Friday, October 23, 2015

Menjadikan Media Blog Untuk Berbagi

Lintang-Pijar-Pendar
Selain seorang penulis novel, owner OS Buku, saya ini emak 3 anak. Yang bungsu, Pendar baru berusia 11 bulan. Nah, buat si bungsu ini saya senang betul berkreasi dengan aneka Mpasi homemade, stimulasi dini pengenalan buku-buku kepada baby, perkembangan tingkah polahnya. Pokoknya, saya sering mengulas baby saya dalam berbagia versi.

Sementara untuk dua kakaknya, Lintang-Pijar yang berusia 11 dan 7tahun. Saya senang mengamati perkembangan mereka. Entah, tentang sosialiasi, sekolah, hobby, kepolosan mereka saat bertanya banyak hal yang membuat kepala para orang tua dipenuhi pentungan tanda tanya. Seperti, waktu Pijar bertanya: Bu, kapan sih bulan madu itu? Mas cari kok di tanggalan gak ada...Gubrak!


Baby Pendar Yang Selalu Rusuh



Awalnya semua itu saya tulis cuma di media sosial facebook, yang kebetulan membernya mencapai 5000, 1000an belum bisa saya konfirm. Maklum saya belum punya waktu banyak kalau harus mengelolah dua akun facebook,  karena saya juga rempong ngurus akun IG, Twitter dan blog ini. Terutama sih mengurus baby bolo-bolo si Pendar. 

MPasi Homemade Pendar




Nah, tulisan-tulisan saya itu mendulang banyak respon positif. Dari respon tertawa karena cerita-cerita tentang pertanyaan polos nan jleb dari anak-anak, sampai tentang Mpasi home made Pendar yang mengikuti metode Mpasi WHO. Bahkan kemudian beberapa temen di facebook, mengakui sebagai fans Pendar, mereka selalu menantikan segala hal tentang Pendar. Terutama sekali, resep-resep Mpasi homemade.




Resep Mpasi buat baby flu
Karena di media sosial facebook, foto atau artikel yang diupload tercampur-campur. Banyak teman-teman yang mengeluh kesulitan mencari cerita-cerita, resep Mpasi dan resep herbal yang sering saya share atau upload. Resep-resep herbal untuk bayi bapil, bayi diare karena alergi makanan, bayi sembelit atau resep herbal untuk bapil anak-anak seusia Lintang dan Pendar.

Juga banyaknya inbox yang selalu tanya seputar itu, lumayan letih dan buang waktu kalau harus jawab satu-satu dengan pertanyaan yang itu-itu juga. Tapi, jika tidak saya jawab...kok ya, tidak sampai hati. Terlebih pertanyaan penting tentang bayi sakit, atau curhat seorang ibu yang stres BB bayi tidak kunjung naik, dsb.

Sering, tengah malam saat saya sedang menulis..tahu-tahu masuk inbox (selama saya menulis, memang facebook sering masih on, karena buat teman)..pletung! Inbox seorang ibu yang kebingungan bayinya panas, sementara sendirian, jauh dari toko obat. Selain memberi resep herbal untuk pertolongan pertama, saya juga memberi support supaya tidak cemas. 

Lalu banyaknya permintaan dibuatkan album Mpasi homemade ala WHO. Maka kemudian, saya memutuskan untuk menulisnya semua di blog. Setelah bisa mengatur waktu pasca melahirkan, dimana baby Pendar sudah bisa asyik bermain dengan mainannya, baru lah semua itu saya wujudkan pelan-pelan. Memindahkan foto-foto, artikel, dan lain-lain, ke blog.  

Saya dan blogger keren Leyla Hana: Teman dekat, temen ngobrol-curcol -debat

Tentu hal ini butuh motivasi, secara saya sempat vacum ngeblog sejak fokus hamil, melahirkan, dan mengurus baby. Salah satu motivasi untuk mewujudkan terjun lagi ke blogger: diskusi dengan teman saya, blogger keren plus Mak rempong: Leyla Hana. Aktif lagi di group keren KEB (Kumpulan Emak2 Blogger), ngintip-ngintip blog teman-teman yang bikin ngeces, salah satunya blog Emak Gaoel. Sampai akhirnya malah nemu info keren lomba Go For It Blog Competition , meski waktunya pas DL.

Hal-hal itu ternyata menjadi kompor yang meledakkan. Saya yang semula sempat menunda-nunda memindahkan semua foto-artikel ke blog, sangking banyaknya dan riwehnya waktu. Jadi wussss...setiap ada waktu segera boyongan. Satu persatu artikel, dari artikel kehamilan agar bayi yang dilahirkan sehat, artikel tentang bullying di dunia anak-anak, artikel Mpasi WHO, dll. Insaallah, akan terus menyusul artikel-artikel lainnya.

Alhamdullilah, respon pembaca senang.

Sebab, tujuan saya dari awal ngeblog ingin berbagi semua pengalaman yang bermanfaat bagi pembaca. Buat saya pribadi, bisa berbagi hal manfaat tersebut memberi rasa kepuasan tersendiri, soal efek dari tulisan itu di hal materi...siapa sih yang tidak berminat hobby kita menghasilkan materi?
Tapi tentu itu bisa menyusul, seperti sebuah kata-kata bijak: Apa yang kamu petik, adalah apa yang kamu tanam. Yang terutama tetap ngeblog ini bisa bermanfaat buat pembaca. Meski menulisnya dengan mencuri waktu dari kerusuhan baby Pendar, seperti saat menulis artikel ini yang merupakan lomba   Go For It Blog Competition  dari blog Emak Gaoel, saya sambil ASI baby Pendar!

Kenapa sih, saya ikutan ini lomba?

Laptop sahabat setia ngeblogger
Karena selama ini saya ngeblog mengunakan laptop. Nih, dalam lomba ini untuk menulis draf artikelnya saya menggunakan aplikasi Microsoft Office Word 2007, foto-foto yang saya gunakan aplikasi foto editor.Hare  gene, ngeblog hanya lewat laptop.. rempong, Mak! Makanya saya berharap bisa membawa pulang salah satu hadiah dari even  Go For It Blog Competition  si keren Smartfren Andromax.


  

Go For It Blog Competition

0 comments:

Post a Comment

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.