>

Manfaat Minyak Telon Buat Si Kecil

By dunia eni - March 01, 2018


Minyak telon

Ketika anak-anak masih bayi atau kecil , pasti ibu akan lebih ekstra menjaganya. Memiliki anak juga merupakan tahap untuk terus belajar, tidak hanya belajar mengasuh, memahami karakter anak, tetapi juga menjaga agar tidak mudah sakit. Terutama ketika bayi, di mana ini adalah masa rentan, sistem imun tubuh bayi tidak sekuat anak-anak yang lebih besar, apalagi orang dewasa.

Bermacam penyakit bisa menyerang si kecil dari yang gawat hingga hal-hal kecil, seperti yang pernah saya alami ketika pertama kali memiliki bayi. Saat itu Lintang berusia 8 bulan dan menderita diare, saya pikir diare biasa. Sebelumnya Lintang pernah mengalami dan sembuh dengan resep tradisional, namun ternyata kali ini saya salah menduga.

Tengah malam Lintang terlihat lemas dan tidak mau mengasup apapun, termasuk susu. Saya dan suami panik langsung membawanya ke dokter spesialis anak, Alhamdullilah tidak terjadi hal-hal yang mengerikan karena segera ditangani. Saat itu saya dan suami kena marah dokter karena telah menyepelekan diare, kalau anak dehidrasi bisa menyebabkan kematian, sungguh menyeramkan.

Itulah pentingnya belajar menjadi orangtua baru agar kita tidak salah langkah dua kali, maka ketika memiliki anak ke dua setiap diare saya selalu waspada untuk membawa ke dokter dan siaga dengan asupan cair agar tidak terjadi dehidrasi. Sebenar dalam kondisi diare hal yang utama adalah menjaga agar cairan dalam tubuh anak stabil, namun ketika kondisi sudah terlambat akan sangat sulit. Makanya diare yang terkesan sepele cukup banyak menyebabkan kematian tidak terduga.

Jangan sepelekan masuk angin pada bayi


Masuk angin bisa menyebabkan si kecil rewel

Selain diare, si kecil biasanya juga rentan terkena masuk angin. Sebagai orangtua kita tidak boleh menyepelekan apa pun peyakit si kecil, masuk angin sering loh dianggap sepele. Masuk angin pada si kecil bisa disebabkan dengan dibawa berkendara motor, tidur dengan posisi terlalu terbuka dan terkena angin yang keras, berpergian jauh tanpa mengenakan pakaian yang cukup rapat, habis berenang, atau cuaca dingin di musim hujan.

Masuk angin biasanya si kecil jadi rewel, keringat dingin, pada bayi bisa menyebabkan perut kembung dan kolik sehingga menangis tidak henti. Seorang teman pernah bercerita karena perut kembung bayinya kolik dan menangis dari malam hingga pagi. Ketika dibawa ke dokter, ternyata terlalu banyak angin yang masuk ke perut si kecil sehingga perutnya sakit, dan orangtua terlambat menyadari menyebabkan kolik yang cukup parah.

Masuk angin memang tidak boleh disepelekan. Jangankan anak kecil atau bayi, kita sebagai orangtua pun bila masuk angin tidak nyaman, perut kembung dan sakit yang menyebabkan terganggu semua kegiatan. Bahkan meski dibuat tidur jika sedang masuk angin, rasanya sangat tidak enak.

Tidak hanya karena terpapar angin atau berpergian jauh, telat makan pun bisa menyebabkan si kecil masuk angin dan perut kembung. Waktu itu Pendar saya bawa ke acara ulangtahun temannya di mall, tiba-tiba di tengah acara dia mengeluh sakit perut, tubuhnya dingin sekali. Puncaknya Pendar menangis dan saya baru ingat kalau dia belum makan siang, sementara hari sudah menjelang sore. Memberinya makan disaat kondisi sudah kolik akan sang sulit karena Pendar terus menangis dan tidak bisa tenang. Tentu saja saya jadi panik, meski digendong tetap menangis sambil memegangi perutnya.

Minyak telon meredakan perut kembung





Pendar yang terus menangis saya bawa keluar, tiba-tiba seorang ibu yang juga hadir di acara ulang tahun itu memberikan saya minyak telon. "Kayaknya Pendar masuk angin, Bu." katanya sambil memberikan minyak telon yang diambil dari dalam tasnya.

