Pentingnya Multi Mikronutrien Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui ~ Duniaeni

Tuesday

Pentingnya Multi Mikronutrien Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui


Banyak ibu hamil, termasuk saya ketika memeriksakan kandungannya dan diberikan aneka suplemen atau multivitamin, pasti akan berpikir sudah mendapat nutrisi yang lengkap. Percaya kepada ahli medis yang menangani kehamilan sepenuhnya, sehingga sering tidak lagi memperhatikan multivitamin apa saja yang sudah diberikan kepada kita.

Padahal ada beberapa ahli medis yang memberikan multivitamin buat ibu hamil tidak selengkap yang dibutuhkan ibu hamil. Saya ingat betul saat anak pertama hanya diberikan kalsium, zat besi, dan dua jenis vitamin. Selebihnya saya diminta mengasup sayuran, susu, ikan atau daging, lebih banyak dari kebutuhan saat  tidak  hamil.

Namun pada prakteknya saya merasa cukup tenang dengan mengasup multivitamin yang diberikan dan kadang mengabaikan sayur, ikan atau daging. Padahal betapa pentingnya ibu hamil mengasup nutrisi yang mengandung komponen makro dan mikro nutrient. Tidak hanya ibu hamil, tetapi ibu menyusui pun membutuhkan nutrisi tersebut.

Alhamdullilah, pada kehamilan berikutnya saya mendapat dokter kandungan yang memberikan asupan nutrisi kehamilan cukup baik. Untuk mengetahui nutrisi yang mengandung komponen makro dan mikro nutrien penting bagi ibu hamil dan menyusui , yuk simak ulasan saya berikut ini:

Press Conference Blackmores :

Pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Tanggal 10 Agustus 2017 saya mendapat kesempatan untuk hadir di acara yang sangat menarik, acara yang diadakan oleh Blackmores ini memiliki tajuk Pentingnya Asupan Mikro Nutrisi Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui. Meski tidak sedang mengandung saya masih menyusui si bungsu Pendar,  jadi merasa senang sekali berkesempatan untuk hadir di acara tersebut.


Acara yang diadakan di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, banyak dihadiri ibu menyusui dan ibu hamil. Beberapa tampak membawa bayi dan batita mereka, kalau saya kebetulan tidak membawa si kecil karena jarak tempuh dari rumah ke lokasi cukup jauh. Para ibu menyimak para pembicara yang terdiri dari:

  • Dr.med.dr.Damar Prasmusintu, SpOG(K)., Konsultan Fetomaternal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia
  • Prof. Lesley Braun, Direktur Blackmores Institute

Dokter Damar menjelaskan tentang 1000 hari pertama kelahiran, dimana nutrisi sangat dibutuhkan dari masa kehamilan hingga kelahiran. Namun masih banyak para ibu yang kurang memperhatikan benar-benar asupan nutrisi yang dikonsumsinya dari kehamilan hingga masa menyusui. Nutrisi yang tidak hanya untuk kebutuhan janin, tapi juga untuk ibu.

Dr.med.dr.Damar Prasmusintu, SpOG(K)
Kekurangan nutrisi bagi janin akan berpengaruh sampai dewasa kelak, dan ini tanpa disadari para orangtua. Di Indonesia masih banyak atau sekitar 10.2% bayi lahir di bawah  berat badan normal, yakni di bawah 2500 gram. Memang bayi tetap bertumbuh dan berat badan akan bertambah, namun sesungguhnya ada bagian-bagian tertentu yang tumbuh tidak secara optimal.

Menurut dokter Damar sesungguhnya ibu hamil dan menyusui tengah  berjuang menjaga asupan nutrisinya. Asupan nutrisi yang berguna untuk pembentukan, pertumbuhan dan berkembangan janin atau bayinya. Untuk itu ibu harus tahu nutrisi apa saja yang diperlukannya, tidak hanya menerima begitu saja apa yang diberikan ahli medis.

Nutrisi yang mengandung makronutrien adalah karbohidrat, protein, sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Pada umumnya dokter atau ahli medis menganjurkan mikronutrien sebagai berikut:

  • Asam Folat:  Untuk perkembangan otak dan mencegah neural tube defec (NTD), prematur, dan berat bayi lahir rendah (BBLR)
  • Zat Besi: Untuk kebutuhan memproduksi darah dan sirkulasi oksigen di berbagai organ dan jaringan, serta percepatan pertumbuhan bayi. Di Indonesia sendiri, 37.1% ibu hamil mengalami anemia dan 21.7% bayi beruur  di bawah 1 tahun mengalami anemia.
  • Yodium: Untung fungsi kelejar tiroid, perkebangan visual, motor skills, mendengarkan dan perkembangan kognitif anak. Di Indonesia sendiri, meskipun 77.1% rumah tangga memiliki garam yodium, hanya 36.9% ibu hamil yang memiliki asupan yodium yang cukup.
  • Kalsium: Untuk pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin, mengurangi resiko pre-eclamsia selama kehamilan.
  • Omega-3, terutama DHA: Untuk perkembangan neurodevelopment, khususnya mata dan otak.

