Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil ~ Duniaeni

Tuesday

Pentingnya Membentuk Kebersamaan Dengan Si Kecil



Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan
Ia akan belajar menemukan cinta dalam ke hidupannya


Kata mutiara yang ditulis seorang penulis dan juga seorang pendidik dan ahli konseling keluarga, Dorothy Law, Ph.D, di atas pasti sudah banyak yang tahu. Tetapi sering kali kita lalai untuk mewujudkan kasih sayang itu, karena berbagai kondisi. Seperti, kondisi ibu bekerja di kantor atau ibu yang sibuk dengan bisnis sampingannya.

Sebenarnya kasih sayang yang bagaimana? bukankah, kita sebagai ibu sudah mengasuhnya, membesarkannya, memberikan apa yang diinginkan anak. Bahkan, beberapa ibu mengakui membelikan segala yang anak inginkan: mainan, gadget, untuk menebus perasaan berdosa karena banyak meninggalkan anak untuk bekerja. Banyak menghabiskan waktu di luar ketimbang di rumah bersama anak-anaknya.

Jika pernah membaca buku karya Gary Chapman dan Ross Campbell, M.D yang berjudul "The Five Languages of Children: Pelukan dan ciuman merupakan cara paling umum untuk menyampaikan sentuhan fisik kepada mereka (anak-anak). Mengingatkan saya pada buku 'The Miracle of Hug' tulisan Melly Puspita Sari: 

Aktifitas berpelukan bersama anak sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.


Gathering Lotte Choco Pie: Together, more!

Acara yang bertajuk parenting ini membuat peserta gathering, yakni para blogger diijinkan membawa anak, karena memang akan ada sesi games seru. Anak-anak dibiarkan bebas bermain di taman sebelum acara games dimulai, sementara para ibu masuk ke ruangan yang terpisah untuk mengikuti sesi dengan para narasumber.


Meksi udara cerah membahana, matahari bersinar sangat penuh, anak-anak tetap ceria dan semangat menikmati aneka permainan yang disediakan di taman bermain. Anak-anak yang semula tidak saling kenal, baru bertemu, sudah berbaur menjadi satu. Mereka bermain kejar-kejaran, menjerit bahagia, dan sebagainya. Di dalam pun, para ibu menyimak acara dengan tenang.

  • Ibu Bekerja Kantor&Bisnis Di Rumah

sumber foto: KEB
Ini untuk ke dua kalinya saya mengikuti Blogger Gathering Lotte Choco Pie atas undangan KEB. Saya sangat bersyukur sekali bisa terpilih untuk ke dua kalinya, karena selalu saja tema yang dibawakan pada gathering dan diangkat Lotte Choco Pie merupakan tema yang sangat menyentuh dunia parenting, hubungan ibu dan anak. Hubungan yang sangat penting untuk pertumbuhan anak-anak, tentu saja dibalancing dengan peran seorang ayah juga.

(Baca artikel Blogger Gathering Lotte Choco Pie yang pertama: Mewujudkan Premium Bonding Moment Bersama Anak)




Acara dibuka oleh Hiroki Ishiguro - President Director of Lotte Indonesia, dan dihadiri tiga wanita sebagai narasumber, yakin Oci C. Maharani - Brand Manager Lotte Indonesia, Carissa Putri- Brand Ambassador terbaru Lotte Choco Pie, dan Psikolog Novita Tandry.


Dalam rangka melanjutkan komitmennya untuk mempererat keluarga Indonesia, LOTTE Choco Pie kembali mengajak para ibu memaknai setiap momen keterikatan dengan kebersamaan yang lebih berkualitas. Kali ini melalui tema “Together, more.”. LOTTE Choco Pie meyakini bahwa beragam cara dapat dilakukan ibu sehingga kebersamaan dapat bermakna lebih bagi ibu dan anak, diantaranya dengan menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan, lebih terbuka dan lebih akrab dalam keluarga, seperti yang diungkapkan Oci:

"Sebagai camilan favorit keluarga Indonesia, LOTTE Choco Pie ingin selalu hadir untuk mendukung terciptanya keluarga Indonesia yang harmonis. Kali ini melalui konsep “Together, more.” LOTTE Choco Pie ingin mengajak para ibu agar dapat lebih memanfaatkan kehadirannya di tengah tanggung jawab yang beragam serta waktu yang terbatas.”