Ya ampun, kenapa saya sampai lupa untuk membawa minyak telon. Biasanya kalau berpergian membawa si kecil, saya selalu sedia minyak telon di tas. Manfaatnya banyak sekali, terutama ketika anak terkena masuk angin seperti yang dialami Pendar. Maka buru-buru saya balurkan minyak telon ke punggung dan perut Pendar sambil memassagenya lembut.

Berangsur-angsur tubuh Pendar hangat, tidak sedingin tadi. Keringat dingin juga hilang, dan dia mau makan saat saya suapi. Percaya atau tidak percaya, tidak pakai lama Pendar aktif dan ceria kembali. Rasanya lega sekali, karena anak sakit dan rewel saat berpergian itu sesuatu banget, rasanya dunia berhenti berputar sampai saya tidak bisa berpikir normal, hehehe.

"Lain kali jangan sampai lupa sedia minya telon, saya selalu bawa kemana-mana karena si kecil mudah mabuk kalau naik mobil." kata ibu yang memberikan minyak telon tadi.
"Iya, Bu, tadi kelupaan. Saya pikir hanya acara ulangtahun di mall, tidak lama. Lain kali tidak berani deh bawa si kecil bepergian tanpa minyak telon."

Minyak telon meredakan demam si kecil

Sebenarnya saya adalah ibu yang selalu stock minyak telon di antara produk perawatan bayi di rumah, bahkan saya suka meracik minyak telon dengan rempah-rempah di dapur. Ini adalah salah  satu resep untuk menurunkan demam pada si kecil yang menggunakan minyak telon dan rempah di dapur:

  • 1 siung bawang merah, parut.
  • Hasil parutan bawang merah dicampur minyak telon
  • Balurkan ke seluruh tubuh bayi atau si kecil.
Kenapa bawang merah? Konon, bawang merah mengandung flavonoid yang mampu menurunkan panas.
Untuk resep  lebih jelasnya bisa dibaca di artikel saya : Jika baby dan anak-anak demam&bapil ringan.


Mengapa minyak telon begitu berkhasiat ya, memangnya minyak telon berasal dari apa? Dulu pertanyaan itu juga bergelayut di kepala saya, berbeda dengan minyak kayu putih yang rasa panasnya agak menyengat sehingga untuk bayi yang berkulit sensitif lebih dianjurkan menggunakan minyak telon, minyak telon rasa hangatnya sangat lembut dan perlahan.


Minyak telon ini ternyata merupakan campuran dari minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Namun minyak telon saat ini banyak yang memiliki keharuman berbeda-beda, karena ada yang memproduksi minyak telon dengan tambahan ekstrak lavender, zaitun, dan lain-lain. Kehangatannya merangsang pembuluh darah besar sehingga untuk anak masuk angin atau kembung menjadi lebih nyaman ketika diborehkan minyak telon.

Ini cerita saya tentang manfaat minyak telon bagi anak-anak saya, apakah kalian juga selalu sedia minyak telon di rumah dan siap sedia membawanya di tas jika berpergian dengan si kecil? Sekarang minyak telon tersedia dengan berbagai merek, keharuman yang beragam, kita bisa memilih sesuai kebutuhan dan kecocokan. Minyak telon juga tersedia di Tokopedia selain produk perawatan bayi lainnya, jadi praktis bisa beli secara online


  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. wahh ini minyak yang selalu ada di rumah meski anak2 udah pada hede2 hihihi..

    ReplyDelete
  2. Wajib banget di rumahku selalu ada minyak telon, mba. Wangi khas bayi yang nganggenin :*

    ReplyDelete
  3. saya suka bau telon apalagi habis mandi .. khas banget bau anak bayi

    ReplyDelete
  4. Di rumahku yg pakai minyak telon bukan cuma Alfath, tp Mamanya juga suka, haha. Suka wanginya, khas bayi bgt dan banyak juga ya ternyata khasiatnya. Makasih infonya ya Mbaaa :*

    ReplyDelete
  5. Produk yang selalu akrab dalam rumah tangga ini

    ReplyDelete
  6. Wah yang mau punya bayi lagi nih, siap2 sedia minyak telon

    ReplyDelete
  7. jadi mau bayi lagi wakakakaka. kalau bau minyak telon mengingatkan aku akan bayi. tapi dirumah emang ada sih ngilangin enek

    ReplyDelete