FWD Life Gandeng Bank BTN Luncurkan Bancassurance Melalui Acara Padang KulinerRun 2017 ~ Duniaeni

Monday

FWD Life Gandeng Bank BTN Luncurkan Bancassurance Melalui Acara Padang KulinerRun 2017



Ini adalah kali ke dua saya diundang dalam acara yang digelar FWD Life, tentang FWD Life sebelumnya sudah saya ulas di artikel :

 'ClickTo Meet dan Temukan Agen Asuransi Anda'
FWD life yang merupakan asuransi digital pertama di Indonesia memang selalu mengejutkan dengan inovasi-inovasinya, hal ini membuat cukup berbeda dibanding dengan asurans-asuransi yang sudah ada sebelumnya. Ini sih menurut pengamatan subyektifitas saya, tetapi saya yakin jika Anda lebih mengenal FWD Life pasti akan berpendapat sama.

Setelah berinovasi dengan meluncurkan aplikasi  Click To Meet untuk memudahkan dan membuat nasabah nyaman, di mana nasabah bisa memilih dan menentukan sendiri baik agen atau asuransinya sesuai dengan sudut pandang kebutuhannya sendiri, tanpa pengaruh atau paksaan dari agen. Kini FWD meluncurkan satu prodak dengan menggandeng bank yang merupakan bank terpercaya sejak tahun 1897, yakni Bank BTN. Prodak yang diluncurkan pun bukan biasa, tetap mengusung hal yang berbeda dan patut mendapat apresiasi dari masyarakat Indonesia.

So, dari pada bertanya-tanya prodak apa yang diluncurkan FWD dengan menggandeng Bank BTN ini, yuk simak ulasan saya tentang acara tersebut:

Peluncuran Kerjasama Bancassurance



Jumad, 22 September 2017 bertempat di Wisma BTN, saya menghadiri peluncuran Bancassurance yang merupakan kerjasama FWD Life dengan Bank BTN. Sebenarnya yang membuat saya penasaran dengan apa yang FWD Life luncurkan adalah ketika menerima undangan terdapat kalimat: Padang KulinerRun 2017, bahkan beberapa undangan yang lain pun bertanya-tanya.

Ada yang mengimajinasikan sebagai lari-lari di tengah padang luas, ada yang berpikir olahraga sambil makan nasi Padang yang ngehits sedunia itu. Saya sendiri lebih membayangkan pada berlari di padang luas, hehehe. Semua tanda tanya ini semakin membuat saya yakin bahwa apa yang diinovasikan FWD pasti tetap mengusung nilai-nilai positif, seperti Clik To Meet, aplikasi tersebut untuk menghindari alergi nasabah terhadap agen-agen nakal yang suka memburu calon nasabah.

Mengapa FWD Life meluncurkan bancassurance dengan menggandeng Bank BTN?

"Kami sangat mengapresiasi Bank BTN, bank yang memiliki rekam jejak yang solid di industri perbankan, sebagai mitra strategis yang memiliki komitmen yang sama untuk memberikan akses yang seluas-luasnya terhadap produk finansial kepada seluruh masyarakat Indonesia, melalui pengembangan produk dan layanan yang inovatif berbasis digital teknologi. Kami ingin memberikan perlidungan kepada masyarakat Indonesia melalui produk bancassurance yang dapat memberikan proteksi optimal serta kesempatan  mendapatkan bonus maksimal sesuai uang premi yang sudah dibayarkan," kata Presiden Direktur FWD Life Choo Sin Fook dengan lugas.

Asuransi Jiwa Berjangka, BEBAS RENCANA PLUS


Akhirnya acara yang dibuka oleh Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN), Bapak Maryono membuka pertanyaan saya tentang Bancassurance. Melalui kerjasama Bancassurance dengan bank BTN ini, FWD Life menghadirkan produk asuransi jiwa berjangka yang simpel dan terjangkau, BEBAS RENCANA PLUS, asuransi ini ditargetkan menjangkau lebih luas lagi masyarakat Indonesia hingga kalangan menengah ke bawah.

Yakin masyarakat menengah ke bawah, terutama ke bawah ya, akan mampu memiliki asuransi ini?
Mengingat selain kesadaran berasuransi masyarakat Indonesia masih minim, saya pribadi pun pertama kali memiliki asuransi karena bekerja di kantor dan setelah bekeluarga. Namun ada satu asuransi saya yang tidak lanjut karena beban premi terlalu besar buat kami. Kebetulan saat memiliki prodak asuransi tersebut kondisi keuangan keluarga sedang down cukup lama.

