Pentingnya Tidur Nyenyak ~ Duniaeni

Monday

Pentingnya Tidur Nyenyak


Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil
Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah ritme tidur anak-anak, terutama bayi-batita dalam masa golden  age. Karena memang pada masa golden age tidur itu aktivitas regenerasi sel-sel tubuh dan tumbuh kembang otak berlangsung pada puncaknya. Berarti terjadi proses pertumbuhan seluruh organ penting si kecil, apabila si kecil sampai kurang tidur efeknya dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan psikisnya hingga dewasa nanti.
Pada tahap ini pola tidur si kecil memiliki dua tahapan, tidur aktif atau yang biasa disebut tidur REM dan tidur dalam atau fase tidur Non-Rapid Eye Movement (Non-REM). Jadi bisa dibayangkan dampak negatif jika jumlah tidur si kecil tidak mencukupi atau si kecil tidak tidur dengan nyenyak. Hal ini bisa menyebabkan, diantaranya:
  • Mengganggu tumbuh kembangnya
  • Membuat kurang konsentrasi
  • Bisa menyebabkan diabetes
  • Rewel atau uring-uringan yang berkepanjangan
  • Fisik lebih lemah atau mudah terserang penyakit
Saya pernah membaca sebuah study yang menganalisa pola tidur anak berusia 8 tahun dari sejak usia 2 tahun, menunjukan bahwa anak yang cukup tidur:
  • 62% lebih tidak akan memiliki  problem berkonsentrasi
  • 81% lebih tidak memiliki problem sifat agresive.
Hal ini yang membuat banyak orang dewasa, terutama ahlinya sangat fokus dengan ritme atau pola tidur si kecil, namun perlu diketahui juga kalau ritme atau pola tidur orang dewasa pun penting sekali diperhatikan.

Efek Kurang Tidur Bagi Orang Dewasa
Orang dewasa memiliki pola tidur yang berbeda dengan anak-anak, termasuk lamanya tidur yang dibutuhkan juga berbeda. Namun karena orang dewasa memiliki banyak aktifitas, banyak problem yang berbeda-beda, kondisi yang berbeda-beda, sering pola tidur ini menjadi tidak beraturan. Aman-aman sajakah bila orang dewasa tidur dengan pola demikian?
Saya pernah membaca Nation Sleep Foundation (NSF) membuat penelitian bahwa orang dewasa, disebut orang dewasa yakni yang memiliki rentang usia 26-64 tahun idealnya tidur selama 7-9 jam. Tapi pada prakteknya? Kebanyakan orang dewasa tidur dengan waktu yang pendek atau tidak nyenyak.
Contohnya saya pernah mengalami pola tidur kurang dari 7 jam setiap malam. Padahal efek orang dewasa kurang tidur ini cukup membahayakan.
1. Penyakit Jantung
Selama ini masyarakat umum kebanyakan fokus penyakit jantung bisa disebabkan karena keturunan atau bawaan, pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, obesitas, dan faktor usia. Semakin menua konon jantung semakin lemah kerjanya, terutama yang masa mudanya memiliki pola hidup salah.
Tetapi sesungguhnya pola tidur yang buruk bisa menyebabkan penyakit jantung atau kardiovaskular. Sebuah penelitian mengatakan kalau orang dewasa yang hanya tidur di bawah 7 jam setiap malam bisa memiliki resiko penyakit jantung, terlebih yang memiliki ritme tidur di bawah 5 jam. Mungkin 2-3 kali lipat terkena resiko penyakit jantung.
2. Masalah Kandung Kemih
Orang dewasa yang pola tidurnya tidak sampai 5 jam di malam hari, bisa menyebabkan nokturia atau masalah di kandung kemihnya, yakni peradangan. Terutama jika kurang tidur dalam jangka waktu lama atau hingga bertahun-tahun.  
3. Menurunkan Libido dan Tingkat Kesuburan Pria
Kurang tidur yang menimbulkan kelelahan bisa menyebabkan libido atau gairah berkurang, pada puncaknya jika terjadi pada pria bisa menyebabkan ejakulasi dini serta tingkat kesuburan yang rendah. Karena selain kelelahan, ritme tidur yang tidak kurang menyebabkan kadar testeron menjadi sangat rendah.
4. Depresi
Jika anak-anak kurang tidur bisa menyebabkan rewel, uring-uringan, maka orang dewasa yang kurang tidur bisa menyebabkan depresi. Macam-macam kondisi yang ditimbulkan akibat depresi kurang tidur ini, bisa gelisah, emosi memuncak, kerja tidak maksimal, dan tubuh rentan terkena penyakit karena depresi membuat imun tubuh secara otomatis down.
5. Kulit Tidak Sehat
Mengapa sulit tidur atau tidak cukup tidur menyebabkan kulit tidak sehat? Kurang tidur menyebabkan depresi, ketika depresi orang dewasa mengeluarkan hormon stres yang bisa merusak kulit. Kulit bisa jadi kusam, tidak bercahaya, penuaan dini. Cream anti aging yang digunakan pun jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Dan, banyak lagi efek buruk bagi orang dewasa yang memiliki waktu tidur kurang dari semestinya. Tidak dapat tidur nyenyak maupun kurang tidur memang disebabkan banyak faktor, salah satunya kondisi kamar atau ruang tidur. Mengapa?
Ciptakan Ruang Tidur Yang Nyaman

