>

Mobil 88 Solusi Mencari Mobil Bekas Untuk Mudik

By Unknown - June 01, 2018



Membeli Mobil Bekas Bak Kucing Dalam Karung



Reli sharing pengalam buruk beli mobil bekas

Saat hadir di acara Blogger Gathering bersama Mobil88 mendengar cerita Rally Ralina, pembalap Nasional yang bertutur tentang pengalamannya membeli mobil bekas. Saya jadi teringat tetangga di Jagakarsa dulu, sebut saja namanya Toyib. Pria asli Jakarta ini memiliki istri asli Gunung Kidul Yogyakarta. Sudah menjadi kebudayaan masyarakat Indonesia setiap lebaran atau Idul Fitri mudik, rasanya lebaran tanpa mudik seperti makan sayur asam tanpa garam.

Untuk lebaran kali ini ada yang istimewa buat Toyib, karena dia memutuskan untuk membeli mobil bekas atas recomend tetangga, yang juga merupakan tetangga saya. Mobil bekas pun tiba di perkarangan rumah, menjadi barang istimewa yang langsung dilap  kinclong, dibelai siang-malam, rasanya sudah tidak sabar untuk membawanya ke Yogya ketika lebaran tiba.

Hari yang ditunggu datang juga, Toyib beserta keluarga mudik dengan mobil baru tapi bekas yang baru dibelinya. Apa yang terjadi?
Pulang dari mudik adalah cerita sedih, jalur mudik yang terkenal maha macet setiap lebaran tiba membuat perjalanan bisa dua hari, buat Toyib jadi serasa satu abad. Karena mobil bekas yang baru dibelinya mogok, untuk mencari bengkel atau teknisi sudah pasti tidak mungkin. Berawal dari tragedi mudik ini, untuk selanjutnya mobil bekas itu merongrong uang karena ada saja yang harus diservis. Dijual lagi?



Anjlok! Harganya anjlok parah, nyaris tidak ada harganya karena ternyata mesin dalamnya sudah kacau balau. Hanya casingnya yang kinclong, tapi buat jalan jauh mogok, digas lebih kencang semakin parah. Maka yang seharusnya punya mobil bikin istri senang, ini justru bikin ribut rumah tangga. Karena buat istri Toyib mobil bekas itu bikin jatah uang bulanan berkurang, bikin pengeluaran boros.

Mengingat Toyib membuat saya dan suami merasa ngeri-geri sedap jika bicara tentang mobil bekas, tetapi untuk membeli mobil baru budget belum mencukupi meskipun dengan sistem kredit sekali pun. Sebenarnya mobil bekas menjadi solusi kami, tetapi bagaimana jika ternyata mengalami nasib seperti Toyib?

Membeli mobil bekas bak membeli kucing dalam karung, padahal itu atas recomend tetangga sendiri, kan. Persis nasib yang dialami Rely Ralina, sehingga wanita yang meraih juara 1 GT Car Challenge 2007 Round 3 ini memberi pesan:

Beli mobil, terutama mobil bekas di tempat yag trusted, terpercaya, kualitas mobil terjamin, dan dokumen lengkap.


Musim mudik membuat mobil bekas jadi primadona




Ternyata tidak hanya Toyib yang jelang mudik membabi buta dalam mencari mobil bekas, tetangga saya yang di Depok pun begitu mendapat bonus tahunan plus THR, langsung cusss ke dialer mobil bekas untuk membeli mobil bekas idaman buat mudik. Alhamdullilah, nasibnya gak senaas Toyib, tetapi tidak semua orang beruntung dengan pengetahuan tentang otomotif pas-pasan.

Soal fenomena jelang mudik mobil menjadi kebutuhan utama, ini real sekali mengingat sesungguhnya biaya lebih hemat jika membawa keluarga banyak. Sebab ketika mudik otomatis di kampung halaman akan mengelilingi sanak famili, membawa mobil sendiri adalah pilihan yang terbaik. Lalu mengapa yang dicari mobil bekas?


