>

Nutrisi Untuk Pertumbuhan & Perkembangan Otak Anak

By dunia eni - May 21, 2018


Tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap dimulai dari otak


Perut jadi otak kedua kita!

Wow, pernah dengar hal ini sebelumnya? Terus-terang saya pun sering mengikuti seminar kesehatan anak, tentang nutrisi otak, tetapi belum pernah mendengar perut jadi otak kedua. Jadi semacam pengetahuan baru loh, meski saya paham kalau perut (baca: pencernaan) adalah fondasi kesehatan anak. Tapi untuk kemudian menghubungkan ke otak, belum berpikir sejauh itu. Maka pembahasan ini jadi sangat menarik buat saya.

Di artikel sebelumnya saya mengulas tentang Tanggap yang Lengkap, hasil sharing di acara launching Bebelac baru tanggal 11 April 2018. Bagaimana Tanggap yang Lengkap itu seperti dituturkan psikolog Rosalina Verauli harus dimiliki semua anak untuk bekal masa depannya nanti, dan bagaimana Tanggap yang Lengkap itu harus didukung oleh stimulasi dan nutrisi yang tepat.

Lalu apa hubungannya perut, otak dan Tanggap yang Lengkap dalam tumbuh kembang anak?


Tahukan ibu bahwa si kecil dapat tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap itu dimulai dari otaknya? Nah, sudah mulai terbayang hubungannya kan? Bagaimana si kecil dapat tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap, otak berhubungan dengan pencernaan. Untuk mendapat pencernaan si kecil yang sehat maka kita sebagai orang tua harus memberikan nutrisi yang tepat.

Memberikan nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak si kecil, tidak hanya membuat si kecil cerdas secara intelektual atau konigtif, tetapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial yang membuat si kecil Tanggap dengan Lengkap. Kalau biasanya sebagai ibu kita memberi asupan nutrisi yang bagus-bagus tujuan utama biar anak tambah pintar belajarnya, tambah pintar olahraganya karena tubuhnya sehat dan kuat. Kini untuk menghadapi kehidupan anak di masa depan bekal kecerdasan anak dengan cerdas intelektual saja tidak cukup.


Nutrisi yang dibutuhkan otak


Lalu bagaimana sebagai orang tua, terutama ibu karena ibu yang menjadi kepala dapur dalam urusan makanan dan asupan lainnya, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil?

Tentu saja ibu harus paham nutrisi yang tepat untuk otak si kecil. Alhamdullilah, kemarin di acara launching Bebelac baru dr. Nur Aisiyah Widjaja, SpA (K) menjelaskan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan otak agar berkembang dengan baik dan penjelasan lengkap lainnya. Kebetulan selain memiliki balita di usia golden age, saya juga tengah mengandung dengan usia kandungan 12 mingggu. Jadi sharing dr. Nur AisiyahWidjaja, SpA (K) bermanfaat sekali.

Perkembangan otak si kecil tidak instan, untuk pertumbuhan otak dimulai dari bayi di dalam kandungan hingga masa golden age (usia 0-3 tahun). Sehingga agar otak tumbuh dengan baik diperlukan nutrisi dan stimulasi sejak dalam kandungan.

3 yang mempengaruhi pertumbuhan otak secara optimal:

1. Stimulasi
2. Nutrisi
3, Genetik

Namun demikian dr. Nur Aisiyah Widjaja, SpA (K) mengatakan kalau factor genetic sesungguhnya tidak berpengaruh besar, sehingga banyak anak yang hebat lahir dari orang tua yang biasa-biasa saja atau anak yang cukup tinggi dari orang tua yang pendek. Sebab factor genetic hanya mempengaruhi pertumbuhan otak sebesar 20%, selebihnya adalah stimulasi dan nutrisi yang diberikan.


Makronutrien

Optimalisasi fungsi otak dengan dipenuhi kebutuhan nutrisi adalah dengan memenuhi kebutuhan makronutrien. Makronutrien adalah zat gizi atau nutrisi yang terbesar dibutuhkan dalam diri manusia, yakni karbohidrat, lemak, protein (hewani). Sehingga sebenarnya sayuran dan buah-buahan pada masa pertumbuhan otak tidak terlalu diperlukan. Mengapa?

Karena sayuran dan buah-buahan sangat sedikit mengandung karbohidrat dan lemak, jadi jangan jadikan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber nutrisi yang utama bagi anak-anak di bawah usia 2 tahun. Ada rumusan pemberian serat pada anak-anak, yakni usia +5gram, bias dibayangkan berapa kebutuhan sayur dan buah pada anak-anak di masa golden age?

Perlu diketahui juga, dr. Nur Aisiyah Widjaja, SpA (K) menerangkan bahwa zat gizi micro atau gizi yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil di dalam tubuh, seperti misalnya vitamin A. Nah, vitamin A itu lebih banyak terdapat di hewani dan juga lebih mudah diserap, seperti daging merah, hati sapi. Wah, benar-benar pengetahuan baru tentang nutrisi yang tepat buat si kecil nih dan kebutuhan untuk calon bayi di dalam kandungan saya.

