>

3M Cavilon No Sting Barrier Film Pelindung Kulit Si Kecil Dari RuamPopok

By Lintang Kinasih - June 02, 2018



Waspadai ruam popok Si Kecil

Mungkin hampir setiap anak saat masih menggunakan diapers mengalami ruam popok, terutama bagi kulit yang sangat sensitif sekali. Anak-anak saya pun pernah mengalami, tapi masih tahap merah  biasa. Waktu itu hanya diobati dengan cream ruam popok, hentikan pemakaian diapers sementara, beberapa hari ruam hilang.

Berbeda dengan yang dialami keponakan saya, seluruh bokongnya merah sekali mirip tomat. Setiap hari terutama ketika udara panas akan sangat rewel. Kenapa sampai terjadi ruam yang parah? Rupanya adik saya tidak tanggap dengan apa yang dialami bayinya, saat ruam masih ringan dibiarkan terus memakai diapres dan hanya diberi bedak tabur.

Ketika ruam parah pun tidak dilakukan penanganan yang benar, sehingga bokong Si Kecil memerah dan pasti membuatnya tidak nyaman, mungkin perih atau gatal. Akhirnya perlu penanganan tenaga medis atau dokter, Si Kecil diberi antibiotik, obat oles, dan pemakaian diapers dihentikan sementara. Proses ini pun memerlukan waktu lama, tidak langsung sembuh total. Untuk itu sebaiknya waspadai ruam popok ringan agar tidak menjadi parah yang membuat Si Kecil menderita.

Tanggal 26 Mei 2018 saya mendapat undangan KEB untuk hadir diacara Gathering Blogger bersama 3M Cavilon No Sting Barrier Film yang merupakan salah satu produk 3M. Apa hubungan 3M Cavilon No Sting Barrier Film dengan ruam popok? Ada hubungannya pasti, apalagi temanya: "Love Your Baby Love Your Skin"

Silakan, disimak sampai tuntas, moga bermanfaat:

Apa itu ruam popok?

Dokter Rina Sp.A RSCM salah satu narasumber dalam peluncuran 3M Cavilon No Sting Barrier Film menjelaskan dengan cukup detil tentang ruam popok dan manfaat 3M Cavilon No Sting Barrier Film.  Ruam popok merupakan peradangan dan kemerahan pada kulit dengan atau tanpa terkikisnya lapisan kulit akibat paparan berulang atau terus-menerus dari urin (pipis) dan atau fese (BAB) pada kulit di bagian perigenita (dekat kelamin).

Lalu mengapa ruam popok terjadi?

1. Iritasi karena kulit terpapar air kemih atau tinja terlalu lama
2. Gesekan pada kulit sensitif akibat bahan popok
3. Iritasi akibat bahan kimia yang digunakan (detergent, sabun, dan lain-lain)
4. Perubahan bentuk makanan (ASI-MPASI)
5. Infeksi bakteri atau jamur
6. Bayi atau anak mendapat terapi antibiotika

"Penyebab utama dari ruam popok itu feses dan air seni," kata Dokter Rina gemas.
Dari point di atas saya jadi ingat mengapa dulu Lintang sampai mengalami ruam popok meski hanya tahap ringan. Karena terlalu lama menggantikan popok saat berpergian sehingga urin yang terkumpul di diapers menjadi bakteri atau jamur yang menyebabkan kulit seputar genitikal anak saya ruam.

Selain itu cara mencuci pakaian Lintang ketika bayi salah, kami menggunakan detergen dewasa dengan takaran yang cukup banyak dan saat dibilas mungkin masih tersisa kandungan bahan kimianya. Pakaian yang terpapar bahan kimia detergent ketika digunakan saat berkeringat, ini jadi penyebab ruam juga. Du, du, du, ternyata ruam ini bukan masalah yang sepele jika salah penanganan, efek ketidaktahuan seorang ibu.

