Manfaat Literasi Digital Masa Kini dalam Keluarga

by - August 11, 2022


Apa kabar pembaca kesayangan? Semoga sehat selalu, kali ini saya ingin sharing tentang literasi digital masa kini. Sesekali bahas tentang digital ya, hehehe. Karena memang saat ini kita hidup di era digital, di mana kehidupan  dipermudah dengan adanya teknologi, salah satunya adalah internet yang membuat dunia serasa dalam genggaman. 




Nah, saya mau tanya nih,  khusus untuk para ibu. Menurut kalian, era digital ini lebih banyak memberikan dampak positif atau negatif bagi keluarga?  Kalau membawa dampak negatif, apa saja dampaknya, dan kenapa bisa memberikan dampak negatif? Lalu jika memberikan dampak positif, apakah dampak positif tersebut, dan bagaimana kalian bisa membuat menjadi berdampak positif dalam keluarga?

Sebab, sering saya mendengar cerita seorang ibu atau statusnya di media sosial, bahwa dampak era digital ini banyak yang negatif. Diantaranya anak yang jadi kecanduan gadget untuk bermain game, menonton di youtube, terutama saat pandemi ini. Sehingga anak menjadi pasif, terpapar tontonan yang belum waktunya, atau orang tua yang jadi keasyikan nonton dan tidak berinteraksi dengan anak-anak.


Pentingnya Literasi Digital Masa Kini




Padahal dengan adanya teknologi internet ini benar-benar memudahkan kita, untuk itulah sebagai ibu atau orangtua kita harus menguasai literasi digital masa kini agar bisa menggunakan media digital seperti internet dengan benar dan bijak. Sehingga memberikan dampak positif ke keluarga, khususnya anak-anak.

Ketika membuka youtube banyak sekali konten yang disajikan seluruh masyarakat dunia pengguna youtube. Namun sebenarnya  jika kita cerdas mencermati, di youtube banyak juga terdapat tontonan atau konten yang sesuai usia, buat anak-anak misalnya ada channel  edukatif Nussa Official, Make Me Genius, National Geographic Kids.

Sementara untuk anak-anak remaja ada channel Gita Savitri yang merupakan alumni universitas Jerman, dan mengunggah konten-konten pengalaman di Jerman serta konten-konten info lainnya yang cukup relatable buat para anak muda sekarang. Channel Ruang Guru yang berisi konten-konten pendidikan, yang bagus buat pendampingan belajar para remaja. Karena banyak orangtua yang mulai merasa kesulitan mengikuti pelajaran anak-anak kelas 9 ke atas.

Jadi menurut saya, seharusnya tidak ada lagi alasan dan cemas dengan kondisi saat ini yang serba digital, karena kita bisa memanfaatkan dengan baik ruang digital seperti youtube untuk hal-hal yang positif, bermanfaat, bertanggungjawab, dan  benar. Justru jika kita takut mengenalkan anak-anak pada ruang digital karena alasan-alasan negatif seperti yang saya tulis di atas, sebagai generasi digital, anak-anak akan tertinggal.

Manfaat Literasi Digital Masa Kini di dalam Keluarga 

Saya sendiri sebagai ibu, penulis novel, narablog, sangat terbantukan sekali dengan adanya literasi digital masa kini. Saya jadi lebih mudah menemukan ide-ide dalam menulis novel, seperti saat membutuhkan lokasi dalam novel yang belum pernah saya kunjungi, saya bisa melihat di salah satu channel youtube yang mengunggah lokasi yang saya butuhkan.

Saya juga suka menulis tentang parenting di blog saya, dan ini tentu membutuhkan banyak sekali info. Karena hal-hal yang bersifat edukatif tidak bisa ditulis hanya dengan khayalan, dan asal. Sebisa mungkin memiliki sumber yang tepat,  makanya ada salah satu channel youtube tentang parenting yang cukup inspiratif buat saya, MamaPapa ID.




Anak-anak saya juga dimudahkan sekali dengan tayangan youtube yang sesuai kebutuhan mereka. Terutama saat pembelajaran secara daring waktu pandemi, anak saya sudah kelas 7 dan kelas 10, saya dan suami sudah mulai banyak lupa dengan beberapa pelajaran sekolah secara teori di tingkat tersebut. Alhamdulillah, bisa cari di youtube.

