KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Tips Awet Muda Ibu Rumah Tangga

by - November 26, 2021

 

Bicara tentang awet muda, rasanya hampir semua wanita ingin awet muda, setuju? Meski usia selalu maju ke depan atau bertambah setiap harinya. Buat saya terlihat awet muda itu bonus, tapi tentunya tampil awet muda buat  ibu rumah tangga itu tantangan sekali. Bagaimana tidak?

Mengapa Ibu Rumah Tangga Cenderung Rentan Penuaan Dini



Jika wanita kantoran, bisa tampil cantik setiap pagi karena memang bekerja di kantor dituntut untuk tampil baik. Bangun tidur mandi, mengenakan make-up, memakai pakaian yang bagus, mengenakan sepatu, tas, tidak  lupa menyemprotkan wewangian. Sementara ibu rumah tangga?

Begitu membuka mata. bangun tidur di pagi hari lebih sering langsung mengurus anak-anak, menengok dapur, bergelut dengan bumbu, cucian piring, kotoran si kecil, memilah  cucian kotor, dan masih mengenakan baju rumahan. Kadang, setelah itu bagi ibu rumah tangga yang memiliki side job seperti saya, masih harus mengerjakan tugas dari klien.

Bekerja di rumah merangkap ibu rumah tangga, membuat  kadang malas harus bersolek seperti pekerja kantoran. Jadi duduk di depan komputer dengan pakaian ala kadarnya, dan ketika menjelang malam sudah lelah, terlupa skincare. Karena sering sudah capek, dan tidur begitu saja, untuk lanjut ke rutinitas berikutnya. Dari hari ke hari seperti ini, hasilnya?

Ketika bercermin tanda-tanda usia mulai terlukis jelas, tidak sekedar kerutan, tapi juga gurat jenuh dan lelah. Ada yang mengalami seperti ini?

Saya pernah mengalaminya dong, dan waspada karena rutinitas yang membuat jenuh dan lelah, akan memicu rasa khawatir. sedih, marah, stres, depresi, dan itu semua memicu penuan dini. Karena penyebab penuaan dini tidak hanya faktor usia, dan hormon, tapi juga stres. Di mana Stres dapat memicu produksi hormon kortisol yang berlebihan.  Oh, No!

Saya pernah membaca sebuah kalimat bijak mengatakan, Life has no remote, getup and change it yourself – Mark A Cooper.

Betul banget nggak  sih? Hidup kita tidak memiliki kendali, maka bangun dan ubah dirimu sendiri. So? Mari bangun dan ubah diri kita dari semua lingkaran rutinitas yang membuat kita tidak sehat dan berdampak jauh dari kata awet muda.

Bagaimana Agar Ibu Rumah Tangga Awet Muda?

Ketika ingin terlihat awet muda, apa yang terlintas dalam pikiran kalian? Pakai skincare, pakaian modis, make-up, atau rajin ke salon? Tapi bagaimana jika budget terbatas, sebagai ibu rumah tangga harus pandai juga mengelola keuangan? Tapi ternyata menjadi awet muda tidak harus mahal, tidak percaya? Biar lebih jelas, mari baca hingga selesai.


Freepik.com


1.Olaraga Rutin

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, bisa dengan budget yang seadanya, yang terpenting adalah gerakan yang benar dan rutin. Olahraga bisa dilakukan di rumah dengan melihat video olahraga di youtube, berlari keliling kompleks perumahan, bersepeda, lakukan sehari minimal 30 menit. Olahraga ini bisa membuat awet muda, karena menghilangkan stres, dan dapat menjaga DNA tetap sehat dan awet muda.

2. Pola Makan Sehat

Biasakan makan dan minum yang sehat, tidak mengandung lemak jahat, kolesterol, alkohol, kafein yang berlebihan. Selain air putih, sayur-mayur, buah-buahan bisa menjadi pilihan yang tepat, seperti pepaya. Karena pepaya mengandung antioksidan yang membantu melawan akibat radikal bebas dan tanda-tanda penuaan, untuk harganya terjangkau.

