KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

5 Resep Camilan Sehat Untuk Imunitas Tubuh

by - December 05, 2020

 

Hallo, bertemu lagi di blog duniaeni dengan artikel resep masakan, rasanya lama banget ya saya tidak menulis resep masakan. Maklum kalau masak, kelar sudah capek duluan. Apalagi masa pandemi ini semua anggota keluarga di rumah kumpul sepanjang hari, apapun dimasak akan habis seketika, hehehe. Jadi boro-boro difoto ya, kan foto makanan untuk dishare di media sosial butuh effort, tidak asal jepret gitu loh.

5 Resep Camilan Sehat

Tapi akhir-akhir ini saya lagi asyik aktif di instagram saya yang @cahyakhayangan, di akun itu saya mengulik tentang kuliner. Bukan kuliner yang mengolahnya sulit, tapi yang simpel dan terutama sehat. Saya suka banget buat makanan atau menu sehat untuk anak-anak di rumah, dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak mahal juga. Tapi memiliki kandunga nutrisi maupun manfaat bagi kesehatan.

Apalagi saat ini sedang pandemi, makanan yang sehat itu nomor satu deh. Biar imunitas anak-anak terjaga dengan baik, karena konsumsi suplemen terus anak-anak bosan juga. Apalagi aktifitas mereka gak terlalu yang bergerak seperti di hari-hari sebelum pandemi, lebih banyak di rumah. Jadi suplemen saya berikan saat tertentu saja, saya ganti dengan asupan yang sehat-sehat dan enak. Jadi anak-anak juga tidak bosan.

Kecuali kalau kondisi mereka menunjukan tanda-tanda tidak sehat, atau salah satu anggota di rumah ada yang tidak fit, baru deh suplemen saya berikan rutin. Nah, untuk makananya yanng sehat ini, saya bikin beberapa camilan sehat selama pandemi ini. Sehat karena bahan-bahan dari camilannya mengandung beragam manfaat yang bisa menjaga imunitas tubuh. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.


Berikut resep dan juga manfaatnya, semoga bermanfaat dan bisa dipratekkan buat camilan di rumah:

1. Manisan Kolang-Kaling

Kolang Kaling

Kolang-kaling cukup dikenal di masyarakat kita, terutama pada saat bulan Ramadahan, buah satu ini selain sangat mudah didapatkan, harganya juga murah. Sekilo buah kolang kaling harganya sekitar Rp10.000-20.000, dan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kolang-kaling mengandung kalsium tinggi, melancarkan sistem pencernaan, mencegah anemia, dan menjaga imunitas tubuh. Untuk lebih lengkapnya manfaat kolang-kaling bisa langsung klik artikel Manfaat KolangKaling Untuk Kesehatan Tubuh.

Bahan:

1kg Kolang Kaling, cuci dengan air beras agar hilang lendirnya. Setelah bersih, sisihkan.

1/4kg gula pasir

3 lembar daun jeruk

Cara Buat:

Didihkan air secukupnya, masukkan gula pasir

Setelah air gula mengental, masukkan kolang-kaling

Masukkan daun jeruk

Masak dalam api kecil hingga air asat, lalu angkat

Dinginkan, masukkan ke lemari pendingin

Manisan Kolang Kaling siap disantap

2. Biji Salak Ubi

Biji Salak Ubi

Untuk membuat Biji Salak Ubi ini bisa menggunakan ubi jalar sesuai selera, biasa saya menggunakan ubi merah atau ungu. Anak-anak favorit ubi ungu, karena tekstur ubinya lebih enak. Tapi kadang ubi ungu sulit didapat di warung sekitar rumah kami, jadilah sesekali saya menggunakan bahan ubi merah. Toh, khasiat kedua jenis ubi jalar ini sama bagusnya untuk kesehatan tubuh.

Diantaranya manfaat ubi jalar  bisa meningkatkan energi tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, mengandung vitamin C cukup tinggi, dan karena mengandung betakaroten serta vitamin C ini maka ubi jalar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagus banget dikonsumsi masa pandemi ini, kan.

