Resep Ikan Asin Bumbu Tauco Pete Pedas ~ Duniaeni

Monday

Resep Ikan Asin Bumbu Tauco Pete Pedas


Resep Ikan Asin

Siapa nih yang ga doyan ikan asin?

Duh, rugi ya...ikan asin temennya nasi panas..nyeeeem. Tapi bosen dong, kalau mengolah ikan asin digoreng,dibakar..eh, sudah ada yang pernah nyobain dibakar belum? Saya setiap ke Baduy Banten pasti disuguhinnya nasi panas-ikan asin dibakar-pete bakar-cabe ceplus (cabe langsung metik, langsung dilalap), udah gitu aja. Rasanya? Mungkin karena lapar, letih jalan jauh, hujan pula, makanya di atas rumah panggung dengan senyum tuan rumah yang tulus...rasanya bisa mewah banget. Setidaknya gak cukup sepiring nasi panas, tapi bisa nambah. 

Oya, kembali ke topik tulisan sesuai judul, kali ini saya dapat oleh-oleh ikan asin dari Bau-Bau- Sulawesi. Ikannya bersih-bersih, asinnya juga gak terlalu asin banget. Pas deh, baunya segar, setelah bosen mengolahnya dengan digoreng, dibuat nasi goreng, akhirnya saya coba dimasak bumbu tauco pete pedas, endeees banget dah ternyata. Mau tahu resepnya, mudah banget kok:

Resep:
Goreng ikan asin yang sudah dibersihkan dengan air hangat, pisahkan

Tumis:
Cabe rawit orange, bawang merah, tomat: dirajang
Bawang putih geprek
Oseng dengan minyak panas, lalu masukkan tauco (kalau saya fanatik sama tauco Cirebon yang cap Gajah tuh, botolan gede, banyak dijual di supermarket. Ini rasanya lezat)*kecilkan api
Aduk-aduk hingga harum, masukkan garam sedikit ya karena ikannya sudah asin, menyusul masukkan ikan.
Setelah bumbu menyerap, masukkan potongan pete
Aduk sesaat, angkat.


Santap deh dengan nasi panas...mantab!

15 komentar:

  1. Langsung ngiler nih, Mbak. Udah kerasa enaknya. :)

    ReplyDelete
  2. @ummi: Citra rasa tauco-ikannya asin dan petenya, mba...tak terlupakan :D

    ReplyDelete
  3. Saya suka ikan asin mbak, apalagi kalau udah dimasak kayak gitu ^^

    ReplyDelete
  4. @andyhardiyanti: mari dipraktekkan, sangat mudah ^_^

    ReplyDelete
  5. Mbak Eni, aku baru aja dapat ikan dari Sulawesi juga nih, mirip. Ahhh, jadi ngiler bacanya. Ntar hari minggu kalo nggak pergi lagi, mau bikin ini. Makasiiih :)

    ReplyDelete
  6. ini enak banget Mbak, apalagi kalau dimakannya sama nasi anget. :)

    ReplyDelete
  7. salam kenal mbak...aku suka ikan asin..apalagi kalau dingin2 begini bisa habis 2 piring mbak he3...nanti nyoba ah kalau dirumah

    ReplyDelete
  8. wah kedoaynanku ikan asin , dulu lagi masih sama ortu, sekaarng suka malas bikinnya krn malas nyuci wajannya, heee tapi aku tergiur nih dg resepnya, bakal aku coba di rumah ibuku ah

    ReplyDelete
  9. belum pernah kalo pake tauco, sering nya saus tiram

    ReplyDelete
  10. Aduh, langsung ucuk ucuk nih perut saya, hihihi.... Ikan asin diganti peda bisa juga kayanya ya mbak...

    ReplyDelete
  11. Ya ampuuunn mba... Ikan asin dan pete itu memang jodoh sempurna :D. Duuhh aku yg niatnya ngurangin nasi, biasanya pasti lupa kalo udh ada menu ikan asin ato pete :p. Resepnya mau aku eksekusi ah :D.

    ReplyDelete
  12. Selamat menikmati dengan nasi hangat

    ReplyDelete
  13. Ikan asin emang temannya nasi panas kebul2 mbak, tapi kalau pake tauco kayaknya aku ngga doyan 😁

    ReplyDelete
  14. Duh enak banget ini Mba, bikin drooling :9

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil

Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya Kata mutiara y...

Cari Artikel

Instagram

Powered by Blogger.