Sumber bahan foto : gambar dp bbm

Menurut pengamatan Aris Harvenda - Redaksi Otomotif KCM yang menjadi salah satu narasumber dalam acara Gathering Blogger bersama Mobil88, mobil bekas menjadi primadona yang dicari konsumen saat jelang mudik karena:

1. Proses pembelian cepat dan mudah dibanding mobil baru
2. Harga mobil bekas terjangkau dan kompetitif
3. Pilihan mobil bervariatif sesuai keinginan calon pembeli

Dibuktikan juga peningkatan pengguna mobil pribadi untuk mudik sebsar 13.9% pada tahun 2016-2017. Bukan mustahil semakin meningkat pada tahun 2018, terbukti tetangga depan rumah menggunakan bonus tahunan dan THR tahun ini untuk membeli mobil bekas demi mudik nyaman. Apalagi sekarang sudah ada akses tol Jakarta - Semarang, mudik makin lancar.

Kelebihan mudik dengan mobil sendiri:

1. Waktu akan lebih flexible, tidak diburu-buru jadwal keberangkatan bus, kereta, atau pesawat jika kita mudik dengan transportasi umum.
2. Tidak ada batas barang bawaan, kalau di bus dan kereta otomatis kita harus menyesuaikan barang bawaan, selain juga membawanya butuh tenaga ekstra. Kalau naik pesawat bisa kena biaya tambahan, sementara dengan mobil pribadi bebas selama masih bisa masuk atau muat.
3. Rute bisa sesuai hati dan istirahat kapan saja, ini salah satu kelebihan mudik dengan kendaraan sendiri.

Tips membeli mobil bekas agar tidak membeli kucing dalam karung




Halomoan Fisher, Presiden Direktur Mobil88 dalam acara ini memberikan info tentang mobil bekas yang penting banget saya catat, mengingat saya dan suami ada rencana untuk membeli mobil bekas, dan juga kami berdua sangat awam dengan otomotif. Bahaya kalau sampai mengalami nasib seperti Toyib, makanya kami sampai sekarang maju mundur cantik buat main ke dealer mobil bekas.

Halomoan Fishier mengatakan, "Hati-hati dengan penjual mobil bekas yang menggunakan kesempatan orang mau mudik dan kalap mencari mobil bekas. Akhirnya konsumen tertipu, pulang kampung mengalami kasus mobil mogok, dan lain-lain."

Berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas:

1. Jangan terpedaya dengan casing atau body mobil yang kinclong
2. Cocokan dokumen mobil dengan mobil secara teliti, karena ada penipuan yang terjadi mobil bekas tidak sesuai dengan dokumennya. Perhatikan kelengkapan dokumen.
3. Ceck Odometer/KM mobil, waspada dengan angka kilometer mobil 70.000 kilometer karena jarak yang ditempuh sudah sangat tinggi. Untuk mengetahui apakah Odometer sudah diubah atau belum, bisa dipastikan dengan kondisi cover meter.
4. Pastikan mobil bekas bukan bekas terendam banjir, bekas tabrakan, bukan juga mobil sengketa.
5. Test driver karena meski suara mesin bagus, untuk benar-benar tahu kondisi mobil harus dijalankan.
6. Bawa teknisi atau orang yang benar-benar paham mobil sehingga ketika mengececk mobil secara keseluruhan bisa detil.
7. Perhatikan dealer atau tempat pembelian mobil.

Untuk point 3,  Halomoan Fishier menceritakan banyak oknum yang sudah mengutak-atik Odometer sehingga tidak ketahuan kilometernya sudah tinggi. Bahkan ada oknum yang memasukkan pisang ke bagian mesin agar suaran mesin halus, ini semua bisa diketahui bila dilakukan test driver langsung.

Lalu bagaimana agar konsumen merasa benar-benar aman jika banyak sekali oknum yang bermain di mobil bekas? Halomoan Fishier mensarankan agar kita mencari atau membeli mobil bekas di dealer atau tempat pembelian yang recomend.

Mobil88 solusi aman membeli mobil bekas




Menyimak saran Halomoan Fishier sudah bisa dipastikan dialer yang recomend saat ini adalah Mobil88. Mobil88 adalah sebuah perusahaan ASTRA Group jual beli mobil bekas yang berkualitas nomor 1 di Indonesia dan sudah beroperasi selama 30 tahun, terpercaya dong?

