Comfi Pillow: Mengapa Si Kecil Perlu Tidur Nyenyak? ~ Duniaeni

Monday

Comfi Pillow: Mengapa Si Kecil Perlu Tidur Nyenyak?


Si Kecil Mengalami Sulit Tidur Nyenyak


Pertanyaan ini pernahkah terlintas dalam benak kita sebagai orangtua atau tepatnya Ibu? Atau mungkin pertanyaan itu terlewat begitu saja dan kita lebih fokus; Bagaimana agar si kecil tidur pulas sehingga kita bisa bobo dengan nyenyak? Karena siapa pun yang memiliki anak kecil pasti pernah merasakan tahap 'begadang', tahap tidur dini hari, tahap yang membuat hari-hari kita sebagai orangtua penuh rasa letih dan rawan emosi. Terlebih bila orangtua memiliki kewajiban kerja di luar rumah, rasanya dunia runtuh jika malam-malam dihabiskan begadang karena si kecil susah tidur nyenyak.

Bahkan, belum lama saya membaca status yang lewat time line di sosmed:

Bayi newborn biasanya rewel sampai berapa bulan?
Ada yang punya pengalaman yang sama kah?

Berbagai jawaban mencapai hampir seratus jawaban, karena memang banyak sekali para ibu yang mengalami masa si kecil sulit tidur nyenyak. Beberapa jawaban yang sempat saya baca adalah: 40 hari saja, 3 bulan pertama, masuk awal 4 bulan, dan sebagainya. Saya sendiri mengalami juga masa-masa anak sulit tidur nyenyak dengan berbagai sebab, diantaranya: diapers basah, selalu kehausan, kebiasaan ngempeng, dan kepanasan atau tidak nyaman. Ini dialami 3 anak saya sampai usia batita.

Awalnya saya mengira karena kami tidak memasang AC, dan kipas angin tidak cukup untuk memberikan rasa sejuk dalam kamar. Ternyata setelah kami pasang AC, si kecil masih suka terbangun. Rambut di bagian tengkuk atau leher sering basah oleh keringat meski AC distel cukup dingin.

Dampak Negatif Jika Si Kecil Kurang Tidur


Sebelum kita tahu apa efek negatif bagi si kecil yang kurang tidur. Ibu perlu tahu efek tidur bagi si kecil, yakni saat si kecil tidur aktivitas regenerasi sel-sel tubuh dan tumbuh kembang otak berlangsung pada puncaknya.

Untuk mendapat tidur berkualitas, bayi atau batita harus dapat melewati dua tahap tidur yaitu:

Tidur dalam atau fase tidur Non-Rapid Eye Movement (Non-REM) : Pada tahapan tidur tidur dalam (Non-REM), aktivitas otak regular masih terus berjalan. Fase Non-REM berperan penting dalam perbaikan sel-sel tubuh dan produksi hormon pertumbuhan yang maksimal sekitar 75%, hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan batita.

Tidur aktif atau yang biasa disebut tidur REM: Pada tahapan tidur aktif (REM), metabolisme otak berada pada tingkat paling tinggi sehingga berpengaruh pada restorasi atau pemulihan emosi dan kognitif bayi dan batita.

Tahapan tidur REM dan Non-REM terjadi bergantian dan membentuk suatu siklus tidur. Proporsi tidur REM pada awal bayi baru lahir adalah sebanyak 50%, dan akan terus berkurang seiring pertambahan usia bayi, sehingga menjadi hanya 20% saja dari keseluruhan siklus tidur.

Jadi bisa dibayangkan dampak negatif jika jumlah tidur si kecil tidak mencukupi atau si kecil tidak tidur dengan nyenyak:
  • Menganggu tumbuh kembangnya
  • Kurang berkosentrasi
  • Diabetes
  • Depresi atau rewel yang berkepanjangan
  • Fisik lebih lemah atau mudah terserang penyakit
Efek negatif si kecil yang kurang tidur ini akan berdampak hingga nanti. Ada study yang menganalisa anak umur 8 tahun yang dibandingkan pola tidur dari umur 2 tahun. Menunjukan bahwa anak yang cukup tidur: 62% lebih tidak akan memiliki  problem berkonsentrasi , 81% lebih tidak memiliki problem sifat aggresive. Jadi perlu banget ya, memperhatikan pola tidur si kecil.