Bahan:

Ubi ( kebetulan saya pakai ubi merah) 1/2kg, kukus dan sisihkan

Sagu 1/4

1 sdm gula putih

Gula merah 1/4

Garam 1 sdt

Santan 250 ml

3 lembar daun pandan

Cara buat Biji Salak Ubi

1. Lumatkan ubi yang sudah dikukus

2. Masukkan gula putih

3. Masukkan 1/4 sagu, uleni hingga rata

4. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil

Kuah santan:

1. Rebus air 500 ml hingga mendidih

2. Masukkan bola-bola biji salak

3. Masukkan gula merah

4. Masukkan garam

5. Setelah bola-bola biji salah mengambang, masukkan santan

6. Masukkan daun pandan

7. Aduk-aduk hingga mendidih, angkat dan sajikan

3. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam

Rasanya yang legit dan aromanya yang khas, ternyata memiliki khasiat  banyak loh. Diantaranya mengandung antioksidan, menjaga imunitas tubuh, dll. Cocok banget kan, buat camilan di saat pandemi. Cara buatnya juga mudah, intip yuk resepnya :

Bahan bubur:

1/4 kg ketan hitam, cuci bersih dan sisihkan

Air secukupnya

Gulgar secukupnya

1 batang daun pandan

Cara masak:

Rebus air hingga mendidih

Masukkan ketan hitam

Aduk terus, dan kecilkan api kompor

Masukkan gulgar sesuai selera

Masukkan daun pandan

Aduk, jika ketan belum matang dan air sudah asat, tambahkan air

Setelah matang, angkat

Bahan kuah/saos:

Santan 100ml kental

Garam secukupnya

1 batang daun pandan

Cara masak:

Rebus santan kelapa

Beri garam secukupnya

Masukkan daun pandan

Aduk, setelah mendidih angkat.

Hidangkan bubur ketan hitam dengan kuah santan, santap selagi hangat

4. Es Cincau Sirop Santan

Resep Cincau Hijau

Cincau di masyarakat kita meski saat ini mulai langka, namun bukan camilan yang asing. Karena penjual cincau cukup banyak ketika bulan Ramadan. Cincau ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya cincau dapat mencegah penyakit kanker, menurunkan demam, mengatasi radang tenggorokan, meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Bahan:

1 baskom besar cincau, kira-kira 1 kg (kebetulan saya cincaunya buat sendiri dari hasil panen cincau)

Santan kental 200ml

¼ kg gula merah atau aren

1 lembar daun pandan

Cara Buat:

Rebus santan hingga mendidih

Masukkan gula

Daun pandan

Angkat setelah gula menyatu dengan santan

Hidangkan cincau dengan kuah santan, beri es batu bila suka

5. Es Cream Mangga

Bahan dasar membuat es cream mangga adalah mangga. Kebetulan nih bulan November dan Desember adalah bulan musim mangga, sehingga mangga harganya sangat murah. Satu kilo mangga mulai harga Rp10.000, dan banyak penjual mangga di sepanjang jalan. Nah, manfaat mangga ini sangat bagus untuk imunitas tubuh, karena mangga bnayak memiliki sifat antioksidan dan mengandung vitamin C yang tinggi.

Bahan

1 kg Mangga matang sesuai selera, kalau saya memakai mangga harum manis. Kupas mangga, potong-potong, sisihkan

1 Kaleng SKM

Cara Membuat:

Blender mangga

Masukkan SKM

Blender hingga lembut, pindahkan ke wadah es cream, dan taruh di freezer

Setelah membeku, es cream mangga siap dimakan.

Nah, bahan-bahannya murah dan mudah didapatkan, cara buatnya juga simpel, dan manfaat dari bahan-bahan camilan di atas bagus untuk kesehatan tubuh di masa pandemi ini. Jadi, kalau bisa membuat camilan sendiri yang sehat, kenapa harus jajan di luar yang belum tentu bersih dan sehat. Setuju?

You May Also Like

3 komentar

  1. Duuuh mba, semuanya makanan ringan favoritku :D. Dan selama pandemi ini aku jrg makan ini, Krn memang blm prnh bikin sendiri. Mau beli, ragu Ama penjualnya.

    Sebenrnya memang ga susah sih yaaaa. Aku jd kepengen nyobain yg biji salak Ama ketan hitam :D. Aku pribadi mau bola2nya pake ubi ungu ato Oren, sama aja. Suka 2-2 nya :D

    ReplyDelete
  2. wah, cincau hijau, bikin pingin, mau bkin pohonnya masih kecil

    ReplyDelete
  3. Wah kalau begitu mulai besok harus ganti camilan buat baca manga di mangafast.net deh hahaha , biar imun tubuh nya tambah hahaha

    ReplyDelete