Pemutusan asuransi tidak hanya dialami saya, beberapa teman (cukup banyak) yang berhenti melanjukan asuransinya karena kondisi ekonomi yang mendadak down. Hal ini disebabkan premi yang cukup tinggi buat golongan menengah ke bawah, rata-rata paling kecil Rp500 ribu rupiah perbulan, pembayaran premi yang panjang, 8-10 tahun.

Sementara sesungguhnya kebutuhan akan asuransi jiwa itu penting, bisa dikategorikan sebagai dana dadakan bila terjadi sesuatu, investasi, namun ini bila berjalan lancar. Bila berjalan tidak lancar seperti yang pernah terjadi pada saya ataupun beberapa teman saya, justru merugikan. Berhenti sebelum waktu pembayaran premi selesai, itu bisa mengakibatkan berbagai potongan sehingga uang atau premi yang sudah  ita setor akan kembali tidak seimbang. Kejadian ini salah satu mengapa masyarakat menengah ke bawah agak trauma dan enggan dengan asuransi.

Bebas Rencana Plus Asuransi Super Terjangkau Preminya

Namun sepertinya terjawab keresahan masyarakat akan butuhnya asuransi jiwa yang terjangkau preminya dan masa bayar preminya:

  • Premi Asuransi Bebas Rencana Plus dimulai dari Rp 100 ribu s/d Rp 1 juta tanpa dikenakan biaya administrasi, terbayangkan dengan membayar premi mulai Rp 100 ribu  setiap bulan, ini sangat murah dan memudahkan siapa saja bisa memiliki asuransi jiwa.
  • Jangka waktu pembayaran premi selama 5 tahun, tentu saja ini lebih singkat dan meringankan nasabah.  Sementara waktu perlindungannya selama 8 tahun.
Dengan asuransi yang terjangkau maka akan banyak masyarakat sadar beransuransi. Hal ini diupayakan dan diharapkan FWD Life dan Bank BTN untuk terus mendukung target pemerintah meningkatkan inklusi keuangan. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), penetrasi asuransi di Indonesia per kuartal 1-2017 masih berada di angka 2.7% dari produk domestik bruto. Angka itu lebih rendah dari negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah di atas 5%.

Bebas Rencana Plus juga memiliki tiga manfaat utama untuk nasabah loh, berikut ini ke tiga manfaat tersebut:

1. Pertama, manfaat pemberian bonus sebesar 105% dari total premi yang telat dibayarkan selama 5 tahun apabila tidak ada klaim dari pemegang polis. Pemberian bonus akan terbagi dua waktu, yaitu pada akhir tahun ke -5 sebesar 50% (lima puluh persen) dari prei yang sudah -dibayarkan sebelumnya. Yang ke dua pemberian bonus pada akhir  tahun ke-8 sebesar 55% (lima puluh lima persen) dari premi yang sudah dibayarkan sebelumnya.

2. Kedua, manfaat meninggal pada tahun pertama, dimana seluruh premi yang sudah dibayarkan akan diberikan jika pemegang polis meninggal dunia bukan karena kecelakaan, atau 200% Uang Pertanggungan jika meninggal karena kecelakaan.

3. Ketiga, manfaat meninggal pada tahun kedua dan seterusnya, dimana 100% (seratus persen) Uang Pertanggungan akan dibayarkan jika pemegang polis meninggal dunia bukan karena kecelakaan, atau 200% Uang Pertanggungan jika meninggal dunia karena kecelakaan.

Selain itu, asuransi jiwa Bebas Berencana Plus hanya memberlakukan dua pengecualian dalam melakukan klaim saja, yakni percobaan bunuh diri atau melanggar hukum. Selain dua hal tersebut nasabah akan mendapat perlindungan maksimal dari produk ini, bahkan bagi nasabah yang memiliki passion pada olahraga beresiko tinggi (extrem sport). Ini lah yang saya bilang berbeda dari asuransi lainnya.

Jadi ingat sebelum menikah saya menyukai extrem sport, wall climbing dan rafting. Pada saat itu beberapa teman ada yang  mengalami kecelakaan saat memanjat dan mengarungi sungai, ada yang mengalami luka parah dan membutuhkan perawatan cukup lama, ada pula yang  meninggal seketika. Jika ada asuransi yang menanggung hal-hal ini meski semua orang tidak menginginkan kecelakaan, tentu akan mempermudah korban yang membutuhkan pengobatan, atau keluarga korban yang meninggal.

Bagaimana? Apakah tertarik?
Jika Anda tertarik untuk menjadi nasabah Bebas Rencana Plus bisa langsung ke bank BTN untuk membuka asuransi tersebut, tentu saja Anda harus menjadi nasabah BTN lebih dahulu agar proses pembayaran premi, dan lain-lain lebih mudah. Prodak asuransi Bebas Rencana Plus sudah bisa didapatkan oleh nasabah BTN mulai tanggal 22 September 2017.

