>

KEB INTIMATE : Berasa Dalam Keluarga Besar

By duniaeni.com - November 18, 2017


True friend not only accept who you are
But also help you become who you should be
Kalimat itu pernah saya baca dan meninggalkan jejak di hati, rasanya sangat tepat saya ingat kembali ketika malam ini menorehkan tulisan ini. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, aamiin
...
Jika menyebut komunitas KEB atau Kumpulan Emak Blogger, itu adalah komunitas blogger pertama yang saya kenal dan ikuti. Membuat dan menulis blog tahun 2010 (berasa telat banget kalau mendengar sharing teman-teman blogger yang memulai ngeblog sejak tahun-tahun berlalu, tsaaah), saat itu blog saya masih gratisan dengan nama blog: www.cahyakayangan.blogspot.com

Lantas memutuskan aktif sebagai 'blogger' akhir desember 2015 dengan blog berbayar  www.dunaieni.com , jadi akhir desember besok dua tahun sudah saya menjadi seorang blogger. Usia yang masih butuh belajar dan belajar tentang banyak hal, jika digambarkan seorang anak, saya masih batita yang baru belajar berlari dan bicara. Namun ini adalah masa-masa 'golden age', masa dimana tidak boleh mensia-siakan semua ilmu yang bisa saya serap, dari mana pun itu. Tentu saja ilmu yang bermanfaat.

Seperti batita yang memasuki tahap eksplorasi, selain KEB akhirnya saya banyak mengenal komunitas blogger lainnya, mulai Blogger Perempuan, Indoblognet, Blogger Crony, Blogger Cihuy, Warung Blogger, dan sebagainya. Komunitas-komunitas yang andil memberi wawasan dunia blogger kepada saya. Komunitas yang membuat saya memiliki keluarga di sana dan di sini.


KEB Intimate

Mendjangan - Kemang, 17 November 2017

KEB Intimate
Ini yang saya maksud berasa memiliki  keluarga ketika menerima undangan spesial KEB untuk hadir di acara KEB Intimate. Awalnya saya hanya tahu acara ini saat dibahas di group sebagai acara obrolan ringan kami yang bersama dalam satu group 'Cantik' (baca: usia matang). Tentu saja saya dan teman-teman sangat atusias menyambutnya, ngobrol ringan dengan para blogger Insaallah bukan sekedar gosip dan hahahihi, lalu jepret-jepret foto. Pasti ada muatan yang lebih.

Maka meski hari itu hari ulang tahun Pendar yang ke tiga, saya sempatkan datang  (pulangnya langsung cus beli kue ulang tahun, dan lain-lain, hehehe). Berharap hujan tidak turun dini, berdoa hari cerah, dan semua berjalan lancar. Begitu sampai tujuan, saya sedikit ternganga...suprise!


Banyak sekali yang hadir , blogger-blogger yang andil besar membentuk komunitas, seperti Roswitha Jassin dari IHB, Wawa Raji dari Blogger Crony, Shinta Ries&Alma dari Blogger Perempuan, Nchie dari Blogger Bandung, dan dua blogger senior Mbok Venus serta Nuniek Tirta. Wah, bakalan seru nih acaranya yang terlihat fullcolour karena dresscode 'Pelangi'.

Tamu-tamu KEB Intimate

Saling Sharing

Bagaimana Mengimbangi Artikel Iklan dan Artikel Organik?
Saya datang agak telat sekitar setengah jam karena mampir ke rumah ibu dulu di Ampera dan menemani Pendar. Suasana hangat terasa saat Mira Sahid sebagai founder KEB bicara dan semua yang hadir diberi kertas kecil dengan tulisan di dalamnya. Apa itu?


Jadi tiap-tiap tulisan terdapat pertanyaan yang membuat setiap blogger sharing memperkenalkan diri, bercerita sesuai dengan pertanyaan di kertas. Kebetulan saya dapat tulisan tentang bagaimana mengimbangin tulisan iklan dan artikel organik. Sumpah, jleb! Berasa diingatkan kembali akan makna awal ngeblog, wkwkwkw.

