Friday, December 18, 2015

Kampung Main Cipulir...Piknik Alam Di Tengah Kota Jakarta

Kampung Main Cipulir
Kampung Main Cipulir
Yuhaaa...selain weekend, sudah tiba liburan, Moms...
Mau kemana kita membawa anak-anak liburan, atau  keluarga besar?
Ke mall? Resto?..ah sudah biasa, gak ada sesuatunya. Trus, keluar kota atau ke luar negeri? Gada Budget!

Gak usah sedih, Moms. Cobain deh, kalau kalian warga Jakarta, nih ada tempat piknik asyik macam alam-alam gitu, tapi di dalam kota loh. Ah masa sih?
Serius, awalnya saya juga gak percaya. Jadi ceritanya anak-anak dan sepupu-sepupunya minta jalan-jalan yang ada outbond’nya, ada ngebolang-ngebolangnya. Lalu ada cerita, ada tempat piknik seperti itu di Cipulir. Namanya:  Kampung Main Cipulir.


Pasar Cipulir- gambar dari google
OMG! Cipulir bayangan saya, tempat belanja padat merayap dan panas (pasar Cipulir). Dan, info lagi nih... konon Kampung Main Cipulir, tempat piknik yang gak mahal-mahal amat alias cocok di budget sederhana. Waaah, makin cihuyyy tuh...

Singkat cerita berangkatlah kami ramai-ramai, masing-masing naik motor, seru. Berbekal alamat dengan patokan SESKOAL. Jalur masuknya melewati perumahan, gak nyangka banget kan bisa ada tempat piknik model aoutbond, alam gitu. Apalagi jalan menuju masuk itu melalui jalan yang tidak terlalu lebar, tidak muat mobil, hanya motor. Dikanan-kiri terdapat rumah-rumah  penduduk lumayan padat, namanya juga kota Jakarta. Memang parkiran disediakan di sebuah lapangan, sebelum memasuki jalan menuju Kampung Main Cipulir. Sempat terbersit sih, pemikiran, kenapa gak parkirannya dibuat lebih tertata bagus. Sehingga menampakan tempat piknik yang recomed.

Kampung Main Cipulir
Hamparan Rumput

Tapi pemikiran sekilas itu terobati, begitu masuk menuju pintu Kampung Main Cipulir, loket. Selain bayar tiket @Rp.5000,- kita bisa menyewa tiker seharga Rp.20.000.-, ternyata pemandangan di dalam Kampung Main Cipulir lumayan enak dinikmati. Segerrrr...Beda banget sama pemandangan yang kami temui di sepanjang jalan, panas dan berdebu.

Oya, harga tiket masuk memang murah sekali karena di dalam semua permainan masing-masing bayar, harganya beda-beda. Dipilih ya, Moms, yang sesuai budget kita hehehe. Makanya kalau masuk tempat piknik model begini, hal pertama yang saya cari adalah lapak duduk alias gelar tikar dulu. Baru deh, hunting lihat-lihat jenis permainan dan harganya.

Lesehan di Kampung Main Cipulir asyik, hamparan rumput hijau. Kita bisa duduk dengan beralas tikar sambil menikmati nasi bungkus atau camilan , anak-anak berguling-guling di rumput.

Permainannya sih standart ya harganya, malah cenderung murah meriah. Anak-anak saya dan sepupunya memilih permainan ini nih:
Outbond untuk anak di bawah 12 tahun (10 rintangan) Rp.10.000.-, di atas 12 tahun, bayar dua kali lipatnya.  Naik kuda @Rp10.000.-, Flying fox @15.000.-, Perahu @5000.-, fun games @5000.-, ATV @Rp.10.000, karena anak-anak hobby banget naik ATV, sampai naik berapa kali...gubrak deh. Berenang @Rp.20.000.-


