Sunday, February 7, 2016

Resep Sambel Tempe Penyet... Rasa Mewah

Tempe Penyet


Sebenarnya ini menu kuliner yang sangat sederhana, baik dari segi buget, cara mengolahnya, tapi rasanya bisa jadi tidak sederhana. Apalagi  jika diantap disaat lapar bersama nasi liwet panas...Mak Yusss. Buatnya pun secara kilat, wussss...siap disajikan panas-panas.  Namun semalam kuliner ini jadi sangat tidak sederhana tapi begitu MEWAH buat saya hehehe.

Kemarin seharian kami sekeluarga keluar rumah dari pagi hingga menjelang malam, kita makan malam habis magrib. Tapi rasanya makan di luar tetap kurang nendang, karena malamnya saya dan suami merasa lapar dan ketika  menengok dapur....trantam!

Rice cooker kosong, lauk pauk kosong, terakhir buka kulkas hanya ada tempe Malang. Lari ke dapur cuma ada bumbu dan seekor ikan asin gabus yang tergantung di plastik hitam pada dinding, balik lagi deh ke ruang tamu... milih ngetik. Habis suami juga gak respon banget kalau dirinya lapar, dia asyik nonton TV setelah tadi sempat bilang: Lapar juga nih. Sementara jam juga sudah menunjukkan hampir pukul 12 malam.


Saat saya asyik ngetik (baca: chat) di facebook, maklum cuma malam bisa bebas ngobrol sama temen-temen bercerita atau diskusi apa saja. Tapi, tidak lama kemudian suami tanya cara membuat bumbu tempe penyet, saya kasih tahu secara detil. Tsaaaah...bumbunya cuma mudah kok, sok-sok ngasih detil hehehe.

Resep Sambel Tempe Penyet:
Bawang putih 3 siung
Cabe orange (cabe setan) 5 pcs
Cabe rawit 7pcs
(banyakanya cabe dan bawang putih sesuai selera ya)
Ulek kasar bersama gula dan garam secukupnya
Masukkan potongan tempe yang baru digoreng, penyet dicobek bersama sambal dan tuangkan 1-2 sendok minyak panas

Siap disajikan, kalau mau pakai ayam goreng: ayam digoreng, geprek hingga dagingnya memecah di atas bumbu tempe penyet. Lumurin ayam penyet dengan bumbunya...uenak!!!

Singkat cerita tidak lama kemudian tercium aroma ikan asin di ruang tamu, saya lari ke belakang. Di  meja kayu cokelat sudah tersaji: Tempe goreng, ikan asin gabus goreng dan...dalam cobek batu ada sambel tempe penyet.

“Ayah masak malam-malam?”

Suami cuma mengangguk sambil menunjuk ricecooker yang sudah mengepulkan aroma wangi nasi matang. “Yuk, makan bareng. Ibu yang ambilin buat Ayah, ya...”

Dan malam itu, dalam sepi kami makan di teras...ditemani daun-daun yang  dicumbu angin, didampingi bintang yang centil di langit luas, yang bisa dengan mudah kami intip begitu mendongak. Sesekali kami ngobrol, tertawa, dan membahas berbagia hal.

Aniv

Kadang, kita dianugerahi olehNya sebuah kesederhanaan tapi diberi perasaan yang  tidak sederhana karenaNya. Terima kasih Ya Rabb..di tahun ke 11 atas kebersamaan kami, Kau berikan kesederhanaan yang menjadi tidak sederhana dan kami jarang menyadarinya, karena kemewaah fantasi memenuhi indera mata dan perasa.


7 Februari 2005-7 Februari 2016

13 comments:

  1. wah, mantap, sambel tempe penyet, di daerah ku juga ada, biasanya dikasih gorengan terong,,,huffft mantap bangetttt,,heheheeee

    ReplyDelete
  2. @Edy: Waaah..ide bagus itu, lebih enak lagi terong ungunya dibakar ya, jadi pengen segera eksekusi

    ReplyDelete
  3. temep keseukaanku banget niih mbak. makasih respenya ya

    ReplyDelete
  4. Wah... ini makanan sederhana namun enak nih pastinya.. bikin ngiler, untung ada resepnya bisa dipraktekkan di rumah nih..

    ReplyDelete
  5. Kalo pas sedang jalan2 rame2 bareng keluarga pengen bikin ini buat bekal di jalan...

    ReplyDelete
  6. Kalo tempe sdh jadi menu wajib saya...mau diolah kayak apapun okey okey waeee la

    ReplyDelete
  7. woh, belum pernah nyoba nih sambel penyet tempe, pedas-pedas nikat ya, hehehe

    ReplyDelete
  8. @Rita: Ayuk, segera praktekan, Mba. gampang banget

    ReplyDelete
  9. @Jalan-Jalan Rita: Makannya sambil gelaran di atas rumput ya, pikninnya out door..yuhuuu

    ReplyDelete
  10. @Agusmas: Ini makanan sejuta umat ya, Mas. diolah apa saja memiliki rasa khas yang ngangenin

    ReplyDelete
  11. Selamat ya Mbk ... Keren romantis banget ayah ya hihi

    ReplyDelete
  12. @Ika: Dicoba mba, sangat mudah resepnya kan
    kalau bosan dengan tempe bisa diganti ayam atau diganti terong ungu dibakar. haduww malam-malam saya lapar

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.