Saya bukan termasuk wanita yang senang curhat (bisa dilihat dari artikel di blog tahun-tahun lawas, tsaah), artikel yang saya tulis sebelum terjun ke dunia blogger adalah dunia kepenulisan, cerpen, dunia anak-anak saya, termasuk artikel yang paling ngehits tentang MPASI WHO dan Bayi GTM.

Namun kini, sesuai dengan perkembangan karir di dunia blogger banyak sekali artikel iklan yang saya tulis. Kalau dihitung sebulan bisa 18-14 artikel iklan, fiuuuh (Ya Allah, baru ngeh saya, wkwkwkw), tapi dari sisi rejeki ini adalah berkah dari Allah, itu tidak dipungkiri. Hanya untuk memanjakan pembaca yang rindu tulisan organik, saya membuat trik seperti ini:

1. Menyempatkan untuk menulis organik meski tulisan ringan, tapi infonya dibutuhkan, seperti tulisan saya: Cara Menghilangkan Ketombe PadaRambut Wanita Berhijab, ini tentang resep tradisional ngilangin ketombe yang saya tahu dari orangtua dan manjur banget.

2. Ikut arisan backlink yang tulisannya membahas tentang blogger yang juga peserta arisan, tentu ini dibahas dari sisi bermanfaat, salah satunya tulisan arisan backlink : Tetap Cantik Pasca Melahirkan dan Saat Menyusui, membahas tips Desy Yusnita - Blogger Perempuan untuk wanita pacsa melahirkan dan sedang menyusui tetap modis. Manfaat joint arisan backlink karena kewajiban jadi mau tidak mau akan ditulis, hehehe.

3. Joint nulis berdua teman dengan aneka tema, saya joint dengan Leyla Hana. Ini wajib perbulan meski kadang kami  tidak bisa tertib karena sikon, hehehe. Ini salah satu judul yang banyak pengunjungnya: Cantik Gak Harus Sakit Dan Mahal. Nulis joint begini setidaknya mensupport disaat kita malas atau merasa tidak ada waktu.

4. Buat artikel iklan yang tetap memiliki muatan yang dibutuhkan atau dicari pembaca, seperti artikel iklan yang pengunjungnya ribuan : Koleksi Cookware Berkualitas Dengan Hemat , emak-emak pasti banyak nyari info ini loh. Gunakan juga judul yang dicari untuk artikel promo.

Sharing para blogger dari pertanyaan di kertas memang ide menarik ya, ada yang tentang SEO, blog, dunia blogger, dan lain sebagainya. Intinya ilmu semua dari masing-masing perjalanan mereka ngeblog.

Sharing Dua Blogger Senior : Mbok Venus&Nuniek Tirta



Nuniek Tirta Ngebuz 10 Twit Dibayar 10 Juta!
Dua blogger ini memang layak disaluti, Mba Nuniek Tirta yang sempat ngehits dengan viral 'Istri Direktur Dengan Baju 50 Ribu', namun diluar viral iseng itu, saya menilai wanita ini sangat kreatif, banyak ide di kepalanya. Mba Nuniek sharing perjalanan ngeblognya ternyata pada jamannya pernah loh hanya ngebuzzer 10 twit kalau gak salah ya buat sebuah aplikasi dibayar 10 juta...WOW!

Wanita yang ngeblog sejak tahun 2002 (wih, saya masih asyik fokus nulis novel ini, hehehe) bikin para blogger teriak bareng kagum dengan nilai 10 juta dan cuma ngebuz 10 twit. Tapi kata mak Ijul (Mak Puh KEB) pada jamannya memang fee para blogger banyak yang besar karena masih jarang. Kalau sekarang? Alhamdullilah yess, blogger meruyak karena sudah menjadi 'Lapangan Pekerjaan' bagi semua segmen tanpa melihat ijazah maupun usia. Ini luarbiasa sekali!