Mengutip ucapan Maryono, "Kami ingin nasabah Bank BTN meraih yang terbaik dalam hidup dengan mempersiapkan perlindungan yang tepat. Kerjasama yang menghadirkan produk asuransi jiwa berjangka yang simple dan terjangkau ini akan memberikan lebih  banyak pilihan produk bancassurance untuk seluruh nasabah kami."

Padang KulinerRun 2017



Nah, ini sebelum menutup ulasan acara kemarin saya akan bercerita sedikit tentang Padang KulinerRun 2017 yang ternyata adalah acara olahraga lari jarak 2.5 km, 5 km, 10 km, dan Family Run yang diadakan di Kota Padang, dimana dalam acara yang diikuti ribuan peserta ini setelah lari akan menikmati makanan khas Kota Minang, salah satunya sudah tentu rendang. Kuliner satu itu kan sudah mendunia, masuk salah satu makanan terlezat di dunia. Jadi salah dong ya, imajinasi saya tentang Padang KulinerRun 2017

Mengapa FWD Life mengambil kegiatan yang bertajuk Padang KulinerRun 2017?
Tentu saja selain bertujuan untuk memperkenalkan produk bancassurance, juga memperkenalkan ke masyarakat luas akan pentingnya olahraga, akan keindahan Kota Padang, destinasi wisatanya karena saat lari akan melewati Pantai Muaro Lasak, Pantai Padang, Pantai Tugu Perdamaian, dan lainnya. Duh, membayangkannya jadi pengen ikutan.

Dalam acara Padang KulinerRun 2017 FWD Life menjadi official insurance patner dan Bank BTN menjadi bank patner. Sebagai official insurance patner, FWD Life akan memberikan perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk seluruh peserta lari di ajang Padang KulinerRun 2017 dengan uang pertanggungan hingga Rp 20 juta.

"Hal ini dilakukan sebagai bagin dari komitmen FWD Life yang selalu mendukung setiap masyarakat untuk bebas melangkah dalam menjalankan passion-nya," jelas Choo.

Ehmm, care banget ya FWD Life, bisa jadi angin segar para atlet Indonesia di bidang olahraga berat. Bahkan pada acara peluncuran bancassurance dihadirkan dua atlet Indonesia pemenang emas Seagames 2017, Wewey Witha dalam bidang Pencak Silat dan Rifda Irfanalutfi senam artisti dalam nomor palang bertingkat. 

11 komentar:

  1. Komitmen FWD Life untuk dapat mengenalkan manfaat asuransi ke berbagai lapisan masyarakat wajib didukung nih. Apalagi kan BTN juga banyak ya masyarakat mikro yang bisa tertarik asuransi

    ReplyDelete
  2. Sukses selalu deh buat fwd life dan btn. :D

    ReplyDelete
  3. Makin mudah dan besar manfaatnya. :D

    ReplyDelete
  4. FWD Life serba digital dan jadi pelopor asuransi digital pula di Indonesia. Btw ada juga beberapa teman ku pun juga sempat ikutan asuransi dan mandeg gitu aja. Saat tahu nilai preminya harus dibayar dalam jangka waktu yang panjang sementara pemasukan mereka berkurang, semoga bancassurance ini membantu segala macam golongan lapisan masyarakat ya

    ReplyDelete
  5. andai Padang Kulinerun dekat sini aku mau ikutan, icip-icip masakan Padang yang udah tersohor hingga ke luar negeri.

    ReplyDelete
  6. FwD life itu adalah asuransi yang kekinian banget ya, terdepan digitalisasinya dan punya visi supaya orang-orang gak takut lagi berasuransi.

    ReplyDelete
  7. Unik banget ya cara Bank BTN dan FWD LIfe memperkenalkan bancassurance nya ini dengan acara Padang KulinerRun.
    Andai padang deket Jakarta, aku mau dateeengggggg.....

    ReplyDelete
  8. Nasabah pasti terlayani dengan baik dengan adanya kolaborasi baik antara FWD dan BTN ini

    ReplyDelete
  9. rasa-rasanya memanjakan nasabah dan pengguna ya, semoga lancar dan kita juga bisa segera mencobanya

    ReplyDelete
  10. Coba di Bogor acaranya, aku mau juga ikutan Bogor KulineRUN. Eh di Padang dulu ya. Seru banget lari dapat asuransi.

    ReplyDelete
  11. Iya ya mba, bagi yang penghasilannya minim tetap bisa berasuransi di sini, preminya mulai 100 ribu, terjangkau lah ya

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

#MinumMilo: Sehat Bonus Bisa Ke Barcelona

Siapa yang suka Milo? Saya ingat betul saat masih kanak-kanak Milo sudah disukai karena rasanya yang enak sekali, seperti cokelat kalau...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.