Efek negative jika nutrisi tidak tercukupi adalah pertumbuhan sel-sel otaknya tidak baik, gangguan pertumbuhan pada bayi dalam kurang dari berat lahir minimal, yakni 2500 gram, kelak pertumbuhannya bias mengalami stunting.

Mikrobiota Usus

Selain makronutrien, pertumbuhan otak juga sangat membutuhkan mikrobiota usus. Inilah sebabnya mengapa pencernaan ada hubungannya ke otak, sebab perut atau pencernaan yang sehat akan membawa info ke otak kita dengan baik. Pencernaan yang bagaimana yang sehat itu?

Pencernaan sehat yang banyak mengandung bakteri baik, seperti Gut, karena di dalam pencernaan ini bakteri yang baik melakukan Cross-Talk, di mana kerja bakteri ini akan mempengaruhi kerja otak, mempengaruhi kestabilan emosi. Sehingga kalau bakteri baik cukup, kerja otak akan baik. Tentu ini juga didapat dari nutrisi yang tepat, yakni makronutrien. Jadi nutrisi tidak tergantikan dari pertumbuhan dan perkembangan anak kita dari sejak dalam kandungan hingga usia emas.

Bebelac Baru dukung nutrisi yang tepat untuk Tanggap yang Lengkap



Nah, salah satu nutrisi yang tepat untuk mendukung anak Tanggap yang Lengkap saya memberikan Bebelac Baru buat Pendar. Pendar anak ASI, hingga usai masa ASI saya memberikan susu tambahan. Alhamdullilah, Pendar doyan rasa Bebelac baik yang madu maupun vanila. Mungkin karena rasanya sudah disesuaikan dengan kesukaan anak-anak. Lalu mengapa saya pilih Bebelac untuk dukung Pendar tubuh hebat dengan Tanggap yang Lengkap?

Karena Bebelac Baru kini hadir lebih sempurna, yakni mengandung:

1.Minyak ikan & Omega 6 yang ditingkatkan, jadi lebih lengkap dari formula Bebelac sebelumnya.
2. FOS:GOS 1:9
3. 13 Vitamin dan 9 mineral

Begitu saya tahu betapa pentingnya Omega 3 & 6 sebagai nutrisi otak anak, saya jadi semakin semangat mendampingi si kecil dalam hal pemberian makanan yang kaya akan gizi yang dibutuhkannya, selain tentu saja memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat. Karena mendapat info yang jelas, jadi tidak bingung lagi harus memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat itu seperti apa untuk tumbuh kembang anak. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil optimal. Untuk menjadi anak hebat dengan Tanggap yang Lengkap.

Untuk info selanjutnya tentang produk dan formula Bebelac Baru :  https://bebeclub.co.id/bebelac/product/bebelac-3/                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

  • Share:

You Might Also Like

40 komentar

  1. makasih sharingnya mba, jadi sejak dalam kandungan ya anak perlu nutrisi otak..noted

    ReplyDelete
  2. Iya pernah denger kalau perut itu otak kedua kita yaa.

    ReplyDelete
  3. Mendampingi anak untuk memperoleh nutrisi yang tepat memang harus kita lakukan sebagai orangtua ya mba. Jangan sampe lewat satupun nutrisi ya karena kurang bagus untuk perkembangan anak

    ReplyDelete
  4. Ulasannya lengkap banget bunda.... Makasih sharingnya. Saya jadi tau banyak tentang nutrisi untuk anak

    ReplyDelete
  5. Aku juga sering denger soal perut itu otak kedua. Emang urusan perut ngaruh banget ke otak dan hati. Istilahnya kalau enggak ada asupan ke perut, kepala pusing bawaannya jadi emosi, hehehee

    ReplyDelete
  6. Wah bagus ilmunya. Banyak orang yg salah kaprah ya kalau sayuran lebih penting. Padahal masa tumbuh kembang anak yg diperlukan justru daging lemak dan karbo, yg dijauhi org dewasa.

    ReplyDelete
  7. Soale perut itu yg bisa dimasukin benda asig, makanya kudu yang paling bagus (nutrisinya) :D
    Betul genetik gk seberapa besar pengaruhnya, yg penting nutrisi dan stimulasi :D

    ReplyDelete
  8. Syukur alhamdulillah anak2ku lahir dgn BB cukup berarti ga kurang nutrisi ya.

    ReplyDelete
  9. Hahaha selalu mau ketawa liat ekpresi Pendar. Mendampingi anak gini rasanya waktu cepat banget lho?

    ReplyDelete
  10. Nutrisi yang tepat akan jadi bagian dari basic pertumbuhan anak ya mba

    ReplyDelete
  11. Anak-anakku pas lahir kurang dari 3 kg.. 2,6 sama 2,8 tapi aku sendiri pun 2,5 kg pas lahir.. Apa ngaruh juga ya? Selama hamil alhamdulillah makan yang bergizi.. :D Selalu berharap semoga anak-anak kita tumbuh optimal ya mba.. PR nih buat sellau nyiapin nutrisi dan stimulasinya juga..

    ReplyDelete
  12. makasih sharing ilmunya bumil. setiap anak perlu nutrisi yang baik agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya.

