>

Tips Rumah Bebas Dari Nyamuk Bandel

By dunia eni - November 26, 2017


Banyak Nyamuk Di dalam Kamar

"Jangan lupa sebelum tidur kebutin kamar, lalu tutup pintu rapat."

Itu adalah kebiasaan saya setiap menjelang sore, kamar-kamar di rumah tidak terlalu besar, tidak terdapat banyak benda di dalamnya karena memang saya tidak suka kamar terasa penuh . Kamar kami hanya berisi tempat tidur, lemari baju. Setelah dikebutin, AC dinyalakan supaya saat tidur kamar dingin. AC memang tidak fullday, hanya dinyalakan menjelang tidur dan dimatikan begitu bangun tidur.

Secara logika ukuran kamar yang tidak luas, tidak banyak terdapat barang, harusnya bersih dari nyamuk. Apalagi ada yang bilang kalau kamar dinyalakan AC'nya maka nyamuk tidak akan suka, tapi kenyataannya?

Tetap saja satu-dua nyamuk ada, ini terlihat jika lampu kamar dinyalakan.  Hanya tampak 1-2 nyamuk tidak  terlalu mengganggu memang, tapi jika musim penghujan datang atau musim pancaroba yang tidak menentu, entah datangnya dari mana nyamuk banyak sekali. Sudah dikebut, pintu kamar dikunci, sesekali saya pakai obat nyamuk yang dioleskan ke tubuh, tetap ketika tidur tahu-tahu kaki dan tangan gatal.

Bahkan ketika bangun tidur di pagi hari, begitu selimut dibuka keluar nyamuk-nyamuk gendut-gendut. Rasanya kesal betul melihat nyamuk-nyamuk itu sudah menggigit kami, saya dengan gemasnya menangkap dan menggilas dengan jari hingga hancur. Tapi apa dengan begini nyamuk akan habis keesokannya? Jawabannya adalah tidak, nyamuk seakan tidak ada habisnya. . Terus solusinya gimana ya menghadapi nyamuk bandel ini?

Community Gathering  HIT Expert

Ibu- Ibu Doyan Menulis acara Communitas Gathering HIT Expert 

Tanggal 23 November 2017 kemarin saya diundang oleh komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) ke acara Communitas Gathering HIT Expert dengan pembicara yang juga Ambassador HIT, yaitu dokter Lula Kamal. Dokter dan juga artis berparas cantik ini dipandu MC yang sangat ramah membuat acara gathering terasa menyenangkan sekali.

Banyak banget ilmu yang saya dapat tentang nyamuk, yang selama ini tidak saya ketahui fakta-faktanya. Bukan saya saja, para undangan IIDN lainnya yang merupakan ibu-ibu blogger juga atusias dengan pembahasan tentang nyamuk. Jelas dong, karena kami sebagai ibu yang paling sibuk melawan nyamuk bandel di rumah. Serius, dibanding bapak-bapak memang fakta para ibu di rumah yang sering berurusan dengan nyamuk bandel.

Kalau saya setiap menjelang sore sibuk kebutin kamar, menutup jendela, pintu, maka beberapa ibu yang hadir di acara gathering HIT Expert ini setiap menjelang sore melakukan ritual bakar obat nyamuk. Ada yang begitu bermusuhan dengan nyamuk karena salah satu keluarganya ada yang kena demam berdarah, sampai sebentar-sebentar semprot obat nyamuk. Beragam kisah meluncur dari ibu-ibu, termasuk kisah saya tentang nyamuk-nyamuk yang gemar sembunyi di balik selimut.

Fakta Tentang Nyamuk

Benarkah Nyamuk Binatang Yang Paling Mematikan?

Nyamuk bandel menghisap darah (doc: wikipedia.org)

Sebagian yang hadir mendengar pertanyaan itu sedikit
  ragu untuk menjawab, sebab memang benar nyamuk DBD bisa menyebabkan kematian. Tapi selama ini kami tidak menganggap nyamuk sebagai binatang buas atau mengerikan, kami hanya menganggap nyamuk binatang yang menyebalkan dan bikin emosi. Jika sedang  musim nyamuk sangat mengganggu, berisik di seputar telinga dan menyebabkan gatal di semua kulit yang digigit.

