Belanja Halal Di Duniahalal.com ~ Duniaeni

Thursday

Belanja Halal Di Duniahalal.com


Halal

Pernah gak merasa ragu ketika membeli daging di pasar atau pun supermaket meski dinyatakan daging tersebut halal? Sejujurnya, kadang terbersit di hati saya keraguan itu, keraguan yang berawal dari pemikiran sederhana saya: Apakah pemotongan hewan yang dilakukan begitu banyak benar-benar sesuai syari'at, tidak sekedar syarat saja?

Terkesan konyol memang, tetapi ternyata bukan hanya saya yang memiliki pemikiran seperti ini. Seorang sahabat bahkan menceritakan bagaimana ibunya membeli daging ayam di pasar tradisional, si ibu tidak pernah mau membeli daging yang sudah dipotong. Tetapi lebih suka membeli di tukang potong ayam hidup, di mana melihat sendiri proses pemotongan itu. Jadi si ibu memilih ayam yang akan dibelinya, lalu meminta dipotongkan sesuai syari'at.

Saya sih  belum sejauh itu, beli ayam kalau gak ditukang sayur, ya di supermaket seperti pada umumnya. Bismillah, berdasarkan pedoman muslim di Indonesia adalah mayoritas, pembeli banyak yang muslim dan tidak ada protes soal pemotongan berarti aman. Begitu juga dengan membeli makanan, minuman, dan lain-lain, cukup baca label, ada label MUI.

Ada juga sih prodak makanan yang tidak ada label MUI, tapi melihat jenis prodaknya bukan jenis yang haram, ya saya beli. Banyak kan, prodak-prodak UKM yang halal, seperti kacang kulit, kerupuk, halal tapi belum memiliki label MUI. Karena konon untuk mendapatkan label tersebut butuh proses yang buat sebagian UKM masih belum bisa memenuhi. Namun alangkah nyamannya jika membeli daging atau apapun sih yang benar-benar halal, seperti firman Allah SWT:

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang disembelih dengan nama selain Allah (QS.Al Baqarah:173)
Memang yang halal itu wajib bagi umat Muslim, bahkan saat ini nonmuslim dunia banyak yang memilih halal berdasarkan kesehatan dan kebersihan, halal sekarang sudah menjadi gaya hidup masyarakat global. Hal ini saya ketahui dari seorang yang aktif mendalami perkembangan pasar Eropa, jadi mengapa kita yang muslim masih mengabaikan tentang halal?

Dunia Halal

Setelah membaca sekilas tentang halal tidaknya ayam potong, apa yang terbayang ketika membaca sub judul di atas? Dunia Halal? Apakah dunia yang penuh keberkahan? Dunia yang segalanya halal? Rasanya indah benar ya, kita tidak perlu was-was setiap hendak membeli sesuatu, mengkonsumsi sesuatu, melakukan transaksi sesuatu, semua serba halal sesuai syari'at. Tapi apakah ada, di mana itu Dunia Halal?


Tanggal 6 Sepetember 2017 bertempat di Kemang 89 Cafe, saya mendapat kesempatan hadir di acara launching Duniahalal.com atas undangan Blogger Crony Community (BCC). Jadi rupanya Dunia Halal itu adalah marketplace, so sudah terbayang? Mulai meraba-raba seperti apa Dunia Halal yang dimaksud?

Seperti kita ketahui dunia digital saat ini berkembang pesat diluar kendali, semua orang seakan berbasic digital, digital sebagai media yang mempermudah. Termasuk mempermudah perdagangan dan pembelian, di Indonesia e-commerce dalam jangka waktu 10 tahun berkembang hingga 17 persen atau sekitar 26.6 juta usaha. Ini yang terhitung, menurut saya bisa saja  jumlahnya lebih dari itu. Termasuk online shop-online shop kecil yang diberdaya para ibu rumah tangga maupun pelajar.

Berdasarkan pesatnya perkembangan dunia digital PT Galaksi Dunia Halal pun mengambil tempat di dunia digital dengan meluncurkan Duniahalal.com. Sebuah e-commerce marketplace yang menyediakan berbagai macam prodak halal, tidak hanya prodak tetapi sampai transaksi di dalamnya pun halal, makanya tidak menerima transaksi dengan kartu kredit, wow!  Buat saya ini sangat cetar.

