Wisata Murah Di Kota Jakarta ~ Duniaeni

Saturday

Wisata Murah Di Kota Jakarta


Liburan akhirnya tiba juga, anak-anak libur sekolah selama dua minggu, kemana kami akan berlibur?
Meski sudah pindah ke Depok  jarak menuju Kota Jakarta sangat dekat. Apalagi kami tinggal di perbatasan Depok-Jakarta, sehingga dengan berjalan kaki pun sudah bisa mencapai Kota Jakarta. Karena itu ketika saya memutuskan untuk menjadikan Kota Jakarta sebagai destinasi wisata kami akhir tahun ini, banyak yang menganggap liburan kami biasa sekali.

Memang kenapa sih saya memilih destinasi liburan tahun ini hanya di Jakarta, sementara hampir semua orang Jakarta berduyun-duyun keluar Jakarta sampai jalan tol memanjang mirip ular naga, macet luar biasa? Fenomena liburan ke luar kota ini terlihat dari tetangga kiri-kanan yang rumahnya mulai sunyi-sepi, ada yang ke Bandung, Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta sampai Singapore dan Hongkong. Padahal kalau Anda tahu ada apa di Kota Jakarta bisa jadi luarbiasa loh.

Tapi saya punya alasan mengapa memilih Kota Jakarta sebagai destinasi liburan kami tahun ini, berikut alasan saya yang mungkin bisa jadi inspirasi Anda:

Alasan Memilih Kota Jakarta Sebagai Destinasi Liburan Keluarga Kami:


Di lorong kaki lima kawasan Kota Tua

1. Alasan pertama, anak-anak saya tidak tahan pergi jarak jauh di dalam mobil dengan kondisi macet. Biasa mereka mabuk berat dan menjadi badmood sepanjang perjalanan.

2. Kedua kami belum memiliki kendaraan pribadi, memilih dengan wisata di Jakarta sangat banyak alternatif kendaraan yang murah meriah, seperti bus Transjakarta, commuter line, taksi online.

3. Alasan terakhir budget yang kami miliki tidak terlalu besar mengingat kami harus berhemat karena mempersiapkan anak pertama masuk SMP, anak kedua Insaallah akan disunat tahun 2018. Tentu dua hal itu membutuhkan biaya cukup besar, sementara liburan pun menjadi kebutuhan yang penting bagi kami sekeluarga. Di Kota Jakarta cukup banyak destinasi liburan yang murah dan sesuai dengan budget kami.

Tidak percaya?


Destinasi Wisata Murah Di Kota Jakarta

Jakarta identik dengan Kota Metropolitan, kota yang gemerlap mengingat merupakan Ibu Kota Indonesia. Gedung-gedung megah, seperti pusat-pusat perbelanjaan, hotel-hotel, restoran mewah, menjadikan Jakarta seolah hanya milik orang-orang yang memiliki uang banyak. Terlebih jika melihat Jakarta hanya dari bangunan-bangunannya yang tinggi menjulang.

Padahal sesunguhnya tersedia begitu banyak destinasi liburan dengan budget terjangkau yang ada di Jakarta, yang dapat dijadikan pengisi liburan anak-anak. Beberapa di antaranya yang akan kami kunjungi adalah:

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan wisata edukasi dan juga hiburan yang sangat murah, tiket hanya seharga Rp4000 untuk orang dewasa, Rp3000 untuk anak-anak, kami sekeluarga hanya butuh membayar tidak sampai Rp20.000  untuk masuk Kebun Binatang Ragunan.

Bersepeda keliling Kebun Binatang Ragunan
Di dalam selain melihat macam-macam hewan, terdapat juga kereta keliling berbentuk hewan yang akan membawa pengunjung berkeliling kebun binatang. Harga tiket Rp15.000/orang, ada juga persewaan sepeda Rp10.000-15.000/jam. Kami sekeluarga biasa menyewa 3 sepeda, dengan total Rp35.000 sudah bisa bergembira keliling kebun binatang.

Selain itu ada taman bermain spesial anak, Kids Zoo, di dalamnya terdapat aneka permainan spesial anak-anak, termasuk kuda poni, masuk ke area Kids Zoo hanya Rp3500/orang, ada Pusat Primata Schmutzer, dan banyak lagi.

Pusat Primata Schmutzer
Untuk kuliner dijual dengan harga terjangkau mulai Rp10.000, tersedia makanan modern sampai tradisional khas Jakarta, seperti kerak telur dengan harga bervariasi Rp15.000-25.000, harga ini tergantung jenis telur dan jumlah telur yang kita inginkan. Soto Betawi yang terkenal sumbrah atau segar rasanya, cendol.