Namun ternyata jawabannya memang benar nyamuk adalah binatang yang paling mematikan. Dokter Lula menjelaskan fakta dari data World Health Organization (WHO) tahun 2016 menyebutkan  bahwa nyamuk adalah binatang mematikan di dunia. Sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya. Data dari kementrian Kesehatan Indonesia, Incidence Rate (IR), penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) berkontrbusi besar dalam meningkatan jumlah kasus kematian di Indonesia. Pada tahunm 2016, sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1.585 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Hal ini membuat saya jadi teringat kembali waktu SMA pernah kehilangan seorang teman yang dikira sakit tipus, ternyata terkena demam berdarah atau DBD. Lalu berapa tahun kemudian teman adik saya pun meninggal dunia karena DBD, dan belum lama tetangga di luar kompleks saya tinggal kehilangan anaknya karena DBD. DBD menyerang tidak hanya anak-anak, remaja tetapi juga orang dewasa dari jaman dulu hingga jaman now. Tapi kita lupa kalau nyamuk lebih buas dari harimau, menyedihkan.

Mengapa Nyamuk Jaman Sekarang Makin Bandel?

Pertanyaan ini mungkin terdengar lucu, tapi memang kenyataannya nyamuk semakin bandel. terbukti dari cerita saya di atas. Rasanya nyaris putus asa memberantas nyamuk yang selalu ada dan sering memakan korban. "Kalau dibrowsing nama-nama nyamuk, pasti akan  muncul nama nyamuk banyak sekali. Karena memang nyamuk terus berkembang  biak dengan aneka jenisnya," kata dokter Lula.

Dokter Lula Kamal (Doc: Winny)
Terutama nyamuk di Indonesia yang berupakan negara beriklim hangat dan lembab, ini adalah iklim yang disukai nyamuk. Makanya ketika musim tidak beraturan hujan dan panas datang dalam sehari, nyamuk mendadak begitu banyak. Begitu juga ketika musim panas datang, termasuk efek pemanasan global yang berdampak pada siklus khidupan nyamuk.

Iklim yang berubah-ubah membuat nyamuk secara cerdas berevolusi. Nyamuk  menjadi semakin sering kawin, dan ukurannya semakin kecil yang akhirnya mengakibatkan nyamuk harus menyedot lebih banyak darah untuk mengejar ukuran yang sesungguhnya agar memenuhi syarat untuk berkembang biak. Hal ini yang mengakibatkan nyamuk jaman sekarang makin bandel dan agresif untuk  menggigit manusia.

Ya ampun, jadi itu mengapa nyamuk di rumah meski kita sudah mandi bersih, masih terus berisik di seputar telinga dan akhirnya menggigit bagian tubuh kita. Kalau diperhatikan memang nyamuk jaman now itu kecil-kecil dan lincah sekali, setelah gendut menghisap darah baru terlihat ukurannya normal. Sementara nyamuk jaman saya kecil dulu besar-besar sekali meski belum menghisap darah.

Dimana Sarang Nyamuk Bandel?

Sebenarnya di mana sih nyamuk bandel bersarang, mengingat kamar saya yang tidak terlalu luas dan hanya berisi lemari pakaian dan tempat tidur masih juga ada nyamuk?
"Ibu-ibu jangan berpikir nyamuk hanya bersarang di air  yang tergenang, gantungan baju, dalam pot-pot tanaman, tapi nyamuk juga bersarang di berbagai tempat yang tidak terduga loh," ujar dokter Lula. Wah, dimana itu? Penasarankan?

