Menciptakan Kebersamaan Dengan Si Kecil Di Momen Ramadan ~ Duniaeni

Monday

Menciptakan Kebersamaan Dengan Si Kecil Di Momen Ramadan



Menyambut Bulan Ramadan

Ini Ramadan ke delapan belas, rasanya baru kemarin bulan Ramadan datang. Disambut bahagia umat muslim dengan suka cita, para ibu sibuk mengatur  menu spesial agar waktu sahur dan berbuka terasa istimewa dari hari biasanya. Menu spesial yang tidak ada di hari biasa, seperti kolak, biji salak, sup buah, dan aneka menu lainnya, menjadi ada di meja makan.

Karena suka citanya sampai supermarket dan pasar dipenuhi para Ibu yang berlomba-lomba membuat menu istimewa untuk keluarga. Beberapa kali saya sampai kehabisan saat sehari sebelum bulan puasa berbelanja di mini market dekat rumah, atau jadi antri mirip kereta api yang mengular panjang. Menu istimewa untuk sahur dan berbuka jadi seperti tradisi masyarakat di Indonesia.

Tetapi dibalik kegembiraan menyiapkan menu sahur dan berbuka, ada perjuangan lain seorang ibu, yakni membangunkan sahur anak-anak dan mengawal seharian agar anak-anak kuat puasa dari waktu imsak hingga berbuka. Ini bukan perjuangan yang mudah, kadang ada anak yang sulit sekali bangun sahur, ada anak yang penuh drama saat puasa di siang hari. Terutama di jam-jam rawan, jam-jam rasa haus mulai menggoda iman.


Mengawal Buah Hati Agar Puasa Full

Dua anak saya, yaitu Lintang dan Pijar melewati masa-masa penuh drama saat belajar berpuasa. Terutama Pijar, dia bisa buka tutup kulkas di jam siang berkali-kali. Tidak hanya buka tutup kulkas, tetapi juga merajuk minta minum. Terutama saat pulang sekolah, sampai akhirnya minum sendiri kalau meminta berbuka tidak ada respon dari ibunya.

Pernah juga jam sepuluh pagi Pijar sudah mengeluh haus, uring-uringan. Segala cara dilakukan untuk membuat ibunya menyerah dan mengijinkan berbuka. Saya sebenarnya tidak memaksa anak-anak yang belum baliq untuk full berpuasa. Tetapi setiap mereka hampir menyerah, saya selalu bilang : "Pasti kuat, pasti bisa. Itu bisikan setan loh..."

Kalau akhirnya mereka menyerah, ya saya biarkan. Karena waktu pasti akan mengajari mereka untuk lebih memahami puasa adalah kewajiban bagi umat muslim. Namun ternyata, tugas kita sebagai ibu tidak hanya memberi semangat, mengawal dengan kata-kata kepada anak agar kuat berpuasa seharian atau full. Tapi mengisi waktu selama menunggu buka puasa dengan hal-hal positif.

Selama ini saya memasukkan mereka ke pesantren kilat, menemani nonton kartun bersama, mengajak anak-anak ikut kegiatan beberes rumah, membaca buku, atau meminta mereka tidur siang dan baru saya bangunkan menjelang sore. Sehingga menunggu waktu berbuka tidak terlalu menyiksa mereka. Tapi lama-lama kegiatan ini mungkin membosankan karena dijalani berkali-kali, saya harus memiliki akal untuk mencari kegiatan yang lebih seru lagi. Apalagi tahun ini Lintang dan Pijar puasa full.

