Friday, August 5, 2016

Waspadai Bayi Stres Saat di dalam Kandungan


Hai, Moms

Kali  ini saya mau nulis tentang bumil dan bayi, kebetulan juga dua hal tersebut belum lama saya lewati. Kini si kecil Pendar sudah berusia 20 bulan, bukan bayi lagi tapi batita yang mulai beranjak sok tahu hehehe. Tapi rasanya tetap seperti baru kemarin ya, padahal sudah 20 bulan berlalu.

Oya, bahas tentang bumil dan bayi ini berhubungan dengan undangan yang saya terima Minggu, 31 Juli 2016 kemarin. Acara yang diprakasai oleh Mother&Bayi dan Sweety Gold di Igor’s Pastry&Cafe ini mengangkat tema: Kenali Stres Bayi Dalam Kandungan. Penting banget nih diketahui karena bukan mustahil banyak sekali wanita hamil tidak mengetahui bayi yang dikandungnya stres dan mengapa bisa stres, bagaimana menanggulangi stres itu. Baiklah, yuk disimak oleh-oleh materi dari acara tersebut yang akan saya tulis berikut ini.

Saat saya datang nyaris pukul 10 pagi..WOW! Seisi ruangan gold semua, berasa di ruang wedding party. Pokoknya semua Moms yang datang cantik banget, banyak Moms yang sedang mengandung, undangan selain blogger, tentu saja member club Mother&Baby. Acara yang mendatangkan narasumber DR.dr. Taufik Jamaan SpOG, artis cantik Titi Kamal, Mba Stella Brand Manager Sweety, Wulan Mom & Jo dan MC yang sudah sangat familiar buat saya, mba Amy Zein. Sebab beberapa kali datang ke acara parenting, mba satu ini jadi MC’nya.

Mengenali Stres Pada Janin

DR.dr.Taufik Jamaan SpOG
Nah, dibuka deh topik utama acara ini oleh DR.dr Taufik, beliau menerangkan tentang janin yang stres, yaitu sebuah kondisi dimana bayi merasa ada ancaman terhadap kehidupannya di dalam kandungan. Loh, kok bisa? Iya bisa. Faktor yang membuat janin atau bayi dalam kandungan stress antara lain:

  • Gangguan aliran darah dan oksigen dari ibu ke janin
  • Ibu yang menderita anemia, demam
  • Gangguan asupan kalori ke janin
  • Air ketuban kurang
  • Ibu stres atau depresi
  • Proses persalinan yang lama
  • Ibu sakit
  • Terlilit pusar, dsb
Dan penting banget adalah ibu hamil jangan sampai stres, sebab ibu stres maka bayi juga stres-koneksi ibu ke bayi itu sangat kuat. Karena itu sebaiknya ibu hamil dipahami apa penyebab stresnya agar mudah ditanggulangi dengan cepat kondisi stres tersebut.

Para calon Moms umumnya mengalami stress karena adanya perubahan-perubahan yang cukup sinigfikan baik secara fisik dan mental. Namun kebanyakan perempuan hanya menyiapkan perubahan fisiknya saja, seperti beli baju hamil-pakai cream yang mencegah perubahan kulit masa hamil, dll. Tanpa  menyadari faktor emosional juga akan berubah (catet).

Tahu gak, Moms, apa efek ibu stres ke janin? Bayangkan, apabila stres si ibu sudah akut akan menyebabkan kematian pada bayinya karena bayi yang stres  mengalami kekurangan asupan oksigen akan membuat otot dibagian anusnya melemas. Melemasnya otot anus akan membuka jalan kotoran untuk keluar dan mengotori ketuban. Air ketuban yang kotor akan meracuni bayi.