Apalagi dalam acara ini kami semua yang hadir diperlihatkan foto-foto luka ruam pada Si Kecil dari yang ringan hingga sangat parah. Hati ini terasa ngeri dan pilu, jadi bisa membayangkan bagaimana Si Kecil yang mengalami. Pantas sangat rewel dan tersiksa.

Produk  3M Cavilon No Sting Barrier Film




Mungkin sebagian ibu-ibu masih awam dengan produk  3M Cavilon No Sting Barrier Film, tetapi sudah sangat famliar denga 3M. 3M sebuah perusahaan besar yang memproduksi aneka macam produk mulai dari produk Industrial, Electronic hingga kesehatan, seperti 3M Cavilon No Sting Barrier Film. Saya sendiri masih awam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film dan mengira 3M Cavilon No Sting Barrier Film merupakan obat, namun Dokter Rina menegaskan bahwa 3M Cavilon No Sting Barrier Film bukan obat.




3M Cavilon No Sting Barrier Film merupakan  produk health care yang sangat inovatif dalam mencegah kerusakan kulit, salah satunya efek dari ruam yang parah.

Kelebihan 3M Cavilon No Sting Barrier Film:




  • Membentuk film protetif transparan antara kulit dengan urin, feses atau cairan tubuh, dan melindungi dari gesekan dan trauma akibat bahan perekat
  • Formula yang unik mencakup terpolimer yang menciptakan lapisan film pelindung dan homopolimer (plasticizer) yang memungkinkan film membengkok mengikuti kontur tubuh tanpa retak.
  • Bebas alkohol, tidak menyengat ketika diaplikasikan walaupun dalam kondisi kulit yang rentan.
  • Dalam penggunaan normal, memberikan proteksi hingga 72 jam (untuk mencegah friksi/gesekan), yang akan menghemat waktu perawatan dan biaya.
  • Tidak akan mengganggu bantalan absorben
  • Steril, non-sitotoksik, tidak mengganggu penyembuhan luka atau kulit.
  • Kompatibel dengan CHG (Clorhexidine Gluconate)
  • Hipoalergenik.
  • 3M Cavilon No Sting Barrier Film tidak akan hilang bila dibasuh air biasa, kecuali digosok keras.

Jadi 3M Cavilon No Sting Barrier Film dapat digunakan sebagai pencegah luka terkena gesekan pakaian atau diaper, melindungi agar obat yang dikenakan pada luka tidak hilang karena gesekan, mencegah luka terkena air seni dan feses. Ketika Si Kecil mengalami ruam parah akan semakin rewel bila buang air kecil atau buang air besar karena air seni atau kotoran mengenai luka ruam terasa perih, gatal. Dengan menggunakan 3M Cavilon No Sting Barrier Film untuk melapisi luka atau ruam maka semua itu akan terhindari.

Cara pakai 3M Cavilon No Sting Barrier Film:

Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

Penggunaan 3M Cavilon No Sting Barrier Film ini juga didukung oleh dokter Sony selaku dokter ahli bedah yang merupakan praktisi perawatan luka di RS Premier Jatinegara. Sehingga selain untuk ruam popok, 3M Cavilon No Sting Barrier Film juga bermanfaat untuk luka lain yang membutuhkan penanganan khusus agar luka lekas sembuh, juga dapat meringankan rasa sakit dari luka tersebut.





Berapa harga 3M Cavilon No Sting Barrier Film?

Harga sebotol 3M Cavilon No Sting Barrier Film Rp180.000, mungkin terkesan mahal. Tetapi ini digunakan untuk 120 kali semprotan, dengan sekali sempot bertahan 72 jam meski dibasuh dengan air, ibu bisa menghitung berapa harganya sekali semprot. 3M Cavilon No Sting Barrier Film bahkan terbukti ekonomis secara klinis karena mampu mendukung perlindungan kulit yang efektif da efisien.