Comfi PillowYang Bikin Si Kecil Tidur Nyenyak


Saya mendapat kesempatan mengenal dan menggunakan Comfi Pillow yang unik menurut saya karena merupakan bantal pertama di dunia dengan teknologi 3-D Knitting. Wuhaaa, penasaran dunk apaan sih kelebihan dari bantal yang menggunakan teknologi 3-D Knitting.

Waktu saya buka, Comfi Pillow nih mirip-mirip sarang tawon, penuh dengan lubang-lubang yang kalau kita tiupkan udara akan tembus. So, anak bisa tidur dengan berbagai posisi tanpa cemas akan terjadi gagal napas. Sirkulasi udara berjalan lancar, karena itu begitu merebahkan kepala di atas Comfi Pillow terasa dingin beneran. BreathablSerius, ini saya coba langsung karena rasa penasaran. The first breathable and washable pillow in the world.

Terus karena bentuknya yang mirip sarang tawon jadi mudah juga dicuci. Washable kalau terkena gumoh, tumpahan susu atau ASI, dan kotoran lainnya. Mencucinya tinggal disentor air keras dan dibilas dengan dicelup-celupkan, lalu jemur. Mudah kering karena tidak menyerap air seperti bantal kapuk atau busa. 

Untuk lebih jelasnya kelebihan Comfi Pillow bisa dibaca berikut ini:

Comfi Pillow mirip sarang lebah

1. Sebagai pionir pencipta bantal 3-D pertama di dunia, bantal Comfi berongga seperti Honey Combs atau sarang lebah madu. Jadi sirkulasi udara di Comfi berjalan lancar, bantal terasa sejuk dan nyaman di pakai si kecil. Sehingga keringat yang sering mengumpul di bagian tengkuk atau leher si kecil berkurang dratis.

2. Comfi mencegah sesak nafas pada anak yang bisa menimbulkan SIND/Sudden Infant Deadt Syndrome atau kematian mendadap pada bayi. Melalui rongga-rongga Confi, si kecil bisa terus bernafas dengan baik dan normal walaupun dalam keadaan tengkurap.

3. Bantal Comfi memiliki support yang pas. Tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. Per centimeter cubic (CM3), Comfi mempunyai 40 titi suport.

4. Karena berongga, Comfi bisa dicuci,dibersihkan dan dijemur kering dengan cepat. Sehinga kondisi bantal lebih higienis dan bersih. Sel-sel kulit mati manusia dan uap air tidak berkumpul di dalam bantal, yang bisa menjadi lahan subur untuk Tungau (Dust Mites), virus dan bakteri yang berkembang biak.
Mudah dicuci
5. Comfi memiliki sertifikasi tinggi untuk bantal: Oeko Tex 100, yang menyatakan seluruh bahan dan proses produksi Confi bebas dari zat-zat berbahaya.

Oya, Tungau itu bisa menyebabkan penyakit atau menyebabkan alergi pada anak. Anak saya pernah kena Tungau, kulitnya berbintik merah, gatal dan bila dalam kondisi berkeringat atau lembab, digaruk akan semakin parah. Bisa dibayangkan jika tidur dalam kondisi berkeringat? Sudah pasti si kecil akan rewel akut dan depresi karena rasa gatal dan kurang tidur.

Bahaya Tungau


Tungau adalah hewan berkaki delapan yang ukurannya sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat secara kasat mata. Biasanya kasur, sofa, karpet, atau perabotan lainnya menjadi tempat tinggal yang digemari tungau.

Bayangkan saja, di sebuah kasur bisa terdapat 10.000 tungau. Begitupun juga di karpet rumah. Tungau menghasilkan 20 kotoran yang bisa hancur menjadi seperti debu. Inilah yang menyebabkan timbulnya alergi pada kulit manusia, tak terkecuali bagi anak-anak. Yang berupa bintik-bintik merah dan sangat gatal.

Selain gatal, reaksi alergi paling umum oleh tungau adalah batuk, bersin dan hidung meler. Pada kondisi tertentu, bisa menyebabkan mata merah dan berair. Nah, Comfi secara alami mencegah Tungau untuk hidup atau berkembang biak, dan dengan kelebihan-kelebihan di atas si kecil dapat tidur nyenyak.