Transportasi ke Kebun Binatang Ragunan bisa ditempuh dengan angkutan umum biasa dan Transjakarta karena di depannya terdapat terminal Transjakarta. Biasa saya dan keluarga menggunakan taksi online karena jaraknya dari rumah tidak terlalu jauh, hanya merogoh kocek Rp34.000.

Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir destinasi wisata dengan nuasa alam yang berada di tengah keramaian Kota Jakarta, dimana anak-anak bisa menikmati wahana bermain mulai dari flying fox, ATV, berenang, berkuda, menangkap ikan, trampolin, main lumpur, dan banyak lagi. Tiket masuknya sangat murah, tetapi setiap permainan di dalam dikenakan biaya lagi. Menurut saya biayanya cukup terjangkau juga, seperti berkuda @10.000/anak, ATV Rp10.000.



Ke Kampung Main Cipulir tidak perlu membawa bekal makanan karena makanan di sana cukup murah dan tersedia lesehan dengan aneka menu sesuai selera, dari yang camilan biasa hingga makan berat. Transportasi ke Kampung Main Cipulir bisa ditempuh dengan Transjakarta yang baru dari halte Transjakarta Blok M.

Taman Impian Jaya Ancol

Tiket masuk ke Taman Impian Jaya Ancol individu Rp25.000/orang. Taman Impian Jaya Ancol memiliki berbagai area wisata dari yang murah  hingga mahal. Untuk wisata murah ada pantainya, pantainya terdiri dari Pantai Indah, Carnival Beach Club, Pantai Festival, Elok, Ria, dan Danau Impian.

Saya dan anak-anak biasa ke Pantai Fesival menikmati pantai sambil berperahu kayu atau sampan. Paling bagus naik perahu ini kalau tidak pagi hari, sore hari akan melihat burung-burung terbang dan ikan-ikan terbang. Meski area pantainya tidak luas, anak-anak masih bisa bermain pasir sambil berenang di tepi pantai.

Pantai Ancol
Ada Pasar Seni yang menyajikan kios-kios serba seni; lukisan, kerajinan tangan, barang-barang tradisional. Jika beruntung kita bisa melihat kegiatan para pelukis sedang melukis atau ada pertunjukan seni di panggungnya. Masuk ke Taman Impian Jaya Ancol memang cukup murah, tapi  untuk kulinernya sedikit mahal. Pilihan terbaik selain membawa bekal, bisa memilih makan di restoran cepat saji yang sudah familiar karena bandrol harganya kurang lebih sama, tidak beda.

Transportasi ke Taman Impian Jaya Ancol bisa ditempuh dengan  commuter line maupun busway yang dilanjutkan dengan angkutan umum lagi. Tidak terlalu sulit meski ditempuh dari Depok, Bogor, apalagi Jakarta.

Waterboom Pantai Indah Kapuk



Ini salah satu favorit anak-anak saya, lokasinya tidak terlalu jauh dari Taman Impian Jaya Ancol sehingga transportasinya kurang lebih sama. Di Waterboom yang luas ini tersedia aneka wahana permainan air dari spesial untuk orang dewasa sampai batita ada.

Tiket masuknya memang aslinya mahal sekali Rp270.000/orang, tapi sekarang sudah banyak ecommerce yang menjual tiket wisata dengan harga promo. Saya dapat tiket masuk ke Waterboom jadi Rp85.000/orang, lumayan banget kan hematnya. Apalagi kalau ke sana bawa bekal, tidak perlu makan di restoran yang tersedia di tempat.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat wisata untuk mengenal keanekaragaman Indonesia. Tiket masuknya Rp20.000/orang sudah bisa menjelajah rumah-rumah adat dari seluruh propinsi di Indonesia, berwisata sambil memberikan pengetahuan ke anak-anak tentang kebudayaan Indonesia.

Selain rumah-rumah adat, terdapat beberapa museum, juga bermacam-macam wahana permainan. Untuk ke wahana permainan ini setiap permainan harus membayar tiket lagi, harganya tiketnya mulai Rp5000. Sementara untuk kulinernya tersedia dari yang murah hingga cukup mahal, sebelum makan bisa lihat-lihat dulu yang sesuai dengan budget kita.

Museum-Museum Di Jakarta


Museum Fatahillah
Wisata ke museum ini selain bermuatan pengetahuan, sangat murah sekali. Di Jakarta terdapat cukup banyak museum yang dapat ditempuh dengan Transjakarta maupun commuter line, beberapa diantaranya:

Museum Fatahillah

Menyewa sepeda di Museum Fatahillah
Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Bank Indonesia 

Museum Bank Indonesia
Museum Seni Rupa

Empat museum ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun  commuter line maupun Transjakarta karena letaknya saling berdekatan. Jadi lebih hemat kan, datang ke satu tempat bisa ke beberapa destinasi wisata, termasuk juga ke Chinatwon.