    ReplyDelete
  13. Tyt anak lhr krg BB pun brrti krg nutrisi y. Pdhl rencana klo hamil lg mau ngurangin krn yg pertama mayan gede. Wkwk. Emg protein yg utama y bun, sayur n buah pendamping. Kdg byk ortu yg maksa mkn buah sayur berlebihan. Pdhl anak emg wkt umur sgt butuh protein lebih mkny suka mknn protein tinggi. Klo kt pakar parenting trust ur child aj. :D

    ReplyDelete
  14. Anak cepat tanggap biasanya aktif ya mak, pastinya dibutuhkan nutrisi yang optimal untuk mendukung pertumbuhan otaknya, bebelac emang dibutuhkan untuk si kecil..

    ReplyDelete
  15. wah lengkap ini sharingnya, dan memang setiap anak butuh nutrisi yang lengkap. Ibu ditantang pandai untuk melengkapi nutrisinya.

    ReplyDelete
  16. Baru ngerti soal otak perut otak kedua kita, duh BUn aku harus belajar banyak ini sebelum punya momongan.

    ReplyDelete
  17. Kita jadi orangtua mesti paham mau kasih nutrisi dan asupan apa untuk anak. Supaya pertumbuhannya naik dan tanggap sejak dini. Anakku Fakhri alhamdulillaah lahir normal 4,02 kg loh. Nyusunya banyak. Makannya jiga banyak ��

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya.. Ibu cerdas selalu memberikan yg terbaik untuk anak-anaknya, selain stimulasi juga pemberian nutrisi yang baik untuk pertumbuhan

    ReplyDelete
  19. Wah lengkap banget yaa. Nutrisi untuk perkembangan otak anak emang penting banget untuk perkembangannya di masa depan.

    ReplyDelete
  20. Susu bebelac ini nutri nya sdh sangat cukup ya mbak untuk pertumbuhan anak, keponakan ku juga minumnya susu itu dan alhamdulillah jd cerdas walaupun jd ngoceh sendiri hahahha..

    ReplyDelete
  21. Bener ya jaman sekarang gak bisa cuma pinter akademik, pinter tanggap juga diperlukan

    ReplyDelete
  22. Jadi ibu memang harus update ilmu-ilmu seperti ini ya, mbak. Karena ibu adalah yang paling bertanggung jawab atas nutrisi anak.

    ReplyDelete
  23. Wah banyak yang beralih ke bebelac baru ya... Semoga cocok untuk anak kita. Amin...

    ReplyDelete
  24. Waah Bebelac makin canggih ya researchnya yaa, udah bagus jadi maki bagus..

    ReplyDelete
  25. Seru minum bebelac baru sendoknya gede dan takarannya pas

    ReplyDelete
  26. Waah ini suka kebalik, kebanyakan MPASI anak-anak tuh lebih sering dikasi buah dan sayur timbang protein hewani.

    ReplyDelete
  27. Anakku juga minum Bebelac. Nutrisnya lengkap ya, jadinya emang bagus buat anak, supaya anakpun gk gampang sakit dan lbh mudah distimulasi :D

    ReplyDelete
  28. Perutkan tempat makanan ya mbak, pasti berpengaruh besar ke otak dan kecerdasan banget.

    ReplyDelete
  29. Kandungan nutrisi di dalam susu Bebelac lengkap banget ya. Anak sulung saya sewaktu kecil (kayak sekarang udah usia berapa aja...hihi) susunya ya Bebelac.

    ReplyDelete
  30. nutrisi lengkap memang santa dibutuhkan untuk anak-anak kita. Semoga makin cepat tumbuh kembang dengan sempurna..

    ReplyDelete
  31. Iya ya memang penting memilih apa yang dimakan supaya kondisi perut sehat, otak sehat.

    ReplyDelete
  32. jadi tambah pengetahuan buat aku yang masih belum nikah, buat persiapan jadi calon ibu kelak

    ReplyDelete
  33. pencernaan yang sehat membuat penyerapan nutrisi jadi optimal ya mbak...

    ReplyDelete
  34. Hadir di event parenting seperti ini membawa selalu memberi banyak manfaat ya mba :)

    ReplyDelete
  35. Berarti istilah you are what you eat ada benarnya juga ya mbak Eni. Dengan asupan makanan yang tepat dan bisa memenuhi nutrisi, pertumbuhan dan perkembangan anak pun jadi maksimal ya. Selalu suka dengan acara Bebelac yang konsisten mengedukasi para ibu agar bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati.

    ReplyDelete
  36. Terima kasih informasinya mengenai cara mencerdaskan otak si kecil. Saya juga ibu dengan anak usia 2 tahun. Jadi, saya sangat ingin membuat anak saya bisa tumbuh sehat dengan kecerdasan yang tinggi.

    ReplyDelete
  37. Jadi walaupun orang tuanya pendek anak bisa tetap tinggi ya mba Eni, asalkan diberikan nutrisi yang tepat

    ReplyDelete
  38. Catettt nih, faktor yang bisa mempengaruhi tumbang anak itu genetik, nutrisi, dan stimulasi. Sippp.

    ReplyDelete