Kamar konon adalah tujuan akhir dari segala kegiatan manusia, tempat beristirahat, dan menumpahkan semua kantuk serta lelah. Ini berlaku bagi anak-anak maupun orang dewasa. Karena itu dibutuhkan kamar yang benar-benar nyaman, yang mendukung rasa nyenyak, agar anak-anak mau pun orang dewasa bisa tidur lebih lama atau sesuai waktu ideal tidur di malam hari.
Salah satu masalah kamar tidak nyaman dan membuat tidur terbangun-bangun adalah udara kamar yang sumuk atau panas. Ini pernah saya dan anak-anak alami ketika tinggal di Jakarta Selatan, dua jendela besar pada siang hari cukup membuat udara segar menerobos masuk. Namun ketika malam tiba, musim panas sedang berlangsung, otomatis ruang tidur panas, tubuh berkeringat, membuat gelisah dan terbangun-bangun.
Tubuh butuh udara yang sejuk hingga otak merespon dengan baik, secara otomatis terasa nyaman. Akhirnya ketika pindah ke Depok dan cuaca makin ekstrim, sebab Depok jauh lebih panas dari Jakarta Selatan. Kami pun memutuskan memakai AC atau alat pendingin ruangan dengan ukuran sesuai luas kamar kami. Saat ini AC yang terpasang di kamar berukuran 3/4 PK.
Berapa menit sebelum waktu tidur AC dinyalakan. Jadi begitu anak -anak atau saya dan suami siap tidur, ruang kamar sudah terasa sejuk sekali. Kami bisa nyenyak tidur dengan selimut tebal sekali pun meski cuaca sedang panas. Terlebih jika AC dirawat dengan baik akan menghasilkan rasa sejuk yang membantu tubuh terasa nyaman ketika tidur atau beristirahat. Sebab, Buat saya, suami, dan anak-anak tempat ternyaman di rumah adalah kamar.
Berbagi Cerita Tempat Ternyaman Di Rumah
Jika buat saya sekeluarga kamar adalah tempat ternyaman di rumah kami, buat kalian tempat ternyaman di rumah di mana? Mungkin sebagian orang ada yang merasa tempat ternyaman di rumah di ruang baca, seperti sahabat saya, Melly. Wanita berkacamata ini hobby sekali membaca, dia mendisain sebuah kamar menjadi ruang baca dengan almari dinding penuh buku. Selain almari, terdapat sofa empuk, dan AC sehingga udara di ruang baca terasa sejuk. Setiap weekend Melly sering menghabiskan waktu di ruang baca. Kadang, sampai tertidur di sofa dengan buku di dadanya. Tidur siang meski sesaat tapi nyenyak, kata ahli medis termasuk tidur yang berkualitas loh.
Perpustakaan Melly
Oya, cerita tentang ruang ternyaman di rumah bisa kamu share di instagram. Caranya mudah banget:
  • Share cerita dan fotomu dengan tema "Bagaimana AC Membuat Rumahmu Menjadi Sejuk dan Nyaman"  Foto boleh satu atau carousel photos.
  •  Jangan lupa like Facebook fan page Daikin Indonesia, FOLLOW dan tag IG @Daikinindonesi
  • Sertakan hashtag #BeyondComforting dan mention 5 temanmu ya buat ikutan!
Yuk ah, jangan sampai tidak ikutan, kompetisi ini cuma sampai 21 Agustus 2017 pukul 23.59 loh dan hadiahnya e-voucer senilai total Rp 10 juta! Untuk detil lebih jelasnya bisa langsung klik Facebook fan page Daikin Indonesia.


