Ide Membuat Konten Bersama Si Kecil

by - May 08, 2023

 



Era digital saat ini memang banyak memberikan dampak positif, diantaranya semua informasi didapat dengan mudah hanya dengan browsing dari smartphone maupun komputer. Kita tinggal memiliki provider yang memiliki jangkuan internet yang luas, sehingga lancar ketika berselancar mencari info-info yang kita inginkan atau butuhkan. 

Tidak seperti jaman dulu, mencari informasi harus membeli majalah, koran, atau tabloid, itu pun tidak lengkap karena temanya setiap edisi berbeda-beda. Belum lagi setiap media cetak memiliki niche yang berbeda-beda, misalnya majalah wanita, majalah kesehatan, majalah sport, majalah bisnis. Bisa dibayangkan jika kita butuh semua info tersebut, harus membeli beberapa majalah.

Sementara era digital hanya dengan sekali mengetik kata kunci, maka semua informasi tersebut akan didapat dalam sekejap. Kita bisa memilih mana artikel yang cocok dengan kebutuhan, jika ingin mencari tema lain juga tinggal browsing, beres. Sesimpel dan semudah itu menikmati kelebihan era digital.

Era Digital Membuat Peluang Kerja Lebih Mudah

Tidak hanya itu, era digital juga membuat lapangan pekerjaan menjadi lebih mudah, bahkan kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, salah satunya menjadi konten kreator di media sosial, seperti instagram, tiktok, youtube, dan blog. Saat ini banyak sekali masyarakat yang membuat konten-konten di media sosial dan menghasilkan materi yang cukup besar, sampai besar sekali.

Ada temen saya, suami istri yang memutuskan untuk resign dari kantor, dan fokus menjadi konten kreator di youtube. Mereka mengambil niche kuliner, dimana semua konten-konten vidionya menyajikan tentang beragam kuliner, dari kuliner lokal sampai luar Indonesia. Kuliner yang langka dan tidak dikenal sampai kuliner yang viral.

Mereka memang konsisten sekali dalam pekerjaannya sebagai konten kreator, baik dalam sisi pengambilan gambar, pengeditan, dan pencarian ide-ide baru. Karena penontonnya atau followers pasti menuntut video-video yang berbeda atau memiliki sesuatu yang baru, maka agar tidak kehilangan penonton atau followers harus bisa menyajikan hal-hal baru.

Tapi tenang, era digital membuat semua jadi mudah, terutama jika internet provider yang kita pakai jaringannya luas, tidak tersendat-sendat, sehingga mau browsing apa saja untuk mencari ide-ide konten jadi lebih mudah. Sebab mencari konten-konten vidio itu harus memiliki sinyal internet yang kuat.

Ide Membuat Konten Bersama Si Kecil




Saya pun sebagai ibu rumah tangga mantan pekerja kantor, ikut memanfaatkan era digital dengan menjadi konten kreator di instagram, tiktok, dan blog. Alhamdullilah, pekerjaan ini selain membuat saya tetap bisa eksis berkarya lewat konten, juga memberikan penghasilan yang  bisa diharapkan. Tidak hanya saya loh, ibu-ibu rumah tangga lainnya pasti bisa memberdayakan diri di era digital ini.

Tidak perlu sulit-sulit memikirkan akan membuat konten apa, apalagi memikirkan lokasi membuat konten  dan media yang akan dikontenkan. Karena kita bisa juga mengajak Si Kecil ngonten bareng, tidak perlu konten yang sulit-sulit dan membuat Si Kecil enggan atau letih. Konten bisa kita buat secara natural, misalnya ketika Si Kecil sedang bermain, membaca buku, atau membuat karya.

Binar ( 4 tahun) senang sekali membaca buku cerita ala dia, jadi meski tidak bisa membaca, Binar suka sekali membuka buku-buku cerita dan berimajinasi sesuai apa yang dia lihat. Hal ini saya abadikan dalam video dan memberikan inspirasi kepara para ibu agar mengenalkan anak-anak mereka mengenal buku sejak dini. Kegiatan ini sangat bermanfat juga bagi perkembangan anak ketimbang anak banyak main gadget. Atau Binar sedang menggambar, bermain cat air, dan sebagainya.




Semua itu adalah aktivitas yang bisa dijadikan konten edukatif, konten-konten bermanfaat. Pengambilan konten bisa di rumah, atau di sekitar rumah. Bisa juga saat Si Kecil sedang bermain di playground, jadi ngonten tanpa mengganggu aktivitas anak dan terasa tetap menyenangkan. Apalagi kalau pakai IndiHome dari Telkom Indonesia. Insallah jaringan internet lancar dan cepat, sehingga membantu sekali dalam membuat konten.

Yuk, mulai kreatif membuat konten edukatif yang bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi para ibu lainnya, selamat ngonten ria!

You May Also Like

3 komentar

  1. iya aku juga kalau ngonten sama saki biasanya ngonten seputaran kesukaan dia aja, ke taman, pulang sekolah beli eskrim, baca buku pokoknya yang dia suka aja, alhamdulillah malah jadi makin erat bonding sama saki kalau udah ngonten bareng

    ReplyDelete
  2. Bukan hanya kaum emak yang bisa manfaatin kemajuan dunia teknologi ya Mbak. Anak-anak pun sekarang banyak yang bisa berpenghasilan dari sana.

    ReplyDelete
  3. tidak hanya hobi Ibu saja, dari hobi ataupun kesukaan anak juga bisa jadi konten yang bermanfaat dong ya.
    anak dan ortu pun bisa jadi semakin dekat dengan adanya kegiatan positif ini :)

    ReplyDelete