Kawasan Chinatown



Kulinernya juga banyak pilihan dari yang pedagang kaki lima sampai restoran mahal, semua tergantung budget Anda, beberapa kuliner yang wajib dikunjungi:

  • Soto Tangkar&Sate Kuah Daging Sapi Aneka sari Pak H. Dinding yang berlokasi di Jalan Pasar Pagi Lama Los Blok T28 B&C, Jakarta Barat.
  • Kedai Seni DJakarte di dekat Museum Fatahillah
  • Kwetiauw Sapi Mangga Besar 78, termasuk legendaris karena sudah ada sejak tahun 1973 dan terkenal kelezatannya. Berlokasi  di Jalan Mangga Besar Raya No 78, Mangga Besar - Jakarta

Ini hanya sebagian destinasi wisata murah di Kota Jakarta, jika mau menjelajah lebih masih banyak lagi. Pokoknya dua minggu liburan bisa diisi dengan keliling Jakarta deh. Bagaimana? Liburan di Kota Jakarta menjadi tidak biasa bukan, apalagi buat Anda yang punya budget terbatas dan tetap butuh liburan.




78 komentar:

  1. Dari kemarin si Asma minta diajak liburan ke Jakarta. :'D

    ReplyDelete
  2. ChinaTown di sebelah mana ya mba? Wah tau gitu aku mampir euy
    Seru ya wisata di di Jakarta banyak yang murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul didaerah Asemka mb deket Glodok

      Delete
  3. Ke Ragunan tinggal lompat aja kalau dari tempatku dulu di Jagakarsa hehe.

    ReplyDelete
  4. Kampung main cipulir kayaknya seruπŸ˜€

    ReplyDelete
  5. Ahh, smoga jika kelak bisa sampai Jakarta, dapat menikmati wahana wisata tersebut, hheee

    Jadi, liburannya bisa hemat dengan menikmati wisata yang ada di Jakarta ya mbak, lagipula tempatnya seru2 apalagi buat anak2 πŸ™ŒπŸ‘ΌπŸ˜‚πŸ‘

    ReplyDelete
  6. Jakarta tidak selalu ttg memghabiskan uang yg banyak ya mbaa, ada destinasi yh murah meriah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb masih banyak pilihan wisata murah di Jakarta

      Delete
  7. Kalau ke kampung cipulir, dari halte blok m naik apa lagi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari Bok M cari Bus yg ke arah Ciledug kalau ga salah Metromini 69 nanti turun di perempatan Seskoal, dari situ bisa di lanjut naik Taxi ato ojek Online ke Kampung Main cipulir.

      Delete
  8. Wuih asik liburan gak bikin kantobg jebol dan hati riang. Menarik wisata nya. Miss suka naik bis wisata gratis pula ke kota tua

    ReplyDelete
  9. wah recommended banget list destinasi liburan murah meriahnya,bisa dicoba kalo lg travelling ke jkt��

    ReplyDelete
  10. sebagai pendatang baru di jakarta, saya belum pernah menjajah kawasan ragunan mbak :) thank you banget infonya.

    ReplyDelete
  11. ya ampun yang udah pernah cuma ancol bun :-D
    Jakarta dih, kapan aku bisa keliling semua wisatanya.
    Semoga ada rejeki aamiin

    ReplyDelete
  12. Liburan nggak harus pergi ke tempat yang jauh dan mengeluarkan banyak biaya ya mbak Eni.
    Hotelnya lumayan bagus tuh ^^

    ReplyDelete
  13. andai masih tinggal di jakarta, saya maunya menjelajahi museum2nya yang kece itu mba..apalagi kebanyakan museum kan gratis ya..nambah ilmu pula. Selama ini yg udah pernah cuma ancol, dufan sama ragunan doang hikkss

    ReplyDelete
  14. Kota Jakarta terkenal sebagai kota yang mahal, tapi kalau ada wisata yang murah seperti ini, saya juga pengen kesana

    ReplyDelete
  15. BTW, Jakarta saat liburan panjang gini sepi. Enak juga ya mbak liburan sama keluarga di Jakarta aja juga udah enak dan murah. Apalagi staycation di luar rumah hehehe. Sekali-kali boleh coba nih ke tempat tempat ini diakhiri staycation pilih room di red doorz

    ReplyDelete
  16. Chinatown di mana sih? Aku sering ke Kota Tua tapi ga ngerti yang ini. Liburan di Jakarta juga buanyaaak destinasi yang cocok untuk anak dengan budget hemat.