Kelebihan Mobil88 sehingga dapat dikatakan sebagai dialer berkualitas nomor 1 di Indonesia:


sumber bahan foto: Google
1. Mobil tidak bermasalah : Bila selama ini konsumen kawatir mobil bekas yang dibelinya bermasalah, baik dalam kelengkapan dokumen, kondisi mesin, riwayat mobil tersebut. Mobil88 memiliki karyawan yang sudah ditraining untuk melakukan tahap checking hingga mobil bisa berada di showroom dan sampai ke tangan konsumen.
"Kami melakukan checking mobil hingga empat tahapan checking mobil baru bisa masuk show room dan ke tangan konsumen," kata Halomoan Fishier.
2. Dokumen mobil bekas lengkap dan sesuai dengan mobil
3. Odometer tidak pernah dirubah, sesuai dengan kondisi dan Odometer mobil bekas di Mobil88 dalam keadaan standart atau jarak yang stabil
4. Mobil tidak pernah mengalami tabrakan, terendam banjir karena hal ini akan merusak mesin. Mobil bekas yang mengalami tabrakan atau terkena banjir tidak akan lolos Checking Mobil88.


"Mobil bekas tabrakan tidak akan bisa dibuat gak kencang, pasti akan bermasalahan," kata Aris Harvenda. Wah, baru tahu saya kalau mobil bekas kecelakaan dan terendam banjir itu sangat riskan sekali meski sudah melalui servis.
5. Mobil88 sangat bertanggungjawab: Misalnya terjadi kejadian yang merugikan konsumen setelah mobil bekas dibeli, seperti kesulitan ganti nama karena riwayat mobil pernah money laundry. Maka Mobil88 akan mengganti dengan menukar mobil lain yang harganya sama, atau bisa juga ganti mobil dengan harga lebih mahal. Dimana konsumen menambah harga sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

6. Member AstraWorld mendapat pelayanan istimewa, salah satunya Emergency Roadside Assistance (ERA), pelayanan selama 24 jam sehari 7 hari seminggu, jika terjadi situasi darurat di jalan.

"Mobil88 bertanggungjawab dengan program buy back guarante," kata Halomoan Fishier.
Nah, bagaimana menurut kalian? Kebetulan saya sempat meminta testimoni seorang teman yang pernah membeli mobil bekas di Mobil88:




Rekomendasi banget untuk beli mobil bekas di Mobil88. Produknya terpercaya, mobil yang dijual juga bagus-bagus dan pilihannya juga banyak. Harga terjangkau, ada kemudahan cicilan, waktu saya membeli March di Dealer Mobil88 Cabang TB Simatupang : Rach Alida Bahawares - IG @Lidbahawares

So, buat kalian yang mau mudik dan butuh mobil dengan budget terbatas bisa langsung deh ke Mobil88, banyak banget cabangnya kok. Apalagi Mobil88 lagi promo "Lebaran Untung Mobile88" yang berlaku di semua cabang selama periode 23 Mei- 30 Juni 2018 yakni berkesempatan bisa memenangkan Cash Back  sebesar Rp14,39 juta, voucer belanja atau e-toll card dengan nilai ratusan ribu rupiah.

  • Share:

You Might Also Like

29 komentar

  1. Beli Mobil di Mobil88 bener2 jaminan mutu ya

    ReplyDelete
  2. Sampai skarang kalau mau membeli mobil bekas, pilihan saya ya mobil 88

    ReplyDelete
  3. Waktu niat beli mobil, aku sama suami sempet kepengen beli mobil second aja. Nyari-nyari di beberapa dealer kok yaa ngga nemu yang cocok. Ada yang sreg tapi harganya kok hampir sama kaya mobil baru. Belum jelas juga kondisi mobilnya gimana. Akhirnya ya ngga jadi beli mobil second.

    ReplyDelete
  4. Beli mobil apalagi mobil bekas memang harus banget dari penjual yang terpercaya ya Kak. Biar tidak ada penyesalan nantinya. Mobil88 perlu banget deh di rekomendasi ke keluarga aku..

    ReplyDelete
  5. Bener banget, kita harus pinter-pinter beli mobil bekas

    ReplyDelete
  6. Yang pasti sih, harus diperhatikan kualitas mesin mobilnya, dan pajaknya harus aktif ya mak

    ReplyDelete
  7. Mudik itu asyik dengan mobil. Pun bekas kalau semua dalam kondisi baik kenapa nggak?

