>

Mengapa Bergabung Di Komunitas Blogger Perempuan Network

By dunia eni - November 23, 2018



Untuk teman-teman blogger pasti sudah tahu komunitas BPN alias Blogger Perempuan Network dan cukup akrab dengan para adminnya yang kece-kece, diantaranya Shinta Ries, Almazia. Komunitas berisi para wanita ini saya ikuti setelah memutuskan untuk ngeblog dengan serius alias jadi blogger, hehehe.

Sebenarnya sebelum fokus ngeblog dan blog saya belum domain, blog masih berisi hal-hal personal, saya sudah tergabung dalam komunitas blogger juga  untuk sekedar silaturahmi. Membaca kegiatan para blogger, membaca blog mereka yanng sekiranya saya butuhkan infonya. Kadang tidak butuh infonya tapi tertarik dengan keindahan blognya, inget dulu suka kepoin blog Echa dan berpikir ini emak-emak kreatif banget.

Sampai berkesempatan ketemu langsung orangnya di sebuah acara blogger, ternyata memang rame banget orangnya, heboh dan bikin suasana hidup. Sesuai dengan blognya yang memang hidup akibat kreatifitasnya, eh kok jadi ngelantur ceritai Echa. Baiklah, kita kembali ke topik semula yes.

Seperti yang saya tulis di artikel Ngeblog Sebagai Pekerjaan & tempat Berbagi Manfaat, awal saya fokus jadi blogger itu benar-benar gaptek, buta banget sama istilah-istilah dunia blogger, istilah-istilah dalam ngeblog. Kalau ada orang bahas DA/PA saya cuma bengang-bengong, tidak hanya DA/PA, istilah yang sederhana dalam ngeblog pun saya masih blank.

Awalnya saya masa bodoh yang penting nulis, beres. Tapi ternyata setelah berhubungan dengan job semua itu dibutuhkan untuk tahu, untuk paham. Jadi mau tidak mau saya harus belajar, dari mulai baca-baca dan sukses semakin pusing, hahaha. Sampai bertanya, sharing ke teman-teman blogger, ternyata banyak juga yang seperti saya.

Sesekali saya bertanya juga sama suami yang banyak banget jasanya ngebentuk blog saya jadi rumah kedua yang saya sukai ini, tetapi belajar sama suami sering banyak sewotnya. Dia tipe yang lebih senang saya tahu beres, sementara dalam dunia ngeblog yang benar-benar terjun ke pekerjaan, kerjasama dengan klien, untuk  paham ngeblog secara teknis itu penting banget.

Mengapa Bergabung Di Komunitas Blogger Perempuan Network ?


Akhirnya saya mendapat info kalau ada komunitas yang sering bahas blog secara teknis dengan cukup detail yakni Blogger Perempuan, akhirnya saya pun bergabung di sana. Mulai belajar banyak hal tentang blog secara teknis, bahkan ternyata saya  baru tahu kalau artikel-artikel organik yang saya tulis itu dibrowsing ada yang menempati baris 1-3 berarti SEO'nya bagus.

Banyak blogger belajar SEO agar artikelnya berada di barisan 1-3 yang berarti banyak dibaca orang, artikel saya kebetulan banyak yang secara tidak saya sadari SEO'nya bagus, diantaranya tentang MPASI WHO, Bayi GTM, Puisi Chairil Anwar. Tetapi kan tidak semua bisa seberutug itu, makanya belajar SEO diperlukan seorang blogger. Begitu salah satu ilmu yang saya dapat di BPN, selebihnya masih banyak lagi.

Alhamdullilah, tidak sekedar job yang menghasilkan materi yang sering dishare di BPN, tetapi juga ilmu ngeblog yang bermanfaat sekali. Terutama untuk blogger yang masih baru seperti saya dulu, terima kasih saya buat BPN. Jika ditanya apa sekiranya masukan dari saya, ehmmm... agak bingung juga nih, hahaha. Secara apalah saya yang justru belajar banyak hal di BPN, sebagai blogger baru berjalan 3 tahun akhir Desember nanti.

Jika harapan, tentu saya memiliki banyak harapan untuk BPN diantaranya agar BPN terus maju membuka mata para perempuan agar melek teknologi, tidak sekedar menjadi blogger yang menulis sekedarnya. Tetapi juga paham ngeblog secara teknis, paham konten yang baik sehingga hasil dari tulisannya bukan sekedar tulisan seorang perempuan biasa.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Alhamdulillah bergabung di Blogger Perempuan, saya jadi makin banyak ilmu ngeblog ya mba ENi. Bisa kenal mba Eni juga ;)

    ReplyDelete