Dalam studi farmakoekonomi yang  melibatkan 981 subjek, 3M Cavilon No Sting Barrier Film terbukti hemat biaya, secara signifikan mengurangi produksi dan wkatu perawatan yang terkait dengan perawatan kulit inkontensia dibanding protokol perawatan  kulit tradisional yang menggunakan salep atau krim. Ditambah dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film mengurangi rasa tidak nyaman atau sakit saat Si Kecil yang terkena ruam buang air kecil dan buang air besar. Untuk membeli 3M Cavilon No Sting Barrier Film bisa di onlineshop maupun di apotik Kimia Farma.

Moga info ini  bisa membantu.

  • Share:

You Might Also Like

56 komentar

  1. aku cobain juga ke Prabu, gak menjerit nangis karena gak perih

    ReplyDelete
  2. Ruam popok memang agak bikin worry ya mbak. Aku inget banget wktu kemarin Rayyan ruam, bikin sedih sangat dan ga bisa tidur karena rewel nahan sakit. Pas pakai Cavilon cepat sembuh alhamdulillah

    ReplyDelete
  3. Wah anakku pernah kena ruam popok, sedih deh. Kalau pakai ini bisa mengurangi sakit dan sembuh ya. Perlu dicoba nih. Makasih infonya Mbk Eni

    ReplyDelete
  4. Suka kasihan kalau lihat bayi nangis tanpa tahu kenapa. Ternyata setelah dilihat dengan seksama kulitnya pada merah

    ReplyDelete
  5. Penting nih buat yg anaknya masih pake popok. Aku jg ngalamin dulu anak ruam popok

    ReplyDelete
  6. Fawwaz juga pernah kena ruam popok Mbak, hikss blas, merah lumayan, penyebabnya gak cocok dgn diapersnya. makasih sharing infonya ya Mbak, noted ini :)

    ReplyDelete
  7. acaranya singkat tapi padat informasi... ternyata ruam popok itu terjadi karena hal sepele banget ya mak..

    ReplyDelete
  8. Dulu shidqi pernah kena ruam popok krn gak cocok pospak, andai udah kenal Cavilon sejak dulu, gak harus pusing lagi

    ReplyDelete
  9. Lama juga yah proteksi dari Cavilon sampai 3 hari. Tapi ini untuk orang dewasa bisa juga nggak mbak eni?

    ReplyDelete
  10. Anak saya juga pernah mengalami ruam popok tetapi Ketika saya ganti diaper sudah tidak lagi jadi tidak sampai memberikannya obat

    ReplyDelete
  11. anak kalau terkena ruam popok akan rewel, tapi dengan cavilon ini kita bisa mencegah ruam popok yah mbak, makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  12. Saat anak saya Fahmi masih pakai popok, dia punya masalah ruam popok juga. Hanya saat itu belum ada semacam Cavilon ini. Adanya salep gitu saja. Sekarang praktis ya, tinggal semprot gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada anak tetangga atau saudara kena ruam popok sekarang bisa dengan mudah merekomendasikan ini karena bisa beli secara online ya...

      Delete
    2. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakainsebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  13. Jadi inget dulu anak no 2 sensitif banget kulitnya... Merah banget sampe kasian ngeliatnya... Skrg ada ini tinggal semprot 2 aja ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Delete
    2. Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakai sebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  14. Ponakan sih masih pake popok dan masih merah banged dikulit

    ReplyDelete
  15. Enak ya skrg makin bnyk pilihan untuk produk perawatan bayi. Dulu saya kenal obat ruam popok cuma yang dari Johnson. Saat itu belum banyak obat ruam popok seperti sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakainsebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  16. Cavilon ini beda dari yang lain, ya. Biasanya salep atau krim, ini semacam spray. Jadinya dipakenya lebih praktis. Tinggal disemprot aja. Btw, ngeri juga ya ruam popok itu. Ada yang sampe parah banget. Semoga dengan adanya Cavilon, kasus ruam popok pada bayi bisa berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakainsebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  17. Sejak tahu cavilon ini saya malah ga mikir cream lain. Soalnya masuk akal banget dan memang saat anak ruam popok yg bikin rewel itu perihnya ya mba. Dan makin bikin cavilon jadi barang yg hatus standby di rumah karena muktifungsi. Bisa buat luka bakar juga