    ReplyDelete
  8. Kalau sudah ada panduan begini beli mobil bekas pun aman ya. Untuk yg dana minim mobil bekas bisa jadi pilihan. Buat mudik lebaran cocok nih...

    ReplyDelete
  9. sekarang ga ada lagi zaman tipu2 beli mobil bekas yaaa, kan lumayan bisa beli mobil bekas dengan cash yah tapi kualitas oke dan harga miring

    ReplyDelete
  10. Kudu pinter-pinter banget yah beli mobil bekas. Nggak bisa sembarangan asal murah atau kelihatan kinclong doang .

    ReplyDelete
  11. Hhah emang mba, ngeri ngeri sedap kalau mau beli mobil bekas.. harus hati hati dan bawa orang pinter *bukan dukun* hehehe.. dan belinya harus di dealer terpercaya seperi mobil88

    ReplyDelete
  12. Bisa beli barang belanjaan suvenir yang banyak dan bisa berhenti berhenti nikmati kuliner. Kalau punya mobil sendiri .asik

    ReplyDelete
  13. Mobil 88 udah terbukti terpecaya ya Bun.

    ReplyDelete
  14. Makasih kak tipsnya,,emangnya kalaunbeli buku bekas kudu ati2 dan harus di tempat yang terpercayal

    ReplyDelete
  15. Ngecek mobil bekas emang harusnluar dalem. Terutama mesinnya. Harus cari yang bagus dan terawat. Mesti ekstra kerja keras mendapatkan yang terbaik

    ReplyDelete
  16. aaah...thank for all the tips mbaaa. I need them karena kita memang mau cari mobil as soon as we're back home in Indonesia

    ReplyDelete
  17. Cocok banget, ya, untuk mudik. Tipsnya juga menarik.

    ReplyDelete
  18. Beli mobil bekas di mobil 88 pasti jamin bagus kondisi nya ya mbak, apalagi mesin mobil nya pasti masih oke semua... Jadi gak takut lg kalo mau beli mobil bekas Krn sdh ada mobil 88 ya

    ReplyDelete
  19. Nyari mobil bekas yang berkualitas sekarang mah gak susah, ya. Mobil88 bisa diandalkan. Termasuk dalam keadaan urgent kayak sekarang yang bentar lagi musim mudik. Kudu banget nyarinya di tempat aman.

    ReplyDelete
  20. Mobil88 dealer mobil bekas terpercaya

    ReplyDelete
  21. Beli mobil yang penting kualitasnya kan ya. Mobil bekas ngga masalah asal masih representatif

    ReplyDelete
  22. Enaknya beli mobil bekas tu biaya cicilan (kalau nyicil) rendah dan pajaknya jg rendah.
    Tmnku pernah jual mobil ke mobil88 ini, katanya teknisinya lumayan asyik sih menjawab pertanyaan, emang dibeli dgn harga lumayan, tapi mereka jg jualnya myan jg hehe. Tapi sejauh ini sama2 menguntungkan sih :D

    ReplyDelete
  23. Apaa? Memasukkan pisang ke bagian mesin supaya suaranya terdengar halus? Ini baru denger deh aku, Mak. Gila ya orang jualan sampai harus nipu-nipu gitu. Jangan sembarangan deh kalau mau beli mobil bekas, bener-bener harus di tempat yang trusted.

    ReplyDelete
  24. kalo aku sih misal mau beli mobil bekas mendingan beli punya saudara atau teman tang bener bener kenal. jadi tahu histori pemakaiannya.

    ReplyDelete
  25. Emang lebih enak mudik pakai mobil sendiri ya mba, kalau nyewa gak tenang aja rasanya.

    ReplyDelete
  26. Wah mobil99 sangat membantu sekali terutama buat yg belum tau tentang mobil tapi ingin beli mobil yak :)

    ReplyDelete
  27. benran dah ini.. nyesel kalo salah beli mobil deh... ke mobile88 aja kuuyy

    ReplyDelete
  28. Wah mba alida udh pengalaman ya beli mobil di dealer mobil88, iya beli mobil bekas memang agak riskanriskan ,makasih tipsnya mba, siapa tau aku ada rezeki buat beli mobil .

    ReplyDelete
  29. Ini mau mudik dan libur lebaran begini banyak yang jual beli mobil juga. Kita kudu hati 2 dan ga asal beli aja

    ReplyDelete