Waktu terbatas, itu yang sering menjadi alasan dan kambing hitam tidak bisa memberikan yang terbaik buat anak-anak. Padahal saat ini dengan semakin terbukanya akses wanita berperan dalam perekonomian keluarga, membuat wanita menjadi multi peran. Dalam sebuah penelitian di Indonesia, wanita menempati posisi penting di perusahaan berada pada urutan tertinggi ke enam dalam daftar.

Lalu bagaimana agar hubungan dengan si kecil tetap terjaga meski kita sebagai ibu juga berperan di luar, baik bekerja kantoran maupun berbisnis?

Topik pembahasan ini yang ditunggu-tunggu dari peserta gathering, termasuk saya. Topik yang akan dibawakan oleh Novita Tandry.

“Tentunya sudah menjadi hal yang umum jika kita menemui ibu modern yang harus bekerja atau membangun usaha sendiri demi mengejar impiannya ataupun tuntutan finansial. Namun meski demikian, seorang ibu harus tetap handal dalam mengapresiasi waktunya. Ibu harus mampu menjalin interaksi atau berpartisipasi aktif dalam tiap momen-momen keterikatan keluarga sehingga kehadiran ibu dirasakan sepenuhnya oleh anak dan tercipta kebersamaan yang berkualitas. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ibu untuk menciptakan kebersamaan yang lebih berkualitas. Saat ibu sedang bersama anak, ibu dapat mendengarkan anak dengan perhatian penuh, menyadari dan mengendalikan emosinya, merespon dan bukan sekadar bereaksi, menerima anak tanpa menghakimi, dan bersikap penuh kasih sayang. Saat ini semua dilakukan, walaupun di tengah tanggung jawab yang beragam dan waktu yang terbatas, ibu tetap dapat menciptakan kebersamaan yang lebih berkualitas yang pada akhirnya akan meningkatkan attachment (hubungan yang dekat antara orangtua dengan anak), keterlibatan orangtua, dan kepercayaan diri orangtua dalam mengasuh anaknya...”

Baru kali ini saya ikut acara dengan tema parenting, terasa menusuk dalam ke hati sampai terkesima hingga akhir kalimat.

“Perlu diingat, melalui keluarga anak belajar segalanya, seperti menambah wawasan, menerima rasa nyaman serta kasih sayang hingga mengenal bermacam-macam nilai sosial sebagai modal pokok tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, Ibu sebagai yang paling dekat dengan seluruh anggota keluarga, menjadi sosok yang berperan dalam memfasilitasi hadirnya momen-momen keterikatan sehingga terwujud kebersamaan yang lebih bermakna.."

  • Pelukan & Ciuman Untuk Si Kecil


"Pelukan dan ciuman inilah salah satu kedekatan ibu kepada anak yang menumbuhkan kasih sayang,"
Kata-kata yang menyentuh hati saya. Bukan hanya saya, tetapi juga dua puluh ibu yang menjadi peserta gathering bersama Lotte Chocopie di Taman Kajoe, 22 April 2017 . Kata-kata yang diucapkan oleh Psikolog cantik, Novita Tandry, kata-kata yang mengingatkan saya pada beberapa buku parenting yang pernah saya baca, seperti diulas sekilas pada pembukaan artikel ini.Tetapi kadang, saya melupakannya. Padahal pelukan dan ciuman buat anak-anak berpengaruh begitu besar pada psikologinya hingga ke masa mendatang.

Novita Tandry juga mengingatkan kehadiran yang sesungguhnya untuk anak adalah kehadiran yang mutlak dalam arti pikiran dan fisik kita memang hadir untuk anak, tanpa gadget, tanpa hal-hal lain. Huwaaaa.. sering kita justru bangga bisa menyambi pekerjaan sambil menemani anak, sedih rasanya mengingat ini.

"They need your presence more than your present..."

Kita, saya, atau ibu di manapun pasti pernah terjebak dalam pemikiran, hadiah sebagai penembus dosa karena kita tidak bisa sempurna hadir untuk anak-anak. Padahal mereka butuh kehadiran kita, bukan hadiah yang berharga mahal, dan sebagainya. Memeluk dan mencium anak dapat dilakukan kapan saja, dan di mana saja. Mungkin awalnya sulit dilakukan karena tidak biasa, tetapi lama-lama hal ini menjadi  biasa dan indah dilakukan.