Sementara anak saya yang SD dan batita juga jadi banyak pengetahuan dengan nonton  di channel National Geographic Kids. Binar sampai hafal nama-nama hewan, tempat hidup para hewan, dan jenis-jenis hewan di darat maupun di air. Abang Pendar yang sudah SD juga jadi tahu banyak hal, tidak hanya flora dan fauna, tapi juga sejarah, permainan unik, sains.




Bayangkan, semua itu bisa didapat dengan mudah di youtube, di rumah saja kita bisa mendapat beragam info bermanfaat, pengetahuan dan keterampilan, tentu saja dengan efektif dan lebih hemat, seperti yang saya tulis di atas, era digital membuat dunia dalam genggaman, hehehe. Tapi memang menonton youtube lebih bagus dengan jaringan internet yang kencang atau Fast Internet Provider.

Menikmati Youtube dengan Fast Internet Provider

Karena tanpa jaringan internet yang kuat, menonton youtube akan tersendat-sendat. Jadi konten yang disampaikan tidak maksimal untuk dipahami, dan tidak nyaman untuk dinikmati. Kebetulan di rumah, saya memakai wifi internet IndiHome dari Telkom Group, yang merupakan fast internet provider, meski di lokasi saya tinggal masih jarang dijangkau provider lain.




Saat hujan juga tidak perlu khawatir, karena perangkatnya sudah menggunakan jaringan optik. Tidak seru kan, misalnya saat menonton youtube tutorial membuat prakarya, tiba-tiba harus dimatikan karena hujan lebat dengan suara petir. Sementara tugas prakarya harus dikumpulkan besok pagi.

Makanya saya senang dapat menjadi salah satu pelanggan IndiHome, dan semakin semangat mencari konten- konten sehat di youtube untuk inspirasi saya dalam menulis, serta mengedukasi anak-anak saya. Percayalah, apa yang kita cari, itu yang akan kita temukan. Kalau kita mencari konten yang sehat di youtube, Insya Allah itulah yang kita dapat.


You May Also Like

12 komentar

  1. Anak-anaku aja susaaah banget disuruh baca buku, karena ya itu udah kenal gadget, tapi memang sih, tontonan di Youtube ini harus disaring dan diberikan pengawasan, pengertian juga, supaya literasi digitalnya bisa diterapkan dan dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak

    ReplyDelete
  2. penting banget ini keluarga menguasai literasi digital biar enggak kebawa arus informasi yang deras begitu aja

    ReplyDelete
  3. Oh National Geographic Kids itu ada to Mbak? Aku kalau nyalain UseeTV sukanya si Otong, gak tau kalau NG itu ada yg kidsnya T_T

    ReplyDelete
  4. literasi digital ini memang penting, dk segala tinfkatan usia ya mba.. trmksh sharingnya, jadi melek informasi ini nih..

    ReplyDelete
  5. Jadi ibu emang harus melek digital ya mendampingi anak-anaknya, jangan sampai deh kemakan hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah setuju banget dg hal ini. jangan sampai kslah gesit dg anak2 sehingga tdj bisa mendampingi mereka dg lbh baik di era digital ini..

      Delete
  6. untuk bisa mendampingi anak - anak secara maksimal, kita juga harus aware dan melek digital yaa mba

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah kalau di aku karena sudah dibiasakan sejak kecil mereka senang baca buku jadinya. Apalagi si sulung yg sudah jadi kutu buku. Tinggal si bungsu yg agak terganggu gadget nih...huhu..

    ReplyDelete
  8. Tetap menjadi orangtua yang bijak dan melek literasi digital karena saat ini informasi kian cepat dan semoga bekal yang kita tanamkan kepada anak membawa anak-anak bisa memanfaatkan internet untuk kebaikan.

    ReplyDelete
  9. Saya pernah bilang gini ke anak saya yg SMA : Sekarang enak Kak, bljr bisa dimana aja, bukan hanya di sklh. Bisa dari youtube atau media online lainnya. Anak saya jawab, gak bisa bu, kalo dari youtube, ada yang gak ngerti gak bisa langsung nanya. Kalo di sklh, gak ngerti bisa langsung nanya ke gurunya. Ada benarnya juga 😁

    ReplyDelete
  10. Bermanfaat sekali memiliki jaringan yang lancar untuk menimba ilmu dan bahkan untuk anak-anak bisa mengedukasi karena konten anak juga banyak yang bagus dan baik untuk perkembangan sesuai usianya.

    ReplyDelete