>

Mengajarkan Anak Hafal Al Quran Dengan Hafiz Junior

By duniaeni.com - February 24, 2018



Sebagai umat muslim setiap orangtua pasti mendambakan anak-anaknya bisa menghapal Al Quran. Setidaknya bisa mengaji dengan baik dan benar sebagai bekal anak kelak, juga sebagai bagian dari catatan amal orangtua kepada anaknya. Orangtua yang sukses adalah orangtua yang bisa melahirkan anak-anak yang baik agamanya, ini menurut saya loh, hehehe.

Sebab hidup di kota besar dalam lingkungan yang masing-masing orang diburu kesibukan, diburu target, menciptakan anak-anak yang pintar, memiliki rangking di sekolah, lebih mudah ketimbang anak-anak yang pintar dan gemar mengaji dengan baik, ini real menurut saya. Karena saya lebih sering melihat anak-anak gemar browsing untuk mencari info umum, ketimbang tentang agama maupun Al Quran.

Ditambah kesibukan orangtua yang bekerja baik fulltime maupun paruh waktu, menyerahkan anak belajar Al Quran sepenuhnya kepada guru les atau TPA menjadi pilihan terbanyak saat ini. Kalau saya termasuk ibu yang tidak terlalu pintar membaca Al Quran dalam arti menguasai cara membacanya maupun lafadz dengan baik dan benar, jadi butuh guru mengaji untuk mendampingi anak-anak saya belajar Al-Quran

Sejauh ini anak-anak masih belajar di TPA sore hari begitu pulang sekolah, dan malam sehabis sholat magrib mengulang kembali didampingi saya. Namun rasanya tidak puas, sebab saya tidak  bisa membetulkan cara baca mereka, panjang pendeknya dengan baik. Sekedar mendengarkan dan membetulkan kalau ada bacaan hurup yang salah. Kadang saya mendengarkan murrotal dari laptop untuk memahami cara bacanya, tetapi butuh diulang-ulang. Tidak sekali dua kali. Rasanya kalau ada media yang bisa mendampingi latihan melafalkan lafadz Al Quran sangat menyenangkan ya?


Berkenalan dengan  Hafiz Junior




Minggu, tanggal 18 Februari saya mendapat kesempatan menghadiri acara launching Hafiz Junior di Gramedia Harapan Indah Bekasi. Sebenarnya Hafiz Doll ini sudah lama saya ketahui dari medsos, banyak sekali ibu-ibu yang menyukai. Harganya yang mahal membuat para ibu mengadakan arisan, sementara saya belum tertarik karena belum mengetahui secara langsung Hafiz Doll, baru melihat bentuk dan deskripsinya di status para ibu-ibu yang membeli maupun menjual.

Hafiz Talking Doll yang diproduksi oleh Al Qolam dengan harga buat saya cukup mahal, rasanya kalau beli tanpa tahu langsung, saya belum cukup yakin gitu, hehehe. Itu dulu ya, namun setelah datang ke acara launching adiknya Hafiz Talking Doll ini saya jadi jatuh hati dan berniat untuk membelikan anak-anak. Loh serius? Yes, ikuti cerita saya tentang Hafiz Junior ya...

Acara launching Hafiz Junior diharuskan bawa anak,  mungkin karena momentnya spesial untuk anak. Saya mengajak Pendar yang didampingi Ayahnya karena lumayan jarak tempuh Depok-Bekasi. Wah, Pendar senang sekali dibawa jalan-jalan, lalu ketemu boneka-boneka lucu seri Hafiz Junior plus teman-teman sebayanya yang seru banget. Anak-anak yang datang sibuk memegangi Hafiz Junior yang mungil dan unyu, membunyikan sendiri karena cara menyalakannya cukup mudah.




"Ibu, ada robot bisa ngaji," kata Pendar dengan mimik lucu. Dia tampak senang memegangi Hafiz Junior berseragam pilot, teman sebayanya, Dema asyik mengamati Hafizah dokter. Hafiz Junior ini memang sepasang-sepasang, anak laki-laki dan anak perempuan. Ada anak yang memeluk Hafiz Junior, ada yang sibuk memencet aneka tombolnya. Buat Pendar ini adalah pertama kali dia mengenal boneka Hafiz.




Anak-anak sibuk main, sementara ibu-ibu dan bapak-bapak yang hadir sibuk menyimak para pembicara, acara memang santai dan asyik.

Launching Hafiz Junior&Unboxing




Acara dibuka oleh seorang pembicara Belinda Agustya M.PSi atau akrab dipanggil Mba Belinda, yang sharing tentang 'Bermain Cerdas dan Bahagia untuk Buah Hati'. Wanita Co-Founder Klinik Psikologi Anak Rainbow Castle ini mengatakan kalau bermain itu buat seorang anak sangat penting. Namun permainan buat anak tentu saja harus edukatif dan menyenangkan, bukan berarti edukatif lalu terasa memaksa atau kehilangan unsur bermainnya sehingga tidak menyenangkan buat anak.