Beberapa tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk:


Sarang nyamuk bandel

1. Rak buku, terutama pada buku-buku yang jarang disentuh atau dibaca
2. Kolong tempat tidur, kolong lemari, kolong sofa, kolong meja
3. Di bingkai atau pigura foto, lukisan, dan sejenisnya. Terutama yang memiliki rongga antara dinding dan bingkai.
4. Mainan anak, terutama mainan yang jarang dimainkan atau mainan masak-masakan yang masih ada sisa bekas air.
5. Tumpukan baju kotor karena nyamuk sangat suka bau keringat manusia, jadi sebaiknya baju sekali pakai langsung cuci.
6. Tempat makan hewan peliharaan.
7. Hiasan lampu
8. Tumpukan bantal, dan lain sebagianya

Wah, pantas ya di kamar saya meski minimalis masih ada nyamuk. Dikamar banyak tumpukan bantal yang sudah tentu bau keringat manusia, selimut, dan ada satu pigura yang jarang saya sentuh.



HIT Luncurkan HIT Expert

HIT Expert Basmi Nyamuk Bandel

Untuk menghadapi nyamuk bandel dan bahaya demam berdarah di Indonesia maka HIT meluncurkan produk HIT Expert yang diformulasi khusus dengan teknologi dan formula baru dalam dua pilihan premium dengan wangi: Sweet Flower dan Fresh Citrus. Konon dua wewangian ini memang yang paling disukai oleh masyarakat. HIT melindungi keluarga dengan klaim paling aman untuk saat ini, seperti dikatakan dokter Lula Kamal, "HIT Expert adalah obat nyamuk yang saat ini paling aman digunakan,"


HIT Expert dengan dua jenis wangi: Flower&Citrus

"Namun meski terbilang paling aman, HIT tetap merupakan obat nyamuk untuk membunuh nyamuk dan serangga lainnya. Jadi tetap perhatikan cara penggunaannya, sebaiknya setelah menyemprotkan HIT Expert ke ruangan, ruangan itu dikosongkan dulu. Kurang lebih selama 1 jam supaya benar-benar aman."

Catet ya, Moms, meskipun dinyatakan aman menggunakan obat nyamuk jangan lupa perhatikan hal-hal seperti yang diucapkan dokter Lula Kamal, termasuk hal dibawah ini:


Sebaiknya saat menyemprot HIT Expert gunakan masker

1. Jangan menyemprotkan HIT Expert disaat ada oranglain atau anak-anak, jadi Anda yang menyemprotkan bisa menggunakan masker.
2. Jangan menyemprot HIT Expert di dekat makanan yang terbuka.
3. Semprotkan HIT Expert ke dalam sebuah ruangan secukupnya, lalu tutup ruangan dan beri jeda kira-kira 60 menit baru boleh masuk ke ruangan tersebut.

Saat menjelaskan perihal keamanan produk HIT ini tersedia sesi tanya-jawab yang membuat komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis berebut mengajukan pertanyaan, termasuk saya. Intinya seperti yang diulas di atas, sementara ada yang bertanya apakah aroma HIT bisa membahayakan bagi penderita asma, ibu hamil karena kebetulan ada yang hadir dalam kondisi hamil enam bulan.

Dokter Lula memberi jawaban yang cukup mudah dipahami, jika penderita asma sebaiknya dicoba dulu memakai HIT Expert di ruangan yang bukan kamar. Jika aromanya tidak mengganggu maka tidak apa, juga jangan lupa berikan jeda ruangan yang disemprot untuk dikosongkan kurang lebih 1 jam. Sebab, memang ada sebagian penderita asma yang mudah alergi dengan aroma-aroma tertentu.

Sementara untuk ibu hamil HIT Expert cukup aman jika digunakan seperti yang diulas di atas, yakni point 1-3. Waktu kondisi mengandung dokter Lula juga cerita kalau tetap memakai HIT, dan aman-aman saja asalkan penggunaannya diperhatikan. Yes, jadi tidak perlu cemas lagi ya buat pakai HIT Expert.

Mengapa HIT Expert Mampu Mengatasi Nyamuk Bandel

Ini bagian yang paling membuat saya penasaran, yakni mengapa HIT Expert disinyalir mampu mengatasi nyamuk bandel?