Lotte Choco Pie : "Ramadan, together"

Momen Berbuka Puasa Seru Bersama Anak Di Mesjid Baitussalam Billy & Moon Kalimalang

Masih ingat tulisan saya sebelumnya kan? Lotte Choco Pie mempererat hubungan keluarga Indonesia melalui tema "Together, More" ? Kalau lupa, bisa baca ulasan saya sebelumnya di :



Nah, di bulan Ramadan ini ternyata Lotte Choco Pie mengadakan serangkaian kegiatan yang mengajak para ibu untuk lebih memaknai kebersamaan dengan  berbagai inspirasi momen berbuka puasa yang seru bersama anak. Kegiatan dengan tetap mengusung tema kebersamaan : "Ramadan, together" dilakukan di tiga mesjid di Jakarta dan sekitarnya setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu), yakni:
  • Mesjid Raya Cinere
  • Mesjid Baitussalam Billy & Moon Kalimalang
  • Mesjid Al-Ikhlas BSD


Alhamdullilah, saya dan anak-anak kembali mendapat undangan dari KEB untuk hadir di Acara Lotte Choco Pie " Ramadan, together" di Mesjid Baitussalam Billy & Moon Kalimalang, tanggal 10 Juni 2017. Sudah pasti Lintang dan Pijar menyambut dengan senang, meski lokasi acara cukup jauh ditempuh dari Depok dan keduanya tetap berpuasa full.

Cuaca terik bukan main, tetapi tidak ada tanda-tanda mereka menyerah. Padahal awalnya saya sempat berpikir, biarlah kalau anak-anak tidak kuat. Sebab, saya sebagai orang dewasa saja merasakan tenggorokan menjerit kering. Cuaca siang  itu memang sangat panas dan kering.

Sampai di Mesjid Baitussalam Billy & Moon Kalimalang sudah berkumpul Emak-Emak Blogger berserta anak-anak mereka yang terlihat penuh semangat, berkerumun di booth-booth yang indah. Padahal rata-rata mereka puasa loh. Anak-anak itu semakin semangat ketika acara pertama Kids Pastry Classes dimulai setelah sholat Asyar.

Kids Pastry Classes Bersama Chef Nanda Young


Dalam kegiatan ini Lotte Choco Pie memberikan inspirasi berupa cooking class untuk anak-anak. Dipandu seorang Chef yang ramah - Chef Nanda Young, anak-anak menghias Lotte Choco Pie dengan berbagai kreasi menarik dan cantik. Kreasi dari bahan-bahan yang aman untuk dimakan, fondant.


Terlihat sekali anak-anak sangat tekun dan fokus menghias biskuit Lotte Choco Pie mereka yang dibagikan oleh panitia. Ada yang menghias dengan kreasi fondant berbentuk boneka, bunga, kupu-kupu, moster, kalau Lintang membuat fondantnya menjadi gadis sedang sholat. Sementara emak-emak mengamati kegiatan anak-anak dengan senang.




Pada akhir acara Kids Pastry Classes dipilih tiga anak dengan hasil karya menghias biskuit Choco Pie paling menarik dan Lintang salah satunya...hore! Dia senang betul sampai sepanjang perjalanan pulang ceritanya diulang-ulang. Minta dibelikan Lotte Choco Pie untuk dihias aneka rupa sesuai dengan imajinasinya. Yesss, Nak... Yesss.

Lotte Choco Pie Creative Competition


Kalau tadi Lintang yang berkreativitas dengan biskuit Lotte Choco Pie, maka sekarang ibu dan anak. Saya bersama Pijar yang belum kebagian menghias biskuit Lotte Choco Pie. Serius, berdebar banget karena saya tidak pernah bermain atau menghias kue jadi cantik dengan fondant. Kalau tidak bisa gimana ini? Pijar bakal kecewa gak, ya?

Ketika acara dimulai saya benar-benar gugup, ampun deh. Untung, Lintang bantuin mengarahkan cara menguleni fondant, ide juga mendadak aja muncul: Kue Tar. Saya dan Pijar mengerjakan biskuit Lotte Choco Pie masing-masing, sesekali saling menguleni fondant, saling menghias, tertawa, tepatnya saya ditertawakan anak-anak saya.

