Juara Lomba 17 Agustusan ~ Duniaeni

Wednesday

Juara Lomba 17 Agustusan


Siapa yang rutin mengikuti perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus?

Mungkin hampir seluruh rakyat Indonesia menyambut datangnya hari kemerdekaan Indonesia, dari upacara bendera, menjadi panitia lomba sampai peserta lombanya. Saya dan suami pun tidak kalah euforia untuk menyiapkan bendera merah putih yang kami kibarkan di halaman rumah, menggunting-gunting kertas minyak untuk dibuat bendera kecil-kecil buat hiasan di pohon.

Jika saya dan suami sampai larut dalam menyambut kemerdekaan Indonesia. Maka Pijar putra ke dua saya yang berusia 8 tahun ini, dari tahun ke tahun tidak pernah absen untuk mengikuti  lomba 17 Agustus di kompleks perumahan kami. Setiap 17 Agustus memang selalu diadakan aneka lomba, acara yang sudah menjadi budaya di Indonesia. Sehingga rasanya tidak afdol jika 17 Agustus tidak dirayakan dengan berbagai macam lomba.



Meski hadiah yang diberikan sederhana, seperti buku tulis, alat tulis, jam meja, sandal, yang rata-rata nilainya terjangkau. Tapi membuat anak-anak sangat semangat untuk menjadi juara dalam setiap lomba 17 Agustus, meski kadang lomba yang dibuat panitia cukup sulit dan melelahkan. Bayangkan, anak-anak seusia Pijar mengikuti lomba balap karung pakai helm orang dewasa. Beban tubuh yang terbungkus karung dan helm yang lumayan berat membuat mereka kesulitan untuk  melompat cepat.

Saya yang menonton merasa lelah sendiri melihat anak-anak berlomba saling mendahului, mengatur keseimbangan helm di kepala, dan lompatan kaki di dalam karung. Sementara anak-anak yang ikut berlomba itu justru tertawa-tawa. Mereka terjatuh pun masih tertawa, berusaha bangun dan mengejar temannya. Begitu helm dibuka, keringat berleleran di dahi dan wajah mereka yang masih tertawa lebar. Anak-anak memang selalu penuh semangat dan gembira.

Bahkan Pijar lututnya terluka karena jatuh dalam lomba balap karung. Memang lukanya tidak lebar, kulit di lututnya sedikit sobek dan  mengeluarkan darah. Dia pulang untuk saya bersihkan dan beri obat pada lukanya, tetapi tidak lama kemudian dia kembali mengikuti lomba makan kerupuk. Aduh, anak-anak selalu memiliki energi lebih yang membuatnya tetap aktif tanpa mengenal lelah.

Padahal dari pagi kegiatannya full, bangun pagi melakukan upacara di sekolah. Jarak tempuh rumah kami ke sekolah Pijar sangat jauh, yakni 11 kilometer. Semula kakaknya memberi saran kalau Pijar absen upacara sekolah saja, karena sudah mendaftar beberapa lomba 17 Agustus di rumah kami. Jagoan kecil ini mendaftar lomba mencari jejak, balap karung pakai helm, makan kerupuk, bakiak, dan giring bola pakai sarung.

Tetapi Pijar tetap ngotot mau mengikuti upacara bendera karena dia menjadi padus atau paduan suara yang menyanyikan lagu 17 Agustus. Beberapa hari sebelum hari H, dia sering berlatih menyanyikannya di kamar. Suaranya lantang dan penuh semangat, sebenarnya hal ini membuat saya bahagia sekali. Sebab, tidak semua anak-anak hapal dan mau  menyanyikan lagu-lagu kebangsaan karena banyaknya lagu-lagu modern yang masuk.

Jadilah pulang dari sekolah, masih berkeringat, setelah ganti baju dan minum susu, Pijar langsung menuju lokasi lomba di kompleks perumahan kami. Minum susu? Iya, Pijar selain anak ASI sampai usia 3 tahun, dia sangat suka minum susu. Kami memberikan susu begitu dia lepas ASI, agak lama memang saya menyapihnya. Seharusnya usia dua tahum, tetapi menurut ikatan dokter anak Indonesia tidak apa-apa anak diberi ASI hingga usia 3 tahun, yang terpenting sapih anak dengan penuh cinta bukan paksaan. Apalagi pakai adegan nangis bombai, hehehe.