    ReplyDelete
  18. Praktis ya mak tinggal semprot dan mudah di bawa kemana2. Inovasi yang keren sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mel Salep atau krim ruam tetap dipakai sebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  19. Aku ingat waktu anakku yg besar dulu usia 10 bulanan, dia pernah terkena ruam popok dan lumayan parah.Kondisi ruam popoknya ini diperparah dengan kondisi anakku yg memiliki tingkat alergi yg tinggi. Duh kasian bgt deh. Dulu mah belum ada cavilon mknya lgsg dibawa kedokter aja

    ReplyDelete
  20. Cavilon praktis banget ya.., model spray pula...

    Dulu pas anak ruam popok aku mesti ribet ngolesin dengan olive oil...duh kadang malah ketendng dan tumpah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakai sebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
    2. Jadi bukan obat khusus untuk menyembuhkan ruam..
      , tapi semacam pelindung kulit .menciptakan lapisan film pelindung ..agar gak perih kalo kena pakaian / popok bayi..yg bakalan bikin perih ..

      Ok.mba..makin paham terimakasih penjelasannya..

      Delete
  21. Wah, zaman anakku masih menggunakan popok belum ada yang begini jadi manual pake bedak talk atau pake tepung sagu hihi

    ReplyDelete
  22. Harga 180 rb untuk atasi ruam popok dan ampuh pasti banyak dicari oleh banyak bunda daripada lihat anak nagis terus dan ngga nyaman ya mba.. pilih mana? aku sih mahal dikit tapi ampuh

    ReplyDelete
  23. hypoalergenic ya..penting banget nih..apalagi kulit anak dan bayi..mudah banget terkena alergi. jadi yang kena ruam popok, nggak bakal jadi lebih parah ya

    ReplyDelete
  24. duuhh paling nggak tega klo liat anak kena ruam popok deh, kayaknya gatel dan perih gitu kan ya. orang dewasa aja gak betah bgt, apalagi baby yg blm bisa ngomongin keluhannya bakal cuma nangis aja. huhu. bener2 musti diatasi segera sih, cavilon ini kayaknya oke ya, pemakaiannya terlihat praktis

    ReplyDelete
  25. jadi ga perlu oles2 krim ruam popok yah, kan kasian udah ruam popok terus kita olesin, kulit anak jadi kegesek tangan kita yah dan suka nangis deh anaknya, ini mah langsung semprot aja yah, so simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakai sebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  26. Cavilon nih bisa buat oenangan luka lain ya.. berarti bisa dipakai sama org dewasa dong ya. Ga harus baby.

    ReplyDelete
  27. Praktis ini ya. Main semprot saja. Jadi lebih mudah make dan ga belepotan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang saya tulis di artikel:
      Olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil.
      Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.
      Pakaikan diaper atau popok bersih yang masih baru.

      Jadi Cavilon bukan obat, mb. Salep atau krim ruam tetap dipakai sebagai obat&Cavilon melapisi agar obat bekerja dengan baik, kulit tidak tambah parah dengan adanya gesekan popok maupun kontaminasi feses/air seni

      Delete
  28. Lumayan untuk keponakanku nih, kalau mudik sering kena ruam popok karena kelamaan diperjalanan, Cavilon bisa dicari di supermarket ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi Cavilon bukan obat ya, mb. Sepertinyang saya ulas di atas lengkap cara pakainya, tetap pakai krim dulu yang sesuai atau cocok, krim ruam popoknya, baru lapisi dengan Cavilon. Cucok buat perjalanan jauh nih

      Di akhir artikel mb bisa baca dimana cari Cavilon hehehe:

      Untuk membeli 3M Cavilon No Sting Barrier Film bisa di onlineshop maupun di apotik Kimia Farma.

      Delete
  29. Dan tulisan di buka dengan pendar merenggut hahahahaha. Btw ini gel biar ruam nggak makin melebar ya. Kasian kalau baby udah kena ruam popok.