Emak-Emak Blogger bersama si kecil
Sudahlah, tidak perlu memikirkan juara yang penting anak-anak senang dan saya bisa ikutan menghias  bersama anak-anak. Karena memang saya tidak bisa membuat kue dengan hiasan fondant. Biasa dengan yang simpel seperti messes tinggal tabur. Ternyata seru juga menghias biskuis Choco Pie menjadi dessert atau pastry yang cantik dan menarik dengan media fondant, apalagi kalau bisa membentuk fondant menjadi aneka rupa.

Tauziah Interaktif


Tidak terasa acara Lotte Choco Pie Creative Competition selesai menjelang senja, dilanjutkan tauziah interaktif bersama Ustad Wildan yang didamping Kak Muiz sebagai pendongeng dengan media boneka. Menyampaikan pesan-pesan moral diiringi dongeng dengan boneka membuat anak-anak menyimak dengan takjim. Seakan kegiatan sejak pukul 3 tadi tidak membuat mereka kelelahan.

Mereka tertawa-tawa ketika Kak Muiz melucu bersama bonekanya, menjawab pertanyaan Ustad Wildan. Dalam acara Tauziah ini tidak hanya Emak-Emak Blogger dan anak-anaknya yang hadir, tapi juga ada anak-anak yatim dan warga sekitar Mesjid Baitussalam Billy & Moon Kalimalang. Acara yang diadakan Lotte Choco Pie ini terbuka buat warga sekitar loh, seru kan?


Mendekati buka puasa, acara tauziah selesai diakhiri Lotte Choco Pie berbagi dengan anak-anak yatim, selain melakukan kegiatan edukatif, kebersamaan, juga kegiatan sosial di bulan baik. Anak-anak saya sampai terharu melihat anak-anak yatim yang hadir, bahkan Pijar berbisik; Mamas jadi sedih deh, Bu. Masih kecil-kecil gak punya orangtua ya?"

Azan magrib pun berbunyi, kami semua berbuka dengan hidangan yang sudah disediakan dan melakukan sholat magrib berjamaah. Saat pengumuman Lotte Choco Pie Creative Competition, nama saya tidak disebut. Alhamdullilah, Pijar tidak kecewa. Apalagi pulang dia membawa tas berisi alat tulis dan sajadah dari Choco Pie, begitu juga dengan Lintang.

Kegiatan ngabuburit bersama Lotte Choco Pie ini selain Kids Pastry Classes, Lotte Choco Pie Creative, Tauziah Interaktif, ada games dan booth seru seperti Tebak Tumpukan Lotte Choco Pie, Trick Art Photobooth.

Ah, "Ramadan, together" ini banyak memberi inspirasi buat saya sebagai ibu. Benar, momen Ramadan bisa dan harus digunakan sebagai momen kebersamaan ibu dan anak. Selain membangunkan sahur, menyiapkan makan istimewa, kita mengisi waktu sebelum berbuka benar-benar dengan kegiatan yang lebih bermakna.

Menghias biskuit Lotte Choco Pie sebagai salah satu yang menginspirasi saya agar anak-anak tidak bosan saat menunggu waktu berbuka. Simpel, sederhana, tapi menyenangkan dan juga melatih imajinasi, motorik anak. PR besar saya harus mulai browsing-browsing cara membuat aneka hiasan kue dari fondant, hehehe.

Online Photo Contest Ramadan Together

Setelah mengadakan acara "Ramadan, together" di Mesjid Baitussalam Billy & Moon Kalimalang selama dua hari, 10-11 Juni 2017. Berikutnya Lotte Choco Pie akan mengadakan di Mesjid Al-Ikhlas BSD. Wah, masyarakat sekitar Mesjid Al-Ikhlas BSD jangan sampai ketinggalan ya, catat deh jamnya: 15.00-20.00 wib. Ajak si kecil buat ngabuburit bersama Lotte Choco Pie, nikmati kebersamaan ibu dan anak dalam aneka kegiatannya.

Dan, buat yang mau ikutan keseruan Lotte Choco Pie lainnya. Yuk, ikutan Online Photo Contest Ramadan Together, siapa tahu Anda menjadi 5 yang beruntung dapat "Together Moment" bersama Carissa Putri ke Bali. Syaratnya mudah kok, tinggal klik : ramadantogether.lottechocopieindonesia.com untuk petunjuk selanjutnya.