Kenapa usia 8 tahun Pijar masih minum susu? Karena anak pada usia 7-12 tahun berada pada puncak masa pertumbuhannya, selain itu pada usia ini anak memiliki kegiatan yang padat, dari sekolah, belajar di rumah, hingga bermain. Hal ini tentu membutuhkan banyak energi yang terkuras, lalu jika energi terus terkuras nutrisinya tidak terpenuhi, bagaimana anak bisa tumbuh dengan baik?

Pertumbuhan fisik pada rentang usia itu mencakup pertumbuhan tulang, keterampilan motorik, perkembangan tinggi badan, fokus atau daya kosentrasi, bisa dibayangkan jika anak kekurangan nutrisi. Apalagi Pijar termasuk anak yang aktif, selain sekolah, dia setiap hari ada kegiatan mengaji yang jaraknya dari rumah ditempuh dengan jalan kaki, les futsal di sekolah, bermain dengan teman-temannya.

Untuk itulah saya tetap rutin  memberinya susu. Alhamdullilah,  Pijar suka susu asal rasanya cocok. Dia paling suka susu cokelat, karena sukanya sering bikin sendiri tanpa harus saya buatkan. Susunya vidoran Xmart 5+ Cokelat jadi pilihan saya, karena vidoran Xmart 5+  formula Nutriplexnya kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak saya untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Kandungan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang berasal dari perairan laut dalam sehingga bebas kontaminasi dan tinggi nutrisi yang ada dalam susu vidoran Xmart 5+ sangat bermanfaat untuk pertumbuhan loh. Selain juga mengandung asam lemak esensial yang berguna untuk tumbuh kembang anak, kaya sumber serat pangan Inulin yang baik untuk saluran pencernaan. Ditambah Pijar suka dengan rasanya, jadi klop lah! #SemangatAnakvidoran


Ayuk, Ibu mulai lebih memperhatikan nutrisi anak meski mereka bukan batita lagi. vidoran Xmart 5+ bisa jadi pilihan. Apalagi tahun ini susu vidoran Xmart mengadakan lomba menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus), siapa saja bisa ikutan. Caranya gampang banget.

Rekam video saat anak menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus), dengan smartphone atau pun gadget lainnya. Nyanyinya boleh sendiri, tapi lebih seru lagi kalau sekeluarga alias rame-rame tuh. Pijar juga mau saya ikutin lomba loh buat seru-seruan dan semangat kebersamaan, namanya juga #SemangatAnakvidoran.

Mekanisme mengirim videonya harus sesuai dengan S&K'nya:

1.  Semangat Anak vidoran adalah kampanye yang mengajak orang tua dan anak Indonesia mengabadikan momen kebersamaan dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus) karangan H.Mutahar sebagai wujud semangat kemerdekaan.

2.   Seluruh peserta adalah warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia, memiliki anak berusia maksimal 8 tahun dan dapat dibuktikan dengan identitas diri berupa kartu identitas (KTP/SIM).

3.        Periode kegiatan ini mulai dari 1 Agustus – 17 September 2017.

4.        Mekanisme Semangat Anak vidoran:
a. ‘Like’ Facebook Fanpage Anak vidoran, ‘Follow’ Twitter @anakvidoran dan Instagram @anak.vidoran.
b. Beli produk susu vidoran apa saja.
c. Abadikan momen bersama si Kecil menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar.
d. Upload videonya ke Facebook atau Instagram.
e. Mention @anakvidoran dan sertakan hashtag #SemangatAnakvidoran.
f. Wajib menggunakan atribut merah putih dan menyertakan kemasan susu bubuk vidoran Xmart 1+, 3+, atau 5+.
g. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video.
h. Peserta boleh menggunakan alat musik sebagai alat bantu menyanyi.

5. Kriteria pemenang adalah ekspresi dan kreativitas dalam penampilan membawakan lagu. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

6. Hadiah yang akan diberikan berupa 10 voucher belanja masing-masing senilai Rp 1.000.000 dan bingkisan produk untuk 10 video terbaik pilihan juri.