Bisa dibayangkan bila ibu hamil dan ibu menyusui kekurangan mikronutrien. Kekurangan mikronutrien bisa juga terjadi bukan karena ibu hamil atau menyusui tidak mengasup makanan yang mengandung asam folat, zat besi, zodium, kalsium, omega -3 atau DHA, tetapi karena tidak tahu takaran yang tepat maka kebutuhannya tidak terpenuhi dengan baik. Seperti yang dikatakan Prof. Lesley, bahkan di negera maju seperti Jepang yang kehidupannya perekonomiannya sudah sangat maju masih terdapat ibu hamil dan menyusui yang kekurangan nutrisi.

Padahal jika ibu hamil atau menyusui mau mengasup sayuran dan buah dengan baik, menurut Prof. Lesley akan memenuhi kebutuhan mikronutrien. Namun kembali pada gaya hidup masyarakat, selain ketidaktahuan takaran yang tepat untuk mengasup sayuran dan buah agar kebutuhan mikronutrien terpenuhi dengan baik.

Prof. Lesley Braun
Akibatnya selain banyak ibu hamil dan menyusui memiliki keluhan akibat kekurangan kalsium, dan beberapa nutrisi lain. Mereka memiliki masalah dalam kehamilannya dari kelahiran premature, janin cacat, hingga masalah lainnya.

Dokter Damar memberikan info dari data yang tertulis bahwa kematian bayi yang paling sering terjadi karena prematurnitas. Di Indonesia sendiri masuk urutan ke dua puluh dengan IQ rata-rata 27 alias di bawah rata-rata, karena itu di Indonesia masih banyak yang memiliki taraf hidup rendah atau perekonomian rendah.

Kalbe Blackmores Nutrion (KBN):

Mengeluarkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold



Mengamati kondisi ibu hamil dan menyusui yang banyak mengalami masalah karena kekurangan mikronutrien maka KBN mengeluarkan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang merupakan rangkaian nutrisi lengkap untuk kesehatan ibu dan prekembangan buah hati.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini mengandung 15 nutrisi penting untuk ibu hami dan  menyusui termasuk:

  • Odourless fish oil, kaya akan DHA untuk perkembangan otak  bayi, mata, dan sistem syaraf
  • Kalsium untuk kesehatan tulang dan bagi ibu dan anak
  • Zat Besi untuk menceha anemia tanpa menyebabkan konstipasi
  • 400 pg asam folat untuk mengurangi risiko neural tube defects pada janin
  • Iodium untuk perkembangan otak, kemampuan motorik visiual, pendengaran bayi, dan IQ anak



Dengan mengkonsumsi 1 hari 2 kali Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, selama masa kehamilan dan menyusui diharapkan kebutuhan mikronutrien selama kehamilan dan menyusui terpenuhi dengan baik. Sehingga besar kemungkinan akan lahir anak-anak yang sehat, dan memiliki para ibu yang sehat juga.

Mengapa ibu hamil dan menyusui bagus mengasup Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold?

Karena bahan-bahan yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold bersumber pada bahan alami dengan kualitas tinggi. Selain itu diformulasikan  berdasarkan uji klinis yang didukung oleh Blackmores Institute. Blackmores Institute didirikan tahun 2012 dan bekerja sama dengan pusat penelitian dan pendidikan terbaik di Australia untuk membantu menyediakan produk yang berkualitas dengan bukti ilmiah yang kuat. Blackmores Institute pun melatih lebih dari 10.000 ahli kesehatan setiap tahunnya mengenai kesehatan alami (naturopati) berbasis bukti. Jadi Insaallah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold benar-benar asupan yang baik untuk kebutuhan ibu hamil dan menyusui.

