Kuliner Paling Lezat Pasca Lebaran ~ Duniaeni

Wednesday

Kuliner Paling Lezat Pasca Lebaran


Jika saya bertanya, kuliner apa yang memenuhi meja makan Anda selama lebaran? Mungkin jawabannya nyaris sama ya, hehehe. Sebagai contoh kecil, saat saya bertanya ke tetangga sekeliling kuliner yang kami masak sama loh, diantaranya: Opor ayam, rendang, sayur godok, sambel goreng hati, ketupat. Dari tahun ke tahun kuliner ini jadi ngehits setiap lebaran atau Idul Fitri.

Bahkan dari saya kecil, seingat saya meja makan ibu di rumah juga itu menunya setiap lebaran. Jadi semacam kuliner yang membudaya saat lebaran, kalau tidak ada opor ayam, rendang, sayur godong, sambal goreng hati, dan ketupat, rasanya hambar. Suami saya pun request setiap lebaran menunya itu.

Awal menikah pontang panting deh browsing resepnya, secara itu kuliner bumbunya berat, cara masaknya rempong, memakan waktu lama pula dan sampai tahun ke 12 pernikahan kami, saya belum juga bisa memasak ketupat yang sempurna, hehehe. Padahal nungguin matengnya sampai 4 jam!

Karena merupakan  kuliner yang membudaya di hari lebaran, jadi deh setiap bertamu disuguhkannya ya itu lagi itu lagi. Bertemu santan dan daging selama tiga hari berturut-turut membuat rasa lezat berubah jadi agak bosan deh. Perut dan lidah mulai gak bersahabat, mulai mencari-cari yang berbeda. Kebiasaaan manusia memang, gak bisa berada di posisi yang sama secara terus menerus, hahaha (apaan sih?)

Maka mayoritas di hari ke tiga lebaran, ibu-ibu mulai hunting deh kuliner yang berbeda di hari lebaran. Meski harga sayuran, dan lain-lain pasca lebaran jadi sombong alias mahal bener, gak perduli. Tetap dibeli, tetap dicari, meski juga tetap ngedumel saat ngitung total belanjaan, hihihi.

Kayak kemarin saya beli sawi hijau, toge, tahu cina, yang  termasuk murah meriah, harganya jadi selangit. Mana kwalitasnya gak bagus, gak sesegar biasanya, tahu saja sampai keras kayak batu. Ini sengaja disimpan untuk dijual pasca lebaran apa ya? Tahu cina itu pun akhirnya masuk tong sampah, serem sih tahu kayak  batu.


So, berikut ini saya mau bagi-bagi info kuliner terlezat pasca lebaran menurut versi saya dan suami sih. Kuliner yang begitu dimakan setelah berhari-hari ketemu daging dan santan, yang bikin menggugah selera dan tetap...lupa timbangan. Alhamdullilah, lebaran gak lebaran, gak mikirin timbangan.

1. Mie Instan

Mie Instan

Nah, ini dia kuliner yang mendadak jadi barang mahal pasca lebaran, wkwkwkw. Setidaknya begitu dimasak dan tercium aromanya berasa ketemu kuliner yang lezaaat banget. Biasanya kami campur aneka sayur yang ada, cabe rawit segar. Disantap panas-panas, mak nyosss.

2. Sayur Asem


Sayur Asem

Meski di hari biasa kami sering banget masak sayur asem, tapi pasca lebaran ini kuliner jadi langka dan enak banget. Biasa ibu saya selalu menyajikan pasca lebaran dengan tujuan buat seger-seger. Ditemani ikan asin, sambal... olalala! Lagi-lagi habis dah dua piring nasi panas.

3. Ikan Asin

Ikan Asin Tauco

Saat hari biasa ikan asin kadang jadi simbol ketidak mapanan, terutama dibandingkan daging-daging yang harganya selangit. Tetapi saat daging berlimpah ruah di hari lebaran, ikan asin jadi barang ngehits yang  bikin ngeces aromanya. Digoreng dan dimakan dengan sambal, nasi panas atau diolah dengan bumbu tauco bikin saya lupa sudah nambah berapa kali.