Waaah, jangan sampai deh ibu hamil mengalami stres ya, Moms. Mari kita cegah ibu hamil stres dengan cara (perlu nih dibaca pasangan-suami):

  • Selalu berpikiran positif dan bergembira selama kehamilan
  • Memastikan asupan yang baik dan bergizi untuk janinnya
  • Mengatur pola makan dan olah raga seimbang
  • Sering komunikasi dengan suami dan keluarga
  • Dukungan dari suami dan lingkungan terdekat memicu hormon baik
  • Relaksasi dan melakukan hal  yang membuat ibu senang
Bumil itu harus BAHAGIA
Si Kecil Tumbuh Sehat
Aih, jadi teringat saaat saya hamil kemarin. Support suami penting banget karena setelah kehilangan anak ketiga (meninggal usia 5 bulan saat sedang lucu-lucunya), kehamilan keempat kemarin saya jadi over cemas, over sensi, dsb. Dukungan suami, belaian lembutnya membuat saya tenang dan bayi dalam janin happy dan nyaman ternyata. Jadi Alhamdullilah, kehamilan keempat diusia 38 tahun dilewati dengan baik dan mudah. Bayi yang saya lahirkan pun sehat dan pertumbuhannya bagus.

Berbeda dengan  kehamilan saya ketiga, dimana kondisi tidak siap, sikon tidak mendukung, jadilah saya mengalami kesedihan dan bayi yang dilahirkan tidak sesehat kakak-kakaknya (meninggal di usia 5 bulan). Jadi benar banget pengaruh ibu stres itu jatuh ke janin. Saat itu saya juga melahirkan lebih cepat dari jadwal, usia kehamilan kurang dari 9 bulan, membuat persiapan juga tergopoh-gopoh.

Karena itu selain mencegah ibu  hamil stres, kita juga harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk kelahiran si kecil ini. Seperti:


  • Mempersiapkan  mental menuju kelahiran
  • Rutin berkomunikasi dengan Dr.Obgym
  • Rencanakan melahirkan ditolong oleh dokter atau bidan difasilitasi kesehatan
  • Mempersiapkan peralatan yang dibawa ke rumah sakit untuk ibu atau bayi
  • Ini bener banget loh, sebab 4 kali lahiran semua tidak seusai HPL. Kalau sudah siap begitu, tinggal melahirkan saja tanpa beban ini itu. Juga memudahkan seseorang yang akan mendampingi kita dalam proses melahirkan atau menuju rumah bersalin.

Titi Kamal-Juna dan Diapers


Selesai  membahas seputar jani stres, kini beralih ke Titi Kamal yang hadir membawa buah hatinya, Juna. Waah, Juna kok mirip-mirip Pendar ya hehehe. Titi sebagai ibu yang super sibuk-artis tetap memperhatikan kebutuhan si kecil selain nutrisi, stimulasi, tentu saja hal urgen buat anak-anak seusia Juna adalah diapersnya karena diapers ini bisa jadi sumber dari rasa nyaman dan tidak nyaman.

Anak-anak yang memakai diapers tidak nyaman pasti akan rewel dengan masalah ruam-alergi, kebocoran popok, lembab yang menyebabkan jamur. Belum lagi kalau pas bobo akan mudah terbangun-bangun dengan diapers yang tidak nyaman. Sssttt...memangnya diapers apa sih yang dipilih Titi buat Juna?

Sweety Gold. Hah, Sweety?

Mengenal Sweety


Menyebut prodak diapers Sweety saya jadi teringat 10 tahun lewat, saat memiliki anak pertama, Lintang, kini dia sudah tumbuh menjadi gadis kecil berusia 10 tahun lebih. Saya tidak lupa dulu sweety sempat jadi trouble karena mudah bocor, perekat dibagian pahanya kendur dan..materialnya banyak mengguna plastik sehingga menimbulkan ruam dan bunyi kremeresek.





Ooh..Sweety sekarng lembut
Tapi ternyata..trantaaaam! Sweety rupanya sudah berinovas sedemikian rupa. Saat dibagi-bagikan sampel Sweety Gold ke peserta, termasuk saya. Diapersnya ringan-lembut-tidak ada material plastik seperti dulu. Ah, jadi pengen lebih kenal Sweety Gold kalau begini...

Sweety Gold

Baru saya tahu, ternyata Sweety adalah produk Indonesia asli dan telah teruji klinik oleh Australian Dermatologist sebagai popok yang aman untuk kulit bayi sensitif. Dan satu-satunya diapers pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi diamond layer dan bertektur berlian.