Di saat lapangan pekerjaan bagi sarjana itu sulit sekali, coba berapa calon pekerja yang menenteng ijazah mencari pekerjaan di kantor-kantor, dna lain sebagainya? Tetapi menjadi blogger bisa dilakukan siapa saja selama bisa baca tulis dan mau belajar. Sungguh, saya merasa pemerintah pun wajib bersyukur dengan terbukanya lapangan pekerjaan sebagai 'blogger' ini telah andil  memberi income bagi banyak masyarakat.

Sebagai penutup sharing'nya Mba Nuniek berpesan pada blogger agar cerdas menulis, tidak terpengaruh dengan 'hoak', baper, nyinyir, dan sejenisnya. Fokus saja pada pekerjaan sebagai blogger. Yups, betul sekali, Mba, sebab dari sharing beberapa founder komunitas tulisan seorang blogger adalah nilai terpenting. Nilai penting untuk karirnya sebagai blogger itu sendiri.

Seperti yang Mba  Nuniek ucapkan, kalau dulu 'branding' itu nilainya lebih tinggi ketimbang jumlah 'followers'. Berbeda dengan sekarang followers nilainya tinggi karena banyak brand memcari blogger dengan seleksi jumlah followers. Efek dari semua itu ada banyak yang mengambil jalan pintas: Beli followers. Ehmmm, tetap ya seleksi alam akan membuktikan.

Simbok Venus: "Ketika kalian sudah menjadi blogger senior, bawalah yunior kalian agar sukses juga."

Setidaknya sharing yang masuk ke dalam kepala saya seperti sub judul di atas itu, hehehe. Kini Simbok yang ngehits pada jamannya (tsaah), sudah merasa cukup puas di dunia blogger yang penuh even, sudah lelah dan ingin fokus dengan bisnisnya saja. Salah satunya, wanita yang tampak berkarakter ini memilih memberdayakan blogger-blogger. Hayo, yang mau dapat job jangan lupa follow Simbok Venus, hehehe.

Simbok Venus
Simbok juga menceritakan kalau blogger-blogger sekarang lebih pintar dalam arti kemajuan digital bertambah pesat, peralata ngeblog tidak lagi sekedarnya (haduw, Mbok! Doain saya punya kamera yang canggih ya), tulisan juga  mulai rapi dan gak bikin mata sepet. Soal tulisan ini, Simbok mengakui kalau doeloe tulisannya mampras EYD dalam arti dempet semua, titik koma spasi lenyap, wkwkwkkw. Sama, Mbok. Meski penulis saya juga masih belajar kok.

So, hayooo...yang tulisannya masih berantakan mulai belajar pelan-pelan ya, jaman kan sudah maju kata Simbok Venus, hehehe. Di akhir sharing'nya Simbok juga berharap para blogger yang masih baru, semoga terus semangat menjadi blogger yang semakin maju, sebelum akhirnya melewati tahap seperti dirinya.

Oya, ada catatan kecil dalam acara ini termasuk even perpisahan dengan keluarga KEB, Retno Kristiani yang akrab disapa sebagai De. Wanita cantik ini akan segera menyusul suaminya ke Qatar akhir Desember, entah kapan menetap di Indonesia lagi. Berasa benar berada di sebuah keluarga besar ketika ada sendu pada kata-kata: 'berpisah' meski di medsos kita tetap saling jumpa via virtual. Meski De bukan bagian dari admin KEB, tapi wanita berhidung tajam ini banyak mengsupport KEB dengan kehadirannya di acara tertentu yang membutuhkan perwakilan dari KEB. 

Apa Sih KEB Intimate?