Moment-moment kecil memeluk dan mencium anak bisa mengobati jeda waktu yang hilang saat ibu bekerja atau sibuk dengan bisnisnya. Misalnya saat anak-anak akan tidur atau bangun tidur, saat berangkat sekolah, saat nonton film di rumah bersama dengan catatan film yang sesuai usia anak. Saat saling bercerita, saat makan bersama, dan lain sebagainya.

"Jangan lewatkan moment ini, jangan biarkan masa kecil anak berlalu begitu saja. Sebab, waktu tidak akan pernah kembali lagi.." sukses kalimat ini membuat air mata saya merembes.

  • Carissa Putri - Kebersamaan Bersama Buah Hatinya



Semua pasti sudah tidak asing lagi dengan artis cantik satu ini, yang sempat rehat ketika melahirkan anak pertamanya, Quenzino atau biasa dipanggil Q. Si kecil tampan yang berambut ikal, mengingatkan pada bungsu saya, Pendar.

Menurut Carissa, sebagai seorang ibu, kebersamaan keluarga merupakan hal yang mendasar. “Baiknya ketika sedang berkumpul kita sama-sama aktif berinteraksi, mendengarkan, bercerita, bermain dan juga tidak menggunakan gadget sehingga kebersamaan berkualitas. Saya pun secara rutin menyediakan waktu untuk mewujudkan momen kebersamaan untuk keluarga yang lebih harmonis, sebagai contoh untuk menghadirkan kebersamaan yang lebih menyenangkan saya mengajarkan warna ke Q sambil menikmati LOTTE Choco Pie..."

Kelihatan betul Q suka sekali Lotte Choho Pie, saat acara si kecil tampan ini minta dibukakan Lotte Choco Pie  dan menikmatinya dengan wajah ceria.

"Jadi saat snacking time, aku minta ambil piring warna tertentu, terus kita makan bareng. Jadi tidak hanya meluangkan waktu untuk anak bermain, namun saya berusaha untuk turut ikut dalam permainan tersebut. Belajarnya dapat, kebersamaannya juga. Rasanya tidak hanya Q yang merasa senang, saya pun ikut merasa senang dan momen ini pun menjadi lebih bermakna bagi kami berdua.”

Carissa ingin Quenzino memahami nilai-nilai positif keluarga sebagai pondasi awal sehingga kelak dapat menjadi pribadi dengan karakter yang baik. Menurutnya, hal ini dapat dicapai jika Ia mendedikasikan waktu yang berkualitas untuk menciptakan kebersamaan yang lebih bermakna dengan sang buah hati.

“Dengan mengkomunikasikan “Together, more.”, LOTTE Choco Pie berharap dapat terwujudnya berbagai together more moment melalui pengalaman-pengalaman yang positif untuk membantu meningkatkan kualitas kebersamaan dan menyempurnakan hubungan keluarga-keluarga Indonesia,” tutup Oci.

Sharing seru pun berakhir dengan sesi tanya jawab, dan kemudian para ibu diminta ke luar menyaksikan anak-anak main games. Air mata yang sempat merembes jadi terhapus saat menyaksikan anak-anak bergembira di luar, di bawah terik matahari.

  • Games Bersama Si Kecil
Sebelum acara games dimulai psikolog Novita meminta para ibu memeluk dan mencium anak-anak yang akan bermain. Terjadi lah adegan hangat peluk dan cium ibu dan anak, kemudian anak-anak dibagi perkelompok untuk bermain games menyusun kata: Lotte Choco Pie.


Ibu&Pijar
Anak-anak dibagi perkelompok
Keseruan bertambah karena para ibu sibuk memberi komando ke anak-anak dan MC yang dibawakan oleh Founder KEB, Mira Sahid, tidak kalah seru mengingatkan para ibu untuk membatasi diri tidak terlalu ikut dalam permainan anak-anak, hehehe. 

Para ibu yang heboh
Team Pijar juara II
Selesai games, anak-anak asyik menghias biskuit Lotte Choco Pie, Pijar membuat 3 biskuit karena teringat Mba Lintang di rumah yang lagi sakit, dan Pendar yang tidak ikut karena Ayah harus menemani Mba Lintang. terharu deh saya sama rasa empati Pijar ke saudaranya.

Menghias Lotte Choco Pie
Hari itu Lotte Choco Pie sudah berhasil membawa para ibu dan anak-anak menikmat kebersamaannya. Buat semua Ibu, jangan pernah lupa meluangkan waktu yang berkwalitas bersama si kecil, sebab waktu tidak akan pernah kembali dan kasih sayang yang kita  berikan pada anak-anak adalah bekal masa depannya.

