Terbang Aman Dan Nyaman Dengan Pesawat ~ Duniaeni

Thursday

Terbang Aman Dan Nyaman Dengan Pesawat


 Mengapa Takut Naik Pesawat Terbang?

Bulan Ramadan sudah memasuki hari ke dua puluh, bertanda sebentar lagi akan datang lebaran. Di mana haru biru mudik akan segera meramaikan suasana masyarakat kita. Sudahkah menentukan akan menggunakan transportasi apa? Sebelum tiba hari H untuk mudik, sebaiknya tentukan tranportasi apa yang nyaman dan nyaman.  Kalau saat ini saya sekeluarga lebih memilih untuk menggunakan pesawat terbang.


Oya, pernah dengar gak ada beberapa orang yang kawatir berpergian dengan pesawat terbang? Bahkan karena kawatirnya sampai tidak berani naik pesawat sendiri, keringat dingin ketika memasuki bandara, berdebar begitu duduk di kursi kabin pesawat. Ini tidak hanya dialami anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Seorang teman bercerita kepada saya, dia tidak akan naik pesawat jika tidak didampingi suaminya. Jadi ketika pesawat akan lepas landas, dia memejamkan mata sambil menggenggam erat tangan suaminya. Setelah pesawat mendarat baru deh merasa tenang, hilang semua perasaan takut.  Lebay?

Ini bukan sekedar lebay, tetapi memang ketakutan seperti itu ada dan dialami banyak orang. Karena banyaknya berita-berita simpang siur tentang pesawat, seperti juga yang pernah saya alami dulu. Membayangkan bagaimana berada dalam burung besi mengangkasa di langit tinggi, jika terjadi sesuatu begitu tinggi di atas, mau lari kemana? Hehehe, ini bayangan orang awam yang belum pernah naik pesawat. Sehingga terbawa imajinasinya sendiri yang meluas kemana-mana, akhirnya menciptakan rasa takut tidak beralasan.

Ada juga karena efek membaca berita kecelakaan pesawat yang menelan banyak korban, membaca dan menelannya bulat-bulat memang jadi sangat menakutkan. Apalagi buat yang belum pernah naik pesawat, padahal kecelakaan transportasi darat jauh lebih banyak, lebih sering dibanding kecelakaan pesawat terbang. Baik kecelakaan ringan maupun berat.


Kelebihan Naik Pesawat Terbang



Namun banyak juga masyarakat kita yang memilih untuk menggunakan transportasi udara untuk menempuh berbagai perjalanan, baik bisnis maupun perjalanan pribadi. Karena pesawat terbang memiliki banyak kelebihan, diantaranya:
  • Harga bisa lebih murah dibandinng transportasi darat, ketika sedang ada promo.
  • Waktu perjalanan lebih singkat dan terhindar dari macet yang membuat perjalanan terasa sangat meletihkan.
  • Memiliki waktu yang tidak terbuang di perjalanan sehingga liburan atau perjalanan bisnis Anda waktunya tidak mefet.
  • Dapat mengunjungi wilayah-wilayah yang tidak terjangkau dengan transportasi darat.
  • Lebih jarang mengalami kecelakaan dibanding kendaraan bermotor atau mobil.

Karena kelebihan-kelebihan pesawat di atas maka pesawat terbang kini sudah menjadi alternatif dan kegemaran masyarakat untuk menggunakan transportasi udara dalam perjalanan ke mana pun. Sebagai contoh, saya ke Yogya menggunakan transportasi darat, seperti kereta api dari Jakarta bisa memakan waktu hampir sepuluh jam. Tetapi menggunakan pesawat terbang hanya dua jam saja, terutama  untuk kondisi-kondisi urgen pesawat sangat dibutuhkan.

Terbang Aman Dan Nyaman Dengan Pesawat

Sebenarnya pesawat terbang beroperasi itu tidak sembarangan, banyak hal yang dipersiapkan untuk pesawat yang beroperasi. Ada kru teknisi yang jumlahnya banyak untuk mengatipasi hal-hal negatif terjadi pada pesawat. Teknisi-teknisi itu tentu saja sudah piwai dibidangnya masing-masing, yang juga diawasi para ahlinya.


Pesawat juga memiliki jadwal perawatan atau daily check, bahkan rawat inap atau ron check. Pada tahap ini pesawat dicheck secara keluruhan luar dan dalam pesawat oleh kru teknisi agar sesuai airwhortiness atau kelaikan terbang. Sehingga ketika siap terbang, semuanya benar-benar airwhortiness... wussss!


Ketika pesawat transit pun terjadi hal yang sama, tidak hanya pemindahan barang dan penumpang. Tetapi pesawat yang transit tersebut dan yang akan terbang juga dilakukan pengechekan yang sama oleh kru teknisi. Makanya sering terjadi ketika transit terasa memakan waktu yang lama ya? Sampai bisa shopping sejenak selama menunggu pesawat siap terbang, atau bahkan sampai tertidur di ruang tunggu bandara.  Begitulah proses keamanan pada pesawat.

