>

Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi

By duniaeni.com - June 22, 2019


Ada Tempat Wisata Apa Saja di Banten?

Ketika mendengar Banten, kira-kira apa yang terlintas di kepala?

Sejujurnya ketika menyebut Kota Banten yang terlintas di kepala saya adalah Baduy, karena memang Baduy begitu banyak memberi kesan dalam hidup saya. Pertama berkunjung ke Baduy tahun 1999, saya terkesan oleh pola hidup dan pola pikir masyarakatnya yang begitu tradisional dan menjunjung tinggi nilai kebudayaan serta alam kehidupan.

Karena terkesannya sampai saya menulis buku berjudul Soul Travel in Baduy yang diterbitkan oleh Elexmedia sekitar tahun 2013. Buat yang pernah berkunjung ke Baduy yang terletak di Lebak, Banten, pasti sudah tahu bagaimana kehidupan masyarakat Baduy yang kemudian menjadi daya tarik wisata budaya di Banten, yang  banyak dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Meski untuk wisatawan asing tidak boleh memasuki Baduy Dalam, karena hukum adat mengharuskan demikian.


Baduy memang memiliki banyak hukum adat yang membuat pengunjung atau wisatawan ikut bersama menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan adat setempat.  Hal ini yang merupakan keunikan serta daya tarik Baduy di mata wisatawan, yang jarang mereka dapatkan di kehidupan nyata yang sudah serba modern.

Tapi meski Baduy sudah menjadi icon tersendiri di Banten, sesungguhnya daya tarik Kota Banten sebagai tempat wisata cukup banyak dan bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan keluarga. Apalagi buat masyarakat yang tinggal di sekitaran Jabodetabek yang ingin menikmati liburan keluarga, namun tidak memiliki budget besar. Karena selain jarak tempuhnya tidak jauh, tempat wisatanya termasuk ramah di kantong seperti beberapa pantai di Banten, Curug, Taman Nasional, wisata kuliner, mal yang kini dibangun megah di Kota Banten, dan lain-lain.

Supaya tidak penasaran dan bisa menemukan tempat wisata di Banten yang cocok dikunjungi bersama keluarga saat liburan sekolah tahun ini.  Mari kita ulas beberapa tempat wisata di Banten. Siapa tahu jadi menghemat budget liburan, karena akhirnya bisa memilih tempat liburan yang menyenangkan, dekat, dan tidak mahal.

Tempat Wisata di Banten yag Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Berikut ini tempat wisata di Banten yang bisa dikatakan wajib dikunjungi, karena selain cocok untuk liburan keluarga, bisa membuat liburan menjadi berkesan:

Pantai

(Tajunng Lesung- Doc Wikipedia)

Di Banten terdapat beberapa pantai yang bisa dijadikan pilihan tempat liburan bersama keluarga, diantaranya adalah Pantai Anyer dengan pasir pantai yang putih dan halus. Pantai Tanjung Lesung yang memiliki keindahan luarbiasa karena merupakan salah satu pantai terbaik di Jawa Barat. Pantai Sawarna yang memiliki ombak besar sehingga dijadikan tujuan wisatawan yang hendak berselancar. Pantai Badegur pantai dengan pasir berwarna kecokelatan, dan Pantai Carita yang merupakan pantai cukup hits di Banten.

Menikmati liburan di pantai selain menikmati keindahan pantai, foto-foto dengan view yang sangat instagramable, bisa melakukan aktifitas berenang, berselancar, menyelam, memancing, dan menikmati kuliner seafood yang lezat dan fresh.

Pulau

Sesekali jika memutuskan untuk berlibur ke Banten, jangan lupa mengunjung tempat wisata pulau di Banten. Karena Banten memiliki pulau-pulau yang indah seperti Pulau Umang, di Pulau Umang fasilitasnya cukup lengkap, ada kolam renang, wahana antariksa, dan banyak lagi yang membuat liburan tidak terasa bosan.

Lalu Pulau Burung, dinamakan Pulau Burung karena di pulau ini terdapat banyak sekali jenis  burung. Bahkan pada bulan April dan Agustus, banyak burung-burung dari berbagai benua datang. Bisa dibayangkan melihat beragam burung di sebuah pulau? Pasti jadi pemandangan spesial yang sangat sayang dilewatkan. Karena ketika musim berlalu, burung-burung dari berbagai benua itu akan terbang kembali ke asalnya.

Pulau Sangiang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi, pulau yang bisa ditempuh dari Pantai Anyer ini memiliki banyak fasilitas yang bisa mengisi liburan keluarga, diantaranya lokasi untuk berkemah, bersepeda dengan pemandangan yang menakjubkan, menyelam, memancing, dan lain sebagainya.

Masjid Agung Banten

Masjid megah yang dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin  sekitar tahun 1552-1570 yang merupakan kesultanan Banten pertama, wajib untuk dikunjungi. Untuk mengetahui bangunan yang memiliki arsitektur perpaduan budaya yakni Hindu, Jawa, Eropa, China. Masjid Agung Banten merupakan peninggalan sejarah yang harus terus dijaga dengan baik.

Wisata Kuliner  Pasar Lama

Mungkin belum banyak yang tahu kalau di Banten terdapat juga tempat wisata kuliner yang hits, yang menyajikan aneka kuliner khas Kota Banten. Tidak kalah dengan kota-kota lainnya di Indonesia, Banten juga memiliki kuliner khas yang menggoyang lidah loh. Untuk menikmati bisa langsung ke tempat wisata kuliner diantaranya Pasar Lama.

Pasar lama tidak hanya merupakan surganya kuliner, tapi juga memiliki kultur budaya Tionghoa Benteng yang kuat sehingga menjadi daya tarik wisatawan. Hal ini terlihat dari beberapa bangunan bergaya Tionghoa. Beberapa menu yang wajib dicoba seperti Nasi Sumsum yang merupakan nasi dengan paduan sumsum tulang kerbau, sehinga rasanya sangat gurih.

Ada lagi Bubur Setan, ini kuliner yang sudah ada sejak tahun 1963 dan sangat melenggenda, banyak dicari masyarakat karena kelezatan rasanya. Menurut cerita sejarah, Bubur Setan sebenarnya merupakan  kuliner warisan dari kebudayaan Tiongkok, bukan asli Banten meski sudah menjadi kuliner khas Serang, Banten.

Selain Bubur Setan, kuliner yang melegennda adalah Laksa Benteng yang ada sejak 25 tahun lalu, laksanya memiliki citra rasa khas dengan kuah kental ditaburi kacang hijau. Lalu Es Buntin, Asinan Lan Jin. Selebihnya banyak lagi ragam kuliner di Pasar Lama yang tidak boleh dilewatkan.

Kota Banten memang sudah mengalami perkembangan pesat, sehingga ketika berlibur ke sini tidak perlu cemas lagi memikirkan penginapan. Ada apartemen yang bisa dijadikan pilihan untuk menginap karena harganya lebih murah, namun fasilitasnya setara dengan hotel.  Apartemen bisa dipilih sesuai dengan lokasi wisata yang dituju sehingga double hematnya. Jadi jangan ragu untuk memasukan Kota Banten sebagai salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi.







  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bercerita mengenai suku baduy di indonesia yang mengbindari tehnologi, kalau di amerika juga ada namanya suku amish..sama bangett

    ReplyDelete