Quality Time Saya Bersama Anak-Anak

Beberapa kebersamaan saya bersama si kecil mungkin bisa menginspirasi:

  • Menonton film bersama dengan tema yang disukai anak-anak karena kebetulan ke tiganya seleranya hampir sama. Sepanjang nonton bukannya tenang tapi kita justru ngobrol membahas. Intinya yang dicari kebersamaannya saja.
  • Bercerita saat menjelang tidur, cerita bebas. Bisa saat di sekolah, di rumah, dan lain-lain. Masing-masing bebas berperan jadi apa saja, terutama saat malam liburan jadi semacam drama.
  • Membaca buku bersama di ruang tamu
  • Main tebakan, menggambar, bercanda di sela-sela waktu yang ada, kapan saja.
  • Jalan-jalan ke tempat wisata di hari libur
  • Snacking time! Nah, ini biasanya di ruang tamu ramai-ramai, atau di teras, si Ayah sering ikutan. Camilan yang dipilih tentu yang sehat, salah satunya Lotte Choco Pie yang dikreasikan. Anak-anak suka Choco Pie yang sudah dipanggang sebentar, jadi cokelat dan marshmallow'nya agak meleleh. Sementara saya suka yang dibekukan, kalau digigit..krenyessss. Kapan-kapan pengen juga menghias Lotte Chopo Pie dengan aneka hiasan kue, seperti meses, butter, cokelat warna-warni.

Snacking time

Biskuit Lotte Choco Pie yang sudah dihias
Oya, kebetulan saya bukan ibu pekerja kantoran. Tetapi memiliki bisnis sampingan dan aktif menulis, kadang waktu tetap terasa begitu sempit. Kebersamaan saya dan anak-anak di atas dilakukan agar saya tidak kehilangan mereka lebih jauh karena urusan dunia.


52 komentar:

  1. Asik banget ya mak, anaknya hepi , emaknya bahagia heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen lagi acara seperti ini ya, mak Uli

      Delete
  2. Suka banget sama quotes di awal tulisan artikel ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka banget, Mak Aie....haru setiap membacanya

      Delete
  3. Kesukaan nadia banget ni mbak. Di rumah pasti nyetok chocopie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan anak-anak suka Choco Pie ya. Pernah nyoba divariasikan ga,mb, Choco.pie'nya?

      Delete
  4. Wahh seru nihhh..kenyel kenyel juga rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalamnya ya...klo diopen meleleh nyummi

      Delete
  5. Hawna waktu hari ibu tahun 2016 menghadiahi aku chocopie... terus waktu hari persahabatan juga menghadiahi aku chocopie juga..dengan surat yg bertuliskan aku sayang ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah, aku haru bacanya, mb Ade...dulu anak-anakku rajin kasih surat ke ibunya. Sekarang agak jarang, jadi sedih

      Delete
  6. Seruuu. Jadi merasa sedih..kurang bermain sama anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai jadwalin main sama anak yo, mb, sebelum anak-anak tidak mau lagi bermain dengan orangtuanya,karena mereka semakin dewasa

      Delete
  7. setuju mba semua yang mba sebutin buat Quality time pun sama aku lakuin :) btw acaranya seru bingits :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, mb, bisa selalu mendampungi anak. Iya,acaranya haru biru

      Delete
  8. Seru banget Mbk, Pijar terlihat happy ya. Itu Pendar ekpresinya dapat bangets ya. Memang ya kebersamaan dengan anak itu sangat diperlukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb Naqi. Pijar sampai nagih mau main lagi

      Delete
  9. Mulai sekarang wajib punya waktu khusus ya buat anak.

    ReplyDelete
  10. Gadget emang kadang bikin memudarkan quality time sama anak ya. Semoga semakin banyak ibu-ibu yang menekan ego pegang gadget dan memilih berinteraksi sama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resiko gadget ya, mb, ihiks. Kita yang harus bijak

      Delete
  11. seru banget, memang paling membahagiakan adalah saat kita bisa bersama dengan anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa-masa yang tidak akan terulang lagi

      Delete
  12. Acara blogger parenting beginian nih yang bikin senang ibu dan anak. Dua-duanya punya keseruan sendiri. Ibu dapat ilmu, anaknya bisa bermain. Sukses buat penyelenggara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet, pengennya sering-sering ada acara ini

      Delete
  13. Satu kesan mendalam tentang Choco Pie adalaaah....dulu pernah dibintangi sama Song Joong Ki.