92 komentar:

  1. Kalo kurang tidur, esok paginya bawaannya mesti lesu, nggak semangat dalam beraktifitas. Tidur cukup dan kualitas memang perlu ya mba.

    ReplyDelete
  2. efeknya ngeri jg ya mak klo ga tidur nyenyak. aku setuju bgt ni klo AC salah satu pencetus lelapnya bobo, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi buat kecantikan, bikin penuaan dini

      Delete
  3. Mnurutku tidur itu penting banget mba agar hidup menjadi lebih berkualitas dan sehat bugar

    ReplyDelete
  4. Kalao tidur nyenyak, bangun tidur badan jd segar ya kak

    ReplyDelete
  5. Aku kurang tidur jadi ngehang, gak konsen kalau mau ngerjain sesuatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uring-urungan juga ga?klo aku jadi mudah masuk angin

      Delete
  6. Iya ini bener banget. Kalo kurang tidur rasanya sakit kepala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya juga buat ibu hamil klo kurang tidur

      Delete
  7. Aku beberapa hari ini tidurnya enggak bisa nyenyak. Nyolong-nyolong tidur siang pun kebangun tetap enggak bisa pules. Malah sakit-sakit. Sepertinya saatnya menyerah menyalakan ac dulu deh.
    AC di rumah aku tuh cuma pajangan, Mbak. Hampir enggak pernah dinyalain. Tapi beberapa hari ini cuacanya terik dan nyamuk hampir 24 jam nyerang. Saatnya melambaikan salam pada remote AC deh malam ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, sayang banget kalau cuma buat pajangan, hehehe

      Delete
  8. Tinggal diperkotaan kalau enggak pakai AC, tidur jd susah. Paginya bangung dan ngerasa enggak siap kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Badan terasa pegal-pegal ya, gak nyaman kurang tidur

      Delete
  9. Kurang tidur bahayaaaa,,biasanya jadi suka marah2 haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak kecil kurang tidurjuga uring-uringan

      Delete
  10. setuju, kenyamanan tidur bagi si kecil penting. Anak yang jam istirahatnya cukup, menunjukan perkembangan emosi dan intelektual yang baik

    ReplyDelete
  11. Lumayan banyak ya efek negatif kurang tidur ini.
    Udah mikir mau beli ac, tapi nanggung, nunggu pindah ke rumah sendiri aja. Padahal ada anak bayi yang tidurnya gelisah gegara kegerahan. Huhhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayi.penying banget tuh, mb, harus cukup tidurnya untuk tumbuh kembangnya

      Delete
  12. Saya sangat sedikit sekali jatah jam tidur, sehingga keesokan harinya terasa ngantuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak boleh dibiarkan lama-lama kurang tidur

      Delete
  13. eh, beneran lho itu... begadang efeknya ke kandung kemih. belakangan ini ngerasa sakit huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mak Orin. Jangan sampai kena penyakit karena kurang tidur

      Delete
  14. Bner mba Eni,,, kurang tidur pngaruh besar bngt Sama aktivitas kita,,, mst cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katena saat tidur tubuh regeneration

      Delete
  15. Jam segini inbox mba Eni gak dijawab, pasti udah tidur nyenyak deh karena pake AC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk..anak-anak pulesss, ibunya kerja

      Delete
  16. Duh.. Aku tuh mbak kurang tidur bgt, mata udah kaya zombie aja.. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kena penuaan dini nanti, mba huhuhuhu

      Delete
  17. Orang swkarang banyak yg sadar kesehatan dgn OR tapi kadang lupa jaga kualitas tidur.