Setelah ngalor-ngidul berbagi tentang acara KEB Intimate, sebelum menutup artikel ini saya mau infokan sekilas KEB Intimate. Man-teman bisa membayangkan dari judulnya ya 'Intimate', penjelasannya begini, jadi #KEBIntimate itu adalah program baru dari KEB yang mengundang member serta nonmember. Acaranya seperti yang saya  ulas di atas, namun ke depannya mungkin ada acara tambahan lagi agar lebih kreatif, fun dan dekat tentunnya,

Mak Min KEB
Tujuan dari KEB Intimate adalah membangun sinergi, membahas seputar dunia blog dan (tetep) berfoto-foto ria ala rumcai (rumpi cantik) gitu. Buat urusan foto-foto ini gak ngasal loh, ada fotografer oke suami Zata, Katarine. Serunya lagi, saya bisa punya kesempatan ngobrol sama blogger-blogger hebat buat curi ilmu, seperti sama dua 'geek' Shinta&Alma, Mak Echa yang super kreatif.

Ngobrol dengan dua geek kece fonder BP (doc foto: Katerine)
Ssssttt..sebelum pulang... ada acara tukar kado dan saya dapat kado yang sesuai hati: kalung cantik dari Adis, horeee.

Sampai jumpa di acara #KEBIntimate berikutnyaaa...



  • Share:

You Might Also Like

44 komentar

  1. Berkesan bgt memang... Kayak lg nyusun kaleidoskop blogging. Cerita dr blogger senior ttg blogging lintas zaman. Zaman old dan zaman now. Keren deh salut KEB!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita bermanfaat itu ilmu ya, mba. Nunggu juga acara serupa dari blogger crony biar bisa dapat sharing dari blogger senior yang cowok

      Delete
  2. Aku ikut seneng melihatnya mbak. Semoga bisa ketularan ilmu dalam blogging supaya makin hari makin baik di dunia perbloggeran. Program #KEBIntimate ini menyentuh banget sesuai judulnya.

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing Mbak Eni, mantap deh kalo nulis selalu lengkap dan detail banget :)

    Raat dikiiit aja mbak, yg betul 20 tweets, itu Oktober 2010 waktu followerku masih seribuan :))

    Sampai ketemu di event kolaborasi selanjutnya yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw, aku terpukau pada angka 10 tampaknya 10 twit, 10 juta dan tahun 2010 wkwk

      Sampai jumpa juga, mba

      Delete
  4. Alhamdulillah senang bisa ikut acara ini. Berkesan dan penuh muatan 😊

    ReplyDelete
  5. Waaa aku berasa ada d acara ini mba
    Keren!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. KEB emang keren! Semoga aja nanti di daerah lain bisa diadakan event kayak gini yaa mak :)

    ReplyDelete
  7. Seru banget acara intimatenya. Aku penasaran sama foto-foto yg berseliweran di sosmed, ternyata acara ini toh. Semoga bisa menjadi blogger sejati dan banyak menyebarkan tulisan bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. asik sekali emang kalo blogger ada wadahnya gini. Emak2 ada wadahnya bapaknya kapan ya bikin wadah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaah, kan blogger cowok banyak. Kumpul dan saling bersinergi, pasti kalau terwujud mantab

      Delete
  9. orang keren ketemu orang keren kalo ini... seneng banget melihatnya, semoga semakin bersinergi dan membawa lebih banyak manfaat buat perempuan-perempuan Indonesia...

    ReplyDelete
  10. Seru bangeet acaranya Mba Eni. Mau ah skali skali ikut keseruan acaranya KEB Intimate. Jadi kita bisa saling sharing yaa dan dapat banyak ilmu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insaallah kapan-kaoan bisa ikut sebagai perwakilan komunitas BDC yaaa, Umi

      Delete
  11. Waah orang-orang keren kalo berkumpul pembahasannya keren juga ya. Kagum banget liay pengalaman para blogger senior.

    ReplyDelete
  12. Seru dan berkesan banget ya mba acaranya. Baca postingan ini, aku jadi ikut ikutan terkesan, apalagi sama para senior dengan pengalamannya yang udah banyak banget begitu. Makasih banyak sudah berbagi tulisan seperti ini ya mba en.

