, anak kami bisa main.

    ReplyDelete
  3. Berkata iya boleh saat si kecil eksplorasi tapi tetap harus diawasi 😊

    ReplyDelete
  4. jangan menghambat anak ya, selama gak berbahaya

    ReplyDelete
  5. Pendaaarr.. Senyumnya gemesiin.. Sekarang jadi nggak khawatir untuk bilang iya boleh saat anak ingin main-main apa aja untuk bereksplorasi.

    ReplyDelete
  6. iya boleh, mama papa ikut ngawasin ya

    ReplyDelete
  7. Anakku juga pada suka minum susu dancow. Skrng jg praktis ada yg kemasan, cuma yg fortigo hehe

    ReplyDelete
  8. Uuuw seru banget sih Pendar eksplorasinya :D
    asiik deh sekarang udah gatakut bilang #IYABOLEH ya kak?

    ReplyDelete
  9. Seru banget acaranya, mau dong pinjam payungnya, lucuk..

    ReplyDelete
  10. EkspresinyA pendar lucu bgd mbk eniiiii

    ReplyDelete
  11. Seru banget ya En.. Anakku sempet nolak pulang pas di sana :p

    ReplyDelete
  12. Pendaaar aku pinjem payung dancownya dong.. Lucu amat siiihhh.. Heheheee.. Setuju banget, anak-anak harus dibiarkan bereksplorasi ya mak, supaya main pintar berani dan kreatif.. Hehee

    ReplyDelete
  13. tetap lihat dulu sih.. kalo rada bahaya..kata.jangan diperlukan..hi2, kadang malah kelupaan.n banyak jangan...

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.