>

Ayuk, Ke Pameran Pendidikan Islam Internasional IIEE 2017!

By duniaeni.com - November 22, 2017


Siapa yang punya pengalaman mencari pesantren di Jabodetabek, kira-kira berapa biayanya, sharing dong.

Kebutuhan Orangtua Akan Info Sekolah Yang Berkualitas

Status seperti itu sering lewat beranda media sosial saya, terutama ketika mendekati tahun pelajaran semester ke dua. Status demikian langsung dikomentar banyak para orangtua, ada yang berbagi pengalaman tentang anaknya yang masuk pesantren, ada yang ikutan menyimak karena memang butuh info serupa, ada yang memberi link-link tulisan yang mengulas tentang pesantren.

Tidak hanya info tentang pesantren yang sering berseliweran, tetapi juga info tentang sekolah Islam mulai dari SD hingga SMU yang ramai dibahas. Saya dan suami juga beberapa kali membicarakan tentang pesantren, berharap putra kedua kami setuju untuk masuk pesantren. Tapi tentu saja kami menginginkan yang tidak terlalu jauh di luar kota agar jadwal menjenguk tidak memakan biaya banyak. Biaya pulang balik lebih bisa dialokasikan untuk hal lain, kan?

Mungkin setiap orangtua yang berpikiran seperti saya atau terpaksa harus menghemat budget akan memilih sekolah bagi anaknya yang tidak terlalu jauh dari lokasi tinggal. Meski di luar  kota setidaknya bukan jarak yang memakan biaya banyak, namun tetap kualitas sekolah nomor satu. Untuk mendapatkan kualitas sekolah yang bagus maka info-info akurat tentang sekolah-sekolah tersebut sangat dibutuhkan.

Pameran Pendidikan Islam Internasional IIEE 2017


Nah, kegelisahan masyarakat sepertinya sampai ke hati Direktorat Pendidikan Islam Kemenag deh, hehehe. Tanggal 21-24 Direktorat Pendidikan Islam Kemenag menyelenggarakan pameran akbar, yakni Pameran Pendidikan Islam Dunia IIEE 2017 dengan tema 'Pendidikan Islam Indonesia Untuk Perdamaian Dunia'

Temanya baguskan? Karena memang Islam adalah agama yang membawa perdamaian, agama yang mengutamakan silaturahmi, aamiin. Pameran tersebut akan digelar di:

Indonesia Convention Exhibition (ICE)
BSD City - Tangerang Selatan
Banten
Jangan sampai tidak hadir ya, karena pameran yang berlabel International Islamic Education Expo ini diperkirakan akan menjadi even pedidikan terbesar di Indonesia dan menjadi referensi utama para pencari studi Islam. Pas banget kan, buat inbu-ibu dan para orangtua yang memang membutuhkan info akurat akan sekolah Islam. Untuk jelasnya, berikut ini infonya, semoga bisa membantu dan membuat Anda segera meluncur ke lokasi:

Kemeriahan Acara Pameran

Salah satu booth
Ada berbagai lembaga pendidikan Islam dari luar dan dalam negeri yang akan mengisi booth-booth sebanyak kurang lebih 200 booth, luar biasa. Semua kebutuhan para orangtua maupun calon pelajar tentang sekolah Islam sangat lengkap, mulai dari program, jurusan, biaya, sampai detil lainnya yang dibutuhkan agar lebih mantab memilih sekolah yang sesuai. Saat ini di Indonesia terdapat 600 pendidikan tinggi Islam, 75.000 madrasah tingkat menengah, dan 28.000 pesantren. Banyak sekali.

Di pameran ini kita dapat bertanya atau sharing langsung dengan yang bersangkutan, tentu akan mendapatkan info yang lebih akurat, tidak perlu lagi bertanya sana-sini yang akhirnya bikin galau, hehehe. Bukan sekedar sharing tentang sekolah-sekolah Islam yang kita butuhkan, tetapi juga ada hasil karya para siswa-siswi sekolah-sekolah Islam yang dipamerkan.


Hasil karya siswa loh ini! (doc: Kurnia Amel)
Hasil karya mereka sudah sangat menjual, bisa menjadi ladang bisnis, Islam memang mengajarkan kaumnya untuk berbisnis yang halal dengan berdagang. Tidak hanya fokus pendidikan, tetapi para pelajar sudah bisa langsung terjun bisnis ke dunia nyata. Ini saya katakan ketika melihat hasil karya yang dipamerkan, ada handmade books. Sebagai pemilik online shop buku anak, saya tahu  handmade books banyak dicari, penjualannya bagus. Juga beberapa hasil kerajinan tangan lainnya yang menarik dan tentu saja menjual.


Ini handmade dari siswa salah satu sekolah Islam, keren banget (doc: Tuty Queen)
Tidak hanya menampilkan booth-booth sekolah-sekolah Islam, tetapi juga terdapat: Seminar Intenasional Tahunan Studi Islam (Annual International Conference On Islamic Studies, AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Kompetisi Robotik Madrasah, Seminar Internasional Studi Pesantren, dan Pentas Dongeng Islam PAI.



