KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Semakin Tenang Naik Kereta Saat PPKM dengan Tips Ini!

by - August 16, 2021

 

Apakabar semua? Kondisi saat ini membuat PPKM diperpanjang ya, tapi jangan khawatir. Karena untuk keperluan yang penting seperti mengemban tugas atau pekerjaan yang mengharuskan ke luar kota dengan kereta api saat ini bukan hal yang mustahil. Tiket kereta api Indonesia ke berbagai rute pun masih tersedia sehingga bisa tetap dibeli. Namun kamu perlu menyiapkan diri dan juga surat-surat yang diperlukan ya!





Pasalnya selama pandemi ini naik kereta api maupun transportasi jarak jauh lainnya memiliki aturan yang dinamis, selalu berubah mengikuti dinamika Covid-19.

Nah, berikut tips aman naik kereta jarak jauh agar perjalanan kamu semakin tenang dan nyaman yang bisa jadi referensi.

1. Siapkan sertifikat vaksin

Siapkan sertifikat vaksin Anda, minimal dosis pertama, dengan mengunduhnya terlebih dahulu melalui website maupun aplikasi PeduliLindungi. Anda bisa menyimpan filenya dalam smartphone dan menunjukkannya nanti ke petugas saat pemeriksaan.

Jika ingin membawa versi cetaknya juga tidak masalah, namun pastikan Anda mengeprintnya sendiri dengan printer di rumah atau di tempat terpercaya karena rentan disalahgunakan.

2. Tes Covid-19 sebelum waktu berangkat

Lakukan PCR maupun rapid test antigen satu hari sebelum tanggal berangkat. Jangan lupa untuk memilih tempat rapid test yang terpercaya di kota kamu ya. Meski ada juga stasiun yang menyediakan rapid test antigen di area stasiun, namun tentu jauh lebih nyaman jika saat datang ke stasiun kamu sudah punya semua dokumen perjalanan, bukan?

3. Packing dengan benar

Packing barang bawaan Anda dengan rapi. Jangan lupa juga untuk membawa barang-barang penting seperti masker cadangan, hand sanitizer, desinfektan, tisu dan juga obat-obatan sebagai antisipasi jika tiba-tiba merasa tidak enak badan di tengah perjalanan.

4. Beli layanan perjalanan tambahan di TrainPlus

Jika kamu membeli tiket kereta di Traveloka, jangan lupa sekalian membeli pelengkap perjalanan lewat fasilitas TrainPlus ya. TrainPlus dari Traveloka ini menawarkan fasilitas layanan tambahan untuk melengkapi perjalanan kereta api kamu dan memberikan perlindungan dan kenyaman ekstra di perjalanan.

Lalu, apa saja yang bisa didapat dari TrainPlus Traveloka ini?

     Paket diskon tiket kereta plus tes Covid-19.Daripada bingung mau tes dimana dan harga tes yang berbeda-beda di setiap klinik, kamu bisa beli paket diskon tiket kereta api dan juga tes Covid-19 nih. Cukup beli sekali tapi paketnya bisa digunakan berkali-kali. Lumayan sekali lho dalam menghemat biaya perjalanan.


    Kamu bisa mendapatkan diskon 50% untuk berbagai asuransi yang ada di Traveloka, mulai dari asuransi perjalanan, Covid-19 dan juga jaminan refund 100% yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.


   Kamu juga bisa mendapatkan paket diskon untuk rental mobil yang bisa dipakai untuk antar jemput ke stasiun lho!


      Gratis hiburan di kereta. Selama perjalanan biasanya banyak yang menghabiskan waktu dengan menonton film atau drama kesayangan bukan? Nah jika kau beli tiket kereta di Traveloka bisa mendapatkan akses 1 bulan penuh untuk nonton film di aplikasi maupun browser Genflix secara gratis. Lumayan bisa dipakai nonton film terbaru saat di perjalanan atau saat di rumah.

     Khusus untuk kamu yang berangkat atau tiba di Stasiun Gambir, akan mendapatkan safe travel kit gratis yang berisi masker, hand sanitizer dan vitamin. Kamu juga mendapatkan gratis 2 donat di Krispy Kreme Stasiun Gambir lho!

5. Datang ke stasiun lebih awal

Naik kereta api saat PPKM seperti sekarang ini disarankan untuk tiba di stasiun keberangkatan lebih cepat karena akan ada pemeriksaan surat-surat oleh petugas. Bisa saja step pemeriksaan ini menimbulkan antrian dan cukup lama tergantung banyaknya penumpang yang akan berangkat di hari itu. Jadi kamu haru smempertimbangkan kemungkinan antrian berkas perjalanan ramai dan mengantisipasinya dengan datang lebih awal.

Jika kamu berangkat dari Gambir dan beli tiketnya di Traveloka kan bisa langsung melipir ke Krispy kreme untuk mendapatkan dua donat gratis. Lumayan untuk mengganjal perut sebelum berangkat bukan? Kamu juga bisa menyimpannya dan dinikmati nanti di tengah perjalanan kalau lapar.

Nah itulah tadi berbagai tips yang bisa lakukan untuk membuat perjalanan naik kereta api jarak jauh di masa PPKM yang diperpanjang ini semakin aman dan nyaman. Kamu perlu merencanakan perjalanan dengan baik agar tidak ada masalah saat hari H keberangkatan,

Pastikan juga istirahat yang cukup sebelum berangkat agar kondisi tubuh prima dan kuat melakukan perjalanan jauh. Yang lebih penting lagi adalah selalu taat prokes dimana saja; mulai dari saat perjalanan ke stasiun, erada di stasiun, di atas gerbong hingga tiba di kota tujuan pun wajib prokes dengan disiplin. Tetap semangat dan sehat-sehat selalu ya!

You May Also Like

1 komentar

  1. wah aku belum pernah naik kereta lagi semenjak pandemi. menurutku aku kalau sudah vaksin lengkap seharusnya gak usa antigen lagi ya kecuali kalau belum vaksin.

    ReplyDelete