    ReplyDelete
  18. Kurang tidur emang ngefek banget ke kesehatan. Badan jadi lemes juga.

    ReplyDelete
  19. Orang kalau kurang tidur tidak hanya badan yang tidak sehat, tapi jiwanya juga. Paling enggak suka uring2an, marah2 gak karuan gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tejadi sama anak-anak dan orang dewasa juga yang kurang tidur, mba

      Delete
  20. Efek kurang tidur bisa bahaya buat kesehatan ya mak. Btw kamar tidur perlu banget pake AC biar tidur lebih nyaman, apalagi akhir-akhir ini cuaca kalo malam hari lumayan gerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, salah satu tidur nyenyak adalah kamar yang nyaman ya, mba

      Delete
  21. Hahahah ini si kecil di rumah kalau tidurnya kurang kelihatan banget dah, ngamuk-ngamuk gak jelas. Kita yang di rumah jadi adaaaa aja salahnya di mata dia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek psikologis kurang tidur ya, mba

      Delete
    2. Bener mbak. Kalau ke orang dewasa efeknya juga gitu kali ya?

      Delete
  22. Sekarang saya selalu menghitung jam tidur saya setiap hari.
    Kata Rasulullah juga jangan terlalu banyak tidur, jadi kalau sudah tau kelebihan jam tidur, saya memaksakan diri untuk terjaga dan melakukan aktivitas yang bermanfaat lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelebuhan tidur bikin tubuh lemas karena otak tidak bekerja denfan baik

      Delete
  23. Sepele banget. Tidur malam kurang dri 7 jam. Ngefek banget di pagi hari.
    Lebih2 klo continue, bisa brakibat fatal 😱😰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyakit berbahaya siap datang...sereeem

      Delete
  24. <<< aku anaknya kalo tidur sering malem banget gara2 begadaang T^T
    paling nyaman itu tidur dirumah sendiri,huhu
    skrg ngekoss yaa berasa beda jadinyna huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaptasi ya, mba. Lama-lama mudah-mudahan bisa nyenyak

      Delete
  25. Obat ngantuk nggak ada lagi selain tidur mau dimanupulasi dengan kegiatan apapaun. Yang pasti tubuh harus kita penuhi haknya dilatang zolim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecuali.banyak.pikiran yaaa..dibuat merem susaaah banget. Apalagi kamar ga nyaman

      Delete
  26. kalau pas di Bekasi aku paling ga bisa kalau tidur tanpa AC bisa bikin pening kepala dan aku setuju istirahat yang cukup perlu untuk mengembalikan stamina y mb :)jadi pengen ikutan deh kompetisi sharingnya Daikin sapa tau menang hehehe

    ReplyDelete
  27. Aku ngalami vertigo krn begadang, abis itu kapok. Enggak lagi deh begadang karena ngetik. Mending pagi sampai siang aja,malam saatnya tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb, bahaya juga klo keseringan begadang

      Delete
  28. Anakku gitu mak, tidurnya susah banget. Eh, mungkin karena kamarnya gak pake AC kali ya...? Kalau aku sih, belum pake AC aja udah kepulesan mulu. Apalagi dikasih AC makin pules deh. Hahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo..penting banget nih buat si kecil tidur nyenyak

      Delete
  29. betul ya kualitas tidur tergantung banyak hal termasuk udaraya, kalau gerah sulit memejamkan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau sejuk...nyaman terus pulesss

      Delete
  30. thanks for sharing mba jadi inget waktu kecil males banget disuruh tidur siang, sekarang sudah jadi emak-emak bisa tidur siang itu kalau cuma kebetulan ikut ketiduran pas ngelonin anak hahah

    Salam kenal ya, saya enny yang komen di grup fb KEB untuk saling bw ^^
    nama kita mirip nih :D

    ReplyDelete
  31. baru tahu kurang tidur dapat menyebab kan penyakit jantung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga baru tahu setelah baca-baca

      Delete
  32. Pengen punya juga ruangan kyk Mbak Melly tapi apa daya ruangane wes fungsional semua hehehehhe, moga2 ada kesempatan punya rumah rumah guedeeee jd bisa bikin perpus pribadi jg