69 komentar:

  1. Aku jadi pengen ikut lomba foto. Sapa tau bisa ikut ke Bali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, ikutan mba. Alhamdullilah ya kalau menang

      Delete
  2. seru banget acaranya mba :) aku juga mau ikutan niy uda eli 1 dus eh ternyata syaratnya 2 dus hahaha smog menang *aamiin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk, mba beli dua dus lagi. Siapa tahu bisa ke Bali eaaaa

      Delete
  3. seruu banget ya mak, semoga tahun depan ada lagi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...acara favorit anakku ini Choco Pie

      Delete
  4. Alhamdulillah ya kalau anak2 bisa puasa sampai magrib. Ibu memang harus punya banyak ide nih biar mereka kuat puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya usaha keras ya, mba.Alhamdullilah

      Delete
  5. Wah ada chef Nanda, hihi. #gagalfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahoo..ketahuan deh ngefans yaaaaa

      Delete
  6. Seru banget acaranya ya, padat banget jadi bikin anak-anak lupa waktu. Tahu-tahu maghrib dan berbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang klo fokus kegiatan anak-anak enjoy,lupa lapar dan haus ya,mak

      Delete
  7. Menguatkan anak supaya tahan puasa sampai magrib itu memang penuh tantangan ya Mba. Belum lagi pas kita lagi halanga duuh....PR banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet, Mba Des
      Pas halangan bisa jadi anak-anak.ikut buka serta

      Delete
  8. Saya suka banget choco pie! si kecil juga suka sih hihi.. Seru mbak, jadi kepo kontes fotonya..

    ReplyDelete
  9. Tahun ini aku kembali mengajarkan Faiz bepuasa, usianya memang baru 7 tahun tapi badannya besar. Jadi kalau enggak puasa, orang-orang mana tahu kalau dia masih kecil. Alhamdulillah, tahun ini sudah paham bahwa bangun sahur itu lebih baik karena menjadi pembeda puasa.

    Seru banget yaa ngabuburit bareng biskuit chocopie, kesukaan Faiz itu

    ReplyDelete
  10. Wah acaranya enggak jauh dari rumah aku. Pasti anak-anak senang sekali ya, sibuk berkresasi sampai enggak sadar udah dekat waktu berbuka.

    ReplyDelete
  11. Ahhh seruuu...senengnya klo ada acara blogger bs bareng anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeer,mamak dan anak sama senang

      Delete
  12. Aahh senengnya yang kreasi bareng anak2, pasti heboh banget hihiii

    Mau donk chocopienya ..

    ReplyDelete
  13. Betul Mbak, butuh perjuangan yang cukup berat mengawal anak untuk tamat dalam menjalankan puasa. Harus lebih kreatif untuk mengalihkan perhatian anak. Misalnya saja, dengan diajak ke acara yang menarik seperti yang diadakan oleh Lotte Choco Pie ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..bisa jadi inspirasi kegiatan positif

      Delete
  14. Bounding itu penting selain menambah kreatifitas jg moment yg akan diingat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonding ibu dan anak buat menumbuhksn rasa dekat sampai dewasa nanti, mak

      Delete
  15. Acaranya seruuu... Oya itu lomba foto Lotte anaknya gak ada batasan umurnya ya mb? Lihat fotonya temen2 anaknya masih kecil2, anakku udah SMP. Diajak foto boleh gak ya 😅

    ReplyDelete
  16. Seru nih saya lihat di kegiatannya di timeline teman-teman. Huhuhu..Lotte Choco Pie ayo adakan acara serupa di Lombok. #EdisiMupeng

    ReplyDelete
  17. Anakku masih kecil, masih belum ngerti puasa jadi belum bisa merasakan drama bangunin sahur atau ingetin buat gak makan/minum, hehe. Gak sabar pengen cepet ngerasain serunya ramadhan sama anak.

