Wednesday, February 3, 2016

Nasi Kuning Lezat dan Sehat



Siapa yang pernah membayangkan alangkah rumitnya membuat nasi kuning, ngacung? SAYA.

Yups, saya sebenarnya tidak suka memasak, malas memasak tapi setelah menikah meski tetap mengalami ‘ogah masak’ dan kalau kumat...sering beli masakan matang, paling buat anak-anak saja masak sedikit (jangan ditiru), tetap ya saya akan memasak kalau suami dan anak-anak sudah ngeroyok dengan request menu.

Suatu hari anak saya bilang, Ibu bisa gak masak nasi kuning?

WHAT? Dulu waktu kecil saya inget, ibu saya selalu terlihat ribet kalau masak nasi kuning. Biasa ibu saya memasak nasi kuning untuk moment tertentu, seperti: Hari kelahiran anggota keluarga, hari pernikahan ibu dan bapak, atau pun selamatan syukuran lainnya.


Iya, Bu, sekali-kali masak pas anak-anak ulang tahun buat dibagi-bagi tetangga, suami saya ikut mengompori.

Kalau beli gak enak,Bu, terasa kunyitnya, nasinya keras, sambut anak saya lagi.

Ya, ya...hati saya lumer juga. Maka saat ulang tahun Lintang dan Pendar bulan November kemarin (ulang tahun anak sulung dan bungsu saya ini berdekatan, Lintang tanggal 28 November, Pendar 17 November).

Tapi kalau gak enak gimana? Malu banget bagi-bagi ke tetangga, kata saya ragu.

Sudah, Ibu buat saja. Masak nasi uduk saja enak banget, ya..kalau gak enak gak usah bagi-bagi tetangga, kata suami saya.

Baiklah. Maka mulailah saya berkhayal citra rasa nasi kuning, kebetulan nasi kuning  yang paling enak itu buatan ibu saya. Rasanya gurih santan, daun-daunan penunjang: salam dan kawan-kawannya, tekstur bulir nasinya lembut berminyak. Beda kalau beli, bulir nasinya biasa, cenderung pera, didominasi bau lengkuas dan kunyit yang kuat.

Sepertinya bumbu nasi kuning sama dengan nasi uduk, cuma gimana ya caranya agar kuning bagus tapi tidak beraroma kunyit yang kuat supaya anak-anak doyan? berikut hasil  khayalan saya..ehmmm

RESEP NASI KUNING:
One Step:
  • 1 liter beras cuci, taruh di panci
  • Santan dari  satu butir kelapa yang tua , masukkan ke panc berisi beras. Airnya santan ukur sebatas ruas jari telunjuk
  • Parut dua batang kunyit  berukuran sedang, peras dan saring. Masukkan perasan kunyit ke dalam panci berisi beras dll tsb. Peras lagi jika warna kuning kurang terang, saat memeras gunakan air santan di panci
  • Masukkan lengkuas sebesar jempol orang dewasa, dua batang serai, dua batang daun pandan, 4 lembar daun salam, garam dan gula putih secukupnya.
  • .Jerang panci berisi beras lengkap dengan api  sedang
  • Aduk terus adonan nasi kuning hingga santan kering/asat, angkat. Aduk yang rata ya,Moms. Biar semua menyatu dan warna kuningnya merata.

Two Step:
  • Masak air dalam dandang
  • Setelah dandang panas, masukkan aronan nasi kuning,  kukus hingga 1 jam

Nasi kuning jadi dengan warna yang cantik, aromanya gurih-wangi, rasanya... Mak Yusssss. Karena bulir nasi lembut dan berminyak. Ternyata resepnya nyarisss sama seperti resep NASI UDUK.

Alhamdullilah, saya sukses membuat nasi kuning untuk ulang tahun Lintang&Pendar, tetangga juga memuji plus tanya resepnya. Mereka bilang gurik, enak, kuningnya bagusss tapi tidak berasa atau pun berbau kunyit.

Nasi kuning saya sajikan bersama: tempe kering, telur dirajang, perkedel kentang-kornet, ayam goreng, bawang goreng- emping dan mentimun.


Untuk hari pertama buat nasi kuning, saya bisa membuat 20 porsi dengan beras 4 liter...Insaallah setiap moment tertentu saya akan membuat nasi kuning lagi ^_^

3 comments:

  1. Waaaaah... cobain ah resepnya. Makasih Mbak :)

    ReplyDelete
  2. @Ocy: jangan lupa setelah dicoba testimoninya yaaaaa

    ReplyDelete
  3. tipsnya kalau pakai magicom dong maks.. maklum anak kosan

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.