Tips Memilih Investasi Untuk Keluarga

by - March 20, 2022

 

InvestasiKu

Meski bukan pakar keuangan atau yang paham banget keuangan, tapi namanya ibu rumah tangga yang pekerjaannya juga merangkap menteri keuangan, wajib paham tentang keuangan juga. Karena meski suami yang lebih banyak bekerja, dalam prakteknya ibu rumah tangga yang berperan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Ibu bekerja pun berperan sama, jadi tidak ada alasan tidak bisa mengatur keuangan karena bukan pakar keuangan.

Setidaknya selain uang yang dipakai untuk kebutuhan ini dan itu, masih bisa menyisihkan untuk berinvestasi. Investasi ini sangat penting untuk masa depan dan kebahagian keluarga, diibaratkan rumah, investasi adalah tiang dan atap dari sebuah rumah yang bisa melindungi penghuninya dari panas dan hujan.

Manfaat Berinvestasi Bagi Keluarga

Memang seberapa manfaat investasi bagi keluarga, sehingga investasi sampai diibarakan rumah adalah tiang dan atapnya? Dari membaca artikel keuangan, dan  juga mengikuti beberapa seminar tentang keuangan, saya mulai paham sedikit demi sedikit akan manfaat investasi ini bagi keluarga saya.

Kalau dulu saya berpikir investasi hanya untuk tabungan jika butuh dalam jangka pendek saja, seperti kalau tiba-tiba kebutuhan harian kurang. Bukannya berhemat-hemat, saya justru mengambil uang tabungan, hiks. Sebab untuk berinvestasi besar dalam pikiran saya seperti membeli rumah lebih dari satu, membeli tanah, logam mulia, hanya bisa dilakukan dengan uang berlimpah.

Akibat dari pemikiran ini, ternyata salah besar. Investasi tidak ditujukan untuk tujuan jangka pendek dan remeh-temeh. Jika ingin berinvestasi tidak harus menunggu berpenghasilan besar, tidak harus dimulai dengan membeli rumah lebih dari satu, membeli banyak tanah, atau pun logam mulia. Setiap orang memiliki kesempatan berinvestasi, dan investasi ini sangat bermanfaat bagi keluarga, diantaranya:

1. Membentuk Masa Depan Lebih Cerah

Dengan memiliki investasi jangka panjang berarti mulai merencanakan sebuah masa depan yang lebih cerah, karena investasi bisa menjamin secara financial kebutuhan biaya pendidikan anak-anak, biaya pension, atau biaya tidak terduga.

2. Memperkecil Resiko Hutang

Kondisi darurat seperti sakit, mendadak diPHK atau  bangkrut dalam usaha, mau pun kondisi yang membutuhkan biaya besar seperti pendidikan, tapi ternyata dana yang dimiliki tidak mencukupi. Maka kemungkinan besar memiliki hutang sangat potensial, karena tidak ada investasi yang bisa meng’cover semua itu. Karena itu investasi memperkecil resiko terjadinya hutang atau terlilit hutang.

3. Mengurangi Kemungkinan Terjadi Inflansi

Inflasi menjadi kondisi yang paling mengancam bagi keuangan, karena mengakibatkan menurunnya nilai mata uang. Dengan investasi yang tepat, hal ini bisa terhindari, bahkan cenderung bisa membuat keuangan stabil.

4. Menjadi Tambahan Penghasilan

Selain terhindar dari resiko inflansi, investasi yang tepat dapat memberikan penghasilan tambahan selain gaji bulanan dari bekerja.

5. Pensiun Lebih Sejahtera

Ketika masa pensiun datang, dana pensiun sering tidak mencukup untuk kebutuhan jangka panjang. Banyak yang merasa sulit ketika sudah pensiu , tapi ketika sudah mempersiapkan investasi sejak awal akan membuat masa pensiun lebih tenang, bahkan mungkin lebih sejahtera.

Memilih Investasi yang Tepat




Dengan beragam manfaat berinvestasi, karena era digital banyak penasaran investasi di platform. Maka jangan lupa untuk berhati-hati dalam memilih platform investasi. Apalagi  saat ini marak penipuan investasi bodong, yang membuat bukan memiliki investasi tapi justru habis harta benda tertipu.

Berikut Tips Memilih Investasi yang Tepat:

1.Pilih platform investasi yang sudah resmi atau legal dan terdaftar di OJK, seperti Investasiku

2. Platform harus yang user friendly dalam arti menu serta fiturnya tidak membingungkan.

3. Harus yang minim resiko, mengingat ini masa pandemi segala hal bisa terjadi

4. Pahami investasi yang dipilih, sehingga mengetahui resikonya.

5. Mengedukasi nasabahnya tentang investasi sehingga nasabah paham.

Mengenal InivetasiKu


Setelah memahami cara memilih aplikasi investasi yang tepat, mari berkenalan dengan aplikasi Investasiku yang sudah terdaftar di OJK, dan memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan:

1.     InvestasiKu resmi dan legal karena dibawah pengawasan Obligasi Jasa Keuangan (OJK)

2.   Investasiku tergabung di CT Corps atau PT CT Corpora (Chairul Tanjung Corpora), sehingga dengan menjadi membership AplikasiKu akan memiliki peluang beragam benefit dan berkolaborasi dengan ekosistem CT Corp.

3.     Semua nasabah yang membeli saham atau reksadana akan mendapatkan point senilai Rp1 dari transaksi semua unit bisnis di bawah CT Corp, dan point tersebut bisa untuk membeli sahal atau reksadana atau produk lainnya.

4.      Mendapat kupon yang bisa digunakan untuk belanja

5.      Ada edukasi tentang investasi dari media sosial InvestasiKu, yaitu instagram dan youtube.

Cara berinvestasi di InvestasiKu

Cara berinvestasi di InvestasiKu cukup mudah. Pertama install atau unduh aplikasi InvestasiKu, lalu lengkapai data diri hingga selesai, dan Rekening Dana Nasabah (RDN) terbentuk. Kemduian lakukan top up, dan bisa langsung bertransaksi atau memilih produk investasi yang diinginkan dan dipahami tentunya.

Di AplikasiKu terdapat produk investasi seperti saham, Reksadana, Obligasi, karena itu sebelum berinvestasi ada baiknya memperlajarinya lebih dahulu dari youtube mau pun instagram InvestasKu biar semakin mantab memilihnya. Selain itu, melalui AplikasiKu juga bisa mendapatkan hadiah dengan mengajak teman-teman mendownload AplikasiKu melalui kode referral. 

Jadi, apakah masih bingung soal investasi untuk keluarga? Tidak harus memiliki uang sebanyak membeli rumah atau tanah kok, hehehe. Dimulai dari yang sedikit, bukan mustahil akan menjadi gunung. Ingin lebih banyak tahu tentang InvestasiKu, bisa langsung mengunjungi websitenya https://www.investasiku.id

 

You May Also Like

0 komentar