4. Tempe Penyet

Tempe Penyet

Sebenarnya tempe buat saya kuliner yang tidak bisa hilang dari meja makan, tetapi kerap terlupa di saat lebaran. Ketika kemudian menemukan tempe dan diolah jadi tempe penyet dengan sambal bawang putih, ini rasanya lezat banget, sumpah.


5. Baso

Baso


Kalau kuliner satu ini jelas bukan hasil masak sendiri, tapi beli. Sayang, biasanya saat lebaran baso lenyap dari permukaan bumi. Kalau pun ada satu-dua deh dan langsung diburu dengan kalap. Kuahnya yang panas-panas sedap, dibaurkan sambal dan saos bikin sensasi rasa baru meski masih sama-sama berbahan dasar daging. Makanya pasca lebaran baso jadi salah satu kuliner paling lezat.

So, kuliner apa yang paling lezat buat Anda pasca lebaran ini?


22 komentar:

  1. Alhamdulillah kelima nya uda ku makan pasca lebaran.. Ternyata memang 5 menu itu mainstream bgt ya buat ngerubah menu lebaran spy bs normal lg

    ReplyDelete
  2. Kalau saya masak ayam krispi sambal penyet mbak

    ReplyDelete
  3. Saya jadi pengen sayur asem mbak :)

    Kok di rumah saya suami dan anak-anak malah sukanya makanan yang lewat depan rumah ya - kayak; lontong kari, bakso tahu. Sekalinya masak sendiri, mie goreng instan ..

    ReplyDelete
  4. Benar-benar-benar.. itu makanan yang paling dirindukan pasca lebaran. soalnya disini penjual sayurnya pada mudik semua, makanya gak ada yang jual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mak. Bahkan sampai hari ini tukang sayur langganan belum balik mudik

      Delete
  5. kalau buat saya selain bakso kayaknya ayam goreng kfc jadi menu paling enak setelah lebaran. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantes ya,kfc dan sejenisnya klo lebaran...ramai hihihi

      Delete
  6. Beneeer mbaaaa... Aku sampe blenek liat aneka lontong dan santan2 itu :p. Ini aja sengaja liburan k luar kota, makanan yg kita cari pokoknya jgn santan deh. Kmrn di hotel yg aku inapin, aku sampe tiap malam pesen fresh saladnya dengan dressing vinaigratte. Segeeeer banget. Perut berasa ringan, ga begah lagi :D. Siangnya aku pesen bakso nya.. Yg juga seger dan ga banyakan micin :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju,perut berasa ringaaan klo konsumsi sayur ya

      Delete
  7. hahaha.. mi instan kayaknya pilihan no.1 pasca lebaran ya :)
    di rmh ortu udah lama tradisi menu lebaran ngga ngikut kebanyakan orang. biasanya malah bikin gado2. yummm...
    di rumahku pun begitu. bukan apa2, ga bisa masaknya menu berat2 itu hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga ahli masak. Klo rendang pesen bumbu uni racikan bumbu segar. Mantab rasanya

      Delete
  8. Aku belum makan mie instan sama skali. Tapi udah dua kali makan bakso selama lebaran ini. Hahah. Enak dan segar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widiiih, hati-hati amandel wkwk.dulu ortu bilang banyak makan baso.jadi amandel (ini teori sesat bukan sih?)

      Delete
  9. Tahun depan kalau kerumah gue pasca lebaran aja
    Gue bikin ketupatnya hari ketujuh Syawal ala orang Jawa

    ReplyDelete
  10. yang paling sering di serang pasca lebaran ya mie instan itu lah mba. Tapi ada uniknya, yang biasa polos mie instannya, pas lebaran agak didandanin dikit pake telor, seafood warna warni sayur dll hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga begitu doyan klo mie instan polosan

      Delete
  11. kuliner lezat pasca lebaran ya sayuran serba hijau

    lebaran kemarin cuma makan ketupat dan teman2nya di hari pertama setelah sholat ied di rumah tetangga + ortu dan mertua, selebihnya tiap berkunjung ke rumah orang palingan nyomot kue aja, padahal di rumah stok ketupat dan teman2nya numplek selama seminggu pasca lebaran

    minal aidzin wal faidzin ya mak eni, mohon maaf lahir bathin :)

    ReplyDelete
  12. Kaau di tempat kami pempek dan tekwan mbaaa

    ReplyDelete
  13. Favorit saya indomie rebus pedasss

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.