Launching Duniahalal.com dihadiri oleh narasumber:

Launching duniahalal.com
  • Bapak Ndang Sutisna, Presiden Direktur PT Galaksi Dunia Halal
  • Bapak Agung Sr, Managing Direktor DuniaHalal.Com
  • Prof. Dr. KH Ahmad Satori Ismail, MA, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (IKDI) dan Pakar Ekonomi Syariah
Dengan hadirnya  Prof. Dr. KH Ahmad Satori Ismail rasanya semakin afdol saja saya menyimak tentang Duniahalal.com, begitu juga dengan semua yang hadir. Setidaknya mendapat banyak pencerahan tentang halal sesuai syari'at dalam Al Quran. Tidak hanya pengertian atau pemahaman secara umum saja.

Diluncurkannya Duniahalal.com diharapkan oleh Bapak Ndang Sutisna, selain memajukan perdagangan islam sesuai syari'at, juga membina keberkahan antara penjual dan pembeli. Insallah dari niat yang mulia ini mewujudkan sesuatu yang bermanfaat, aamiin. Duniahalal.com diluncurkan tidak main-main loh, dibuat konsep dengan riset selama 6 bulan di masyarakat.

Menurut saya pribadi dengan diluncurkan Duniahalal.com merupakan inovasi perdagangan muslim yang luarbiasa, mengingat muslim di Indonesia sangat mayoritas. Otomatis kebutuhan kaum muslim di Indonesia tinggi sekali, bukan mustahil kelak Duniahalal.com bisa menjadi trend center marketplace muslim di Indonesia. Seperti yang diucapkan Bapak Agung Sr dengan optimis:


"Ke depan, dunia akan serba digital, termasuk aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dan Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. Dengan jumlah penduduk dan tingkat ekonomi yang terus bergerak maju, kami yakin bisnis e-cormmerce khususnya belanja online akan terus bertumbuh."
Makin penasaran dong, seperti apa itu Duniahalal.com ? Benarkan benar-benar sesuai syari'at, bahkan karena penasarannya blogger yang ikut hadir sampai mempertanyakan itu. Karena banyak masyarakat kita yang masih meragukan transaksi yang digadang-gadang halal, tetapi jika dikaji lebih dalam masih saja berbau riba lah, atau hal lain yang belum sesuai syari'at.

Yuk, Download Aplikasi Duniahalal.com !


Pertanyaan-pertanyaan beberapa blogger yang hadir terjawab ketika satu-persatu Duniahalal.com dibedah oleh narasumber. Marketplace yang memiliki tagline 'Berawal Dari Yang Halal' ini merupakan marketplace pertama di Indonesia yang berbasic HALAL. Menyediakan berbagai macam prodak yanng menurut Bapak Agung Sr dibagi dua, yakni:

  • Branded
  • UKM
Untuk prodak branded harus yang sertifikasi atau berlabel MUI, sementara yang UKM dilakukan proses yang cukup mencengangkan, di mana pihak atau tim Duniahalal.com melakukan riset langsung ke UKM tersebut, sebab seperti yang saya tulis di atas, masih banyak UKM yang memproduksi prodak halal tetapi belum memiliki label halal karena masalah pengurusan.

"Kami mengajak UKM bekerjsama untuk memajukan mereka," kata Bapak Agung Sr. Makanya pihak Duniahalal.com sampai mau terjun langsung melihat proses prodak UKM, apakah benar-benar layak disebut halal.


"Untuk daging yang kami sediakan ini dijamin 100% halal sesuai syari'at karena tim kami mengetahui proses pemotongan dari awal, konsumen tidak perlu ragu lagi."
Wah, terjawab dong kebutuhan kaum muslim seperti saya, akan daging yang benar-benar halal untuk dikonsumsi. Kita tidak perlu lagi menebak-nebak atau berpikiran negatif, daging yang dijual Duniahalal.com InsaAllah pasti halalnya. Namun untuk daging pemasarannya masih terbatas karena fresh, baru wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Moga next jangkauannya lebih luas lagi.

Diskon sampai 80%!
Direncanakan Duniahalal.com  menyediakan 100 prodak yang akan mencapai nilai transaksi sekitar 1 trilyun. Saat ini prodak yang baru tersedia belum mencapai target karena memang baru juga diluncurkan, prodak yang tersedia di antara lain adalah fashion, makanan dan minuman, prodak herbal, elektronik, kebutuhan ibu dan anak, rumah tangga, lukisan, kaligrafi, hingga otomotif. Pelayanan pembelian pulsa, listrik, PDAM, BPJS, dan transaksi PPOB (Payment Point Online Bank).