    ReplyDelete
  17. Ah iya saya mau ke museum wayang tapi blm kesampaian saja...
    Semoga suatu saat busa kesampaian. Amin....

    ReplyDelete
  18. Asyik nih! Di Lombok jaringan hotel RedDoorz sepertinya belum ada.

    ReplyDelete
  19. waah aku pengen deh ke musuem seni rupa, berkali-kali ke jakarta belom pernah kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo seru lo banyak karya2 bagus di sana

      Delete
  20. aku biasanya ke jakarta ke mall aja mbak. hahahaha.

    tapi udah lama deh gak ke jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh seru lo mb jalan melihat lihat bangunan bersejarah

      Delete
  21. Ngajak anak main ke taman cipulir kayanya seru tuh mba.

    Baru tau saya, hehe

    Btw, makasih sharingnya. Next, bisa main2 ke taman cipulir

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mb ada kolam renangnya juga lo

      Delete
  22. Wah masih ada tempat wisata yg miurah2di jkrta akupikirpada mhl semua

    ReplyDelete
  23. Aku tuuh....gede di Surabaya dan sekarang domisili Bandung.
    Tapi kalo ke Jakarta masiiih aja ndlongop ((baca : terkagum-kagum)) saking megahnya hidup di Jakarta.
    Gak kebayang aja gituu...hidup di Jakarta living costnya...belum lagi wisatanya...

    Tapi ini ada banyak ternyata...wisata yang minim tapi kepuasan maksi.

    Siap-siap bikin checklist aah...
    Siapa tahu main ke Jakartaaa....yeehhee~~

    ReplyDelete
  24. Seru ya Mbk liburan anak-anak di Jakarta. Anakku gak pergi kjauh-jauh sih alhamdulillah ya bisa dekat dengan anak-anak selama liburan.

    ReplyDelete
  25. seruuu liburanya mba...waah jadi pengen ajak anakku. :)

    ReplyDelete
  26. Aku dan suami udah beberapa kali ke Jakarta urusan pekerjaan. Tapi belum pernah ngajakin si kecil liburan ke sini, rencananya tahun ini. Makasih rekomendasi objek wisata dan tempat menginapnya mba. *Noted

    ReplyDelete
  27. di jakarta sih memang lebih enak staycation di dekat tempat wisata yaa mba. biar gak kena macet jadi gak keburu bt duluan

    ReplyDelete
  28. Jakarta ga pernah kehabisan tempat untuk dikunjungi ya Mba. Dari yang murah meriah sampe yang mewah juga ada. Favoritku tetep wiskul sih kalo ke sana ��

    ReplyDelete
  29. Jakarta emang bnyak bgt wisata murah..wahh senangnya

    ReplyDelete
  30. Kota tuaaa, tempat fav ku biyangeet ituuh :D

    ReplyDelete
  31. Keren keren nih, dibalik padatnya jakarta tetapi masih banyak tempat wisata murah yang bisa dikunjungi

    ReplyDelete
  32. sebetulnya banyak ya alternatif liburan murah tinggal cari saja

    ReplyDelete
  33. Nice referensi nih... Makasih infonya... Sapa tahu pengen ke jakarta dan buka blog ini lagi. Hehe

    ReplyDelete
  34. Enak banget ya, banyak juga wisata murah di Jakarta, makasih mbak sharingnya jadi dapet banyak referensi tempat wisata dan penginapan

    ReplyDelete
  35. belum pernah ke China Town ini.
    dulu pertama ke Jakarta diajakin kopdar ama Emak2 Blogger jaman Old ke Ragunan :D

    ReplyDelete
  36. Wah bnyk tempat keren yaa, sya kalau ke Jkt cuma ke rmh saudara dan mall doang. Boleh dicoba nih, tks for sharing mba... ��

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  38. Hampir semua sudah pernah saya kunjungi. Lokasinya memang cukup bagus dan biayanya terjangkau. Cocok buat liburan keluarga juga :D

    ReplyDelete
  39. Jadi pengen ke Jakarta, hiks..
    Btw kebun binatangnya murceeeee 😍

    Di Surabaya kalau ga salah udah 15ribu per orang.

    Mupeng banget pengen jalan2 ke wisata musium dan kota tua 😍

    ReplyDelete
  40. Kangen ke Ragunan mba, bisa refreshing sekalian jalan-jalan

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Merayakan Kebahagiaan Menjadi Ibu Rumah Tangga

Awal Menjadi Ibu Rumah Tangga : Terpuruk oleh rutinitas Ketika remaja saya bercita-cita menjadi wanita karir, sama sekali tidak b...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.