Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Wanita Berhijab ~ Duniaeni

Sunday

Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Wanita Berhijab


Berhijab Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Saya pertama kali mengenakan hijab tahun 2011, kendala apa yang kemudian terjadi? Sebenarnya sih bukan kendala yang bagaimana-bagaimana, tetapi rasanya cukup meresahkan (tsaah, kibas jilbab). Rambut saya kebetulan jenisnya agak berminyak dan tebal sekali, jadi dari dulu kalau tidak rajin merawatnya baik-baik bisa menimbulkan bermasalah. Biasa sih, masalahnya mudah lembab sehingga shampo wangi yang saya pakai baunya lekas hilang. Berganti jadi bau apek, sampai membuat tidak pede.

Untungnya banyak shampo, vitamin rambut, yang bikin rambut wangi lama, tetapi setelah berhijab timbuh masalah rambut yang serius dan bikin saya panik. Tetiba rambut saya berketombe parah dan lepek (baca: terkesan basah), sehingga mudah rontok, ketika digerai tidak seindah sebelum berjilbab.

Langkah awal yang saya lakukan mencari shampo anti ketombe dan vitamin rambut yang harum, tetapi efeknya gak begitu banyak. Tetap rontok dan lepek, curhat ke teman-teman yang berjilbab keluhan mereka ternyata rata-rata sama, makanya mereka banyak yang memiliki rambut bondol atau pendek. Sementara rambut saya selain tebal, panjang, lama-lama jadi agak tipis, sedih banget deh.

Memang berhijab membuat rambut tidak banyak kena udara segar, terutama ketika kita pergi seharian. Otomatis seharian rambut ditutup, belum lagi kalau kondisi habis keramas tetapi harus buru-buru pergi.Kondisi rambut yang masih basah atau setengah basah alias lembab, lalu dikenakan jilbab, bisa dibayangkan kayak gimana ya? Tetapi saya sendiri dulu sekali pernah melakukan itu dan kapok deh. Selain jadi bau, kepala langsung pusing.

Oya, efek rontok karena ketombe yang parah, jadi solusinya saya harus menyembuhkan ketombe di kepala ini. Sangking banyaknya di kepala seperti abon putih yang bertaburan, kerennya kayak bunga sakura berguguran, hahaha.


Resep Alami Menghilangkan Ketombe

Sampai saya mendapat resep alami menghilangkan ketombe, waaaah... kebetulan banget! Resepnya simpel, murah, tetapi memang agak-agak langka ya dicari di wraung-warung atau tukang sayur. Saya biasa sih beli di pasar, itu pun di spesial penjual kembang. Loh, memangnya apa itu pakai langka dan dijual di tukang kembang? Jangan horor dulu, hehehe.

Jadi penghilang ketombe secara alami itu: Jeruk Purut, itu jeruknya mirip jeruk lemon besarnya, tapi tekstur kulirnya mirip bulan, benjol-benjol gitu. Tidak beraturan, baunya khas jeruk tapi lebih lembut, tidak menyengat seperti jeruk nipis. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara menggunakan:

  • 1 buah jeruk purut yang besar (tergantung ketebalan rambut ya, kalau tebal sekali bisa gunakan dua buah jeruk purut ukuran besar)
  • Cuci bersih jeruk purut, lalu parut semuanya (termasuk kulitnya)
  • Hasil parutan yang menyerupai bubur lembut diborehkan ke seluruh kulit kepala hingga merata
  • Massage kulit kepala lembut, dan diamkan selama 30 menit
  • Selama didiamkan, ikat rambut atau bungkus dengan handuk
  • Setelah 30 menit keramas dengan air dingin dan shampo yang biasa Anda gunakan
Hasilnya?
Kepala bebas ketombe bikin berhijab nyaman ya
Kulit kepala terasa fresh, ketombe berkurang, rambut tidak mudah lembab, dan halusss sekali. Baunya juga harum khas jeruk, namun tidak menyengat. Gunakan secara rutin seminggu sekali jika ketombe Anda kondisinya sangat parah, lalu setelah berkurang lanjutkan dua minggu sekali ya.

Jadi berhijab bukan halangan untuk punya rambut sehat dan harum, kan? Setujukan dengan artikel saya kalau ternyata Cantik Itu Tidak Harus Mahal




2 komentar:

  1. Bisa dicoba di rumah nih. :D Ketombeku udah masanya panen. :'D

    ReplyDelete
  2. Ketombe itu memang sangat menyebalkan. :'D Apalagi kalau disertai gatal.

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.