3. Tidur Cukup Berkualitas

Bisa ibu rumah tangga, terutama saat memiliki bayi atau tahap menyusui, sulit tidur dengan cukup dan nyenyak. Padahal tidur nyenyak merupakan salah satu tahap regenerasi sel, bahkan pakar kesehatan mengatakan: Wajah rileks saat tidur dapat membantu melembutkan garis-garis halus di wajah. Agar tidur cukup, salah satunya ikut beristirahat saat si kecil tidur.

4. Skincare Anti Aging

Ini jangan sampai terlupakan, karena memang kulit wajah harus dirawat dari dalam, dan juga dari luar, seperti menggunakan skincare sesuai usia. Tidak harus yang harganya diluar jangkauan, sesuaikan budjet yang penting cocok di kulit. Sekarang banyak produk local skincare anti aging dengan harga jauh lebih ramah di saku.

Meski pun ibu rumah tangga sibuk dan lelah, usahakan curi waktu beberapa menit menjelang tidur, dan bangun tidur untuk memakai skincare. Kalau malas, ingat manfaatnya di masa depan, yakni usia yang bertambah tapi tetap terlihat awet muda.

5. Me Time

Me time itu sangat penting buat ibu rumah tangga yang sehari-hari lebih banyak di rumah dengan rutinitas rumah tangga itu-itu saja. Agar tetap waras dan tidak stress jangan lupa me time, dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti membaca, mendengarkan musik, shopping, atau main game.

Main game cukup ampuh untuk relaksasi dan menghilang stres loh, apalagi sekarang banyak game yang gratis. Saya biasa main solitaire game gratis di solitaire.org, ini termasuk game lawas yang sering saya mainkan dari jaman gadis loh. Dulu main di PC, kalau sekarang bisa secara online.




Gamenya sangat sederhana, tapi menyenangkan karena ringan dan cukup melatih otak dengan mengurutkan kartu bernomor besar ke kecil, yang jadi tantangannya kita harus mencocokan berdasarkan warna selang-seling merah dan hitam. Seru banget!

Selain solitaire game. Ada lagi mahjong, yang melatih ketelitian kita. Karena mencocokkan gambar  di antar gambar lain yang beragam, dan harus melewati dengan benar agar bisa dicocokkan. Ringan sekali, tapi buat rileks kita tidak butuh hal-hal berat dong. Asyik juga game ini kalau mau memainkannya bareng si kecil. Jadi judulnya me time berdua anak, hehehe.




6. Jalin Komunikasi dengan Suami

Konon bahagianya ibu rumah tangga karena peran suami di dalamnya, betul? Rumah tangga penuh cinta membuat bahagia, rasa bahagia bisa memproduksi hormon oksitosin atau hormon cinta secara alami, yang sangat berperan membuat awet muda. Untuk mewujudkan rumah tangga seperti itu, tentu saja komunikasi kuncinya.

Rasa lelah, jenuh, jangan disimpan sendiri ya, Bu, komunikasikan dengan suami. Minta suami peluk, cium, bicara dari hati ke hati, sebab beban rumah tangga bukan hanya miliki seorang ibu, ada peran ayah di dalamnya.

Semoga dengan tips-tips di atas, bisa memberikan manfaat, aamiin.

You May Also Like

3 komentar

  1. setuju banget nih Mbak, meski di rumah tetap harus menjaga diri, merawat diri dan pikiran jugaa ya biar gak stress dan terus awet muda.
    kalau nanti jalan ama anak-anak gak dikira malah bukan emaknyaa malah ya karena kelihatan lebih tua dari umur sebenarnya :D

    saya juga sukaa lho ini main Solitaire, tapi asal jangan lupa waktu juga ya mainnya :D

    ReplyDelete
  2. kalo aku senengnya main yang mahjongnya

    ReplyDelete
  3. Hati yg selalu gembira, bisa membuat usia tampak lebih muda. Apalagi kalo gembira, dahi juga tidak berkerut trus2an.

    Tapi memang support dari pasangan itu pentiiiiing sih 😄. Kalo suami ga mau tahu istrinya capek, ga peduli butuh pelukan, ya susah mau tampil awet muda. Makanya buatku, obat utamanya itu pasangan, trus barulah skincare , makanan dan olahraga 😁.

    ReplyDelete