HIT Expert sendiri merupakan hasil revolusi HIT terbaru yang memang spesial untuk mengatasi nyamuk bandel, karena HIT Expert memiliki 4 kelebihan:


Vidio kelebihan HIT Expert

1. Formula baru dengan partikel yang lebih kecil atau disebut microparticle, sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.
2. Teknologi Double Nozzle, yang menghasilkan semprotan menjadi lebih jauh, merata ke seluruh ruangan sehingga ibu cukup menyemprot secukupnya dan tidak boros.
3. Kemasan baru yang premium dengan desain cap yang ergonomis sehingga lebih nyaman ketika digenggam. Semprotan yang dihasilkan pun lebih halus.
4. 2 (dua) pilihan wangi baru yang premium, yakni Sweet Flower dan Fresh Citrus yang disukai keluarga. Setahu saya, wewangian bunga tertentu dan citrus atau lemon memang tidak disukai nyamuk.



Testimoni HIT Expert Di Rumah

Hari Pertama
Pulang dari acara community gathering HIT Expert hari sudah sore, saya berencana untuk langsung mencoba memakai HIT Expert di kamar saya dan kamar anak-anak. Suami dan anak-: anak yang belum terbiasa dengan obat nyamuk semprot langsung protes:

"Nanti bau, Bu. Bau obat nyamuk semprot bisa bikin kepala pusing," kata anak saya yang pertama, Mba Lintang.
"Jangan pakai obat nyamuk semprot deh, berbahaya kalau kena bantal, spreai, dan lain-lain," suami ikutan protes.
Saya langsung menunjukkan HIT Expert, "Ini obat nyamuk semprot yang paling aman loh, Yah. Ibu juga tahu tata cara memakainya. Tidak disemprotkan saat ada orang, ada makanan, apalagi langsung ke bantal dan sprei." Saya memperagakan menyemprot HIT Expert, tentu semprotnya tidak sungguhan.

"Tapi baunya kan gak enak, Bu," Mba Lintang masih keukeuh.
"HIT Expret itu ada dua jenis wanginya, ada wangi bunga dan wangi citrus, Mba Lintang mau wangi yang mana?" Spontan anak saya memilih wangi bunga.
Setelah tidak ada perlawanan lagi dari suami dan anak, saya memakai masker dan mulai ke kamar utama dengan kebut-kebut agar nyamuk tidak sembunyi dibalik selimut dan bantal. Kemudian srooooot! Ya ampun, serius! Ini pencetnya ringan banget dan tanpa harus menekan kuat, semprotannya begitu jauh. Menjangkau ke bingkai yang cukup tinggi dan kolong tempat tidur. Padahal HIT Expert cukup besar, tapi digenggam nyaman dan ringan banget, rasanya jadi pengen nyemprot terus, hehehe.

Dua kamar selesai disemprot, pintu saya tutup hingga satu jam kemudian saya bukan..TRATAM! Kaget rasanya menemukan satu kecoa tak berdaya di lantai kamar, dan berapa nyamuk yang terkapar dalam kondisi kurus-kurus. Iyalah, kan belum sempat menghisap darah kami sudah saya semprotkan HIT Expert. Puasss rasanya!


Ada kecoa di kamar : mati oleh HIT Expert
Sebagian nyamuk bandel mati oleh HIT Expert

Soal bau?
Suami dan anak saya bilang, bau HIT Expert tidak menyengat. Wanginya kalem, jadi tidak membuat pusing kepala. Bahkan saat tidur masih tercium baunya sedikit-sedikit mirp pewangi ruangan. Makanya jangan bilang tidak suka dulu sebelum mencoba, hehehe.

Hari Kedua
Setelah kemarin disemprot HIT Expert, nyamuk bandel tidak seganas malam-malam sebelumnya. Kami bisa tidur nyenyak dan saat pagi tidak ditemukan nyamuk-nyamuk gendut dari balik selimut ataupun bantal, tapi tetap sore ini  atau hari kedua saya kembali menyemprotkan HIT Expert. Harus setiap hari karena nyamuk bandel punya banyak usaha untuk terus masuk ke rumah, terutama kamar untuk menghisap manusia yang sedang tidur nyenyak tanpa perlawanan.