Efek Positif Tidur Nyenyak Pada Si Kecil

A good night sleep starts with Comfi
Maka dengan si kecil dapat tidur dengan nyenyak atau cukup, selain orangtua terhidar dari depresi karena ikut kurang tidur dan keletihan. Si kecil akan:
  • Tingat kosentrasinya lebih tinggi
  • Memori lebih kuat
  • Kecerdasan emosional
  • Kecerdasan intelektual
  • Merangsang tumbuh kembang
  • Kwalitas hidup lebih bagus
Kalau sudah mengetahui efek negatif si kecil kurang cukup tidur atau tidak tidur nyenyak, serta efek positifnya si kecil bisa tidur nyenyak atau cukup. Rasanya sebagai orangtua kita tidak ingin kehilangan masa pertumbuhan si kecil, ingin si kecil dapat tidur cukup. Tidak perlu cemas, Comfi Pillow dapat membantu tidur si kecil sudah dapat dipesan di toko online, yakni Tokopedia.

Ukuran Comfi Pillow


Comfi ada beberapa ukuran:
  • Newborn Breathing Pillow Rp.390.000 dari Newborn - 6 bulan. ukuran: 23 x 33 x 3 cm
  • Kids Breathing Pillow Rp.550.000 dari 6 bulan - 5 tahun. Ukuran: 28 x 50 x 4.5 cm
  • Teen Breathing Pillow Rp.690.000 dari 6 tahun ke atas - Ukuran: 29 x 48 x 7.5 cm
Comfi Breathing Mattress Rp.990.000. Ukuran: 60 x 120 x 2 cm

Comfi Organic Pillow Case optional: 
  • Newborn Pillow (RP.130.000.),
  • Kids Pillow (Rp.170.000) 
  • Teen Pillow (Rp.210.000)

 Comfi Pillow Ada Di Tokopedia!


Sekarang Comfi sudah tersedia di official Store BalitaKita di Tokopedia. BalitaKita sebagai Sole Principal Distributor Comfi Pillow. Asyiknya, di Tokopedia juga ada fitur cicilan kartu kredit, dan banyak bank-bank yang bekerjasama dengan Tokopedia sehingga memudahkan konsumen. Bisa nikmati cicilan 0% kartu kredit untuk jangka waktu 3,6,12 atau 24 bulan tergantung jenis kartu kreditnya. Jadi tidak ada kata mahal, karena belinya bisa dicicil. Pokoknya semua dimulai dari Tokopedia.

Selain itu Tokopedia memiliki berbagai pilihan pengiriman mulai jasa kurir nasional, seperti JNE atau same-day delivery dengan Gojek atau Grab. Jadi barang bisa langsung sampai sesuai keinginan customer. Buat kado Comfi Pillow juga keren banget, tanpa perlu dibungkus packingnya cantik.


9 komentar:

  1. Duh bantalnya nyaman banget, pendar aja sampe pules banget gitu ya maaak.. Mau coba nengokin ke tokped ah, kalo aja cocok untuk dirumah.. Heheheee

    ReplyDelete
  2. Noted banget mba sharingnya, jadi ngitung durasi waktu tidur si krcuil ni.
    Itu pendar enak bgt bobonya, kayaknya musti beli ni bantalnya untuk anak-anak, dikali 3, ahaha, bikin proposal dulu sama suami ah :D

    ReplyDelete
  3. Bagus banget Mbk bantalnya. Iya perlu ya anak tidur pulas biar bagus perkembangan otak dan fisiknya.

    ReplyDelete
  4. Pendar nyenyak banget tidurnya Mbaa :)
    sepertinya boleh juga nih saya cobain buat Wahyu soalnya dia sering nolak tidur pake bantal

    ReplyDelete
  5. Anak2 waktu baru lahir gak pernah rewel, pada tidur lelap. Tapi di atas 1th, pas sakit satu atau dua malam rewel dan susah tidur. Sedih banget. Andai bantal ini udh ada jaman anak2 kecil, mereka pasti gak rewel ya mba.

    ReplyDelete
  6. baru tahu ada 3D pillow yang memiliki khasiat penting ini, Mbak. kalo di desaku, tungau itu hewan yg diberi nama"tinggi" hehee...
    Tidur anak nyenyak, juga pengaruh dg kualitas tubuh dan perkembangan anak. heee

    ReplyDelete
  7. coba ada yg ukuran utk dewasa ya.. kayaknya enak nih buat yg punya bakat alergi dan asma

    ReplyDelete
  8. sygnya sampe remaja aja ya mak, kan yg dewasa jg butuh tidur nyenyak :)

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

Pentingnya Tidur Nyenyak

Efek Tidur Nyenyak Pada Si Kecil Selama ini kalau membahas tentang pentingnya tidur nyenyak, pasti  yang akan dikupas tuntas adalah rit...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.