6 Destinasi Alam Bandung, Suasana Tenang Bisa Jadi Tempat Self Healing

by - January 23, 2022

 

Sudah jadi rahasia umum jika Bandung menyimpan segudang tempat wisata, termasuk alamnya yang istimewa. Tidak sedikit tempat-tempat eksotis khas Bandung yang tidak ditawarkan di tempat lain. Apalagi, alam di Bandung juga sejuk, sehingga nyaman dijadikan wisata untuk self healing. Apalagi sekarang masyarakat semakin sadar pentingnya kesehatan mental, dan wisata jadi salah satu pilihan untuk sedikit mengurai kusutnya pikiran maupun beban hidup.



Supaya self healing makin nyaman, meski tidak memiliki kendaraan pribadi kita bisa rental mobil Bandung loh. Baik itu lepas kunci atau dengan pengemudi. Bagaimana cara pesannya? Traveloka Lifestyle SuperApp jadi salah satu rekomendasi utama. Banyak pilihan mitra dan armadanya, harganya pun juga terjangkau, bisa bebas pilih sesuka hati.

Nah, setelah tersedia transportasi yang nyaman dan aman, sekarang mari tentukan tujuan wisatanya. Enam wisata alam Bandung yang bisa bikin hati damai dan pikiran nyaman berikut ini bisa dijadikan pilihan:

Nuansa Riung Gunung

Melihat panorama hijau memang salah satu cara terbaik menenangkan pikiran. Nuansa Riung Gunung masuk dalam kriteria itu. Tidak hanya penuh dengan pemandangan hijau, banyak spot instagenic nan estetik yang bisa dinikmati di tempat ini. Tak heran, Nuansa Riung Gunung ini disebut-sebut sebagai Swiss-nya Bandung dan sempat viral di TikTok.


Nuansa Riung Gunung sebenarnya perkebunan teh yang sudah dilengkapi berbagai spot cantik yang terbuat dari kayu, sehingga cantik dijadikan tempat wisata. Saat cuaca cerah, langitnya juga begitu cantik. Untuk menuju lokasi  berada di Desa Pulosari, Pengalengan, Bandung.

Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu menyuguhkan wisata alam dan budaya yang eksotik. Konsepnya sendiri adalah ecotourism bertema ‘Private Sanctuary Lifestyle’. Di sini, pengunjung disuguhkan pemandangan alam cantik lengkap dengan berbagai kegiatan menarik. Bisa jalan-jalan menikmati pemandangan, cicipi berbagai kuliner khas Sunda, sampai baik sepeda di sekitaran Taman Arimbi.

Bagi yang ingin menginap, ada resort dan hotel yang memanjakan. Alamat Dusun Bambu Lembang berada di Jl. Kolonel Masturi KM. 11, Kertawangi, Cisarua, Bandung. Tempatnya berdiri di areal lahan dengan luas mencapai 15 hektar. Cocok sekali untuk wisata self healing atau bisa juga tempat liburan untuk keluarga.

Curug Malela

Berkat keindahan yang ditawarkan, Curug Malela, curug ini disebut sebagai Niagara Mini di Bandung. Dan memang, jika dilihat sekilas, mirip dengan air terjun yang berada di perbatasan Amerika dan Kanada itu, tapi dalam bentuk yang lebih minimalis. Awalnya, tempat wisata ini masih sangat sepi pengunjung, namun karena exposure dari media sosial, sekarang jadi salah satu destinasi favorit.

Fasilitas yang ditawarkan di tempat ini pun perlahan-lahan juga semakin ditambah. Curug Malela berada di Kampung Manglid, Cicadas, Ringga, Bandung. Karena debit airnya cukup deras, disarankan berkunjung saat musim kemarau. Jalanan juga lebih aman saat musim kemarau.

Gunung Putri

Mendaki gunung juga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan mereka yang sedang self healing. Bagi yang sudah berpengalaman, gunung yang tinggi pun tak masalah. Namun bagi yang baru belajar mendaki, Gunung Putri bisa dipilih. Ketinggiannya hanya sekitar 1.580 mdpl dan memiliki panorama yang cantik. Saat mencapai puncak, seakan berada di atas awan.

Jalurnya pun juga tidak terlalu sulit, bisa banget jadi latihan jika ingin mendaki gunung yang lebih tinggi. Hanya perlu waktu kurang lebih 30 menit saja sudah bisa mencapai puncaknya. Alamat Gunung Putri ini berada di Desa Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Selatan.

Taman Langit

Taman Langit juga sangat pas jadi lokasi menenangkan pikiran dan perasaan. Bagaimana tidak, lokasinya sangat cantik dan memiliki cuaca yang sejuk. Dari ketinggian, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau yang memanjakan mata, ada kebun teh atau sunset yang jadi favorit para pengunjung saat ke sini. Banyak sekali yang menginap di sini, karena memang ditawarkan camping ground.

Bahkan jika beruntung, di waktu-waktu tertentu  bisa menyaksikan hamparan awan yang terlihat begitu dekat. Banyak juga spot foto di sini, jadi jangan takut tak dapat bidikan kamera menarik. Untuk mengunjungi Taman Langit langsung saja ke Desa Sukaluyu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kebun Teh Sukawana

Sementara jika ingin jalan ke kebun teh yang masih asri tanpa tambahan spot wisata, Kebun Teh Sukawana bisa didatangi. Lokasinya memang benar-benar asri, sejauh mata memandang akan ada hamparan daun teh. Sesekali akan melihat pekerja yang sedang memetik teh. Bisa juga akan melihat pasangan yang melakukan pre-wedding di sekitar Kebun teh Sukawana ini.

Alamatnya berada di Karyawangi, Panongpo, tidak jauh dari Kota Bandung. Jika ingin berkunjung ke pabrik tehnya, bisa mencoba menghubungi pihak pengelola. Bisa jadi wisata edukatifr yang menambah wawasan dan pengalaman tak terlupakan.

Oya, karena berniat jelajah wisata alam, pastikan untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Selalu sedia uang tunai ya, karena di berbagai destinasi wisata alam masih jarang menggunakan pembayaran dengan dompet digital. Satu lagi, selalu buang sampah di tempat dan junjung tinggi peraturan yang sudah ditetapkan. Semoga jalan-jalanmu menyenangkan!

You May Also Like

4 komentar

  1. aku termasuk sering ke bandung nih mba eni, tapi belum pernah ke 6 destinasi ini. kapan2 semoga bisa ke sini, terima kasih ulasannya jadi inspirasi wishlist nih.

    ReplyDelete
  2. di utara semua ini enak, dingin tempatnya

    ReplyDelete
  3. kembali dekat ke alam, pasti rasanya asyik bange ya Mbak jika berkunjung ke tempat-tempat indah di Bandung ini.
    Suasananya bikin adem, benar-benar bisa jadi self healing yang menyenangkan :)

    ReplyDelete
  4. Kangeeen ke Curug Malela lagi. Aku dulu kesana pas belum terkenal, dan aksesnya ampuuuuuuuun 🤣🤣🤣🤣🤣🤣. Kayak mau nyerah tengah jalan, tapi akhirnya trus maju. Jelek parah pokoknya. Begitu sampai, langsung ngerasa ilang semua capek. Bagus banget. Pas pulang, lemes lagi 🤣.

    Jadi penasaran Ama Malela skr. Katanya udh bagus yaaa aksesnya.

    ReplyDelete