Hasilnya?
Hari kedua tidak ada kecoa lagi (sebenarnya saya kaget loh, di kamar utama ada kecoa yang baru ketahuan setelah disemprot HIT Expert), kejutan lainnya...nyamuk bandel tidak sebanyak hari pertama. So?

Saya yakin untuk menggunakan HIT Expert sebagai pembasmi nyamuk bandel, bagaimana dengan Anda?




  • Share:

You Might Also Like

76 komentar

  1. Udah yakin banget sama hitexpert. :D Soalnya nyamuk yang semula nakal, sekarang pada hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cucok nih, mak. Lagi musim pancaroba basmi nyamuk pake HIT Expert

      Delete
    2. Perubahan iklim dari musim panas ke musim hujan mulai banyak seranggq dan nyamuk dimana2...wah saya paling jengkel kalo ada kecoa entah dari mana tuh kecoa datangnya...herannya kalo dibasmi dengan obat pembasmi serangga kecoanya susah mati...akhirnya saya membeli HIT expert di mini market dekat rumah...saya semprotkan HIT expert ke kecoa langsung lemes dan tidak lama kecoanya mati....jangan coba pake yg lain...

      Delete
  2. wahhh kecoa langsung koid ya, keren nih mak eni pengalamannya, nah kalo aku nyemprotnya jarang pakae masker, biasanya semprot langsung kabur deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake maaker biar aman, iya itu kecoa kan nyebelin baunya

      Delete
  3. Hit memang ampuh banget mengusir nyamuk dan kecoak mba. Aku trauma dengan nyamuk mba karena ayyas sempat sakit diduga demam berdarah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga nyamuk DBD mentingkir semua ya, mba, aamiin

      Delete
  4. sama dong... aku juga pake hit
    nyamuknya hilang semua

    ReplyDelete
  5. Aku kalau denger tetangga ada yg kena DBD langsung panik, ingat anakku dulu usia 1,6 kena DBD aku nangis tiap hari karena cemas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sereeem ya, moga gak akan terulang lagi, aamiin

      Delete
  6. Be er..bikin esmosi banget..nguingggg... nguinggg

    ReplyDelete
  7. Paling sebel kalo nyamuk dah muter2 di atas kepala tapi pas mo ditepok pada kabur

    ReplyDelete
  8. Dul aku pernah DBD dirawat sampe sekeluarga nginep di 1 kamar jd pas banget niy lagi banyak nyamuk harus lindungi keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeww, jangan kejadian lagi ya, Ni. Cepet rumah disemprot pake HIT Expert

      Delete
  9. Wah pas banget momennya..musim hujan ini serangan nyamuk vektor penyakit merajalela apalagi banjir dimana mana. Semoga semua diberi kesehatan

    ReplyDelete
  10. Aku percaya dengan HIT, udah paling aman bgt kandungannya...jadi ga usah khawatir saat kita pakai

    ReplyDelete
  11. Wahh patut dicoba nih secara di rumah banyak banget nyamuknya dan dian paling enggak tahan dgn aroma sempotan antinyamuk semoga cocok ya

    ReplyDelete
  12. Aku juga dari dulu pakai HiT, semprotnya nggak perlu banyak, nyamuk ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru ini pakai semprot nu, biasanya HIT yang dibakar dan yang elektrik

      Delete
  13. Pakai Hit jadi bebas nyamuk yess...

    ReplyDelete
  14. Sepertinya harus periksa pot bunga di teras atas nih sepertinya banyak genangan air... Harus seprot-semprot pakao HIT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mainan anak-anak hati-hati, mba. Bisa jadi sarang nyamuk bandel

      Delete
  15. Yee aku juga sama suka pake hits di rumah. mamahku selalu beli ini dari dulu. Tapi kalau ga rajin bersih-bersih dan buang-buangin barang ga kepake, pasti balik lagi tuh nyamuk-nyamuk nakal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, disemprot dan jangan lupa jaga kebersihan

      Delete
  16. Waaahh...kecoa pun mati ini musuh anak2 banget. Mau coba HIT Expert aahb

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, anak-anak di sini yo geger kalau ada kecoa wkwkwk

      Delete
  17. Nyamuk itu kecil2 berbahaya emang ya Mbak.
    Ponakan saya yg pertama, waktu SDnya itu pernah 2x opname gegara DBD, untung segera diselamatkan. Sampe anak itu sekarang semacam trauma dgn nyamuk.