Karena itu aktifitas bermain sebisa mungkin harus mencangkup:





1. Anak bebas bermain untuk melakukan apa saja
2. Aktivitas atau kegiatan tersebut menyenangkan bagi anak
3. Anak terlibat langsung dalam permainan tersebut
4. Anak-anak memiliki keingian atau intrinsik sendiri untuk bermain
5. Merupakan imajinasi anak

Untuk mendukung permainan ini anak membutuhkan alat pemainan/mainan imajinasi yang sesuai dengan usianya, misalnya seperi Hafiz Junior. Hafiz Junior ini cocok untuk anak usia 1-7 tahun karena Hafiz Junior memiliki kelebihan yang bagus untuk si kecil, seperti:


Banyak tombolnya (pic: April hamza)

1. Memiliki banyak tombol yang membuat anak bereksplorasi untuk mengetahui suara atau bunyi-bunyian pada setiap tombolnya.

2. Bersuara yang membuat si kecil terlatih mendengarkan suara dan menjadi teman bermainnya

3. Seri profesi bermacam-macam sebagai wujud imajinasi si kecil terhadap tokoh yang digemari atau dicita-citakannya.

Selain tentu saja Hafiz Junior merupakan mainan edukatif, jadi klop sekali diperkenalkan ke anak-anak. Terutama Hafiz Junior yang baru dilaunching ini merupakan seri profesi, ada pilot, dokter. Hafiz dan Hafizah yang membedakan mainan untuk anak laki-laki dan perempuan, Pendar langsung jatuh hati sama Hafiz Junior seri profesi : Pilot. Tidak hanya Pendar, anak-anak yang hadir saat unboxing Hafiz Junior ikutan memegang dan memainkannya.

Bapak Dony Iskandar - Team Leader Retail Al Qolam mengungkapkan bahwa peluncuran Hafiz Junior ini sebagai wujud konsisten visi Al Qolam untuk membangun generasi muslim yang berakhlak, semoga terwujud, aamiin. Karena bagaimana pun kita harus mendukung penuh generasi muslim masa depan, terutama di jaman yang semakin tergerus era modernisasi. Inovasi Hafiz Junior ini termasuk kemajuan era modernisasi yang tetap memperhatikan kebutuhan akan pentingnya membaca Al Quran.

Hafiz Junior





Hafiz Junior yang merupakan adik Hafiz Talking Doll (ini menurut istilah saya sih, hehehe) hadir dengan memberikan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  • Berbentuk lebih mungil dari Hafiz Talking Doll, yakni hanya 13-14 cm dan dilengkapi dengan tali untuk memegang, sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana oleh anak. Tentu saja beratnya sangat ringan.
  • Murrotal zus 30 yang berisi 37 surah pendek
  • Murrotal Surah Al Fatihah
  •  Berisi 6 lagu anak-anak Islami
  • Seri profesi sehingga anak bisa memilih sesuai dengan imajinasi atau cita-citanya
  • Bisa diulang surat dan perayat. Pengulangan ini bisa dipilih ada 3x, 5x., 10x, maupun 20x sehingga memudahkan kita menghafal Al Quran.
  • Pengisian baterai dengan cara di charge sekitar 2-3 jam untuk waktu on/menyala selama 3 jam

Sementara untuk harganya tentu saja lebih murah dari Hafiz Talking Doll, harga Hafiz Junior Rp 600.000 dan bisa didapatkan di Gramedia loh. Untuk masa promo ini jika beli di Gramedia akan mendapat bonus Mushaf Tahfiz dari Al Qolam seharga Rp250.000. Wah, asyik betul bonusnya! Memang untuk penjualan Hafiz Junior ini Al Qolam bekerjasama dengan Gramedia.

"Pengunjung Gramedia sangat atusias dengan hadirnya Hafiz Junior," kata Pak Pridadi selaku perwakilan dari Gramedia.
Percaya sekali karena selesai acara launching dan unboxing Hafiz Junior ini kami para undangan banyak yang membeli Hafiz Junior, Insaallah Pendar juga akan membeli yang seri Pilot. Tidak hanya untuk melatih Pendar mengenal surah-surah dalam Al Quran, tapi saya berpikir Hafiz Junior ini bisa menjadi media yang bisa mendampingi latihan melafalkan lafadz Al Quran kakak-kakaknya Pendar. Kalau kalian tertarik juga bisa mencari informasinya di:

Website : www.alqolam.com
Instagram : alqolam_official
Twitter : @AlqolamID


  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Maxy sama Dema juga rencananya mau beli sepasang Pak Dokter dan Bu Dokter, moga ada aja rezekinya aamiin :D

    ReplyDelete
  2. Lucu mba nama anaknya Pendar :)

    Anak-anak pasti sangat suka dengan Hafiz Junior ya..anak-anakku juga amazed banget

    ReplyDelete
  3. Mbak Eni, jd beli yg mana? Hihihi

    ReplyDelete
  4. "Ibu, ada robot bisa ngaji," wkwkw lucu banget Pendar xD

    ReplyDelete
  5. Ak malah baru tau kmrn itu mba. Dan ternyata mihil ya harganya. Hehehe.

    ReplyDelete
  6. Anak-anak seneng kalau belajar kayak gini :)

    ReplyDelete
  7. Jadi pingin punya anak yang hafidz qur'an :')

    ReplyDelete
  8. bahagia banget jika ada anak yang hafiz al quran dan tentu ini tak mudah ya mba. Duh naksir boneka hafidznyaa :*

    ReplyDelete