>

Peran Perhotelan Untuk Memajukan Pariwisata Indonesia

By duniaeni.com - July 10, 2019


Sejauh mana peran perhotelan dalam dunia pariwisata?

Tentu saja perhotelan sangat berperan besar dalam dunia pariwisata Indonesia. Karena ketika seseorang memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata, setelah mempelajari kelebihan destinasi wisata tersebut, maka selanjutnya adalah mencari hotel atau penginapan yang menunjang kebutuhannya saat itu.

Meski kuliner masuk dalam hal yang dicari para traveler, dan  menjadi salah satu destinasi wisata, tetap perhotelan atau penginapan ini menjadi hal terpenting yang dibutuhkan para traveler. Bisa jadi kunjungan ke suatu destinasi wisata terpaksa tidak jadi karena tempat untuk menginap di lokasi yang dituju sudah penuh atau tidak memadai.

Hal ini seperti yang dialami salah seorang kawan saya ketika akan mengunjungi Bukit Kunir di  Gunung Bromo untuk menyaksikan sunrise, karena memang destinasi wisata tersebut memiliki sunrise terbaik di Jawa Tengah. Tapi terpaksa rencananya untuk melihat sunrise gagal, hanya karena tidak mendapat penginapan. Apalagi kawan saya membawa keluarga besarnya, sehingga benar-benar dibutuhkan penginapan.

Mengenai peran perhotelan dalam pariwisata ini dibahas dalam sebuah acara diskusi Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah yang diadakan oleh Airy dan KataData di Gedung Mawar - Balai Kartini pada Rabu, 3 Juli 2019. Dimana dalam acara tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya :




1. Khairul Anwar, Sekretaris jenderal (Sekjen) kementerian Ketenagakerjaan
2. Indra, ST.MCOMM, Asdep Pengembangan Infrastruktur  dan  Ekosistem Kementerian Pariwisata
3. Drs.SUkiyo, M.M.Pd, Direktur Bina Standardisasi Kompetensi dan pelatihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan
4. Viko Gara , VP Commercial Airy

Dalam acara diskusi yang saya hadirin ini, diinfokan berdasarkan penelitian yang dilakukan Sivadasan pada tahun 2015 akomodasi merupakan komponen penting dalam industri pariwisata. Indeks daya saing pariwisata menurut World Economic Forum menunjukkan Indonesia menduduki peringkat 42 dari 136 negara di dunia. Cukup bagus dan membanggakan kita mendapat peringkat ke 42 dari 136 negara, sehingga tahun 2019 ini Sektor Pariwisata ditargetkan akan menyumbang 15 persen dari PDB.

Jadi PR penting untuk memajukan perhotelan di Indonesia, apalagi kini travelling sudah menjadi gaya hidup masyarakat kita. Tidak hanya masyarakat menengah ke atas, tetapi juga masyarakat menengah ke bawah. Kondisi ini yang membuat penginapan dengan budget murah sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Budget Travel Pilihan Berwisata

Kalau kata Viko Garadi, di Indonesia banyak sekali traveler BPJS ( Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita), dimana mereka membutuhkan penginapan yang sesuai budget agar perjalanan ke destinasi wisata yang dituju dapat berjalan dengan lancar. Karena para traveler BPJS ini termasuk yang menyumbang  banyak pemasukan ekonomi daerah melalui kunjungan ke destinasi wisata. Dibanding perjalanan bisnis, pengunjung hotel lebih banyak karena berlibur atau kunjungan ke destinasi wisata yang bisa mencapai 78%.

Untuk budget travel dicatat oleh salah satu virtual hotel operator di Indonesia yakni Airy bahwa yang paling sering dipesan adalah kamar seharga <Rp 250.000. Namun tentu saja meski penginapan berharga murah atau smart budget hotel, tetap harus memperhatikan kenyamanan pengunjung. Sebab, penginapan yang diluar standar bisa jadi tidak mendapat masukan pengunjung meski harganya murah.


Penginapan dibawah standar kenyaman seperti handuk yang warna putihnya sudah berubah menjadi kekuningan, sprei yang kadang tidak diganti, kondisi toilet yang tidak nyaman karena saluran air tidak lancar, wastafel tidak bisa digunakan, pelayanan petugas hotel yang tidak ramah, dan sebagainya. Kalian pernah mengalami kondisi seperti itu gak, ketika menginap di hotel atau penginapan dengan harga murah?

Saya pernah mengalami menginap di sebuah kota yang terkenal banyak memiliki destinasi wisatanya dengan budget menginap semalamnya Rp 250.000. Kondisi kamar tidur cukup nyaman, sarapan pagi lumayan enak, tapi kamar mandinya sangat tidak recomend karena saluran pembuangan airnya tidak lancar. Jadi setiap saya ke toilet untuk mandi atau sekedar cuci kaki, lantai kamar mandi langsung banjir. Saat itu rasanya ingin segera keluar dari penginapan, hehehe.

Memajukan Perhotelan Di Era Digital

Selain murah pertimbangan traveler atau wisatawan dalam memilih budget hotel karena lokasi strategis, kebersihan kamar, kenyamanan tempat tidur, dan kebersihan serta kelengkapan kamar mandi, betul gak sih?  Saya yakin jawaban kalian pasti BETUL BANGET. Karena saya pun demikian, karena itu selain memberdayakan hotel atau penginapan dengan harga murah. Pihak hotel juga harus meningkatkan apa yang dibutuhkan wisatawan. Apalagi sekarang era digital dimana masyarakat ingin selalu dimudahkan seperti memesan hotel atau penginapan melalui digital platform.


Airy sebagai hotel lokal jaringan terbesar di Indonesia tidak hanya sebagai virtual hotel operator memaksimalkan penggunaan digital platform dalam pemberdayaan akomodasi lokal, tapi juga meningkatkan kemajuan perhotelan dengan membentuk Airy Community. Airy Community merupakan wadah yang dibentuk untuk melatih tenaga kerja yang handal di bidang perhotelan dan pariwisata. Sehingga meningkatkan pelayanan dan kualitas perhotelan  maupun penginapan dengan harga sewa kamar murah atau budget travel.

Airy Community ini pesertanya didominasi oleh masyarakat setempat yang tidak memiliki latar belakang keterampilan di bidang perhotelan loh. Hal ini membuat Airy berperan besar dalam menekan  tingkat pengangguran di Indonesia, selain meningkatkan sektor pariwisata melalui hotel-hotel murah.


Melalui penerapan teknologi 4.0, Airy memiliki kualitas yang setara dengan kelas dunia loh. Kalian yang pernah menginap di Airy pasti pernah merasakan ya, adanya Wi-Fi gratis, TV layar datar, air hangat, air minum gratis, AC, tempat tidur bersih, perlengkapan mandi. Sehingga rata-rata tingkat keterisian kamar Airy mencapai 60% & 70% per bulan. Dengan kondisi seperti ini bisa dipastikan pariwisata di Indonesia akan semakin maju yang  berdampak bagus pada perekonomian daerah tentunya.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Thanks to Airy ya, yang bikin hotel budget jadi terjangkau juga nyaman. Dan yang saya suka, pilihannya makin banyak yaaa...

    Eh... tapi Airy ngga cuma memoles hotel budget ya, tapi meningkatkan kemampuan SDMnya dengan membentuk Airy Community ya.

    Good luck Airy, tambah sukses dan tambah banyak jaringan hotelnya yaa....

    ReplyDelete