Tanggal 20 Noveber 2017, malamnya ada panggung yang menghadirkan 400 intelektual  dalam dan luar negeri, yang terdiri dari rektor dan guru besar se-Indonesia serta peserta dari 20 negara. Acara yang dipandu oleh artis cantik Marisa Haque menghadiran pembicara antara lain:

  • Dari luar negeri : Prof. Farid Alatas, Ph.D (National University of Singapore), Prof. Nico J Kaptein (Leiden University), Prof. Lisolette Abid (Vienna University), Prof. Livia Holden (Oxford University), Prof. Saif Rashid al-Jabiri (University Canada Dubai), Dr. Nargiza F Amiroza (Nagoya University Japan), dan Dr. Ahmed al-Senouni (Emirati Development Program dan Muwatta Center Abu Dhabi).
  • Dari dalam negeri : Sejumlah guru besar di berbagai studi keislaman, antara lain Prof. Azyumardi Azra, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, KH. Husein Muhammad, dan lain-lain.

Mengutip ucapan Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamarrudin Amin: "Selama ini studi Islam banyak berkiblat ke Arab dan barat karena mereka telah lebih dahulu mengembangkan . Namun dari segi konsep dan mutu Indonesia berani dibandingkan."
Ucapan Kamarrudin benar adanya mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragam Islam terbesar di dunia, mencapai 200 juta jiwa dan termasuk stabil dan minim terorisme jika dibandingkan dengan negara Islam lainnya. Jadi selayaknya kita bangga memilih pendidikan Islam di negara sendiri.

Oya, Pameran Pendidikan Islam Dunia ini tentu saja sangat cocok dikunjungi orangtua, anak muda, hingga anak-anak. Jangan, lupa besok terakhir loh. Yuk ah, ramai-ramai menuju ICE, BSD City. Untuk Rutenya bisa lihat petunjuk di bawah ini ya:








  • Share:

You Might Also Like

22 komentar

  1. kreatifitas dari teman-teman kece y mba nambah plus buat lembaga pendidikan Islam yang ada di INdonesia :)

    ReplyDelete
  2. Kagum. Hasil karya mereka udah boleh jadi andalan, ya. Itu kain batik-kah, motifnya indah-indah banget. Anak bunda juga lagi bingung survey sekolah untuk anaknya kelak masuk SMP Negeri yang bagus. Sayang kami gak well-planned untuk pergi ke acara karena tinggal besok, ya. Mepet banget untuk ngatur jadwal ke sana.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun bagus-bagus banget karyanya Mba. �� tapi sayang terakhirnya besok ya, seandainya sampe weekend mungkin aku bisa dateng hehe

    ReplyDelete
  4. Wah semoga daerah lain jg mempunyai agenda serupa. Tfs yaa mbaa

    ReplyDelete
  5. Keren yaa hasil karyanya. jadi pengen cariin sekolah anakku. tp anaknya masih setahun. huhuhu

    ReplyDelete
  6. Banyak banget ya yang blm ku tahu soal pendidikan islam. Rasanya pengen banget segera kesana

    ReplyDelete
  7. Bagus-bagus produk karyanya ya mbaaa.. dan pasti banyak info bermanfaat lainnya

    ReplyDelete
  8. Itu kainnya colorful yaa, kain batik bukan itu? Aku mbayangin klo dibikin baju kambaran sama baby K, auuww

    ReplyDelete
  9. keren2, batiknya dijual online kah?

    ReplyDelete
  10. Keren sekali sekolah Islam sekarang ini, ada tambahan pelajaran kreativitas juga. Cakeep

    ReplyDelete
  11. Semoga setiap tahun pameran pendidikan Islam ini akan terus berlanjut krn membantu bgt org tua yg lg cari sekolah

    ReplyDelete
  12. Ish ya Ampun itu batuknya keyen2 bngt, mau bngt dtg tp jauuuuh

    ReplyDelete
  13. Sekarang banyak sekali sekolah berbasis agama ISlam, moga diiringi dengan kualitas sumber daya yang makin oke jd menghasilkan lulusan yg oke jg ya mak. Gk cuma pelajaran sekolah tapi perilakunya jg :D

    ReplyDelete
  14. Jadi keingat pengalaman adik iparku yang kelimpungan nyari pesantrn buat keponakan. Ah pameran ini semoga rutin setiap tahunnya ya

    ReplyDelete
  15. Itu toybooknya lucu banget sayang ga dijual padahal lagi nyari 😍😍

    ReplyDelete
  16. keren ya kemenag bisa menghadirkan acara yg menjawab kegelisahan masyarakat akan pendidikan islam. ah, semoga tahun depan aku bisa hadir menyaksikan

    ReplyDelete
  17. Mudah-mudah Pameran Pendidikan Islam Internasional ini rutin diadakan setiap tahun ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Pendidikan saat ini keren-keren yaa...
    Tinggal mengikuti kemampuan (budget) dan value masing-masing keluarga.

    Semoga berjodoh dengan pendidikan anak yang terbaik.

    ReplyDelete
  19. Ternyata gausah jauh Cari pesantren bagus keluar Kota loh di jabodetabek banyak

    ReplyDelete
  20. Acaranya penuh dng informasi sekolah Islam ya,smg tahun dpn ada lagi

    ReplyDelete
  21. Semoga tahun depan aku bisa datang ke acaranya mbak, mupeng banget pengen datang langsung.. ^^

    ReplyDelete
  22. semoga ditahun kedepannya ada lagi ya

    ReplyDelete