12.000 Pelukan Untuk Ibu Dan Bayi

Kalbe Blackmores Nutrion (KBN) meluncurkan gerakan program 12.000 Pelukan Untuk Ibu Dan Bayi
Dalam acara ini Kalbe Blackmores Nutrion (KBN) meluncurkan gerakan program 12.000 Pelukan Untuk Ibu Dan Bayi sebagai rasa perduli pemenuhan asupan multi-mikronutrien untuk ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu. Lewat gerakan ini mengajak ibu-ibu seluruh Indonesia menyumbangkan foto pelukan kasih untuk para ibu dan bayi di Yayasan Bumi Sehat melalui website www.blackmores.co.id/12000pelukan

Setiap 1 foto yang terkumpul akan dikonversikan menjadi 1 botol Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang disumbangkan kepada Yayasan Bumi Sehat untuk ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu. Saya pun sudah ikutan loh, caranya sangat mudah:









Yuk, jangan sampai tidak ikutan karena satu foto Anda sangat berarti bagi seorang ibu hamil dan menyusui. Anak bangsa memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, siapa pun dia dan di mana pun asalnya. Mari kita dukung 12.000 Pelukan Untuk Ibu Dan Bayi gerakan perduli ibu hamil dan  menyusui yang dikampanyekan oleh Blackmores.

  

18 komentar:

  1. semoga 12.000 pelukan untuk ibu dan bayi segera terkumpulll ^^
    dan semoga dengan adanya mikronutrien dari blackmores ini bisa membuat anak muda indonesia semakin tumbuh dan berkembang dengan baik ya mbak :D

    ReplyDelete
  2. Ternyata ibu hamil atau menyusui sangat memerlukan nutrisi. Dan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mampu memberikan nutrisi lengkap tanpa harus banyak mengkonsumsi ini dan itu.

    Pelajaran yang berarti juga untuk diri saya yang sedang mempersiapkan kehamilan.

    ReplyDelete
  3. wah enak banget kandungan zat besinya gak bikin konstipasi ya mak, biasanya kalo kebanyakan zat besi pup jadi keras, kehamilan jadi gak nyaman. Mantap nih

    ReplyDelete
  4. Sangat penting ya kebutuhan mikronutrien selama kehamilan dan menyusui. Saudaraku ada yang masih menyusui, ntar aku kasih info untuk mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini.

    ReplyDelete
  5. Waktu hamil ga berani makan obat dan vitamin selain dari dokter dan bidan..
    Saking paniknya..

    Kalo baca ini..kok jadi yakin ya..,besok2 kalo hamilcobaim minum ini..

    ReplyDelete
  6. jadi pengen ikut 12000 pelukan untk bayi :)

    ReplyDelete
  7. Mau ikut campaignnya pelukan. Tapi caranya itu di foto kekecilan banget, ga bisa jelas saya baca...

    ReplyDelete
  8. Kyaaaa, mau doong Blackmores nya, aku bentarRlg lahiran niih :D

    ReplyDelete
  9. Kalau baca ini pas hamil dlu, pasti.aku konsumsi mba. Hehehe

    ReplyDelete
  10. Aku gak hamilpun minum blackmore versi lain. Vitaminnya bagus2

    ReplyDelete
  11. waah campaignnya bagus banget. Waktu hamil aku merajinkan diri minum multivitamin dan makan buah sayur. Demi calon anak supaya sehat. Sekarang enak yaa ada Blackmores yang kandungannya lengkap

    ReplyDelete
  12. Good info nih mbak, coba dulu dah tau Blackmores, pasti saya konsumsi nih.

    ReplyDelete
  13. Kadang ibu hamil tu susah makan, trus kadang apa yg dimakan dimuntahin. Emang butuh multi mikronutien kyk gini ya buat menggantikan asupan yg sempat hilang TFS

    ReplyDelete
  14. Waktu hamil dulu aku minum multivitamin jenis prenatal semacam ini, kandungan gizinya bagus buat bumil & busui, semua yg dibutuhkan bumil-busui udah jadi satu

    ReplyDelete
  15. Mikronutrien penting banget ya, ibu hamil mesti ingat ini deh agar baby nya tercukupi nutrisinya.

    ReplyDelete
  16. Jadi inget waktu hamil ka alinha dulubdi melbourne vitaminnya blackmores...
    Blackmores tuuh berjejer di drugstore hahaha

    ReplyDelete
  17. Kalau enggak salah Black Mores ini ada juga buat program hamil. Aku pernah bolak balik di suruh coba tapi blom terlalu yakin. Baca tulisan ini kayanya aku pengen ikhtiar program hamil lagi jadinya. Mau coba ah minum Black Mores yang untuk program hamil.

    ReplyDelete
  18. Gizi dn nutrisi ibu Hamil itu me!any menentukan buat tumbuh kmbang baby dn ibunya sndiri y other mba

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.