Monday, February 22, 2016

Resep Ikan Asin Bumbu Tauco Pete Pedas


Resep Ikan Asin

Siapa nih yang ga doyan ikan asin?

Duh, rugi ya...ikan asin temennya nasi panas..nyeeeem. Tapi bosen dong, kalau mengolah ikan asin digoreng,dibakar..eh, sudah ada yang pernah nyobain dibakar belum? Saya setiap ke Baduy Banten pasti disuguhinnya nasi panas-ikan asin dibakar-pete bakar-cabe ceplus (cabe langsung metik, langsung dilalap), udah gitu aja. Rasanya? Mungkin karena lapar, letih jalan jauh, hujan pula, makanya di atas rumah panggung dengan senyum tuan rumah yang tulus...rasanya bisa mewah banget. Setidaknya gak cukup sepiring nasi panas, tapi bisa nambah. 

Oya, kembali ke topik tulisan sesuai judul, kali ini saya dapat oleh-oleh ikan asin dari Bau-Bau- Sulawesi. Ikannya bersih-bersih, asinnya juga gak terlalu asin banget. Pas deh, baunya segar, setelah bosen mengolahnya dengan digoreng, dibuat nasi goreng, akhirnya saya coba dimasak bumbu tauco pete pedas, endeees banget dah ternyata. Mau tahu resepnya, mudah banget kok:

Resep:
Goreng ikan asin yang sudah dibersihkan dengan air hangat, pisahkan

Tumis:
Cabe rawit orange, bawang merah, tomat: dirajang
Bawang putih geprek
Oseng dengan minyak panas, lalu masukkan tauco (kalau saya fanatik sama tauco Cirebon yang cap Gajah tuh, botolan gede, banyak dijual di supermarket. Ini rasanya lezat)*kecilkan api
Aduk-aduk hingga harum, masukkan garam sedikit ya karena ikannya sudah asin, menyusul masukkan ikan.
Setelah bumbu menyerap, masukkan potongan pete
Aduk sesaat, angkat.


Santap deh dengan nasi panas...mantab!

5 comments:

  1. Langsung ngiler nih, Mbak. Udah kerasa enaknya. :)

    ReplyDelete
  2. @ummi: Citra rasa tauco-ikannya asin dan petenya, mba...tak terlupakan :D

    ReplyDelete
  3. Saya suka ikan asin mbak, apalagi kalau udah dimasak kayak gitu ^^

    ReplyDelete
  4. @andyhardiyanti: mari dipraktekkan, sangat mudah ^_^

    ReplyDelete
  5. Mbak Eni, aku baru aja dapat ikan dari Sulawesi juga nih, mirip. Ahhh, jadi ngiler bacanya. Ntar hari minggu kalo nggak pergi lagi, mau bikin ini. Makasiiih :)

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.