7. Pemenang akan diumumkan pada akhir periode di Facebook, Twitter, dan Instagram Anak vidoran.
8. Pemenang akan dihubungi Penyelenggara untuk verifikasi data diri. Kandidat Pemenang wajib memberikan dan/atau mengisi data diri dengan benar dan lengkap, paling lambat 1 (satu) minggu setelah dikonfirmasi pihak Penyelenggara
9. Penyelenggara berhak melakukan verifikasi data kandidat. Pemenang dan berhak membatalkan status pemenang jika diketahui data yang diterima palsu.
10. Pengiriman hadiah akan dilakukan maksimal 90 (Sembilan puluh) hari setelah konfirmasi kelengkapan data dilakukan.
11. Dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
12. Pihak penyelenggara berhak untuk mengubah dan/atau memodifikasi syarat dan ketentuan kegiatan ini dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
13. Pihak penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang menurut penyelenggara tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan kegiatan ini.
14. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Facebook, Twitter, atau Instagram Anak vidoran.
15. Hadiah tidak dapat dialihkan, ditukar barang lain, atau diganti dengan uang, dan dipindah-tangankan.
16. Setiap hasil video dan data yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam program ini menjadi hak milik vidoran dan penyelenggara berhak untuk mempergunakannya sesuai dengan kepentingan program.
17. Program ini tidak dikenakan biaya apapun. Pajak ditanggung penyelenggara. Hati-hati penipuan. Keputusan Penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

Jangan lupa untuk mempersiapkan dari sekarang, menang atau kalah yang penting #SemangatAnakvidoran. Tahun ini meski Pijar tidak meraih semua juara lomba 17 Agustus yang dipilihnya seperti tahun kemarin, tetapi dia tetap semangat dan gembira.

21 komentar:

  1. Anakku juga semangat banget kalo ikutan lomba tujuhbelasan :) tapi kalo kalah mewek wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Aku juga mau ikutan ama Ayyas ah. Pijar jagoan banget nih kalau ikut lomba 17 Agustus

    ReplyDelete
  3. Pijar semangat sekali yah anaknya, keren deh!

    ReplyDelete
  4. Anakku nangis gara2 gak menang sama sekali. :'D

    ReplyDelete
  5. Jagoan, ya? :D Hehehehe tahun depan ikut lagi dong?

    ReplyDelete
  6. keren abangnya pendar , berani dan cerdas :)

    ReplyDelete
  7. Hebat dan semangat euy kakak Pijar��

    ReplyDelete
  8. Ikutaan ahh, makasih info nya mak

    ReplyDelete
  9. 17 agustusan emang mengasyikkan ya? Bukan hanya lomba tapi juga silaturahmi ☺☺☺

    ReplyDelete
  10. Kakak Pijar keren ya jagoan berani ikut lomba, kalau anak-anakku juga ikutan lomba tapi gagal ikutan balap karung, telat daftar!

    ReplyDelete
  11. Kakak Pijar kereeennn. Anakku mah baru tahun ini mau ikut lomba. Kemarin2 takut kalah... sekarang mah kalah malah ketawa2.

    ReplyDelete
  12. ini aku udah liat sebagian video2nya di instagram mba.. pada jago2 euy nyanyinya.. semoga nasionalisme terus terpelihara selamanya yaa.. Aamiin :)

    ReplyDelete
  13. Keren Pijar, Nasionalisme perlu diperkenalkan sejak kecil dan terus dipelihara. Gie juga masih minum susu kok #eaa

    ReplyDelete
  14. Anakku ikutan lomba sepeda hias. Memang excited kalau tujuh belasan ya.

    ReplyDelete
  15. Mungkin tahun depan udah bisa diarahin si.Salfa seperti anak mba Eni nih

    ReplyDelete
  16. Mamas Pijar semangat banget yaa. Deniz juga gitu, betah banget seharian di lapangan ikut lomba 17an sama lihatin lomba2 lainnya sampe disuruh pulang untuk makan. Makanya penting ya minum susu utk asupan tambahan agar anak tetap sehat dan semangat beraktivitas.

    ReplyDelete
  17. waaa, Pijar hebat, semangat sekali mengikuti berbagai lomba :)

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete
  18. Rasanya bangga banget ya bun anak-anak udah punya jiwa kompetisi sejak kecil. Tugas kita sebagai orang tua mengarahkan dan memberi nutrisi terbaik untuk pertumbuhannya

    ReplyDelete
  19. Vidoran Xmart rasanya enak, aku aja kadang minumin punya Ais. Hihi

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.