Kelebihan tehnologi diamond layer:


  • Permukaan popok cepat kering dalam satu gerakan, cairan lebih terserap merata sehingga permukaan popok cepat kering dan tidak lembab.
  • Extreme softness. Bahan yang extra lembut dan nyaman di kulit bayi
  • Overnight. Anti bocor semalaman membuat si kecil tidur nyenyak
  • Tehnologi diamond juga membuat cairan 15% lebih  merata sehingga tidak menumpuk ditengah.
Baru tahu kan, buat saya pribadi baru tahu ini tentang Sweety, termasuk macam jenisnya Sweety Gold:
  1. Sweety Comfort Gold: model diaper dengan perekat
  2. Sweety Pantz Gold: Model celana

Dan, diapers ini ada indikator warna sebagai warning sudah waktunya popok diganti alias sudah penuh. Kebetulan Pendar dapat goodiebag Sweety Pantz Gold, jadi begitu indikatornya berwarna biru....langsung deh ganti. Jangan lupa ada disposabe tape-nya sehingga bisa langsung dibungkus rapi diapers yang kotor itu (seperti pada gambar di atas).


Dan, Moms bisa bergabung di Sweety Parent Academy : www.sweetycare.com banyak kebaikan disana dan juga hadiah loh. Penasaran, silakan sign up saja, Moms ke lin tersebut.

Massage Bumil

Massage Bumil
Ternyata setelah menerima ilmu dari DR.Dr. Taufik, pada acara penutup ada  ilmu massage buat bumil dari mba Wulan-Mom&Jo. Kita bisa loh, massage sendiri di rumah dengan metode jemari telunjuk-tengah-manis. Saya praktekin langsung, duh jadi ngantuk deh yang sempat saya praktekin adalah gerakan massage:
  • Wajah:
Kening: Jari telunjuk kedua tangan memijat pelan dari arah tengah dahi hingga ke pelipis, lalu berikutnya jari tengah jari  manis, dengan gerakan arah yang sama seperti jari telunjuk.
  • Dagu: 
Jari telunjuk memijar lembut dari tengah dagu ke arah tulang pipi.

Bener deh, gerakan ini gak hanya buat bumil, kita yang ga hamil saja  merasakan rileks. Oya, satu lagi yang saya simak, yaitu gerakan buat ibu hamil yang suka mengalami kram. Konon, kata dokter kandungan saya-kram bisa terjadi karena asupan kalsium yang kurang.

Angkat kaki yang kram ke atas kursi
Gerakan: duduk di kursi, naikan satu kaki yang kram ke kursi, gunakan kain panjang untuk mengait kaki dan tarik hingga kaki terasa pegal.Sebenarnya ini bisa dilakukan oleh suami ke istri yang sedang kram kaki, yaitu menekuk kaki ke arah dalam dengan lembut berkali-kali hingga kram hilang.
Silaturahmi dengan Leyla Hana
Selain tips massage bagi bumil, juga ada sesi tanya jawab yang berhadiah, the best selfi, dan best live twitter, dan semuanya sukses saya gak dapatin satu pun hehehe. Tapi tetap ya puas, karena dapat ilmunya dan ketemu teman-teman yang akrab tapi jarak rumahnya cukup jauh, Jadi anjang silaturahmi juga pada akhirnya acara ini.


2 comments:

  1. aku g sabar mau make buat adeknya Raffi nanti :") si sweety ini

    ReplyDelete
  2. curaaanggg itu foto lagi aku pas banyakaaaaan

    ReplyDelete

Instagram

Domain Murah

CATEGORIES

>

Mengenal Mpasi versi WHO

MPasi WHO Homemade Yuk, Kenalan Dengan Mpasi Versi WHO Untuk Lintang, Pijar, saya belum mengenal Mpasi versi  WHO. Keduanya saya be...

HEY THERE .....

Eni Martini

Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan ...lifestyle blogger.

COMMUNITY

  • Powered by Blogger.