    ReplyDelete
  18. Acara nya seru banget ya sayang gak punya anak kecil

    ReplyDelete
  19. Kapan Choco Pie mampir Depok nih? Mau donk ifthar bareng anak2 sama Choco Pie hehehe

    ReplyDelete
  20. Ngawal anak untuk puasa full emang penuh tantangan yaa mak. Sgala macem iming2 ditebar. Sampai2 hari pertama puasa, saya gak bisa ngapa2in demi nemenin si krucil yg lagi puasa. Acara chocopienya kece euy... bisa buat nyontek buatin kreasi buat iming2an bukaan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iua,bisa mengisi waktu sebelum buka,mak

      Delete
  21. Acara nya seru ya, ada interaksi antara ibu dan anak juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,mak..biar tercipta bonding juga

      Delete
  22. Duh..sayangnya acara ini gak ada di Makassar! Padahal Lotte Choco Pie kegemaranku & anak-anak lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi klo choco pie mudah dicari di toko sana,kan?

      Delete
  23. Ihhh menanti choco pie di Semarang jugaaak, hahaha

    Masjidnya bagus yaa, warna dindingnya.

    ReplyDelete
  24. Aduduuuh, bagus banget tulisannya maaak. Seneng ya kalo kompakan sama anak. Aku kapan ya bisa begitu...? Baru dibriefing aja anakku udah lari kali wkwkwk.

    Ngikut ah lomba fotonya.. Udah lama gak liburan, siapa tau rejeki yeesss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suatu saat, mak, bisa berdua kompak

      Delete
  25. Acaranya seru banget Mbk, pasti anak2 happy ya

    ReplyDelete
  26. Acaranya kece yg mbk eni,
    Btw catet ah, praktekin kalok si ken udh mulai belajar puasa nanti, tengkiu yambk, :)

    ReplyDelete
  27. Keren banget acaranya mbak, menciptakan kekompakan ibu dan anak.

    ReplyDelete
  28. Bener banget, emang di bulan ramadan itu para emak berlomba-lomba memberikan hidangan istimewa buat anaknya ya. Karena ketika seharian berpuasa pengen berikan yang terbaik untuk si kecil supaya makin semngat dong ya. Btw lengkap banget acaranya ya

    ReplyDelete
  29. seru banget ya acaranya, suka banget itu pastry class anak2 pada dasarnya emang seneng yang kreatif2 gitu ya

    ReplyDelete
  30. Sayang banget aku enggak bawa Darell, etapi kalo bawa juga pasti krengki detse deh.

    Bikin kreasi resep barengannya kece banget, pada kompak semua

    ReplyDelete
  31. Enggak kerasa ramadan udah mau beres lagi :')
    Ngawal anak biar bisa puasa full ternyata mesti kreatif ya, Mbak

    ReplyDelete
  32. Seneng banget kemaren kita bisa ketemuan, dan anak2 juga happy ya maak 😘

    ReplyDelete
  33. Mau praktekin ah buat choco pie dihias

    ReplyDelete
  34. Pengen ikutan acara begini lagi, ngabuburit yg seru banget.

    ReplyDelete
  35. Anak anak kalau udah dikasih tantangan, kreativitasnya pada keluar gitu ya, cakep cakep

    ReplyDelete
  36. kue kesukaan Hawna nih. Dan waktu hari persahabatan Hawna ngasi aku kue ini buat hadiah

    ReplyDelete
  37. Seru acaranya walau panasnya warbiyasak, hahaha. Tapi lihat energi anak2 kemarin salut benerrr..

    ReplyDelete
  38. yuk akh ikutan lombanya siapa tahu menang...

    ReplyDelete
  39. Whiii selamat ya Lintang, jadi juara euy. Btw, udh ngehias bentuk apa aja d rmh nih?

    ReplyDelete
  40. Selamat yaaa Lintang. Keren!! Pasti nggak bisa move on dari acara minggu lalu niih :)))

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Powered by Blogger.