    ReplyDelete
  13. Mba Eni, kece banget dalam 2bulan sudah exist total di dunia blogging :)

    ReplyDelete
  14. A magnificent look and feel - Blogger Eklentileri.

    ReplyDelete
  15. Waah seru banget ya Mbak acaranya. Baca tulisan Mbak Eni serasa ikut hadir di sana. Yang datang blogger blogger keren dan top semua. Sukses buat KEB untuk acara selanjutnya

    ReplyDelete
  16. Ya Allah ini acara bertabur blogger kece pastilah dapet banyak ilmu bermanfaat jd mupeng deh mbak. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  17. seru ya ikutan kumpul blogger..
    ku belum pernah.. hehe

    ReplyDelete
  18. Program yang menarik, seru juga ya kalau sering ada acara seperti ini, aku merasakan kalau blogger ketemuan di satu acara jarang bisa intim, ketemu sambil lalu kadang lupa siapa, karena fokus kewajiban livetweet, live IG dll

    ReplyDelete
  19. Jadi koreksi diri...isi blog akhir2 ini kebanyakan iklan dan ikut lomba blog. Huhuhu. Padahal tulisan organik penyumbang viewer terbanyak. Kudu lekas diperbaiki!

    ReplyDelete
  20. keren banget acaranya mba eni,banyak ilmunya juga

    ReplyDelete
  21. Seandainya deket, aku mau banget ikutan mbak..
    Sharing-sharingnya itu loh, pasti bikin tambah semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  22. Acaranya seru bgt,banyak bgt ilmu baru ya,jangan terpengaruh hoax,baper dan nyinyir adl PR buat saya pribadi

    ReplyDelete
  23. Happy banget Mbk bisa hadir di sana ya, mupeng abis deh. Berasa keluarga di KEB. Aku senang bisa jadi keluarga blogger

    ReplyDelete
  24. Waaah seneng ya bisa seseruan cantik dan dapat ilmu dr blogger keren di Intimate KEB. Sukses terus semuanya

    ReplyDelete
  25. Acara kayak gini bagis banget lo mbak. Seru banget pastinya. Blogger kece semua yang datang, nambah ilmu nambah teman, silaturahim jalan terus...
    Ke Batam kapan yah...

    ReplyDelete
  26. Acaranya seru ih. Aku malah belum gabung KEB, abis tiap mau daftar malu, blom bertitel jadi ibu.

    ReplyDelete
  27. serunyaa... saya baru gabung di KEB nih. Mohon bimbingannya ����

    ReplyDelete
  28. Wahh,, seru banget kegiatannya. Ada sharing ilmu juga.. Mantabbbbzz

    ReplyDelete
  29. Wiiiih iri banget Mba baca ceritanya hehe, pengin ikutan juga. Pasti banyak banget ilmu yang bisa diserap dari temen-temen blogger ya Mba :)

    ReplyDelete
  30. Senang bisa kenal dan bertemu Mak Eni ❤

    ReplyDelete
  31. Woh kece blogger2 senior kumpul2. Seru ya kalau ada kegiatan lintas komunitas kyk gini :D
    Senang jg skrng blogger menjamur, tp kdng agak kurang sregnya kalau ada yg ingin sukses secara instan, pdhl kalau mau sukses ya ada prosesnya ya #imho

    ReplyDelete
  32. seru banget yaa di sana banyak blogger hebat termasuk dirimu Mak Eni. Aku juga merasakan kekeluargaan di KEB. Makmin-makminnya ramah banget. Laff laff deh

    ReplyDelete
  33. Thumbs up! Acara keren yang dihadiri blogger-blogger keren dan asyik.. semoga bisa ikutan di sesi berikutnya yaaaa... salaam buat semuaaaaa

    ReplyDelete
  34. waaah seru ya tante
    dija juga mau tuh ikutan acara seperti itu
    boleh gak ya

    ReplyDelete