    ReplyDelete
  30. Oh, oke, baru tahu deh apa sebenernya Cavilon ini. Aku kira iya, sama kayak obat ruam popok lain. Ternyata beda. Jadi kalo untuk yang sudah ada ruam, disemprotkan itu setelah ruam dolesi obat salep atau krim terlebih dahulu. kalo untuk mencegah, baru bisa langsung dpakai. Begitu, ya? Noted deh.

    ReplyDelete
  31. mba, ini untuk bayi doang kah? bisa untuk dewasa gak mba? jadi kepikiran, kan kadang orang dewasa suka ruam juga. hihi

    ReplyDelete
  32. Ohh jadi ini melapisi kulit yang di olesin obat ruam popok, supaya obatnya bisa bekerja maksimal ya mba. Emang iya sih mba, dulu anakku pernah kena ruam popok, baru aja di olesin obat eh udah ilang aja itu obatnya ke gesek-gesek juga di gosok-gosok bocahnya, jadi lama sembuhnya..

    ReplyDelete
  33. Fungsi Cavilon swmacas isolasi bagi kulit ya, mencegah perluasan luka. Bagus ya, bisa untuk dewasa juga dong

    ReplyDelete
  34. Hahaha iya ya yang komen knp pd mengira ini obat yaaaaaaaaaa :))
    Aku sampai baca2 lagi nih tulisan Cavilonku, sementara ini sih kyke gk ada bagian yg bikin rancu. Mungkin krn udah duluan kena kata ruam popok jdnya mengira ini obat :D

    ReplyDelete
  35. Ada baiknya anak jangan sampai aeharian pakai popok juga ya mba Eni, kasian kulitnya ketutup popok terus. Ini yang membuat ruam muncul dan menjadi masalah untuk anak.

    ReplyDelete
  36. Kalo ruam dan terkena air memang jd perih bgt ya...jangankan anak kecil, org dewasa aja pasti ga nyaman
    cavilon ini jd alat yg solutif banget yaa mba
    aku kayanya mau beli deh

    ReplyDelete
  37. Kalau anak udah ruam popok suka kasian,,mereka ga nyaman banget tidurnya. Bwt harganya memang terkesan mahal ya tapi kalau kualitasnya bagus jadi sebanding lah ya.

    ReplyDelete
  38. Nah ini kayaknya setiap ibu-ibu harus punya deh kalau memang bisa untuk luka lain selain ruam popok. Soalnya kan sering banget ya anak tangan atau kakinya luka, tapi setelah dikasih obat atau salep cepat kehapus. Lagi tidur, obatnya nempel di kasur. Lagi main nempel di baju atau celananya. Makasih infonya yes.

    ReplyDelete
  39. aku pernah bantuin kakak ganti popok ponakan.. kadang suka ada ruam ya.. aku kasih tau produk ini ke kakak aku ah.. biar ponakan aku ga ada ruamnya

    ReplyDelete
  40. Noted Mak Eni, 3M Cavilon ini untuk membantu mengurangi iritasi atau rasa sakit saat ruam popok ya.. digunakan sebagai pemakaian kedua setelah cream ruam popok, InshaAllah si kecil lebih nyaman dan ngga rewel

    ReplyDelete
  41. Rekomendasi nih buat setelah lahiran nanti ya mak eni. Bisa mengurangi rasa perih akibat gesekan ruam popok pada bayi nanti.

    ReplyDelete
  42. Sejak membaca tulisan ini saya jadi tahu sistem kerja Cavilon yakni olesi kulit yang sudah terkena ruam dengan salep atau krim yang sesuai bagi Si Kecil lalu Semprot kulit yang sudah dioles krim atau obat ruam dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film.Setelah itu, baru deh pakaiin anak diaper atau popok bersih yang masih baru. Makaish ya mbaaa ulasannya

    ReplyDelete
  43. Ngeri ya anak ruam popok rewelnya minta ampun.

    ReplyDelete