    Saya jg pake HIT Mbak, wanginya emang gak menyengat dibanding yg lain. Tp blm coba yg expert, nanti mau coba jg ah basmi nyamuk dan serangga lain dgn HIT Expert.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba, mba ini formula baru yang bisa hajar nyamuk bandel

      Delete
  18. Dirumah juga udah pake HIT, daya kerjanya membasmi nyamukk cepat dan langsung mati, nyamuk gak balik2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus jaga kebersihan ya, mba. Di rumah ini bikin berantakan mainan anak

      Delete
  19. Sama mba, dirumah juga pakai HIT emang lebih ampuh menurutku dan baunya ngga bikin eneg

    ReplyDelete
  20. Selain buat basmi nyamuk jg bisa usir kecoak yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tikus juga takut kalau ruangan itu disemprot HIT

      Delete
  21. Hiyaaahhh ternyata nyamuk juga suka main main di tumpukan baju kotor karena mereka senang bau keringat manusia. Duuu ....

    ReplyDelete
  22. Haduuuh di rumahku juga semalam buanyak banget nyamuk, ampe ga bisa tidur. Aku pengguna hit juga taoi yang matt. Belom pernah nyobain yang expert. Mumpung belom belanja bulanan, ntr masukin list ahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera belanja, Teh. HIT mengusir nyamuk bandel

      Delete
  23. Udah dari dulu juga sih..langganan hit, tapi hit expert kayanya lebih tokcer buat basmi nyamuk..ntar cobain yg expert ah..

    ReplyDelete
  24. walopun sekarang tinggal di apartment yg bs dibilang jarang ktm nyamuk, tp yg namanya semut gak bs dihindari.. dan aku jg selalu pilih HIT karna paling mempan..

    ReplyDelete
  25. Nyamuk emang jadi masalah ya. Aku sampe pake kelambu tetap aja kadang nyamuknya ada yg nyantol di kelambu. ntar cobain hit ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,ingat jaman dulu tidur pakai kelambu hihi. Pake HIT, Teh

      Delete
  26. Hit emang rajanya pembasmi nyamukk yaakk

    ReplyDelete
  27. Nyamuk nakal, biasanya obat nyamuk cuma bertahan beberapa memit tp HIT beda

    ReplyDelete
  28. Emang ngeselin kalo banyak nyamuk dirumah. Enaknya dibasmi pakai Hit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumil kalau basmi nyamuk babdel.pake HIT gunakan masker yaa

      Delete
  29. Nah ini yg di cari2 pembasmi nyamuk yg ampuh

    ReplyDelete
  30. Ampuh bunuh nyamuk, dan pastinya wangi ya dengan varian baru. Mantab hit ini.

    ReplyDelete
  31. Emang ya klo ada nyamuk di rumah itu bikin ga nyaman. Solusinya jitu banget nih

    ReplyDelete
  32. Banyak nyamuk di rumah bisa jadi ini solusinya nih

    ReplyDelete
  33. Aku pun pake HIT di rumah Mba

    ReplyDelete
  34. Sejak ada bayi di rumah, Erna sdh ngga pakai semprot nyamuk. Kecuali rumah mau di tinggal lama, baru di semprot biar pulang ngga ada nyamuk di sela2 ruangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, jangan ada orang kalau semprot HIT

      Delete
  35. aku juga pake HIT, HIT memang ampuh buat usir nyamuk, pas buat melindungi keluarga..

    ReplyDelete
  36. Aku perlu nyoba nih soalnya di rumah banyak nyamuk, apalagi rak bukuku huhu....

    ReplyDelete