Saturday, December 12, 2015

Piknik Educatif ke... Kuntum Farm Field


Piknik kemana lagi nih kita?

Kuntum Farm Field


Yeaaah, sekali-kali ya, yang ini rada bermodal. Maksudnya gak gratis, kalau kemarin ke Taman Tabebuya kan, gratis-tisss. Tempatnya juga cukup bagus, recomend lah, buat bawa anak-anak atau komunitas. Lalu piknik kemana sekarang?



Jawabannya: Kuntum Farm Field, tempat piknik educatif buat anak-anak loh, Moms. Tapi, saya gak bisa bilang murah meriah, karena di sini masuknya memang murah, Rp.25.000.-, hanya di dalam masih harus bayar sesuai dengan kegiatan yang kita ikuti. Jelasnya, simak aja yaw...hehehe

Kuntum Farm Field, tempatnya di Bogor- tidak jauh dari pusat tas dan fashion di jalan Tajur. Jadi kalau mau piknik ke sini, Moms bisa tuh sekalian cuci mata di dunia kewanitaan (tas&fashion), hehehe...modus. Cuma kalau mau lebih hemat, fokus saja lah, dulu bersama anak-anak ke Kuntum Farm Field.

Di Kuntum Farm Field, menurut saya, tempat piknik yang educatif. Dimana, anak-anak yang biasa tinggal di perkotaan, terbiasa dengan mall, resto, playground di mall-mall, bisa mewujudkan impian menjadi petani-peternak, atau pun bermain ala Bolang.

Jalan menuju masuk areal-kolam ikan

Pertama masuk gerbangnya kita disambut galeri yang menjual pernak-pernik dan kerajinan khas Indonesia, tapi saya gak beli, mahal. Kotak tisu dari kayu dengan model minimalis, harganya mencapai ratusan ribu. Yang murah, paling asbak dari batu, harga Rp.25.000.-, tapi saya tidak beli karena berat. Sudah bawa baby gembul, males bawa belanjaan berat, meski dalam hati tertarik. Asbak dari batu itu berbentuk daun, klasik. Lalu berjalan lebih ke dalam, terdapat kolam ikan yang penuh aneka ikan warna-warni. Indah benar kalau duduk di sampingnya, menikmati ikan-ikan yang berenang.

Kandang Kambing

Lalu masuk ke areal Kuntum Farm Field, kita disambut kandang kambing yang walau bersih, baunya lumayan aduhai. Tapi, tenang... terbayar kok, karena selanjutnya terdapat hamparan kebun luas. terdapat aneka tanaman sayur-mayur, yang semuanya ditanam secara organik. Hewan-hewannya selain kambing, domba, ada sapi, hamster, kelinci, aneka unggas.

Memberi Domba Susu Pakai Botol
Di sini lah, dimulai pertualangan, kita bisa memberi makan sapi dengan rumput, memberi susu ke kambing atau domba pakai botol, berberi makan hamster, kelinci, unggas, bahkan menggendong-gendong kelinci, hamster jika mau.Tidak ketinggalan terjun ke kolam untuk menangkap ikan, plus menanam dan memetik aneka tanaman di landang yang luas dan indah. Semua kegiatan ini ditemani seorang guide, yang juga menjelaskan tentang hewan-hewan yang ada di situ, dari jenisnya, cara berkembang biaknya, makannya, cara menanam dan jenis tanaman, dll. Huwaaa....pokoknya belajar dengan  menyenangkan deh. Cocok benar buat anak-anak.









Kolam Ikan


Habis Memetik Sayur


Areal Unggas


Memberi Makan Hamster
Nah, semua kegiatan itu berbayar, Moms, di luar harga tiket masuk. Seperti memberi rumput ke sapi, seikat rumput harganya Rp.5000.-, kalau anak kita senang memberi makan banyak, ya tinggal total saja hehehe. Kalau sebotol susu buat kambing atau domba, harganya Rp.10.000.-. Tapi sebenarnya ke Kuntum Farm Field ini piknik sesuai budget kita, kalau memang tidak memiliki budget besar, tinggal kita diskusi dengan anak-anak untuk memilih kegiatan apa saja yang bisa mereka ikuti.

Buat makan kita bisa pesan nasi kotak di Kuntum Farm Field, waktu ke sana saya mendapat menu: nasi putih, ayam bakar, tahu goreng,capcay, lalap dan sambal terasi, Sementara buat anak-anak bisa dipilihkan yang tidak ada sambalnya, atau ayam goreng saja karena ayam bakar citra rasanya sedikit pedas. Kerennya, semua menu itu organik loh. Hasil peternakan dan perkembunan di Kuntum Farm Field... Wow!


Bisa dibayangkan, habis berkeliling, berpanas ria, langsung menyantap makanan lezat di dalam aula tanpa dinding, yang menghadap kolam, dan tanaman bunga bougenville. Keren lah buat selfie juga. Pulangnya, kalau kita ikut kegiatan menangkap ikan, akan diberi oleh-oleh ikan emas hidup 2 ekor. Begitu pun kalau ikut kegiatan bercocok tanam, kita akan diberi aneka sayur mayur.


Pohon Ara


Oya, di sini juga ada aneka tanaman herbal seperti jahe merah, kunyit, dll, termasuk buah Ara. Waktu saya ke sana, buah Ara lagi berbuah banyak, yang masak juga banyak, dan boleh dipetik gratis. Buahnya yang ranum, kemerahan, empuk dibelah, isinya lembut. Semu-semu manis rasanya, dan sangat berkhasiat buat kesehatan. Salah satunya, anti hipertensi,  menguatkan tulang.

Pemadangan di Depan Aula

Jadi tunggu apalagi, yuuuuk...kita bawa si kecil piknik ke Kuntum Farm Field. Kalau orangtua gak  kuat berpanas ria, atau jalan jauh,bisa kok nunggu di aula sambil baca buku atau gosip hahaha. Sementara anak-anak bersama sang guide dibawa berkeliling sesuai dengan kegiatan yang ingin diikuti.

Info:
  • Jika membawa balita, sebaiknya jangan membawa baby stroller. Karena kontur tanahnya dan medannya tidak cocok buat baby Stroller. Lebih nyaman memakai gendongan model carrier
  • Karena kegiatan alam, sangat terpapar matahari, meski setiap pengunjung di kasih caping (topi petani dari bambu), sebaiknya gunakan sunblock, dan kalau bawa balita, nyaman juga pakai payung.
  • Bawakan anak-anak baju ganti dan peralatan mandi (sabun cair, shampo dan handuk), karena kegiatan peternakan, pertanian dan menangkap ikan, perlu ganti baju plus mandi.
  • Sebaiknya bawa daily bagpack untuk membawa air minum yang cukup, camilan, dan obat gosok kalau kena serangga.
  • Jangan berkunjung di saat hujan, tidak banyak hal yang bisa anda lakukan di sana.
  • Jangan lupa bawa foto
Alamat Kuntum Farm Field:
Jl. Raya Tajur No.,291- Bogor
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB
Tlp: (0251) 8356752


Jika Anda mau piknik ke tempat seperti Kuntum Farm Field, namun dengan budget lebih ramah lagi, bisa ke D'Kandang Farm Amazing di wilayah Depok.

0 comments:

Post a Comment

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.