Kalau paham begini, rasanya gak pas kalau kita transit lama bawaan bete dan menggerutu. Karena lama itu adalah proses untuk keamanan dan kenyamanan penumpang juga. Bisa dibayangkan kerja kru teknisi dan kawan-kawannya, memindahkan barang, mengecheck pesawat yang siap terbang dengan teliti luar dan dalam. Selesai dicheck, dan lain-lain, pesawat sebesar itu kemudian di dorong mundur menggunakan puschback car dan siap terbang kembali bersama penumpang.


Jika pesawat melalui berbagai perawatan pengecheckan agar aman dan nyaman, maka diperlukan juga sumberdaya manusia yang handal dan cakap untuk membawa pesawat dan melayani penumpang. Untuk itu sebelum melakukan penerbangan, pilot dan co pilot, pramugari/pramugara juga melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Kesiapan mental dan fisik untuk melakukan penerbangan bersama sejumlah penumpang pesawat terbang.

Jika transit dilakukan pergantian pesawat, pemeriksaan atau pengecheckan pesawat maka kru pilot dan pramugari pun juga diganti atau pergantian air crew agar penerbangan berjalan aman dan nyaman tentunya. Dari berbagai proses ini, kita sudah  bisa melihat sejauh mana transportasi udara benar-benar mementingkan penumpangnya.

Mudik Dengan Pesawat Terbang Yuk!

Bagaimana, masih memiliki keraguan dan ketakutan menggunakan transportasi udara? Kalau masih ragu atau ingin info yang lebih detil lagi bisa langsung deh kepoin facebook Sobat Aviasi atau ke instagramnya @djpu151

Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Dari facebooknya maupun instagramnya kita bisa mendapat info yang akurat tentang transportasi udara, seperti penjelasan tentang aturan batas waktu check in sehingga kita tidak ketinggalan pesawat. Tips-tips apa saja yang wajib kita bawa saat melakukan perjalanan dengan transportasi udara, dan lain-lain.

#SobatAviasi siap membantu masyarakat yang membutuhkan info-info tentang transportasi udara. Yuk, nikmati perjalanan mudik dengan pesawat terbang yang aman dan nyaman. Siapa tahu perjalananmu mudik bisa diikutkan dalam #vlogcompetitionDJPU yang hadiah-hadiahnya WOW. Salah satunya paker perjalanan ke Raja Ampat.









18 komentar:

  1. Setuju saya dengan tulisan ini, mudik dengan pesawat itu lebih hemat, baik itu hemat waktu, biaya, dan juga tenaga. Untuk masalah kemanan ga usah takut. pesawat itu adalah transportasi teraman di dunia. bisa di cek kok di mbah google. hehehhehe..

    ReplyDelete
  2. Adik ipar yang sering bolak balik Pekanbaru Semarang, sekarang memilih penerbangan yang aman. Udah dua kali kecelakaan waktu mudik naik mobil, ibu jadi sedih kalo mereka jalan darat

    ReplyDelete
  3. Join ah ke sobat aviasi, makasih infonya ya mba

    ReplyDelete
  4. Gue mudiknya habis lebaran aja deh
    Nyari tiket murah

    ReplyDelete
  5. Mau mudik kemana mba naik burung ijo?

    ReplyDelete
  6. Dr kecil aku suka bgt naik pesawat kadang klo naik pesawat malah aku yg lrbih excited dr anakku hahhaha....

    ReplyDelete
  7. Untuk menghindari kemacetan yang parah,memang sebaiknya menggunakan transportasi udara ya...apalagi sekarang udag nyaman dan aman.

    ReplyDelete
  8. Saya pernah itu, bareng temen yang pertama kali naik pesawat, sepanjang mau take off, itu tangan saya dipegang kencengggg banget. Padahal, doi cowok.

    ReplyDelete
  9. Memang ga semua org berani naik pesawat ya mba eni

    ReplyDelete
  10. Keunggulan naik pesawat dari naik transportasi lainnya adalah hemat waktu yaa Mba Eni jadi gak banyak waktu yang terbuang percuma

    ReplyDelete
  11. Lebih asyik ya naik pesawat terbang, apalagi kalau bawa anak-anak, aiih nyaman deh.

    ReplyDelete
  12. Saya, deg-deg an pas ngajak Nai pertama kali naik pesawat, yang pas ke Jakarta dulu Mbak, yang kita sempat ketemuan. Ternyata, Nai nya santai aja di pesawat, nggak rewel. Emaknya aja yang parno duluan :D

    ReplyDelete
  13. aku dari kecil selalu suka bepergian dengan pesawat. pernah nyoba naik yg hercules, jet, boeing, nyaris semua jenis pesawat dah nyoba. Pernah bahkan diajak ke ruang cockpit pas pesawat lagi mengudara. seruuu

    ReplyDelete
  14. Jujur aja, saya belum pernah naik pesawat terbang, jadi kepingin eung hahaha, tips ini berguna banget buat nanti saya naik pesawat terbang

    ReplyDelete
  15. Takut naik pesawat terbang bisa juga karena phobia ketinggian ya :)

    ReplyDelete
  16. Sejujurnya aku termasuk orang yg tkt naik pesawat

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Powered by Blogger.