    ReplyDelete
  33. tidur cukup itu sebenarnya harus, tapi kadang karna kesibukan jadi kurang tidur

    ReplyDelete
  34. Kamar tidur yg nyaman bikin harmonis Rumah tangga. Anak juga main ke kamar mama nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaiiii..harmonis dengan suasana romantisss

      Delete
  35. boro2 anak ya mbak, ita saja kl kepanasan sulit buat tdr nyenyak

    ReplyDelete
  36. Aku sih tipe pelor kombinasi sleeping beauty. Nempel bantal langsung molor :D

    ReplyDelete
  37. Setuju mba soalnya saya bisa tidur dimana aja tapi nggak bisa kalau kepanasan 😥😀

    ReplyDelete
  38. Anak-anakku kalo kepanasan sedikit bangun, mbak. Kalo dingin, bisa nyenyak banget

    ReplyDelete
  39. Ngeri juga, saya termasuk sering begadang

    ReplyDelete
  40. kalau seyaman ini tidur pulas banget mbak.

    ReplyDelete
  41. Setuju, tidur adalah bagian dari siklus metabolisme tubuh. Metabolisne yv baik akan berikan pertumbuhan sel dan saraf dng baik juga.

    ReplyDelete
  42. Kalau aku kurang tidur, besoknya uring2an .

    Thanks artikelnya ya En.

    ReplyDelete
  43. Kalau gue malahan kebanyakan tidur ya
    Sementara anak gue kurang tidur ... hehhehhehehhe

    ReplyDelete
  44. emarin sempet bingung padahal udah tidur cukup kok ngantuk terus. Setelah browsing, sepertinya saya dehidrasi T.T

    ReplyDelete
  45. Kurang tidur yang nyenyak kalau saya suka bikin pegal-pegal malah.

    ReplyDelete
  46. sepakat mba, aku aja butuh tidur minimal 6jam kalo malam.itu masih ditambah tidur siang, hehe, dan smuanya pakai ac=)

    ReplyDelete
  47. Ini masih PR kayaknya buatku, kurang tidur malam

    ReplyDelete
  48. AC bisa bikin tidur nyaman, ga kepanasan kalau cuaca lagi hot. Hahaha, kalau lagi panas banget kan Kita aja pengennya ngadem :)

    ReplyDelete
  49. Kalo malem kurang tidur, pagi rasanya gak mau bangun deh. Biasanya abis nyiapin anak2 buat sekolah. Abis anterin sekolah. Gw balik ke rumah merem lagi. Gak nyenyak juga sih tp. Krn masih kepikiran apa2 yg hrsnya dikerjakan jd kebengkalai

    ReplyDelete
  50. Wah....infonya bermanfaat bgtt nih..
    Memang tidur itu penting agar tubuh kita segar kembali ketika bangun

    ReplyDelete
  51. Saya kalau kurang tidur suka pusing dan bawaannya pengen marah - marah hehe

    ReplyDelete
  52. Wah,bahaya ya klo pria tidak tidur nyenyak

    ReplyDelete
  53. Catatan penting karena pria memang sering kurang tidur

    ReplyDelete
  54. tidur nyenyak memang penting banget buat bayi ya. buat orang dewasa aja penting. kalo krg tidur bawaannya ringsung euy

    ReplyDelete
  55. Ngingetin aku, sudah lebih dari sebulan ini enggak bisa tidur nyenyak. Enggak tahu kenapa. Kayaknya harus segera diperbaiki sebelum jadi penyakit.
    Aku enggak pernah pakai AC, Mbak. AC di rumah cuma pajangan aja. Aku gampang alergi kalau suhu berubah-ubah, suami juga sama lebih betah kepanasan.

    ReplyDelete
  56. Aku sering begadang nih mbak.. Emang ga sehat banget nih, tapi ternyata banyak bahayanya ya.. Aduh, informasinya berguna banget nih mbak.. ^^

    ReplyDelete
  57. Aku nih mbak sering banget begadang..duh akibat yang no 3 itu menakutkan mbak ��

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.