Kampung Main Cipulir
Kolam Renang


Kampung Main Cipulir
Outbond




Kampung Main Cipulir
Perahu

Kampung Main Cipulir
ATV
Kampung Main Cipulir
Berkuda
Orang dewasa bisa kok ikutan outbond, Flying fox, perahu, ATV, berkuda, cuma kami memilih untuk mengawasi sambil duduk lesehan. Ngobrol panjang lebar, menikmai semilir angin dari pohon-pohon yang tumbuh lebat. Seakan lupa tengah berpiknik di tengah kota Jakarta yang pikuk.

airnya melimpah, dan kalau tidak  membawa bekal nasi bungkus, tidak masalah. Karena di sini tempat makannya super duper murce alias murah sekali, Moms. Baso cuma Rp10.000.-, nasi ayam lalap mulai RP.15.000.-an, ada pangsit, ada chiken, pop mie, dll. Ini yang dilesehannya ya, yang model makan di resto juga ada, tapi kami gak mampir ke sana. Jadi gak bisa kasih info harganya, mungkin juga standart ya.



Kampung Main Cipulir
Lesehan Murah Meriah


Setelah puas mencoba permainan yang dipilih, renang dipilih anak-anak sebagai permaian penutup. Karena setelah itu mereka mandi, berpakaian rapi, lalu makan di lesehan. Selesai makan kami pulang menjelang sore.

Bagus juga Kampung Main Cipulir untuk anak-anak, untuk kumpul keluarga besar, terjangkau harganya. Cuma ada beberapa kekurangan sih, Moms. Flying fox’nya ternyata tidak menggunakan perlengkapan yang lengkap, seperti helm sehingga anak saya trauma. Karena cukup tinggi, telinganya tidak nyaman tersambar angin yang keras. ATV’nya saat berkunjung beberapa ada yang rusak, macet-macet gitu deh tapi ini gak terlalu menganggu sih. Cuma alangkah lebih asyik kalau tidak terganggu hal-hal teknis seperti itu, kan.

Dan, ehmmm..kalau ortunya suka foto-foto atau selfi, agak susah nih di areal outbond. Karena yang  tidak ikut atau bayar, tidak boleh masuk...wkwkwkw. Jadi deh, saya titip kamera ke penjaganya buat fotoin. Hasilnya, ya...harus puas dah, gak boleh protes.

Oya saya sempat lihat beberapa permainan yang tidak aktif alias tidak dibuka: Kandang kambing (acara kasih makan kambing), cari jejak di kebun, nangkap ikan, memetik sayur.

Singkat cerita, pokoknya kalau penasaran sama Kampung Main Cipulir..silakan, Moms, mumpung libur bawa anak-anak ke sana. Dijamin, anak-anak pasti suka dan gembira. Selamat berlibut yaaaaa...

INFO:
  • Siap-siap bawa baju renang dan ganti plus perlengkapan mandi, siapa tahu di sana anak-anak merengek minta renang atau main lumpur.
  • Sebaiknya tidak usah membawa bekal nasi bungkus, di sana murah-murah menu makannya
  • Tidak perlu membawa perlengkapan sholat, karena waktu ke sana mukenanya bersih-bersih dan bagus.
  • Jangan lupa bawa obat gosok kalau digigit serangga karena arealnya kebun.
  • Kalau mau kemah atau menginap, ada loh. Tersedia juga api unggun. Mau info lebih lanjut bisa hubungi lansung Kampung Main Cipulir.
  • Kamera donk, senjata narsis hehehe
Oya, jangan lupa...jika si kecil mau flying fox, awasi kelengkapan peralatan yang dikenakannya ya, Moms. Takutnya si kecil trauma seperti anak saya.

Kampung Main Cipulir
Jl. Masjid Cidodol No.1A (Belakang Komplek Cipulir Permain-saya lewat melalui komplek ini)
Kebayoran Lama-Jakarta Selatan
Tlp: (021)7202868

Buat wilayah Depok ada loh tempat piknik seperti Kampung Main Cipulir, yaitu D'Kandang Farm Amazing, hanya di sini lebih banyak hewan ternaknya. Kalau untuk Bogor bisa ke Kuntum Farm Field, gak kalah seru. 

0 comments:

Post a Comment

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.