    Kyaaa~~~


    Kangen sama ekspresi SJK makan choco pie.

    Sukaaaa banget sama quotenya, mba Eni.

    "They need your presence than your present".



    Jleeb!

    ReplyDelete
  14. Masa kecil anak-anak tidak akan terulang, makanya puas2in memeluk dan menciumnya. Karena saat sdh beranjak remaja pasti dia mulai malu kalau diperlakukan seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, nuruul..klo bisa aku ingin anak-anak tetap tidak sungkan memeluk dan mencium ibunys hingga mereka dewasa

      Delete
  15. iya anak2 masih bsia dipeluk2 , sdh besar dikit maan mau apalagi kalau sdh remaja. waktu tak akan terulang kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasakan memeluk dan menciumnya sejak dini ya,mb...

      Delete
  16. Jadi pengen peluk2 dan cium2 si kecil huhuhu

    ReplyDelete
  17. seru banget acaranya
    iya mbak betul banget kebersamaan sama si kecil sangat penting
    kalau dia udah besar nanti ga leluasa kayak sekarang
    dia udah sibuk sekolah bahkan ntar bisa merantau ninggalin kita :(

    ReplyDelete
  18. Choco pie cemilan favorit keluarga nih,,endesssss.

    ReplyDelete
  19. Asiknya bisa datang ke acara ini. Anak2 seneng banget.

    ReplyDelete
  20. Lotte choco pie ini malah aku yg suka drpd anakku mba :D. Dia pernah aku ksh, tp malah ga diabisin, ya buat emaknya deh. Eh malah doyan bgt jadinya.. Marsmallowny itu yg aku suka banget :)

    Ankku yg bungsu lbh nempel k aku.. Tiap aku pulang kerja, biasanya malam, dan dia blm tidur, biasanya aku ajakin main sebentar.. Tp dia lgs teriak dan ngoceh2 kalo aku msh aja megang hp :p. Disuruh matiin ato direbut ama dia :D. Makanya aku slalu coba tuh utk ga megang hp pas sedang main ama dia..

    ReplyDelete
  21. Kebersamaan dengan anakbmemang penting banget ya

    ReplyDelete
  22. Acaranya seru banget yaa. Anakku jadi yg terakhir pulang karena dia masih mau main lagi

    ReplyDelete
  23. Abis ikut acara kemarin, saya juga jadi mengingatkan diri untuk sering-sering menyentuh anak. Sering-sering meluk 😆

    ReplyDelete
  24. "They need your presence more than your present..."

    Hiks. Menohok banget ini ya. :(

    ReplyDelete
  25. Membangun kebersamaan dgn anak memang penting ya Mba..

    ReplyDelete
  26. Denger pemaparan mba Novita kemaren jadi mengingatkan aku lagi ttg pelukan. Anak memang harus sering dipeluk ya supaya mereka tahu kalau mereka disayangdan mereka juga nanti bisa menunjukkan afeksi plus memiliki kepercayaan diri lbh baik. *langsung peluk duo K*

    ReplyDelete
  27. Wah, quotes Dorpthy itu memang panutan bgt ya buat emak2 kayak kitaa.

    ReplyDelete
  28. "They need your presence more than your present..."
    makjleb banget ya...sata kadang abai sama mereka apalagi kalau udah buka sosmed

    ReplyDelete
  29. Kata-kata mba novita itu bikin jleb banget sih yaaa, hahaha..

    ReplyDelete
  30. pelukan ciuman emang berarti banget buat anak-anak ya. Duh jadi baper habis deh setelah acara ini. Btw itu asyik banget makan LOTTE Choco Pie nya di teras rame-rame ahayy

    ReplyDelete
  31. Halo kakak Pijar :D salam dari Rizqiii. Kapan -kapan ketemuan lagi dan main bareng lagi yaaaahhh.. Hehehee

    ReplyDelete
  32. Belum ada sebulan kan, tapi udah kangen aja pengen acara gini lagi. Seru! Akrab!

    ReplyDelete
  33. kangen makan choco pie.. tp lg menyusui, baby sensi cafein huhu

    ReplyDelete
  34. seru ya bisa ajak anak-anak ke acara bonding ibu dan anak jadi tercipta banget,

    ReplyDelete
  35. anak bunda yang sulung kalau berangkat sekolah mesti ritual peluk cium toss dulu,

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.