Keistimewaan lain yang membuat Duniahalal.com  berbeda dari e-commerce lainnya menyediakan kebutuhan ibadah kaum muslim, antara lain perlengkapan ibadah hingga wisata halal, termasuk di antaranya paket umroh dan haji plus. Dan adanya feature Hallo Ustad dan Masjid Clean. Wah, apa itu?

Feature Hallo Ustad akan menghubungkan konsumen ke Ustad di berbagai daerah, melihat profilnya dan mengundang mereka untuk kebutuhan ceramah. Sementara feature Masjid Clean, spesial untuk belanja keperluan kebersihan dan mengelola kebersihan masjid. Buat kalian yang mau nyumbang keperluan kebersihan masjid bisa nih pakai feature ini.


Sebagai penutup mengutif Prof. Dr. KH Ahmad Satori Ismail: "Dalam hidup yang dicari adalah keberkahan, dan keberkahan itu salah satunya didapat dari yang halal..."
Yuk, tunggu apalagi silakan datang di dunia halal www.duniahalal.com, untuk aplikasinya bisa dowload di playstore buat yang memiliki smartphone. InsaAllah, untuk pengguna iPhone coming soon, sabar ya. Mari kita jadikan halal sebagai lifestyle!

 
Mari kita jadikan halal sebagai lifestyle!


15 komentar:

  1. Wah sekarang pasti mbak Eni kalo mau beli daging udah gak ragu dan khawatir lagi karena di duniahalal.com juga jual daging yaaah. 😀

    ReplyDelete
  2. Yang aku seneng ada wisata halal nya, jadi gak bingung mau jalan-jalan tapi yang barokah, hehehe...

    ReplyDelete
  3. Mbak Enii.. keren banget tulisannyaa 😊👍🏻 aku baru tau kalo banyak warga non muslim yang milih hidup halal karena udah paham manfaatnya. Keren ya. Apalagi kita yang warga muslim yaa... Setuju kalo dengan hadirnya DuniaHalal.com sebagai terobosan baru di Indonesia, di kala e commerce lainnya lagi mengunggulkan "fitur cicilan kredit ini itu " 😅

    ReplyDelete
  4. Pas banget deh belanja sekarang udah bisa dimana aja tanpa harus ke store apalagi duniahalal pasti produknya halal jadi udah gak khawatir lagi pasti aman.

    ReplyDelete
  5. Seneng deh ada duniahalal. Jadi lebih tenang berbelanja ya :)

    ReplyDelete
  6. Aku senang banget waktu tahu ada Dunia Halal ini, Mbak. Karena belakangan ini sering was-was juga kalau belanja benar halal enggak ya. Di negara mayoritas Islam, kita justru masih sering mengganggap asal bukan babi itu pasti halal. Padahal kan enggak sesimple itu juga.
    Di Dunia Halal ini enggak usah ragu lagi deh jadinya, insya Allah halal semuanya.

    ReplyDelete
  7. penting banget ya mba soal dunia halal ini, secara negara kita myoritas muslim, harus mudah cari yang halal..

    ReplyDelete
  8. Mudah-mudahan duniahalal menjadi ecommerce rujukan seluruh umat muslim di seluruh Indonesia.
    Penting sekali mencari keberkahan dalam hidup. Karena di situlah nilai ibadah kita sebenarnya.

    ReplyDelete
  9. Mudah-mudahan duniahalal menjadi ecommerce rujukan seluruh umat muslim di seluruh Indonesia.
    Penting sekali mencari keberkahan dalam hidup. Karena di situlah nilai ibadah kita sebenarnya.

    ReplyDelete
  10. Wah makin canggih saja sekarang yaa, diramein sama duniahalal dot com makin mempermudah masyarakat Indonesia yang umumnya muslim . Aku suka fitur hallo Ustad nya hihii bisa ngecek jadwal2nya yaa

    ReplyDelete
  11. kereeeen... langsung penasaran n pengen download.

    ReplyDelete
  12. makin cnaggih aja sekaraang ecommerce2 Indonesia :D
    kalo ada duniahalal ini kalo mua beli makanan2 gitu pasti terjamin udah kehalalannya hihi

    ReplyDelete
  13. Pengen kapan2 beli daging lewat duniahalal sudah terjamin kehalalannya.
    Kapan2 kalau ada dana lebih mau njajal wisata halal jg aaaaamiiinn :D

    ReplyDelete
  14. Kereeen..blnja online g khawatir klo gni mah

    ReplyDelete
  15. aku langsung download nih kak aplikasinya ngebantu banget ibu2 yg telat ke pasar

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.