KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Catatan Keuangan Harian dengan Senyumku

by - August 14, 2021

 

Masalah keuangan keluarga ini memang bikin kepala pusing ya, setiap bulan pasti ada keluhan tiba-tiba uang habis, sementara beberapa planning tidak tercapai. Bahkan rencana menabung jadi berantakan, akhirnya lelah bekerja tapi tidak memiliki simpanan. Atau memiliki simpanan tapi terpaksa dipakai karena untuk memenuhi kebutuhan lainnya.




Keuangan yang berantakan ini cukup merepotkan, terlebih jika kita memiliki beberapa planning, seperti uang pendidikan anak, dana pensiun, dan lain sebagainya. Bisa terpakai karena kondisi keuangan yang semerawut. Semua ini penyebabnya karena kita tidak memiliki catatan keuangan harian atau menyepelekan pengeluaran sehari-hari yang mungkin kesannya nilainya kecil, tapi merupakan bocor halus yang berbahaya.

Contoh kecil yang pernah saya alami, ketika dana kebutuhan sehari-hari yang ternyata tidak cukup untuk satu bulan. Hal ini  akibat saya dan suami tidak sadar menggunakan untuk keperluan lain di luar rencana, salah satunya untuk  membeli kebutuhan sekunder. Akibatnya? Terpaksa deh memakai dana simpanan lainnya yang seharusnya digunakan untuk  tabungan.

Makanya kemudian saya membuat catatan keuangan harian agar terpantau dan terkendali. Catatan sederhana yang saya buat meliputi:

1. Pendapatan perbulan dan pendapatan lainnya, seperti uang hasil menulis atau royalti

2. Tagihan bulanan, seperti uang SPP, Listrik, Wifi, Arisan, Keamanan dan Sampah

3. Tabungan meliputi Tabungan Pendidikan, Dana Darurat

4. Kebutuhan Harian Selama 30 Hari

5. Sedekah

6. Kebutuhan Hiburan, seperti jajan, jalan-jalan.

Semua pos-pos keuangan itu saya catat totalnya, sehingga ketika ada keinginan untuk mengeluarkan kebutuhan hiburan lebih dari dana yang sudah dianggarkan, tidak kami lakukan. Jadi catatan keuangan harian itu semacam ‘rambu-rambu’ agar saya dan suami tidak kebablasan menggunakan keuangan. Untuk masing-msing pos harus tertib.

Oya, semua catatan keuangan harian ini dulu saya lakukan dengan manual loh. Di buku tulis dengan mencatatnya menggunakan tulis tangan, efek buruknya kalau saya menunda karena sedang malas mencatat, bisa ambyar catatan keuangan harian dan cukup riskan hilang atau terselip. Pernah kejadian buku catatan keuangan harian ini tersiram air minum, dan rusak atau dimainkan anak saya yang kecil hingga ada yang lepas lembarannya.

Tapi sekarang ada aplikasi Senyumku yang bisa mencatat keuangan, sehingga tidak perlu mencatat secara manual dan jauh lebih aman. Apalagi di Senyumku ini sudah dikelompokkan per kategori, jadi lebih memudahkan sekali meski kita termasuk yang awam soal pencatatan keuangan lengkap.

Apa itu Senyumku?

Senyumku merupakan layanan perbankan digital revolusioner untuk membantu dalam melakukan aktivits financial sepertti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simple. Semua itu dapat dilakukan dari smartphone.

Jaid ternyata tidak hanya mengantur keuangan saja ya, tapi Senyumku juga bisa untuk menabung, transaksi seperti bayar-bayar tagihan, shopping, dan pembayaran lainnya. Kita juga tidak perlu cemas karena Senyumku produk milik PT Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2014.

Apa Saja Fitur Senyumku?




Aplikasi Senyumku didukung dengan beberapa fitur yang sangat membantu pengunanya, diantaranya:

1. Fitur Celengan Senyumku

Dengan Celengan Senyumku, bisa membuat pos-pos ‘Wishlist’ atau keinginan yang akan dicapai sesuai dengan butuhan. Selain bisa menyisihkan uang untuk mencapai target yang ingin diwujudkan, bunga tabungannya cukup bagus sampai 5.5%

2. Auto  Categorization

Untuk mengkategorikan setiap transaksi yang dilakukan secara otomatis, sehingga semua larinya uang kita akan tercatat dengan jelas.

3. Spending Alert

Ini penting banget buat mencegah kita over budget dari dana yang sudah ditentukan untuk masing-masing pos atau kategori. Karena fitur Spending Alert akan memberikan peringatan jika pengeluaran hampir mendekati budget.

4.  Spending Meter, Monthly Spending & Daily Digest

Fitur ini untuk membandingkan keadaan keuangan saat ini dengan tagert budget dan rata-rata di bulan sebelumnya, sehingga membantu kita dalam memperbaiki keadaan finansial. Mirip financial planner ya, hehehe.

Buat saya fitur-fitur di Senyumku sangat lengkap dan saling mendukung satu sama lain, makanya langsung deh pengen pindahan dari buku manual ke aplikasi Senyumku. Selain lengkap, memudahkan, dan praktis, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui smartphone.




Apalagi cara daftarnya mudah, cukup dengan KTP saja dan merupakan WNI dengan usia 17-55 tahun. Kalau kamu masih bingung dan resah dengan keuangan yang berantakan, sebaiknya langsung saja serahkan ke Senyumku, biar beres dan termanage dengan baik. Setuju?

You May Also Like

0 komentar